Sebanyak 498 item atau buku ditemukan

Buku Ajar MSDM

Buku Ajar MSDM ini disusun sebagai buku panduan komprehensif yang menjelajahi kompleksitas dan mendalamnya tentang manajemen sumber daya manusia. Buku ini dapat digunakan oleh pendidik dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di bidang ilmu manajemen sumber daya manusia dan diberbagai bidang Ilmu terkait lainnya. Buku ini dapat digunakan sebagai panduan dan referensi mengajar mata kuliah manajemen sumber daya manusia dan menyesuaikan dengan Rencana Pembelajaran Semester tingkat Perguruan Tinggi masing-masing. Secara garis besar, buku ajar ini pembahasannya mulai dari manajemen sumber daya manusia stratejik, etika bisnis dan tanggung jawab sosial perusahaan, keberagaman angkatan kerja, peluang, kerja yang setara dan juga tindakan afirmatif. Materi mengenai perekrutan & seleksi terhadap karyawan, manajemen dan penilaian kerja dan juga materi mengenai pelatihan dan pengembangan terhadap karyawan dan lainnya di bahas secara mendalam. Buku ajar ini disusun secara sistematis, ditulis dengan bahasa yang jelas dan mudah dipahami, dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Buku Ajar MSDM ini disusun sebagai buku panduan komprehensif yang menjelajahi kompleksitas dan mendalamnya tentang manajemen sumber daya manusia.

PENGANTAR SOSIOLOGI KONSEP DAN PRAKTIK

Pengantar sosiologi adalah studi tentang masyarakat dan interaksi sosial yang terjadi di dalamnya. Sosiologi sebagai ilmu sosial berfokus pada cara individu, kelompok, dan institusi berinteraksi serta membentuk struktur sosial yang ada di sekitarnya. Dalam pengantar sosiologi, pembahasan utamanya adalah bagaimana masyarakat terbentuk, berkembang, serta berfungsi, serta bagaimana norma, nilai, dan budaya membentuk perilaku sosial. Sosiologi berusaha memahami berbagai fenomena sosial seperti stratifikasi sosial, konflik, perubahan sosial, serta peran lembaga-lembaga sosial seperti keluarga, pendidikan, agama, dan media. Dengan menggunakan pendekatan ilmiah, sosiologi mencoba untuk mengidentifikasi pola-pola sosial yang ada dan menghubungkannya dengan teori-teori yang ada, seperti teori fungsionalisme, konflik, dan interaksionisme simbolik. Melalui pengantar sosiologi, kita belajar bahwa masyarakat bukanlah entitas yang statis, tetapi senantiasa berubah dan dipengaruhi oleh berbagai faktor internal maupun eksternal. Faktor ekonomi, politik, teknologi, serta budaya global yang terus berkembang, turut membentuk dinamika sosial yang ada. Sosiologi membantu kita untuk memahami ketidaksetaraan sosial, diskriminasi, serta masalah sosial lainnya yang ada di masyarakat. Secara keseluruhan, pengantar sosiologi memberikan pemahaman dasar tentang bagaimana masyarakat berfungsi dan berinteraksi, serta menawarkan cara-cara untuk mengatasi berbagai permasalahan sosial yang muncul. Dengan demikian, sosiologi tidak hanya menjadi ilmu pengetahuan, tetapi juga alat untuk menganalisis dan menciptakan perubahan sosial yang lebih baik.

... KOMUNIKASI ( FUNGSIONALISME STRUKTURAL , TEORI KONFLIK , INTERAKSI SIMBOLIK ) MAIN THEORY OF SOCIOLOGY COMMUNICATION ( STRUCTURAL FUNCTIONALISM , CONFLICT THEORY , SYMBOLIC INTERACTION ) . Majalah Seni Ilmiah Populer Komunikasi Massa ...

MSDM : Membangun Organisasi yang Berdaya Saing

Buku "MSDM : Membangun Organisasi yang Berdaya Saing," pembaca dibimbing melalui perjalanan mendalam mengenai konsep dasar dan sejarah manajemen sumber daya manusia (MSDM), membuka pintu wawasan terkait evolusi serta peran MSDM dalam konteks organisasi. Fokus utama buku ini mencakup aspek-aspek vital, termasuk perencanaan SDM, pengembangan karyawan, manajemen kinerja, kepemimpinan, dan manajemen perubahan. Dengan penekanan pada strategi perencanaan yang berkelanjutan, pembaca diberdayakan untuk merancang program pengembangan karyawan yang sesuai dengan kebutuhan organisasi, sambil memahami pentingnya evaluasi kinerja yang modern. Lebih lanjut, buku ini menyoroti peran kepemimpinan yang efektif dan kemampuan manajemen perubahan dalam membentuk budaya organisasi yang adaptif dan inovatif. Dengan menggabungkan teori dan praktik terkini, penulis membantu pembaca memahami bagaimana menghadapi tantangan masa depan serta mempersiapkan organisasi untuk tingkat daya saing yang lebih tinggi. Sebagai panduan komprehensif, buku ini menjadi sumber inspirasi dan pengetahuan bagi para profesional dan mahasiswa yang tertarik mengoptimalkan peran MSDM dalam membangun organisasi yang berdaya saing di era yang terus berkembang.

Buku "MSDM : Membangun Organisasi yang Berdaya Saing," pembaca dibimbing melalui perjalanan mendalam mengenai konsep dasar dan sejarah manajemen sumber daya manusia (MSDM), membuka pintu wawasan terkait evolusi serta peran MSDM dalam ...

Manajemen Pengelolaan Kelas

Buku Manajemen Pengelolaan Kelas ini menawarkan panduan menyeluruh mengenai strategi dan teknik yang diperlukan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif, efektif, dan menyenangkan. Dalam pendidikan yang semakin kompleks, keberhasilan pembelajaran sangat bergantung pada kemampuan guru dalam mengelola kelas secara sistematis dan profesional. Buku ini menyajikan berbagai konsep dan praktik terbaik dalam pengelolaan kelas yang dapat diimplementasikan oleh pendidik di berbagai jenjang pendidikan. Dibagi menjadi lima belas bab, buku ini mencakup berbagai topik penting, di antaranya: (1) Konsep Dasar Pengelolaan Kelas, (2) Peran Guru Dalam Manajemen Pengelolaan Kelas, (3) Teknik Manajemen Kelas yang Efektif, (4) Pendekatan dan Strategi Pengelolaan Kelas, (5) Strategi Guru dalam Menumbuhkan Iklim Kelas yang Kondusif, (6) Peran Komunikasi dalam Interaksi Guru dan Siswa, (7) Manajemen Konflik di dalam Kelas dan Sekolah, (8) Membangun Hubungan yang Baik Antara Guru dan Siswa, (9) Manajemen dan Pengelolaan Kelas Berbasis Teknologi Informasi, (10) Tata Ruang Kelas, Manajemen Kelas, dan Lingkungan Belajar Aktif, (11) Manajemen Waktu dalam Kegiatan Pembelajaran Siswa di Sekolah, (12) Manajemen Kelas Hybrid pada Pembelajaran Berbasis Proyek, (13) Manajemen Pengelolaan Kelas di PAUD, (14) Implementasi Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Siswa, (15) Evaluasi Pengelolaan Kelas.

... Management to Study Biology Education Student Achievement. Prosiding Seminar Nasional Biologi FMIPA UNM 87–95. Wahidaty, Hilma. (2021). Manajemen Waktu: Dari Teori Menuju Kesadaran Diri Peserta Didik.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan ...

Paradigma Baru Supervisi Pendidikan

Dalam lanskap pendidikan yang terus berkembang pesat, peran supervisi tidak lagi dapat dipandang hanya sebagai fungsi kontrol dan pengawasan. Seiring dengan tuntutan akan kualitas pendidikan yang lebih baik, supervisi kini harus bergeser menjadi sebuah kemitraan strategis yang berorientasi pada pengembangan profesional berkelanjutan. Supervisi pendidikan dalam paradigma lama seringkali diidentikkan dengan kunjungan mendadak, penilaian, dan pencarian kesalahan. Pendekatan ini cenderung menciptakan suasana intimidasi dan kurang mendukung iklim kolaborasi. Padahal, esensi supervisi seharusnya adalah membimbing, memfasilitasi, dan memberdayakan para pendidik untuk mencapai potensi terbaik mereka, yang pada gilirannya akan berdampak langsung pada peningkatan mutu pembelajaran bagi peserta didik. Buku ini hadir untuk menawarkan perspektif segar dan inovatif mengenai supervisi pendidikan. Kami mengupas tuntas konsep-konsep supervisi modern yang lebih kolaboratif, reflektif, dan transformatif. Pembaca akan diajak untuk memahami bagaimana supervisi dapat menjadi katalisator bagi pertumbuhan profesional guru, pengembangan kurikulum yang relevan, serta penciptaan lingkungan belajar yang inspiratif dan efektif. Topik utama yang di bahas pada buku ini yaitu: (1) Konsep dan Ruang Lingkup Supervisi Pendidikan, (2) Peran, Fungsi, dan Kompetensi Supervisor Pendidikan, (3) Etika Profesionalisme dalam Praktik Supervisi Pendidikan, (4) Manajemen Konflik dalam Supervisi Pendidikan, (5) Komunikasi Efektif dalam Proses Supervisi Pendidikan, (6) Model dan Pendekatan Supervisi Pendidikan, (7) Supervisi Berbasis Data dan Bukti (Evidence-Based Supervision), (8) Supervisi Kelas dan Observasi Pembelajaran, (9) Penilaian Kinerja Guru melalui Supervisi, (10) Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Supervisi, (11) Supervisi dalam Pengembangan Kurikulum, (12) Supervisi Pembelajaran Berbasis Proyek dan Inkuiri, (13) Supervisi untuk Pendidikan Berbasis Kompetensi, (14) Supervisi dalam Pendidikan Jarak Jauh dan Hybrid, (15) Supervisi dalam Konteks Pendidikan Inklusif, (16) Supervisi dalam Konteks Multikultural dan Keberagaman, (17) Supervisi dalam Pembelajaran Sosial Emosional, (18) Keterlibatan Orang Tua dan Komunitas dalam Supervisi Pendidikan, (19) Pemanfaatan Teknologi dalam Supervisi Pendidikan, (20) Supervisi sebagai Instrumen Pengembangan Kepemimpinan Pendidikan

Dalam lanskap pendidikan yang terus berkembang pesat, peran supervisi tidak lagi dapat dipandang hanya sebagai fungsi kontrol dan pengawasan.