Sebanyak 438 item atau buku ditemukan

MEDIA PEMBELAJARAN JUMPING FROG

Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Makhluk Hidup Bagi Anak Usia Dini

Buku ini disusun untuk menjadi pegangan bagi mahasiswa, guru, pendidik, dan orangtua dalam mengembangkan dunia PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Dalam penulisan buku ini, tentu masih banyak kekurangan dan kelemahan, baik dari segi materi maupun pembahasan. Oleh karenanya, saran dan kritik yang sifatnya membangun sangat penulis harapkan demi kesempurnaan dalam penulisan buku selanjutnya. Penulis juga mengucapkan terimakasih kepada keluarga dan kepada semua pihak yang telah membantu dalam terselesainya penulisan buku ini. Akhirnya, harapan penulis semoga buku yang sederhana ini dapat memberikan manfaat bagi dunia pendidikan khususnya anak usia dini.

Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Makhluk Hidup Bagi Anak Usia Dini Winarti Agustina, M.Pd Mhd Habiburrahman ... Pembelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga ...

Fiqh untuk Profesional

Buku ini bertutur mengenai keringanan-keringanan dalam melaksanakan Ibadah bagi Profesional yang memenuhi syarat dan ketentuan hukum (Fiqh). Juga tidak ketinggalan, disajikan pula data-data gambar pendukung serta tabel-tabel Fiqh 4 Madzhab untuk berbagai persoalan terkait, yang merupakan ciri khas dari buku-buku karya Gus Arifin! Buku ini membahas Fiqh Thaharah, Shalat dan Makanan/minuman serta uraian ibadah-ibadah yang terkait dalam tinjauan 4 madzhab dan dilengkapi Doa para Musafir.

Di dalam tradisi fiqh, pandangan para ulama fiqh, khususnya fiqh imam empat mazhab disebut sebagai pandangan yang paling kokoh (alarjah). Buku yang ditulis Gus Arifin, Fiqh para Profesional, merupakan langkah yang relevan dan tepat.

Manajemen Industri Kreatif

Teori dan Aplikasi

Buku karya Saudara Heri Cahyo Bagus Setiawan dengan judul: Manajemen Industri Kreatif: Teori dan Aplikasi merupakan sebuah karya menarik dan memberikan sumbangsih besar bagi kazanah di bidang manajemen, terutama sektor industri kreatif. Ketika kompetisi ekonomi global kian terbuka lebar agaknya yang menjadi kekuatan andalan Indonesia adalah sektor industri kreatif. Sektor industri kreatif menjadi penyangga ekonomi nasional. Di saat kondisi perekonomian di sektor industri dan perdagangan mengalami kelesuan akibat kompetisi global, sektor ekonomi dan industri kreatif nampaknya menjadi alternatif ekonomi yang bertahan. Yang menarik pada buku ini adalah perhatian dan kepedulian Penulis kepada industri kreatif. Meski di tulis dengan kemasan buku ajar, namun saya mendapat beberapa catatan yang ingin saya ketengahkan pada pengantar dalam buku ini: Pertama, buku ini buku akademik yang di tulis oleh dosen kewirausahaan sekaligus merupakan seorang pelaku industri kreatif yang sedang studi di program doktor ilmu manajemen di Universitas Airlangga yang memiliki banyak pengalaman empirik. Kedua kegigihan penulis untuk menggerakkan sektor industri kreatif, khususnya di kalangan akademisi kampus dengan mencoba membangun konsep mengintegrasikan teori dengan aplikasinya di lapangan. Tentu tidak hanya mengalir, buku ini juga mampu menguraikan secara jelas dan gamblang konsep dasar manajemen industri kreatif dan berbagai faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan manajerial. Topi yang dibahas di dalam babnya cukup variatif. Mulai dari definitif hingga implementatif. Buku yang ditulis dalam delapan (8) Bab ini tentunya sangat bermanfaat tidak hanya bagi mahasiswa Sarjana (S1) Program Studi Kewirausahaan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, tetapi juga bermanfaat bagi pengajar di bidang Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan sebagai panduan dalam menjalankan aktivitas proses belajar mengajar di kelas perkuliahan serta para pelaku usaha di sektor industri kreatif. Semoga dengan hadirnya buku ini bisa menjadi salah satu jendela ilmu pengetahuan akan memperluas wawasan sekaligus menggiatkan dialog keilmuan khususnya di bidang Manajemen Industri Kreatif. Selamat membaca. Gresik 23 September 2020 Prof. Dr. Ir. Setyo Budi, M.S Rektor Universitas Muhammadiyah Gresik

Buku karya Saudara Heri Cahyo Bagus Setiawan dengan judul: Manajemen Industri Kreatif: Teori dan Aplikasi merupakan sebuah karya menarik dan memberikan sumbangsih besar bagi kazanah di bidang manajemen, terutama sektor industri kreatif.

Aplikasi Strategi Bisnis untuk Pemula UMKM dan Mahasiswa

Membaca buku ini lembar demi lembar, Anda akan dibawa pada paparan manajemen strategi secara sederhana. Manajemen strategi membantu sebuah bisnis untuk melakukan analisis stratejik, yaitu: mengidentifikasi di mana posisi bisnis kita saat ini, mengidentifikasi ke arah mana tujuan kita di masa depan yang paling menguntungkan, dan bagaimana cara bisnis kita menuju ke arah tersebut. Tahukah Anda, ternyata manajemen strategi sejatinya sederhana, namun justru kerap diabaikan oleh para pegiat usaha pemula, terutama di lingkup usaha kecil, mikro, dan menengah. Sementara, penerapan manajemen strategi justru ditekuni secara total oleh perusahaan menengah dan raksasa, seluruh dunia. Mengapa? Urgensi menjawab pertanyaan ini menjadi salah satu alasan Prasetiya Mulya Publishing untuk menerbitkan buku ini. Kami yakin, seluruh pebisnis dalam industri dan skala apa pun membutuhkan penerapan manajemen strategi agar memiliki peluang meraih kesuksesan bisnis lebih besar melalui keunggulan daya saing jangka panjang. Selamat membaca.

Membaca buku ini lembar demi lembar, Anda akan dibawa pada paparan manajemen strategi secara sederhana.

Prasetiya Mulya EDC On Entrepreneurship Education

Pendidikan kewirausahaan menjadi salah satu isu menarik, mengingat masih banyaknya pendapat bahwa seorang wirausaha dilahirkan dan bukan dibentuk sehingga mereka sangat meragukan keberhasilan pendidikan kewirausahaan. Hasil dari suatu pendidikan kewirausahaan, tidak hanya di Indonesia, masih sering dipertanyakan. Setelah melalui proses pendidikan kewirausahaan, siswa akan menjadi apa atau menjadi bagaimana? Pertanyaan tentang hasil yang dapat diukur dari suatu proses pendidikan adalah hal yang wajar, karena menyangkut penggunaan sumber daya yang tidak sedikit, dan waktu yang cukup banyak dialokasikan oleh para siswa di dalam program. -Prasetiya Mulya Publishing-

Pendidikan kewirausahaan menjadi salah satu isu menarik, mengingat masih banyaknya pendapat bahwa seorang wirausaha dilahirkan dan bukan dibentuk sehingga mereka sangat meragukan keberhasilan pendidikan kewirausahaan.

Mewujudkan Kemandirian Indonesia Melalui Inovasi Dunia Pendidikan

Buku ini merupakan simbol semangat intelektual dalam mengakaji ilmu pendidikan yang terbit pada tahun 2021. Kontributor dari buku ini adalah para peneliti dan dosen dari berbagai kampus di Indonesia. Mereka memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda. Penulisan buku ini dilandasi atas pentingnya update penelitian terbaru tentang kajian ilmu pendidikan dengan tema tentang pembahasan Mewujudkan Kemandirian Indonesia Melalui Inovasi Dunia Pendidikan yang menjadi isu dan problematika saat ini. Buku ini terdiri dari 19 artikel yang dimasukan ke dalam 19 bab di dalam buku ini. Upaya penyusunan buku ini dilakukan untuk mendokumentasikan karya-karya yang dihasilkan para penulis sehingga dapat bermanfaat bagi pembaca secara lebih luas. Penulisan buku juga mengandung konsekuensi untuk membangun budaya perusahaan dan pendidikan Indonesia yang lebih bermartabat dan berintegritas

memiliki dapat bekerja sama dengan pusatpusat inkubasi dan akselerasi bisnis. f) Perguruan tinggi bekerja sama dengan institusi mitra dalam menyediakan sistem pembelajaran kewirausahaan yang terpadu dengan praktik langsung.

Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK/MAK Kelas XII: Program Keahlian Teknik Mesin. Kompetensi Keahlian Teknik Pengelasan

Buku yang berjudul Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK/MAK Kelas XII ini hadir sebagai penunjang pembelajaran pada Sekolah Menengah Kejuruan Program Keahlian Teknik Mesin untuk Kompetensi Keahlian Teknik Pengelasan. Buku ini berisi materi pembelajaran yang membekali para siswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam dunia pengelasan yang mengacu pada Kurikulum 2013 yang telah disempurnakan. Materi yang dibahas dalam buku ini meliputi beberapa hal berikut. • Menganalisis perencanaan produksi massal • Menentukan indikator keberhasilan tahapan produksi massal • Menerapkan proses produksi massal • Menerapkan metode perakitan produk barang/jasa • Menganalisis prosedur pengujian kesesuaian fungsi produk barang/jasa • Mengevaluasi kesesuaian hasil produk dengan rancangan • Memahami paparan deskriptif, naratif, argumentatif, atau persuasif tentang produk/jasa • Menentukan media promosi • Menyeleksi strategi pemasaran • Menilai perkembangan usaha • Menentukan standar laporan keuangan Berdasarkan materi yang telah disajikan, para siswa diajak untuk melakukan aktivitas HOTS (Higher Order Thinking Skills) dengan cara menanya, mengeksplorasi, mengamati, mengasosiasikan, dan mengomunikasikan. Buku ini dilengkapi dengan latihan soal berupa pilihan ganda, isian, esai, dan tugas proyek. Hal ini bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa dalam memahami materi. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan info untuk menambah pengetahuan para siswa. Kebutuhan akan buku ini sejalan dengan tuntutan kompetensi SMK/MAK bidang teknik pengelasan. Dengan demikian, kami berharap bahwa siswa dapat mencapai kompetensi yang diharapkan dan lulusan SMK/MAK dapat mempersiapkan diri dengan baik ketika memasuki dunia kerja.

Buku yang berjudul Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK/MAK Kelas XII ini hadir sebagai penunjang pembelajaran pada Sekolah Menengah Kejuruan Program Keahlian Teknik Mesin untuk Kompetensi Keahlian Teknik Pengelasan.

TRANSFORMASI BUDAYA PEMBELAJARAN ERA KENORMALAN BARU PASCA COVID-19

Sub Judul : Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Kelas Virtual Interaktif di SMP Negeri 2 Kairatu Barat Penulis : Yance Z Rumahuru, MA, Dr. Agusthina Siahaya, M.Th, Jenri Ambarita, M.Pd.K, Ajuan Tuhuteru, M.Ikom, Ira Ririhena, M.Pd, Vabio Lekahena, Theopany P.Th, Rampisela, S.Psi., M.Ed, Mersya Rikumahu, Tifanny Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 120 Halaman ISBN : 978-623-68722-9-1 Sinopsis Buku Transformasi Budaya Pembelajaran Situasi saat ini telah mempercepat implementasi pendidikan abad-21 sebagai tuntutan era insdustri 4.0. Kehadiran Covid-19 menuntut para pendidik, peserta didik bahkan orang tua harus bisa memanfaatkan teknologi dalam mendukung proses belajar mengajar, karena pembelajaran online dianggap sebagai alternative terbaik dalam pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran online akan efektif jika para penggunanya memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam memanfaatkan berbagai teknologi yang ada. Inilah yang dialami oleh banyak para pendidik yang berada di daerah-daerah yang jarang bahkan tidak pernah menikmati kegiatan workshop. Mereka mengeluh karena punya android, laptop tetapi tidak paham untuk memanfaatkannya dalam mendukung proses pembelajaran terlebih saat situasi covid-19. Jangan tanyakan ini tugas siapa? Jangan tanyakan ini tanggung jawab siapa? Jangan tanyakan ini salah siapa? Yang harus kita lakukan adalah bagaimana solusinya dan bertindaklah. Buku ini hadir sebagai wujud nyata dari setiap kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh dosen bersama mahasiswa. Buku ini secara spesifik mendeskripsikan proses pelaksanaan kegiatan PKM pada masa Pandemi Covid-19 dan Era Industri 4.0. Mulai dari Analisis, Metode Pelaksanaan, Hasil dan Pembahasan, bahkan sampai output yang dihasilkan. Dengan demikian, buku ini akan menjadi refferensi yang baik bagi para mahasiswa, dosen atau lembaga pendidikan tinggi lainnya dalam pelaksanaan kegiatan PKM.

Sub Judul : Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Kelas Virtual Interaktif di SMP Negeri 2 Kairatu Barat Penulis : Yance Z Rumahuru, MA, Dr. Agusthina Siahaya, M.Th, Jenri Ambarita, M.Pd.K, Ajuan Tuhuteru, M.Ikom, Ira Ririhena, M.Pd, Vabio ...

Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini

Pendidikan akhlak bertujuan untuk mendewasakan peserta didik agar menjadi manusia mandiri dan bertanggung jawab baik terhadap dirinya orang lain serta lingungannya. Pendidikan akhlak juga mengandung makna yang luas yaitu mentransfer pengatahuan dan keterampilan, bimbingan dan arahan penguasaan ilmu pengetahuan keterampilan sekaligus pembinaan keperibadian, sikap moral dan sebagainnya, demikian pula pendidik dapat diartikan sebagai manusia yang memberikan pengatahuan dan keterampilan dan perubahan yang fositif bagi anak didikannya.

Pendidikan akhlak bertujuan untuk mendewasakan peserta didik agar menjadi manusia mandiri dan bertanggung jawab baik terhadap dirinya orang lain serta lingungannya.