Sebanyak 1005 item atau buku ditemukan

Book-In-Brief: Authentification of Hadith

Redefining The Criteria

In today’s complex and volatile world the consequences of relying on fraudulent and counterfeit Hadith to legitimize extremist behavior, issue violent fatwas, and justify blatant abuse, particularly of women, is not only far too easy but in fact dangerous. Israr Khan addresses the sensitive topic of Hadith authentication, focusing on the criteria adopted by classical scholars to maintain that concentration on the continuity and accuracy of the chain of narrators, rather than the textual content of Hadith, has led to particular Hadith being included which either contradict other Hadith directly, project the Prophet (SAAS) in an uncharacteristic light, or do not reflect and/or conflict with the teachings of the Qur’an. The study traces in careful detail the historical development of the oral and written traditions, as well as the many targeted attempts at fabrication that took place, critiquing in methodical detail certain Hadith which have come to be widely accepted as “authentic.” The prominent collections we have today, were made possible by the development of the science of Hadith criticism, and Muslim scholars deserve deep appreciation for their painstaking work, as well as their invaluable contribution towards preserving the Hadith literature to the best of their ability. However, insists the author, the process is ongoing, and the closed door policy which currently surrounds Hadith authentication needs to be carefully reexamined.

He is currently Associate Professor in the Department of Qur'an and Sunnah Studies, International Islamic University Malaysia (IIUM). His main fields of study, teaching, and research are Qur'anic Studies and Hadith Studies.

PANDEMI CORONA: VIRUS DEGLOBALISASI Masa Depan Perekonomian Global dan Nasional

Buku ini mencoba untuk merekam sejumlah tulisan yang dipublikasikan di media massa baik cetak maupun online serta dialog sosial media oleh sejumlah pakar dan akademi di berbagai bidang. Tidak saja melihat pandemi COVID-19 dari perspektif ekonomi baik untuk mengatasi sebab maupun akibat yang ditimbulkan, tetapi juga melihat pandemik COVID-19 dari spektrum yang lebih luas mencakup aspek sosial, agama, teknologi, filsafat hingga kesiapan infrastruktur kesehatan berupa industri farmasi. Meliputi 43 artikel terbagi dalam tiga bab utama dan satu bab khusus dialog Facebook Prof Didin S Damanhuri yang dimuat di media massa dan sosial media dalam kurun waktu Maret hingga April 2020.

(Herry Noorman) Iran sudah memelopori. menentang kapitalisme. Tidak ada mal di Iran. Subsidi diutamakan untuk rakyat miskin. Semacam sosialisme. (Abdul Hadi) Deglobalisasi, New Normal. Saya yakin dengan gagalnya kapitalisme akan ada ...

Kuasa Akuntan Publik dan Eksistensi Laporan Audit Simbolik (Bourdieusian Perspective)

Studi ini menemukan bahwa eksistensi realitas obyektif arena sosial kepentingan laporan audit simbolik untuk syarat administrasi dalam logika hukum pasar. Situasi sosial tersebut menyebabkan kebutuhan laporan audit yang memiliki nilai karismatik tidak berdaya saing atau tidak dibutuhkan. Ketiadaan kepentingan pada nilai karismatik produk simbolik laporan audit menyebabkan ketertindasan kuasa subjektif AP menggunakan hak otonomi kuasa modal kultural, sebab pengguna hanya membutuhkan laporan audit sebagai syarat administrasi. Hilangnya kuasa untuk menggunakan kuasa otonomi kuasa modal kultural menyebabkan penggeseran logika operasi modal kultural arena audit ke logika modal ekonomi, artinya di dalam arena audit telah terjadi penggeseran logika operasional dari logika operasional metodologi audit yang berimpilikasi pada biaya audit berganti pada logika hukum pasar tentang biaya murah untuk mendapatkan pekerjaan sehingga biaya audit menjadi kuasanya pasar dan penyesuian metodologi audit adalah konsekuensi dari biaya audit yang disepakati. Implikasi penting dari hasil studi ini adalah pemberian kuasa oleh negara tidak cukup menjamin AP memiliki kuasa di dalam arenanya sendiri. Oleh karena itu perlu kebijakan mengatur arena audit yang tujuannya menciptakan keseimbangan subjektif dan objektif di dalam arena audit. Keterbatasan studi ini hanya mengangkat perspektif dari Akuntan Publik yang dipilih oleh penulis sehingga tidak bisa dilakukan generisasi. Peneliti tidak melakukan proses triagulasi dengan penerbit laporan keuangan, pengguna laporan audit independen dan regulator. Dengan demikian, penelitian ini memiliki keterbatasan dalam mengungkapkan realitas yang tidak dijamah oleh peneliti. Peneliti merekomendasikan keterbatasan penelitian ini bisa dikembangkan dalam perspektif yang lebih luas untuk dikaji atau diteliti lebih lanjut.

Narasumber yang diwawancarai oleh penulis selama ini hanya mengaudit Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dan Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS) yang dilakukan dalam rangka pemenuhan POJK No. 48/POJK.3/2017 tentang Transparansi Kondisi ...

Sekolah yang Menyenangkan

Metode Kreatif Mengajar dan Pengembangan Karakter Siswa

Buku ini mengajak guru dan orangtua menjadikan sekolah sebagai ajang memperoleh pengalaman menarik bagi siswa. Sekolah tiba-tiba berubah menjadi rumah yang menyenangkan untuk mengetahui rahasia ilmu pengetahuan. Setiap sudut kelas menjadi hidup, setiap materi berkaitan langsung dengan kehidupan sehari-hari. Mengubah suasana belajar yang kaku menjadi ceria, unik, penuh tantangan yang dinamis dan tak terlupakan. Guru selalu menjadi inspirasi bagi para siswanya. Temukan tips-tips praktis menjadi ‘great teacher’ di buku ini. Jika kita percaya bahwa setiap anak mempunyai potensi kecerdasan dan berkembang dengan caranya sendiri; ibarat api unggun, maka buku ini adalah pemantiknya.

Buku ini mengajak guru dan orangtua menjadikan sekolah sebagai ajang memperoleh pengalaman menarik bagi siswa. Sekolah tiba-tiba berubah menjadi rumah yang menyenangkan untuk mengetahui rahasia ilmu pengetahuan.

EKOLOGI KEPULAUAN (Terintegrasi Pendidikan Karakter Kebangsaan)

Isi buku ajar ini berkaitan dengan faktor biotik dan abiotik kondisi geografi, konsep dasar ekologi kepulauan, tingkat organisasi, ekosistem pulau ekosistem pesisir, ekosistem aquatic dan wetlands, daur biogeokimia, distribusi dan kelimpahan tumuhan dan hewan pada suatu pulau, bentuk interaksinya, species endemik, faktor yang mempengaruhinya, keunikan budaya masyarakat di suatu pulau, strategi pengelolaan sumberdaya alam yang berkelanjutan, model pengembangan pendidikan berbasis kearifan lokal serta pengembangan eko-eduwisata pada suatu pulau.

Isi buku ajar ini berkaitan dengan faktor biotik dan abiotik kondisi geografi, konsep dasar ekologi kepulauan, tingkat organisasi, ekosistem pulau ekosistem pesisir, ekosistem aquatic dan wetlands, daur biogeokimia, distribusi dan ...

MEMBANGUN PENDIDIKAN INDONESIA BERKELAS DUNIA

“Buku ini sebagai salah satu referensi bagi dunia pendidikan di Indonesia dalam rangka memajukan dan meningkatkan kualitas layanan, sistem, manajemen dan sumber daya manusia di lingkungan lembaga pendidikan guna menjawab tantangan global di Era Industri 4.0 yang semakin ketat dan dinamis ini.” - Prof. Dr. KH. Said Aqil Husin al Munawwar, Lc, MA (Guru Besar UIN Jakarta) “Integrasi antar bidang ilmu pengetahuan perlu dilakukan sebagai konsekuensi dari tanggung jawab untuk mensejahterakan umat manusia. Seluruh komponen pendidikan harus berbasis integrasi antar ilmu pengetahuan. Buku ini layak dibaca karena akan membantu pembaca untuk memahami bagaimana integrasi antar ilmu itu dilakukan.” - Prof. Dr. Abuddin Nata, MA (Guru Besar UIN Jakarta) “Pendidikan harus berorientasi pada berbagai aspek, baik aspek intelektual, emosional, moral, sosial maupun spiritual. Harmonisasi aspek tersebut dimungkinkan terwujudnya wajah pendidikan yang integral dan mampu menjawab tantangan global. Buku ini sangat cocok untuk bahan renungan bagi kita dalam rangka memperbaiki dan memajukan pendidikan yang lebih baik.” - Prof. Dr. Samsul Nizar, M.Ag (Guru Besar dan Ketua STAIN Bengkalis Riau) “Dalam memperbaiki sistem pendidikan diperlukan berbagai strategi yang tepat; mapan berbasis integratif dan bernuansa holistik untuk membentuk paradigma yang seimbang, moderat, dan berbudaya. Sebagaimana yang telah dikaji dalam buku ini.” Selamat membaca..! - Prof. M. Mas’ud Said, Ph.D (Direktur Pascasarjana Univ. Islam Malang) “Buku ini penting untuk dibaca terutama bagi para pengelola pendidikan di Indonesia.” - Prof. Dr. Zumrotul Mukaffa, M.Ag (Guru Besar UIN Surabaya)

telah dengan sadar dikondisikan sebuah pendidikan karakter melalui pendidikan karakter yag ditranformasikan ke dalam silabus pembelajaran di sekolah (Dalyono & Lestariningsih, 2016). Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) telah masuk dan ...

PENGANTAR ILMU PENDIDIKAN

Buku ini merupakan kumpulan tulisan dari mereka yang berkompeten di bidang pendidikan. Buku ini akan memberikan cara pandang yang lebih luas dan mendalam terkait ilmu kependidikan

Pendidikan karakter akan berjalan efektif dan utuh jika melibatkan tiga institusi, yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat. Pendidikan karakter tidak akan berjalan dengan baik jika mengabaikan salah satu institusi, terutama keluarga.

Membangun Pendidikan Karakter

Pengertian Karakter, Permasalahan Karakter Masa Kini, Urgensi Pendidikan Karakter Karakter, Jujur Dalam Sehari-Hari Maupun Dalam Berolahraga, Pendidikan Karakter Syukur, Pendidikan Karakter Toleransi, Pendidikan Karakter Disiplin, Membentuk Karakter Dan Moral Serta Pengaruh Orangtua Dan Guru Pada Generasi Millennial, Modeling Dalam Pendidikan Karakter, Cara-Cara Membangun Karakter Unggul Dan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal

Pengertian Karakter, Permasalahan Karakter Masa Kini, Urgensi Pendidikan Karakter Karakter, Jujur Dalam Sehari-Hari Maupun Dalam Berolahraga, Pendidikan Karakter Syukur, Pendidikan Karakter Toleransi, Pendidikan Karakter Disiplin, Membentuk ...

Peran Orang Tua dan Guru dalam Pendidikan Karakter

manusia hidup di dunia membutuhkan orang lain. dia tidak dapat hidup sendiri karena itu harus bersosialisasi dengan lingkungannya. namun dalam bersosialisasi sering terjadi kesenjangan yang menyebabkan terganggunya hubungan antar sesama. sebagai contoh pangkat, jabatan, pendidikan bahkan jika diperhatikan lagi meluas ke bentuk fisik seseorang. dan itu terjadi bukan hanya pada orang dewasa melainkan sejak awal sudah mulai tertanam dalam diri seorang anak jika tidak dicegah sejak dini. contohnya ada anak yang tidak mau bergaul dengan temannya yang tidak cantik atau gemuk atau memiliki kekurangan fisik lainnya. bahkan di masa modern ini media sosial turut serta menyokong adanya peningkatan dalam berlomba-lomba menampilkan kecantikan fisik seseorang dengan menawarkan produk-produk kecantikan yang beragam. seharusnya hal ini tidak perdu terjadi jika tidak ada orang yang suka memandang seseorang dari wajah dan fisiknya saja. dan semua itu juga tidak perlu terjadi apabila sejak kecil orang tua dan masyarakat selalu mengajarkan kepada anak-anaknya contoh yang baik dalam memperlukan temannya dengan manusiawi.

manusia hidup di dunia membutuhkan orang lain. dia tidak dapat hidup sendiri karena itu harus bersosialisasi dengan lingkungannya. namun dalam bersosialisasi sering terjadi kesenjangan yang menyebabkan terganggunya hubungan antar sesama. ...