Sebanyak 913 item atau buku ditemukan

Pengelolaan Zakat di Indonesia Upaya Meningkatkan Perekonomian Umat

Pendefinisian terkait zakat sangat beragam, namun sederhananya zakat adalah harta umat untuk umat berdasarkan ketentuan dari orang yang wajib membayar dan orang yang berhak menerima. Dengan berzakat akan membersihkan jiwa para muzakki dari sifat-sifat kikir, tamak serta membersihkan diri dari dosa dan sekaligus menghilangkan rasa iri dan dengki si miskin kepada si kaya. Dengan zakat dapat membentuk masyarakat sejahtera, makmur, bahagia dan menumbuhkan penghidupan yang serba berkecukupan.

Pendefinisian terkait zakat sangat beragam, namun sederhananya zakat adalah harta umat untuk umat berdasarkan ketentuan dari orang yang wajib membayar dan orang yang berhak menerima.

A New Arabic Grammar of the Written Language

This is a revised second edition of A New Arabic Grammar of the Written Language first published in 1962. It is based on and replaces Thatcher's Arabic Grammar and has a vocabulary of over 4,000 words, almost twice as many as in the old Thatcher, while the number of chapters has been increased from forty-nine to fifty-two.The Supplement contains a number of new features. Apart from selections from the Qur'an, fables, stories, newspaper extracts, advertisements and letters, additional material in the form of extracts from classical and modern Arabic writings and proverbs is included. Appendix A provides a useful introduction to the main colloquial Arabic dialects, Appendix B, a useful reading guide, and Appendix C, further grammatical information not supplied in the first edition.This is above all a practical grammar, not an advanced reference grammar like Wright's. It is meant for the beginner who is not familiar with the peculiarities of Semitic languages. It will meet most students' needs for the first two or three years of their study.

This is a revised second edition of A New Arabic Grammar of the Written Language first published in 1962.

Analisis Maqashid Syari’ah terhadap Moderasi Beragama dan Preferensi Politik Warga Nahdliyin (Studi Empiris terhadap Pilkada Serentak 2020)

Pengarusutamaan moderasi beragama terhadap pilkada serentak 2020 sangat dibutuhkan. Sebab Pilkada yang dirancang sebagai demokrasi elektoral, justru menjadi ajang baru timbulnya konflik kekerasan dan benturan-benturan fisik antar pendukung calon kepala daerah menjadi pemandangan jamak yang ditemui. Singkatnya, mekanisme demokrasi yang ada seolah justru melegitimasi munculnya kekerasan akibat perbedaan yang sulit ditolerir antara pihak-pihak berkepentingan di arena demokrasi. Dengan kata lain, desain demokrasi di Indonesia dalam konteks penyelenggaraan pilkada telah gagal sebagai cara mentransformasikan konflik. Sepanjang perhelatan pilkada di Indonesia, salah satu penyebab konflik adalah sentimen keagamaan. Hal ini tentunya bisa menyebabkan disitegrasi bangsa.

Pengarusutamaan moderasi beragama terhadap pilkada serentak 2020 sangat dibutuhkan.

PERKEMBANGAN AWAL BAHASA ANAK : STUDI PSIKOLINGUISTIK

Buku yang dijuduli Perkembangan Awal Bahasa Anak: Studi Psikolinguistik disusun sebagai pelengkap untuk memperkaya kajian tentang Psikolinguistik, khususnya Pemerolehan Bahasa Anak, baik bagi mahasiswa S1, S2, maupun S3. Di samping itu, buku ini juga dapat dimanfaatkan oleh mereka yang berkecimpung di dalam Psikologi Perkembangan, khususnya Perkembangan Anak. Para mahasiswa dan peneliti bidang ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, terutama untuk mata kuliah Pemerolehan Bahasa pada Program Pendidikan Bahasa (Indonesia atau asing), dapat pula mendalami paparan buku ini. Bagi mahasiswa yang sedang menempuh mata kuliah Fonologi atau Tata Bahasa Generatif Transformasional, khususnya Fonologi Generatif, buku ini juga sangat berguna sebagai pembanding.

Buku yang dijuduli Perkembangan Awal Bahasa Anak: Studi Psikolinguistik disusun sebagai pelengkap untuk memperkaya kajian tentang Psikolinguistik, khususnya Pemerolehan Bahasa Anak, baik bagi mahasiswa S1, S2, maupun S3. Di samping itu, ...

Konsep Dasar IPA Biologi Untuk Mahasiswa PGSD

Makhluk hidup merupakan benda hidup yang mempunyai ciri khas yang membedakan dengan makhluk tak hidup. Ciri-ciri makhluk hidup yang membedakan dengan benda tak hidup antara lain; respirasi (bernapas), bergerak, memerlukan makanan (nutrisi), tumbuh dan berkembang, reproduksi atau berkembang biak, adaptasi, iritabilita, dan ekskresi. Makhluk hidup di dunia ini sangat beraneka ragam. Keanekaragaman makhluk hidup menjadikan para ilmuan membuat suatu sistem yang dinamakan klasifikasi. Tujuan dari klasifikasi adalah mempermudah para ilmuan untuk mempelajari makhluk hidup sesuai dengan persamaan yang ada pada makhluk hidup.

Makhluk hidup merupakan benda hidup yang mempunyai ciri khas yang membedakan dengan makhluk tak hidup.

Pendidikan Anak Usia Dini

Konsep dan Teori

Sebagai generasi penerus bangsa, anak perlu dipersiapkan sejak dini agar kelak menjadi sumber daya manusia yang berkualitas. Orang tua memiliki peranan yang penting dalam mewujudkan hal ini. Dengan memberikan bekal pendidikan pada anak usia dini maka kesiapan mental, perkembangan jiwa, sosial, emosional, dan religius anak dapat terbina. Dalam buku ini akan dijelaskan antara lain mengenai program pengembnagan Pendidikan Anak Usia Dini; perilaku sosial dan kemandirian anak usia dini; konsep pengembangan kreativitas, belajar melalui bermain, dan pembelajaran pada anak usida dini; konsep dasar literasi dini; serta program pembelajaran PAUD holistik. Buku ini disusun untuk dapat dijaikan bekal bagi orang tua, keluarga, pendidik, pengamat. serta pemerhati masalah pendidikan, terutama Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Buku ini disusun untuk dapat dijaikan bekal bagi orang tua, keluarga, pendidik, pengamat. serta pemerhati masalah pendidikan, terutama Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Prang Cumbok

revolusi sosial di Luhak Pidie : melintasi kepicikan emosional pada peristiwa dalam pertikaian

Ensiklopedia Tasawuf Imam Al-Ghazali

Tasawuf adalah ajaran suci yang dapat melindungi hati dari godaan-godaan duniawi yang sementara. Secara periodik dan konsisten ia mengajarkan bagaimana meraih suasana hidup yang lebih tenteram, memperbaiki kesalahan-kesalahan batin, dan menyirnakan egoisme berlebihan. Secara praktis, tasawuf akan menempa diri menjadi lebih bertanggung jawab atas perilaku sehari-hari dan menunjukkan bagaimana berlaku santun dan kasih pada orang lain. Berpijak pada konsep Imam Al-Ghazali, buku ini akan menuntun Anda menemukan pemahaman yang luas. Buku ini disajikan secara khusus dan istimewa. Lebih praktis karena disusun secara alfabetis, lebih kompreheensif karena memaparkan konsep-konsep tasawuf secara menyeluruh, dan lebih mudah dipahami karena disampaikan dengan gaya tutur yang populer. [Mizan, Hikmah, Agama, Indonesia]

Tasawuf adalah ajaran suci yang dapat melindungi hati dari godaan-godaan duniawi yang sementara.

ANTOLOGI FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM; STUDI TERHADAP PEMIKIRAN IBNU SINA

Buku yang ada di tangan pembaca ini adalah hasil karya dari teman-teman mahasiswa Program Doktor Pendidikan Islam kelas PEDI-A tahun akademik 2021-2022 pada mata kuliah Filsafat Pendidikan Islam (Lanjutan). Pendidikan dan filsafat adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan, sebagai ibu dari semua ilmu (mother of knowledge)filsafat dipakai menjadi kerangka teori dasar dalam pengembangan disiplin ilmu pengetahuan. Itulah mengapa dalam pendidikan dikenal cabang ilmu Filsafat Pendidikan, belakangan pendidikan Islam terutama Perguruan Tinggi Kegaman Islam (PTKI) juga menggunakannya sebagai sebuah disiplin ilmu baru yaitu Filsafat Pendidikan Islam dan ini menjadi mata kuliah wajib di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK).

Tugas kekholifahaan menuntut manusia itu berilmu pengetahuan. Sedangkan manusia sebagai hamba Allah menunjukkan dan membuktikan baktinya kepada Allah SWT. Kajian tentang manusia tidak bisa dipisahkan dengan pendidikan.

Filsafat pendidikan : Islam teori dan metodologi

Seorang pendidik berkewajiban membimbing, mengarahkan, mengantarkan, dan mengembangkan potensi peserta didik seoptimal mungkin. Tentu saja, pekerjaan ini tidak mudah bagi seorang pendidik, sebab ia harus mampu menggali atau menampakkan potensi peserta didik yang masih tersembunyi (hidden talent) menjadi potensi yang tumbuh dan berkembang ke permukaan. Sebuah layanan yang bukan saja membutuhkan waktu, akan tetapi membutuhkan pula proses layanan pendidikan Islam yang tepat dan benar. Dengan landasan di atas, seorang pendidik perlu pandangan yang luas, sehingga memiliki pemahaman yang mendalam terkait dengan berbagai konsep filsafat pendidikan Islam. Peristiwa memilah, memilih, dan menerapkan beragam teori filsafat pendidikan Islam menjadi bagian yang kerap dilakukan oleh seorang pendidik. Selain itu, mengkaji dan menentukan keberpihakan pada beragam aliran dari beberapa tokoh pendahulu juga merupakan bagian yang senantiasa dilakukan oleh seorang pendidik yang berkeinginan memberikan layanan yang terbaik bagi peserta didiknya. Semua yang disebutkan di atas menjadi perhatian utama dan serius. Penyusunan bab demi bab telah disesuaikan dengan kebutuhan bahan ajar Filsafat Pendidikan Islam, sehingga aneka materi yang disajikan mudah dipahami. Dengan demikian tidak hanya kalangan pendidik yang dapat mengambil manfaat, melainkan juga masyarakat yang peduli pendidikan mampu mendapatkan gambaran dan kandungan pengetahuan yang ada di dalamnya.

Seorang pendidik berkewajiban membimbing, mengarahkan, mengantarkan, dan mengembangkan potensi peserta didik seoptimal mungkin.