Sebanyak 3477 item atau buku ditemukan

TEACHING FROM HOME: dari Belajar Merdeka menuju Merdeka Belajar

Buku dengan judul: “TEACHING FROM HOM: dari Belajar Merdeka menuju Merdeka Belajar” ditulis secara kolaborasi dengan pemikiran masing-masing penulis. Dalam buku ini dibahas, strategi, tantangan, harapan dari beberapa dosen serta aplikasi apa saja yang digunakan disaat mengajar dari rumah. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menjelaskan “Merdeka Belajar” adalah kemerdekaan berpikir. Kampus/ Sekolah dipacu untuk melakukan proses adaptasi.

Ruang publik di era digital menyuguhkan nilai-nilai yang mencerminkan ... Tidak dapat dielakkan bahwasanya pembelajaran dalam jaringan “daring” mulai banyak ...

28 Cara Senang Belajar Matematika

Kumpulan Karya Ilmiah Matematika Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Tidar

Kumpulan makalah yang berisi pengembangan konsep, media, metode, dan inovasi pembelajaran matematika untuk guru SD, SMP, dan SMA. Siswa pun mampu memahami matematika dengan mudah.

Saran Di era digital seperti saat ini, kemajuan teknologi yang sangat pesat ... pembelajaran atau alat bantu untuk menunjang jalannya proses pembelajaran di ...

Belajar berpikir dan bertindak secara praktis dalam dunia pendidikan : kajian untuk akademis

informasi pada era Covid-19 ini merupakan proses literasi digital yang tidak ... Namun, hari-hari ini anak-anak mengalami pembelajaran yang luar biasa untuk ...

Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19

Pemanfaatan internet dan teknologi multimedia di Era Revolusi 4.0 dapat memudahkan merombak metode transfer pengetahuan dari kelas konvensional menjadi kelas digital dengan berbagai macam platform yang menyajikan cara atau bentuk pembelajaran mandiri merupakan solusi pada kondisi pandemi covid-19. Buku ini akan membahas banyak hal terkait proses belajar mandiri yang dikemas dalam 20 (Dua puluh) bab, sebagai berikut : 1. Model Pembelajaran di Era Covid-19 2. Esensial Model Pembelajaran Era 4.0 di Tengah Pandemi Covid-19 3. Pandemi Covid-19 Momentum Adaptasi Pendidikan Era 4.0 4. Inovasi Pembelajaran di Era Covid-19 5. Pembelajaran Jarak Jauh Jadi Pilihan di Era Pandemi Covid-19 6. Manfaat Teknologi Informasi di Tengah Pandemi Covid-19 7. Transformasi Media Pembelajaran Era Covid-19 8. Trasformasi Pendidikan di Era Pandemi Covid-19 9. Problematika Pembelajaran Media Online pada Era Pandemi Covid-19 10. Dilema Pembelajaran Daring Era Covid-19 Bagi Mahasiswa 11. Sederhanakan Kurikulum Pendidikan Saat Pandemi Covid-19 12. Kurikulum Fleksibel : Jalan Keluar Pembelajaran di Masa Covid-19 13. Strategi Pembelajaran Alternatif di Era Darurat Covid-19 14. Metamorfosa Media Pembelajaran Daring Saat Pandemi Covid-19 15. Kendala Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19 16. Dampak Sistem Pembelajaran Daring di Perguruan Tinggi 17. Peluang Akselerasi Pendidikan 4.0 di Tengah Covid-19 18. Tantangan Pembelajaran di Masa Covid-19 19. Tantangan Belajar Daring di Era New Normal 20. Implementasi Pembelajaran Pra dan Pasca Pandemi Covid-19

Pemanfaatan internet dan teknologi multimedia di Era Revolusi 4.0 dapat memudahkan merombak metode transfer pengetahuan dari kelas konvensional menjadi kelas digital dengan berbagai macam platform yang menyajikan cara atau bentuk ...

Filsafat Ilmu di Era Milenial

Menulis adalah melukiskan suatu yang ada dalam pikiran atau membuat memori menjadi kenyataan dan sebagian mengatakan mengaksarakan pikiran dan logika dalam media. Makna sederhana tentang menulis adalah menyampaikan ide dalam suatu pla􀆞orm baik melalui kertas atau media digital. Tulisan adalah ibarat symbol masa lampau tentang peradaban manusia, mengejawantahkan persembahan manusia tentang pemahaman suatu zaman atau sebuah katalis dari peradaban manusia. Berangkat pada makna di atas, maka setiap menulis adalah karya yang harus disusun atas landasan perencanaan dan penyusunan yang matang, agar memberi pencerahan yang baik pada suatu topik ulasan. Penyusunan tersebut tentunya memiliki filosofi tersendiri yang berbeda dengan yang lain. Tulisan berjudul “Filsafat Ilmu di Era Milenial” sudah sangat banyak dan tersebar luas di banyak kalangan, meskipun demikian, buku ini tetap mempunyai nilai filosofis dengan makna berbeda dengan karya sejenis sebagai torehan pemikiran yang berbeda minimal pada aspek ruang dan waktu.

Menulis adalah melukiskan suatu yang ada dalam pikiran atau membuat memori menjadi kenyataan dan sebagian mengatakan mengaksarakan pikiran dan logika dalam media.

Pengantar Manajemen (Teori Dan Konsep)

Buku kolaborasi ini berjudul “Pengantar Manajemen (Teori dan Konsep)” mengacu pada konsep dan teori manajemen. Buku ini terdiri dari 12 bab yang menjelaskan mengenai konsep dasar manajemen, sejarah perkembangan manajemen, manajemen sebagai seni, ilmu, dan profesi, prinsip dan fungsi manajemen, lingkungan internal dan eksternal organisasi, proses pengambilan keputusan, prinsip-prinsip dasar kepemimpinan, teori motivasi, komunikasi dalam organisasi, desain organisasi dan wewenang, hubungan antara perubahan organisasi dan perkembangan organisasi, serta jenis dan tujuan pengendalian.

Untuk mengatur dan mengawasi pelaksanaan tujuan yang ingin dicapai, presiden dan eksekutif menetapkan ketentuan yang tidak memerlukan komunikasi langsung dengan semua anggota. Anggota membuat grup dan menentukan siapa yang bertanggung ...

Landasan Pedagogik: Teori dan Kajian

Materi landasan pedagogik ini sangat bermanfaat dalam dunia pendidikan maupun organisasi karena dikaji secara komprehensif dan lebih lengkap dari kajian filosofis, kajian empirik, perkembangan, evaluasi, dan implikasinya sehingga diharapkan dapat meningkatkan ilmu pengetahuan dalam bidang pedagogik. Buku ini disajikan dengan struktur yang dibangun atas sebelas pokok kajian bahasan, yaitu mencakup: Ragam perspektif pedagogik tentang makna pendidikan, pengajaran dan pelatihan. Pendidikan sebagai ilmu pengetahuan. Kajian antropologis filsafat terhadap hakikat manusia dan pendidikan. Kajian historis terhadap tokoh-tokoh pendidik. Kajian psikologis terhadap realitas perkembangan peserta didik. Kajian terhadap perkembangan religi peserta didik. Kajian empirik tentang pranata pendidikan dalam latar budaya dan organisasi. Perspektif pedagogik tentang landasan manajemen pendidikan. Perspektif pedagogik tentang evaluasi pendidikan. Kajian tentang research and development pendidikan. Kajian tentang implikasi landasan pedagogik terhadap pengembangan teori dan praktek pendidikan di Indonesia dan dunia. Buku ini sangat berguna dan mendukung bagi mahasiswa yang belajar di Fakultas Ilmu Pendidikan, bagi guru, dosen, kepala sekolah, pengawas sekolah, organisasi, perusahaan dan pemerhati dalam bidang pendidikan dalam menambah wawasan tentang pedagogik sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan.

Perspektif pedagogik tentang evaluasi pendidikan. Kajian tentang research and development pendidikan. Kajian tentang implikasi landasan pedagogik terhadap pengembangan teori dan praktek pendidikan di Indonesia dan dunia.

Memahami Teori Sosial

Kehadiran buku ini diharapkan dapat memberikan perspektif baru ataupun wacana baru, selain itu pemikiran-pemikiran dalam buku ini juga berusaha memberikan gambaran pada pembaca agar tidak begitu saja menerima paradigma teori sosial apa adanya, tetapi diharapkan para pembaca bersikap kritis, sehingga mampu memahami teori sosial dan memanfaatkannya untuk memahami gejala (fenomena) sosial. Dalam ilmu sosial, teori berbeda dengan konsep. Konsep adalah deskripsi tentang sebuah realitas, sementara yang dimaksud teori adalah jawaban atas pertanyaan why, sehingga yang dipaparkan dalam teori ialah menjelaskan mengapa suatu gejala terjadi dan apa pula penyebabnya. Secara sederhana, teori adalah seperangkat proposisi yang menggambarkan suatu gejala terjadi seperti itu. Proposisi-proposisi yang dikandung dan yang membentuk teori terdiri atas beberapa konsep yang terjalin dalam bentuk hubungan sebab akibat. Sedangkan teori adalah penjelasan yang mendalam atas sebuah masalah yang berfungsi menggambarkan realitas dunia sebagaimana yang dapat diobservasi dan dimaknai. Dalam perkembangan ilmu sosial, selain berfungsi untuk menjelaskan sebuah realitas, teori juga berfungsi untuk memperkirakan gejala yang akan terjadi. Kedua fungsi ini berkaitan erat. Artinya, apabila seseorang ilmuwan dapat memberikan penjelasan (generalisasi kondisi antecedent) terhadap suatu gejala (eksplenando) secara tepat, maka dengan sendirinya dapat memperkirakan gejala yang akan terjadi.

Kehadiran buku ini diharapkan dapat memberikan perspektif baru ataupun wacana baru, selain itu pemikiran-pemikiran dalam buku ini juga berusaha memberikan gambaran pada pembaca agar tidak begitu saja menerima paradigma teori sosial apa ...

Pengantar Bisnis

Prinsip, Konsep, Teori, dan Strategi

Buku Pengantar Bisnis ini disusun berdasarkan data dan informasi mengenai prinsip, konsep, dan teori serta praktik bisnis yang tersebar meluas di muka bumi dalam bentuk jurnal dan buku, ataukah laporan resmi lembaga tertentu. Buku ini bertujuan untuk merangkul, menyaring, dan memandatkan ajaran inti mengenai prinsip, konsep, teori dan praktik bisnis secara umum. Tujuan dasarnya adalah membangun dan membentuk prinsip, konsep, dan teori bisnis dalam praktik bisnis modern dengan dukungan Budaya lokal dan silang budaya internasional. Buku ini berisikan gambaran umum mengenai prinsip dan konsep bisnis, teori dan metode keilmuan, sistem-sistem ekonomi, kegiatan usaha perusahaan, bentuk-bentuk hukum perusahaan, kewirausahaan, produksi dan globalisasi bisnis, kepemimpinan, manajemenpemasaran dan manajemen keuangan dan berakhir di konsep ekonomi kreatif.

Buku Pengantar Bisnis ini disusun berdasarkan data dan informasi mengenai prinsip, konsep, dan teori serta praktik bisnis yang tersebar meluas di muka bumi dalam bentuk jurnal dan buku, ataukah laporan resmi lembaga tertentu.