Sebanyak 23694 item atau buku ditemukan

Pengantar kepada administrasi dan supervisi pendidikan

LB 2953 T36 BAB I PENDAHULUAN Dalam rangka pembaharuan pendidikan
telah dilaksanakan berbagai kegiatan yang mempengaruhi arah pembinaan
pendidikan secara nasional . Oleh karena itu Pemerintah cq . Departemen Pen ...

KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH DALAM MENYUSUN PROGRAM SUPERVISI

Berdasarkan lima dimensi kompetensi Kepala Sekolah/Madrasah khususnya pada dimensi kompetensi supervisi bahwa Kepala Sekolah/madrasah menjadi keharusan untuk dapat merencanakan program supervisi akademik dan melaksanakan supervisi akademik serta menindaklanjuti hasil supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru. Implementasi dimensi kompetensi supervisi oleh Kepala Sekolah/madrasah pada tataran selanjutnya akan berdampak pada peningkatkan mutu proses pembelajaran dan selanjutnya akan meningkatkan mutu kelulusan atau output sekolah yang dipimpinnya.

Skor 4 Skor 3 Skor 2 Skor 1 Melaksanakan supervisi ulangan Tengah Semester 80 – 99% guru Melaksanakan supervisi ulangan Tengah Semester 65 – 79% guru Melaksanakan supervisi ulangan Tengah Semester 40 – 64% guru Melaksanakan ulangan ...

BIMBINGAN KONSELING ANAK USIA DINI

Seiring perkembangan zaman problematika peserta didik di sekolah semakin beragam.Jalan pikiran mereka menjadi terbagi dengan masalah diluar sekolah dan di dalam sekolah.Suatu tindak layanan sekolah pada peserta didik dengan bimbingan konseling yang mengarahkan para peserta didik untuk mengetahui bakat dan potensi dalam diri mereka. Bimbingan konseling biasanya berbicara mengenai aspek psikologis, ini akan sangat penting jika ada banyak gangguan psikis pada peserta didik yang biasanya tertekan masalah dan tidak mampu menangkap pelajaran dengan baik. Perlunya bimbingan konseling dapat berfungsi sebagai pemantau masalah-masalah siswa yang berkaitan tentang masalah kelainan tingkah laku dan adaptasi.Sulitnya salah satu siswa untuk bergaul dan cenderung mengasingkan diri dari teman-temannya memiliki akar permasalahan yang biasanya beruntun.

Seiring perkembangan zaman problematika peserta didik di sekolah semakin beragam.Jalan pikiran mereka menjadi terbagi dengan masalah diluar sekolah dan di dalam sekolah.Suatu tindak layanan sekolah pada peserta didik dengan bimbingan ...

BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH DASAR

Buku bimbingan dan konseling ini mengupas tentang bimbingan dan konseling pribadi, sosial, belajar, dan karir di sekolah dasar. Tujuannya adalah membantu mengembangkan potensi dan mendampingi perkembangan peserta didik di sekolah dasar

Buku bimbingan dan konseling ini mengupas tentang bimbingan dan konseling pribadi, sosial, belajar, dan karir di sekolah dasar. Tujuannya adalah membantu mengembangkan potensi dan mendampingi perkembangan peserta didik di sekolah dasar

Aku Bimbingan dan Konseling

Aku Bimbingan dan Konseling PENULIS: Rukaya, S.Pd ISBN: 978-623-7136-57-6 Penerbit : Guepedia Publisher Ukuran : 14 x 21 cm Tebal : 148 halaman Sinopsis: Pendidikan merupakan bagian penting dari kehidupan manusia yang tidak pernah bisa ditinggalkan. Indonesia sebagai salah satu Negara dengan penduduk terbesar di dunia, indonesia menjadi barometer Negara-negara Asia dalam megatur masyarakatnya dengan berbagai macam pendidikan. Bimbingan dan konseling merupakan bagian terpadu dari proses pendidikan yang memiliki peranan dalam meningkatkan sumber daya manusia, potensi, bakat, minat, kepribadian, prestasi seseorag (peserta didik), dan mengembangkan kemampuan yang meliputi masalah akademik dan keterampilan. Untuk itu , upaya dan strategi diperluhkan dalam meningkatan kualitas sumber daya manusia merupakan prasyarat mutlak untuk mencapai tujuan pembangunan. Maka hadirlah buku ini, Salah satu wahana untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) tersebut adalah pendidikan sehingga kualitas pendidikan harus senantiasa ditingkatkan kualtas pendidikan harus senantiasa ditingkatkan. Sebagai faktor penentuh keberhasilan pembangunan manusia seutuhnya, pada tempatnyalah sumber daya manusia (SDM) ditingkatkan secara sistematis dan terarah berdasarkan kepentingan yang mengacu pada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) dan berlandaskan keimanan dan ketakwaan (Imtak). Email : guepedia@gmail•com WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Aku Bimbingan dan Konseling PENULIS: Rukaya, S.Pd ISBN: 978-623-7136-57-6 Penerbit : Guepedia Publisher Ukuran : 14 x 21 cm Tebal : 148 halaman Sinopsis: Pendidikan merupakan bagian penting dari kehidupan manusia yang tidak pernah bisa ...

Bimbingan dan Konseling di Sekolah

Konsep, Teori, dan Aplikasinya

Pemberian layanan bimbingan dan konseling bagi siswa sangat penting dalam rangka untuk keberhasilan program pendidikannya. Selain itu, dalam program pendidikan, program bimbingan dan konseling dimaksudkan agar individu mampu merencanakan kegiatan penyelesaian studi, perkembangan karier, serta kehidupan di masa yang akan datang. Bimbingan dan konseling juga dimaksudkan untuk mengembangkan seluruh potensi yang dimiliki seseorang, sehingga orang yang bersangkutan dapatmenyesuaikan diri dengan lingkungan pendidikan, lingkungan masyarakat, penyesuai- an dengan lingkungan pendidikan, masyarakat, ataupun lingkungan kerja. Tujuan jangka panjang, pentingnya pemberian bimbingan dan konseling bagi siswa ini merupakan pemberian bantuan kepada seluruh peserta didik yang dilakukan secara berkesinambungan agar peserta didik dapat memahami dirinya, lingkungan dan tugas-tugasnya sehingga peserta didik sanggup mengarahkan diri, menyesuaikan diri serta bertindak secara wajar sesuai dengan keadaan dan tuntutan lembaga pendidikan, keadaan keluarga, masyarakat, dan lingkungan kerja yang akan dimasukinya kelak. --------- Buku ini dapat menjadi referensi untuk Anda yang ingin memahami tentang seluk beluk bimbingan konseling di sekolah. Persembahan penerbit Kencana (Prenadamedia Group)

Pemberian layanan bimbingan dan konseling bagi siswa sangat penting dalam rangka untuk keberhasilan program pendidikannya.

PEDOMAN PRAKTIKUM PRAKTIK BIMBINGAN DAN KONSELING PRIBADI SOSIAL

Praktik Bimbingan dan Konseling Pribadi-Sosial merupakan mata kuliah wajib bagi seluruh mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling dan merupakan prasyarat bagi pemrograman mata kuliah PPL BK Mikro. Mata kuliah Praktik Bimbingan dan Konseling Pribadi-Sosial merupakan kegiatan pemberian pengalaman latihan terstruktur kepada mahasiswa tentang cara memberikan layanan Bimbingan dan Konseling bidang Pribadi-Sosial kepada konseli. Kegiatan praktikum dilakukan di ruang laboratorium program studi Bimbingan dan Konseling. Praktik Bimbingan dan Konseling Pribadi-Sosial sebagai kegiatan praktik mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling dimulai dengan memberikan latihan terstruktur kepada mahasiswa dalam mengembangkan keterampilan menyusun instrumen need assessment. Hasil analisis data dari instrumen need assessment yang telah diperoleh dari responden digunakan sebagai dasar latihan terstruktur penyusunan Program Semester Layanan Bimbingan dan Konseling. Selanjutnya mahasiswa melakukan latihan terstruktur menyusun rencana pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling (RPL BK) untuk layanan bimbingan dan konseling bidang pribadi dan sosial. Berdasarkan RPL BK yang telah disusun akan digunakan sebagai dasar melaksanakan layanan bimbingan dan konseling dengan menerapkan berbagai jenis layanan yang ada, misalnya layanan bimbingan klasikal, bimbingan kelompok, konseling kelompok, konseling individu dan sebagainya

Contoh Program Peminatan Dalam Layanan BK PROGRAM PEMINATAN DALAM PELAYANAN BIMBINGAN KONSELING Nama SMA : ........................................ AlGmOf : Jln. - Semester/TP : Gasal tahunPelajaran 2013/2014 BULAN : Komponen MEI JUNI ...

BIMBINGAN KONSELING PRIBADI SOSIAL

Manusia merupakan makhluk sosial, karena itu kehidupan manusia selalu ditandai dengan pergaulan antarmanusia. Hubungan manusia dengan manusia lain merupakan hakikat hidup bermasyarakat. Manusia tidak akan dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Keseharian kehidupan individu terus menerus bertemu dengan orang lain, bekerja sama dengan mereka, mengikuti mereka, menyakiti mereka atau bahkan mengabaikan mereka. Hal ini menunjukkan bahwa individu tak akan terlepas dari berinteraksi dengan individu lainnya. Buku ini mengulas tentang konsep dasar BK Pribadi Sosial, diri dalam dunia sosial, permasalahan-permasalahan pribadi sosial, dan strategi pengembangan pribadi sosial. Selamat membaca

Manusia merupakan makhluk sosial, karena itu kehidupan manusia selalu ditandai dengan pergaulan antarmanusia.

Implementasi Manajemen Bimbingan Konseling Di Sekolah/Madrasah

Bimbingan dan konseling merupakan bagian dari sistem pendidikan di sekolah/madrasah yang memiliki peranan penting berkaitan dengan pemenuhan fungsi dan tujuan pendidikan serta peningkatan mutu pendidikan di sekolah/madrasah. Pendidikan yang bermutu dalam penyelenggaraannya tidak cukup hanya dilakukan melalui transformasi ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi harus didukung oleh peningkatan profesionalisasi dan sistem manajemen pendidik dan tenaga kependidikan serta pengembangan kemampuan peserta didik untuk menolong diri sendiri dalam memilih dan mengambil keputusan demi pencapaian cita-citanya.

Buku Implementasi Manajemen Bimbingan Konseling Di Sekolah/Madrasah ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

SURVEY PERMASALAHAN BIMBINGAN DAN KONSELING

Buku dengan judul “Survey Permasalahan Bimbingan & Konseling” ini disusun dalam rangka memenuhi kebutuhan mahasiswa dan sebagai penunjang mata kuliah Survey Permasalahan Bimbingan dan Konseling. Penelitian survey merupakan metode yang sering digunakan dalam ilmu sosial untuk membantu melakukan pengamatan terhadap suatu fenomena sosial. Dalam pembahasan ini hanya akan dibahas mengenai survey khususnya permasalahan terkait bidang bimbingan dan konseling. Buku ini, mengupas tentang konsep dasar survey, desain survey, proses penelitian survey, masalah, pengumpulan data beserta penulisan laporannya. Selamat membaca.

Contoh penelitian survey adalah: Survey Mengenai Pandangan Guru-guru di Perkotaan tentang Dampak Internet Terhadap Tingkah Laku Remaja. 2. Faktor-faktor Pendukung dan Penghambat bagi Dosen UGM Kelompok Ilmu SosialHumaniora dalam ...