Sebanyak 2603 item atau buku ditemukan

PENGANTAR PSIKOLOGI PENDIDIKAN

Pengembangan Kurikulum Sekolah Golf

Buku pengembangan kurikulum sekolah golf disusun berdasarkan hasil dari kajian yang menyatakan bahwa sudah lama golf merupakan olahraga sekaligus hiburan yang mempunyai banyak guna dari segi bisnis, relasi, bahkan edukasi. Selain itu golf juga dapat menjadi pendorong industri pariwisata. Timbulnya golf sebagai sarana promosi memberikan dampak yaitu mulai banyaknya peminat dari dalam kota, luar kota bahkan luar negeri. Sebagian besar peminat terdiri atas kaum menengah ke atas yang diantaranya adalah bapak-bapak dengan umur sekitar 40-50 ke atas. Tetapi berhubung dengan informasi, prospek, teknologi yang berkembang, pengguna golf berkembang menjadi 40% diantaranya adalah kaum muda dengan umur 18-30 tahun dan sisanya adalah anak-anak. Buku pengembangan kurikulum sekolah golf ini disusun dengan tujuan sebagai salah satu upaya menambah bahan bacaan maupun informasi pengetahuan bagi akademisi maupun praktisi dalam cabang olahraga golf. Selain itu, buku pengembangan kurikulum sekolah golf ini diharapkan juga dapat dimanfaatkan oleh atlet, calon pelatih, serta pelatih golf sebagai bahan referensi untuk mengadakan sekolah atau pelatihan golf maupun dapat dijadikan acuan dalam melaksanakan pembelajaran golf pada atlet.

Buku pengembangan kurikulum sekolah golf disusun berdasarkan hasil dari kajian yang menyatakan bahwa sudah lama golf merupakan olahraga sekaligus hiburan yang mempunyai banyak guna dari segi bisnis, relasi, bahkan edukasi.

TELAAH KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Buku ini merupakan pengantar atau kajian bagi siapa pun yang hendak mengembangkan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini dari berbagai sudut pandang, yakni : Filosofis, yuridis, psikologis dan pedagogis. Tujuannya adalah agar pengembangan kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini dapat dirancang sesuai kebutuhan anak berdasarkan tahapan perkembangan dan pertumbuhan anak. Kurikulum merupakan komponen yang penting dalam pembelajaran. Kurikulum akan mengarahkan anak mau diapakan anak tersebut, dan dijadikan apa anak tersebut. Oleh sebab itu, pengembangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini tidak dapat dilakukan secara sembarangan, khususnya pada usia dini (0-6 tahun) agar anak mencapai tumbuh kembang secara optimal. Dalam usaha memberikan pemahaman tentang apa dan bagaimana kurikulum PAUD yang dapat mengoptimlakan tumbuh kembang anak, penulis mencoba memberi gagasan tentang kurikulum PAUD dari berbagai perspektif. Selain itu, Penulis berharap buku ini bisa menjadi titik tolak dari landasan yang kokoh bagi pelaksana perancangan kurikulum PAUD baik di Perguruan Tinggi, lembaga Pendidikan Anak Usia Dini, maupun bagi pihak- pihak yang berkepentingan. Bahan ajar ini berisi materi tentang pengertian kurikulum; konsep dasar kurikulum; Landasan kurikulum; Peran dan Fungsi kurikulum; Hakikat dan Dimensi Kurikulum, proses penyusunan kurikulum, Model- Model Kurikulum Anak Usia Dini, Teori- teori Evaluasi kurikulum, Evaluasi Kurikulum Anak Usia Dini. Bahan ajar ini dirancang agar dapat digunakan mahasiswa dalam melaksanakan tugasnya. Materi ini diberikan mahasiswa PG- PAUD dengan harapan dapat mengimplementasikan hasil perkuliahan sesuai dengan kompetensi yang harus dicapai. Calon guru PAUD harus memiliki kualifikasi akademik yang memadai tentang konsep dasar kurikulum, hakikat kurikulum dan pendekatan kajian teoritik maupun praktik mengenai kurikulum. Modul ini tidak satu-satunya yang dapat digunakan oleh mahasiswa dalam menambahkan materi lainnya sebagai suplemen bagi pengembangan materi sesuai dengan karakteristik peserta didik dan perkembangan ilmu.

Buku ini merupakan pengantar atau kajian bagi siapa pun yang hendak mengembangkan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini dari berbagai sudut pandang, yakni : Filosofis, yuridis, psikologis dan pedagogis.

Pengembangan kurikulum matematika

Developing mathematics curriculum in Indonesia; theoritical and historical studies.

Dalam kaitan dengan pilar " learning to do ” , siswa pada pendidikan dasar ( SD /
MI dan SLTP / MTs DAN SMA / MA ) didorong melaksanakan proses Matematika
( doing math ) mulai dari yang sederhana dan secara bertahap meningkat ke ...

Telaah Kurikulum

Buku ini berisikan 7 bab materi diantaranya adalah 1) Bab I model konsep kurikulum, 2) Bab II azas dan prinsip pengembangan kurikulum, 3) Bab III model, pendekatan, dan orientasi pengembangan kurikulum, 4) Bab IV evaluasi kurikulum, 5) Bab V perkembangan kurikulum sekolah dari masa ke masa, 6) Bab VI kurikulum 2013, 7) Bab VII penelitian berbasis kurikulum. Buku ini dikemas dengan bahasa yang mudah untuk dipahami dan mengikuti perkembangan kurikulum saat ini. Penggunaan buku ini semoga bermanfaat untuk semuanya.

Buku ini berisikan 7 bab materi diantaranya adalah 1) Bab I model konsep kurikulum, 2) Bab II azas dan prinsip pengembangan kurikulum, 3) Bab III model, pendekatan, dan orientasi pengembangan kurikulum, 4) Bab IV evaluasi kurikulum, 5) Bab ...

Kajian Kurikulum Kimia Dan SMK

Bab I memberikan informasi awal mengenai deskripsi Mata KuliahKajian Kurikulum Kimia SMA/K, rencana pembelajaran, petunjukpenggunaan buku ajar, standar kompetensi, dan bentuk evaluasiperkuliahan. Bab II menjelaskan tentang konsep dasar kurikulum yangmeliputi definisi kurikulum, teori kurikulum, komponen kurikulum,kurikulum dan pendidikan, dan terminologi kurikulum. Bab IIImendeskripsikan mengenai landasan pengembangan kurikulum, prinsip-prinsip pengembangan kurikulum, langkah-langkah dalam pengembangankurikulum, model-model pengembangan kurikulum, pendekatan dalam pengembangan kurikulum, dan pengorganisasian kurikulum. Bab IVmemaparkan tentang perkembangan kurikulum pendidikan di Indonesia, dari Rencana Pelajaran 1947 hingga Kurikulum 2013 Revisi. Bab V menjelaskan tentang kurikulum untuk mata pelajaran kimia dalam pendidikan, kajian konten kimia SMA pada KTSP 2006, dan kajian konten kimia SMA pada Kurikulum 2013 Revisi. Bab VI mendeskripsikan tentang tantangan pembelajaran kimia SMK dalam Kurikulum 2013 Revisi, kajian konten mata pelajaran kimia untuk SMK kompetensi keahlian kimia industri, kimia analisis, analisis pengujian laboratorium, kimia tekstil, farmasi klinis & komunitas, dan farmasi industri dalam Kurikulum 2013 Revisi. Pada bagian terakhir, Bab VII memberikan penjelasan terkait Kurikulum Kimia Internasional untuk SMA.

Pada bagian terakhir, Bab VII memberikan penjelasan terkait Kurikulum Kimia Internasional untuk SMA. Buku Kajian Kurikulum Kimia SMA Dan SMK ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Buku Panduan Pelukis Retrospektif

Pameran / Exhibitions : 1988 Pameran / Exhibitions : Pameran Senilukis Guru -
Guru '68 , Bangunan Majlis Perbandaran Pulau Pinang . Teachers ' Art Exhibition
'65 . 1988 Pameran Perempuan dan Ketam di Pulau Pinang . Women and Crab ...

PERMAINAN BISNIS TERPADU TEMATIK UNTUK PELATIH KEWIRAUSAHAAN

Berwirausaha Mengolah Sampah Menjadi Rejeki Tambah

Sampah adalah masalah. Sering memang terdengar anggapan seperti itu. Namun, bagi sebagian orang, sampah justru mendatangkan rezeki, setelah mereka mengelola dan mengolahnya dengan benar. Omzetnya mencapai puluhan hingga ratusan juta. Masalah ini bersumber dari kesalahan Pola Pikir. Sampah dianggap benda jelek, kotor, bau, jorok, sumber masalah dan tidak berharga sehingga dibuang. Idealisme Lingkungan Daur ulang sampah berbasis kewirausahaan yang selama ini telah dilatihkan, secara signifikan berpengaruh terhadap berkurangnya sampah yang dibuang ke TPS dan lahirnya banyak usahawan kerajinan daur ulang sampah yang mampu berkembang secara bisnis. Masyarakat akan menjalankan aktivitas daur ulang dengan semangat dan berkesinambungan jika memberikan manfaat finansial kepada pelakunya, menguntungkan serta bisa dijadikan usaha dengan investasi rendah. Buku ini berisi Materi Permainan Bisnis Tematik Terpadu Tentang Berwirausaha Mengelola Sampah sebagai sebuah prospek bisnis yang mudah-mudahan bermanfaat bagi pelatih kewirausahaan, guru, dosen, pemerhati dan penggiat lingkungan. Diuraikan dalam buku ini, mulai dari metode pembelajaran, membangun mindset baru tentang tentang sampah, wirausaha sampah dan teknik-teknik pelatihan manajemen usaha sampah. Terakhir, jika dalam menguraikan buku masih banyak kekurangan, mohon dimaafkan. Selanjutnya koreksi dan saran kami harapkan dari para pembaca, dalam rangka penyempurnaan buku ini, terima kasih.

Sampah adalah masalah.

METODE PENELITIAN

Untuk Ilmu Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi

Sasaran utama pembaca buku ini adalah mahasiswa semester akhir tujuh-delapan di Fakultas Ekonomi dalam rumpun ilmu Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Keuangan yang sedang mempelajari mata kuliah metode penelitian. Juga mahasiswa yang sedang menyusun tugas akhir. Buku ini sengaja disusun untuk menuntun-mengarahkan mahasiswa menulis skripsi, tesis, disertasi, sekaligus berperan ‘kapal sekali berlayar’ sebagai buku ajar dan referensi bagi bapak/ibu dosen pengampu mata kuliah metodologi penelitian. Buku ini memudahkan mahasiswa untuk memahami bagaimana membuat proposal, melaksanakan penelitian sampai ke membuat laporan hasil penelitian. Buku ini penting untuk dimiliki mahasiswa jurusan Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi. Outline penulisan buku ini disusun berdasarkan silabus mata kuliah metode penelitian di FE ditambah sedikit ‘bab reform’ yang dianggap penting seperti AUMA (Alat Ukur Model Analisis). Untuk memudahkan pemahaman para mahasiswa, pembahasannya disusun ke dalam beberapa bab dan subbab yang terdiri dari tujuh belas bab. Setiap bab sudah ada petunjuk pembelajarannya. Dalam proses perkuliahan sudah mengandung indikator pembelajaran; Audience; Behavior; Condition; dan Degree (ABCD). Juga terdapat soal-soal esai sebagai ajang latihan mahasiswa sebelum menghadapi ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhir semester (UAS).

Berdasarkan pengalaman menulis selama menjadi dosen pengampu, pembimbing, konsultan, penguji mata kuliah metodologi penelitian dan merasakan keluh-kesahnya mahasiswa ketika memulai menulis skripsi, tesis dan disertasi dirasa perlu disusun buku ini. Kesulitan mahasiswa pada umumnya adalah karena mereka kurang memahami aspek metodologi penelitian, mulai dari (a) merumuskan masalah; (b) memilih obyek/subyek yang akan diteliti; (c) memilih topik teori-variabel-indikator; (d) menentukan alat ukur-model analisis AUMA; (e) memilih metode/teknik penelitian; (f) teknik mengambil sampel (teknik sampling); (g) prosedur pengumpulan data hingga sampai ke (h) pengolahan data. Secara substansial isi/fungsi subjudul penelitian ada di bab sebelas. Memang menulis karya ilmiah itu tidak mudah. Tidak ada yang sulit, bila mahasiswa mau bekerja keras, cerdas, tekun dan tidak mudah putus asa. Di samping memiliki buku metode penelitian ini, disarankan juga anda memahami aplikasi statistik (bila penelitian kuantitatif) dan teori akuntansi, teori manajemen, teori ekonomi yang terkait dengan topik penelitian anda. Selamat belajar dan sukses.

Di samping memiliki buku metode penelitian ini, disarankan juga anda memahami aplikasi statistik (bila penelitian kuantitatif) dan teori akuntansi, teori manajemen, teori ekonomi yang terkait dengan topik penelitian anda.