Sebanyak 353 item atau buku ditemukan

Pendidikan Agama Islam : Al-Quran Hadis Untuk Madrasah Tsanawiyah Kelas VIII

Bismillahirrahmanirrahim Buku pelajaran Al-Qur'an Hadis untuk Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kelas VIII ini disusun tetap berdasarkan Kurikulum Madrasah yang dikeluarkan Menteri Agama RI Tahun 2013, yang dalam pelaksanaannya berpedoman kepada Keputusan Menteri Agama RI No. 165 Tahun 2014, dan Surat Edaran Dirjen Pendis Kemenag RI Tahun 2015, terdiri atas 8 Bab. Setiap bab mengandung: Uraian materi pelajaran, rangkuman, evaluasi dan tugas dari bab yang bersangkutan.

Bismillahirrahmanirrahim Buku pelajaran Al-Qur'an Hadis untuk Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kelas VIII ini disusun tetap berdasarkan Kurikulum Madrasah yang dikeluarkan Menteri Agama RI Tahun 2013, yang dalam pelaksanaannya berpedoman kepada ...

Pendidikan Agama Islam : Al-Quran Hadis Untuk Madrasah Tsanawiyah Kelas VII

Bismillahirrahmanirrahim Buku pelajaran Al-Qur'an Hadis untuk Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kelas VII ini disusun tetap berdasarkan Kurikulum Madrasah yang dikeluarkan Menteri Agama RI Tahun 2013, yang dalam pelaksanaannya berpedoman kepada Keputusan Menteri Agama RI No. 165 Tahun 2014, dan Surat Edaran Dirjen Pendis Kemenag RI Tahun 2015, terdiri atas 7 Bab. Setiap bab mengandung: Uraian materi pelajaran, rangkuman, hikmah, evaluasi dan tugas dari bab yang bersangkutan.

Bismillahirrahmanirrahim Buku pelajaran Al-Qur'an Hadis untuk Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kelas VII ini disusun tetap berdasarkan Kurikulum Madrasah yang dikeluarkan Menteri Agama RI Tahun 2013, yang dalam pelaksanaannya berpedoman kepada ...

Mengkaji Ulang Tafsir Istilah “Bid’ah”

Jangan Biarkan Umat Islam Ditakut-Takuti, Diadu Domba Dan Dipecah Belah Dengan Tuduhan Bid’ah

Assalaamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh. Kita semua telah menyaksikan perpecahan umat islam di Timur Tengah antara lain di Irak, Afghanistan, Libanon, Suriah dll., mereka saling bunuh sesama umat islam karena diadu domba oleh pihak yang tidak menyukai islam. Perpecahan ini sangat mungkin terjadi di Indonesia yang disebabkan tafsir istilah “Bid’ah“ yang simpang siur. Dengan adanya tafsir yang simpang siur ini telah dimanfaatkan oleh suatu kelompok untuk menakut-nakuti, mengadu domba dan memecah belah umat islam dengan tuduhan bid’ah, tidak sesuai sunnah, berdosa besar, masuk neraka dll. Kelompok ini sangat tidak suka bila umat islam hidup damai dan sejahtera. Karena itu dimohon kepada para ulama, ustaz, muslimin, muslimat agar berhati-hati dan segera mengkaji ulang tafsir istilah bid’ah ini untuk melindungi umat islam dari perpecahan saat ini dan generasi yang akan datang agar tidak menyesal dikemudian hari. Demikian atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih, semoga Allah melindungi dan mengampuni kita semua, amin.

Pendidikan terakhirnya adalah sarjana ekonomi. Selama lebih dari 20 tahun ia
bekerja sebagai bankir di salah satu bank pemerintah, dan lebih dari dua tahun
ia menjadi konsultan sebuah perusahaan di Malaysia. Minat Lukman Hakim
pada ...

Pokok-Pokok Hukum Acara Perdata Peradilan Agama dan Mahkamah Syar'iah di Indonesia

Konsistensi pelaksanaan Hukum Acara merupakan sebuah keharusan. Kesalahan atau kelalaian pelaksanaannya akan menjadi nestapa bagi yang beperkara seperti batalnya seluruh proses persidangan yang telah berlangsung lama. Sayangnya, hukum acara peradilan agama dan umum yang sama-sama mengacu kepada HIR untuk wilayah Jawa dan Madura, serta RBg. untuk wilayah di luar kedua wilayah tersebut masih terserak di mana-mana dan belum tersusun secara sistematis. Berangkat dari kondisi tersebutlah buku ini mencoba menyusun secara runut seluruh pasal acara perdata dalam peraturan perundang-undangan dan pengklarifikasian sebagai tahapan permasalahan perdata. Dengan demikian, para pengguna buku ini dengan mudah akan dapat menemukan apa yang dibutuhkannya dengan cepat dan tepat sehingga proses persidangan yang sederhana, cepat, dan berbiaya ringan bisa diujudkan. Buku persembahan penerbit Prenada Media Group.

Konsistensi pelaksanaan Hukum Acara merupakan sebuah keharusan.

Pengantar Hukum Indonesia

Buku ini merupakan sebuah buku Pengantar Hukum Indonesia yang memperkenalkan secara umum dasar2 hukum yang berlaku sekarang ini di Indonesia kepada siapa saja yang ingin mengetahui dan mempelajari hukum Indonesia. Adapun Pengantar Hukum Indonesia merupakan mata kuliah dasar ( basis leervak) dan prasyarat untuk mempelajari cabang2 ilmu hukum yang lebih khusus dan l;ebih luas. Buku ini juga membahas Dasar Hukum di Indonesia.,Sejarah Hukum di Indonesia,Politik hukum Nasional, yang meliputi hukum perdata,Hukum acara Perdata,Hukum acara Pidana,Hukum Tata Negara,Hukum Dagang,Hukum agraria,Hukum Pajak,Hukum Ketenagakerjaan,Hukum Islam di Indonesia,Hukum Internasional,Hukum adat.

Adapun Pengantar Hukum Indonesia merupakan mata kuliah dasar ( basis leervak) dan prasyarat untuk mempelajari cabang2 ilmu hukum yang lebih khusus dan l;ebih luas. Buku ini juga membahas Dasar Hukum di Indonesia.

Buku Pintar Pelajaran SD/MI 5 in 1

Buku terbitan WahyuMedia ini berisi ringkasan materi dan kumpulan rumus lengkap SD/MI kelas 4. 5. dan 6. Buku ini disusun secara runut. gamblang. dan ulasan langsung pada pokok materi. Setiap mengulas definisi. rumus. contoh soal. hingga penyelesaian secara rinci. Pada akhir bab juga disertakan latihan soal-soal UASBN untuk mengukur kemampuan dan kesiapan siswa dalam menghadapi ujian. Buku ini sangat membantu siswa untuk sukses menghadapi ulangan harian (UH). ujian tengah semester (UTS). ujian akhir semester (UAS). ujian kenaikan kelas (UKK). dan UASBN. - Matematika - IPA - Bahasa Indonesia - Pkn - IPS Lihat Deskripsi Singkat -WahyuMedia-

KDT Penyusun Redaksi : Tim Guru Indonesia Koordinator : Drs . Joko Untoro Drs
. Wirawan J. Sarosa Untung Subagio , S.Pd Sri Astuti , S.Pd Heri Sulistyowati , S.
Pd Pemasaran : JI . H. Montong No. 57 , Ciganjur , Jagakarsa , Jakarta Selatan ...

KAPITA SELEKTA METODOLOGI PENELITIAN

Buku metodologi penelitian merupakan buku wajib bagi dosen, mahasiswadan praktisi. Terutama bagi mahasiswa semester akhir mulai sarjana (S1), master (S2), hingga doktor (S3). Mempelajari metodologi penelitian ini sangatlah perlu. Tidak terkecuali dosen pembimbing skripsi, tesis maupun disertasi. Memang setiap penelitian memiliki karakteristik tersendiri. Tergantung pendekatan kuantitatif atau kualitatif. Tetapi secara substansial kaidah-kaidah utamanya sama. Semua penelitian dapat dipastikan akan selalu melewati ‘jembatan’ prosedur ilmiah dan metode ilmiah. Buku ini awalnya merupakan dokumen pribadi editor yang mengoleksi tulisan-tulisan dari para tutor yang memberikan materi pelatihan/penataran Dasar-dasar Metodologi Penelitian bagi para dosen tetap di lingkungan Universitas Muhammadiyah Surabaya. Walaupun sudah lama, tetapi orisinalitas artikelnya tetap penting, aktual untuk dipelajari, tidak ‘lapuk’ dilindas zaman. semoga bermanfaat bagi generasi muda masa kini, era milenial hingga masa mendatang. Walaupun sudah ada digitalisasi software statistik, hingga kini belum ada yang bisa merubah konsep-rumus asalnya. Tetap mahasiswa perlu memahami metode penelitian dan olah data statistik secara manual-konseptual sekaligus teori untuk tafsir, analisis serta pemaknaan hasil riset.

Buku metodologi penelitian merupakan buku wajib bagi dosen, mahasiswadan praktisi.

BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

(Hasil Kajian Penelitian dan Pengembangan) Model Pengembangan Pembelajaran Blended Learning Berbasis Strategi Problem Based Learning

Materi Ajar ini akan membahas tentang konsep belajar & pem- belajaran menurut pendapat para ahli tentang bagaimana seharusnya seorang Pembelajar (Dosen/Guru) dalam menerapkan konsep belajar dengan sintax/prosedur/strategi yang harus dilakukan dalam menyampaikan materi /informasi/pesan pada Pebelajar (siswa- mahasiswa). Gejala dalam proses pembelajaran dan bagaimana mendinamiskan proses pembelajaran menjadi hal yang sangat penting dalam menyajikan bahan/materi yang menarik dan tidak membosankan bagi pebelajar.

Materi Ajar ini akan membahas tentang konsep belajar & pem- belajaran menurut pendapat para ahli tentang bagaimana seharusnya seorang Pembelajar (Dosen/Guru) dalam menerapkan konsep belajar dengan sintax/prosedur/strategi yang harus ...

MANAGEMENT PENGAWASAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH

Pengawasan yang dilakukan kepala sekolah berarti menjalankan kepemimpinan fungsi manajemen, yaitu pengawasan kepala sekolah merupakan salah satu faktor penentu dalam mencapai tujuan pendidikan. Pengawas sekolah harus memilki 6 kompetensi yaitu kompetensi kepribadian, kompetensi supervisi akademik, kompentensi evaluasi pendidikan, kompetensi penelitian dan pengembangan. Tujuan dari pengawasan melaksanakan tugas dan manajerial dalam satuan pendidikan yang meliputi penyusunan program pengawasan, pelaksanaan pembinaan, dan pemantauan. Pelaksanaan delapan standar nasional pendidikan, penilaian, pembimbingan dan pelatihan professional guru, evaluasi dalam hasil pelaksanaan program pengawasan dan pelaksanaan tugas pengawasan. Pada umumnya setiap pengawas dan kepala sekolah mengiginkan agar pengawasan dilembaga yang kalian pimpin berjalan lancer sesuai dengan harapan. Namun itu bukan hal yang mudah bias dicapai tanpa kerjasama dengan seluruh stikholder, kerja keras, kerja cerdas serta jujur dan terpercaya. Terlebih pengawasan pendidikan dimasa pandemi covid-19. Sehubungan dengan kondisi diatas pengawas, kepala sekolah, dan guru didorong agar lebih kreatif, inovatif dan produktif yaitu menulis buku bagian terpenting dalam proses kegiatan belajar mengajar sekaligus ikut terlibat langsung didalam menyusun keperluan yang ada didalam lembaga pendidikan.

Pengawasan yang dilakukan kepala sekolah berarti menjalankan kepemimpinan fungsi manajemen, yaitu pengawasan kepala sekolah merupakan salah satu faktor penentu dalam mencapai tujuan pendidikan.

Metodologi Penelitian Pendidikan dan Palikasinya Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Karakteristik dan perkembangan psikologi yang khas, membuat proses belajar dan mengajar bagi anak usia dini menjadi khusus. Kekhususan tersebut tak hanya terletak dalam ragam aktivitas yang digunakan (sebagai media menyampaikan pelajaran) seperti bermain, bernyanyi, menggunting, dan menyusun balok, tetapi juga dalam metode asesmen dan penelitian. Dalam kaitan khusus tersebutlah buku ini, berbicara lugas tentang metodologi penelitian bagi anak usia dini dalam tiga bagian. bagian awal buku ini menyajikan pengantar penelitian pendidikan secara umum, di bagian kedua: pengantar penelitian kelas dan langkah demi langkah penyusunan proposal penelitian. Dan bagian ketiga, sebagai penutup: aplikasi penelitian tindakan kelas dan bagaimana menyusun laporan hasil penelitian.Ê *** Persembahan penerbit Kencana (PrenadaMedia)

Karakteristik dan perkembangan psikologi yang khas, membuat proses belajar dan mengajar bagi anak usia dini menjadi khusus.