Sebanyak 3466 item atau buku ditemukan

PEREKONOMIAN INDONESIA

Buku judul Perekonomian Indonesia ini disusun oleh para akademisi dan praktisi dalam bentuk buku kolaborasi. Walaupun jauh dari kesempurnaan, tetapi kami mengharapkan buku ini dapat dijadikan referensi atau bacaan serta rujukan bagi akademisi ataupun para profesional. Sistematika penulisan buku ini diuraikan dalam tiga belas bab yang memuat tentang pengantar perekonomian Indonesia: sejarah dan perkembangan, makroekonomi Indonesia: kebijakan dan tantangan, sektor industri dan manufaktur di Indonesia, sektor energi: tantangan dan peluang, perdagangan internasional dan peran Indonesia di pasar internasional, perbankan dan sistem keuangan Indonesia, investasi dan iklim bisnis di Indonesia, perekonomian Indonesia dan peran pariwisata sebagai sektor pendukung ekonomi, ketenagakerjaan dan kualitas sumber daya manusia, ekonomi digital dan inovasi teknologi, peran umkm dalam perekonomian Indonesia, tantangan kemiskinan, dan ketimpangan ekonomi, dan dampak pandemi covid-19 terhadap perekonomian indonesia.

Buku judul Perekonomian Indonesia ini disusun oleh para akademisi dan praktisi dalam bentuk buku kolaborasi.

Manajemen Sumber Daya Manusia di Madrasah

Buku "Manajemen Sumber Daya Manusia di Madrasah" membahas secara mendalam strategi dan pendekatan yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di lingkungan madrasah. Buku ini menggarisbawahi pentingnya pengelolaan SDM yang efektif dalam menunjang mutu pendidikan di madrasah, mulai dari peningkatan kompetensi guru hingga pengembangan potensi siswa. Dalam buku ini, pembaca diajak untuk memahami berbagai aspek penting dalam pengembangan SDM di madrasah, seperti peran manajemen madrasah dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, strategi pelatihan dan pengembangan guru, serta pendekatan inovatif dalam pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan siswa. Buku ini juga menyoroti pentingnya sinergi antara kebijakan pendidikan dan praktik pengelolaab SDM di madrasah. Selain itu, buku ini memberikan panduan praktis bagi para pengelola madrasah dalam menerapkan manajemen berbasis kinerja dan pendekatan Total Quality Management (TQM) untuk mrncapai kualitas pendidikan yang optimal. Dengan demikian, buku ini tidak hanya relevan bagi pendidik dan pengelola madrasah, tetapi juga bagi pembuay kebijakan yang ingin mengembangkan sistem pendidikan Islam yang lebih maju dan berdaya saing tinggi. Secara keseluruhan, buku ini merupakan sumber referensi yang penting bagi siapa saja yang terlibat dalam pengelolaan dan pengembangan pendidikan di madrasah, dengan tujuan akhir untuk meningkatkan kualitas dan daya saing lulusan madrasah di era globalisasi.

Buku "Manajemen Sumber Daya Manusia di Madrasah" membahas secara mendalam strategi dan pendekatan yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di lingkungan madrasah.

Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) Pendidikan

Sumber Daya Manusia (SDM) memiliki peran yang signifikan dalam setiap kegiatan di suatu lembaga termasuk lembaga pendidikan. Sumber daya manusia harus dapat dikelola atau dikelola dengan baik sesuai dengan fungsinya agar sumber daya manusia tersebut dapat berperan sesuai dengan tugas dan fungsinya di lembaga yang ditempatinya. Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) adalah suatu aspek yang sangat penting dalam proses pendidikan pada umumnya. Oleh karena itu fungsi dalam pengelolaan sumber daya manusia harus dilaksanakan secara optimal agar kebutuhan yang berkaitan dengan tujuan individu, organisasi atau lembaga dapat tercapai. Selain itu, dengan tata cara pengelolaan sumber daya manusia yang baik diharapkan kekurangan dan permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia yang terkait dengan daya saing dapat diatasi. Atas dasar tersebutlah buku ini hadir. Sebagai sebuah buku yang terkait dengan MSDM pendidikan, buku ini memiliki beberapa keunggulan diantaranya: (1) disusun secara praktis dan aplikatif sesuai dengan implementasi terbaru dalam praktik-praktik pengelolaan sumber daya manusia dalam pendidikan; (2) pendekatan teoritis terkait MSDM pendidikan; dan (3) menggunakan analisis kajian yang mudah dipahami, sehingga buku ini diharapkan akan sangat bermanfaat bagi para pembaca, khususnya akademisi, praktisi, dan mahasiswa dalam bidang MSDM sektor pendidikan.

Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) adalah suatu aspek yang sangat penting dalam proses pendidikan pada umumnya.

Etika Profesi berbasis Case Method dan Project Based Learning

Buku bahan ajar ini memberikan panduan komprehensif tentang etika profesi dengan pendekatan pembelajaran interaktif berbasis Case Method dan Project Based Learning. Dengan memadukan teori dan praktik, buku ini dirancang untuk membantu mahasiswa mengembangkan pemahaman mendalam tentang nilai-nilai etika dan profesionalisme dalam berbagai profesi, terutama di bidang pendidikan. Setiap pertemuan dalam buku ini menawarkan materi yang terstruktur dengan pendekatan pembelajaran aktif. Pada pertemuan pertama, mahasiswa akan mempelajari sejarah dan prinsip etika profesi melalui Experiential Learning. Kemudian, pembelajaran berlanjut dengan materi tentang peran guru, kinerja guru, manajemen pendidikan, hingga pengembangan profesionalisme yang disampaikan melalui metode Cooperative Learning, Inquiry-Based Learning, dan Problem-Based Learning. Mahasiswa diajak untuk bekerja sama, berdiskusi, dan memecahkan masalah nyata yang dihadapi dalam dunia profesi. Buku ini juga membahas nilai-nilai dalam pendidikan, kecerdasan, penilaian diri, serta sikap profesional yang perlu dikembangkan oleh guru. Setiap topik disampaikan dengan metode pembelajaran yang dirancang untuk mendorong eksplorasi dan refleksi mendalam dari mahasiswa. Pada bagian akhir, mahasiswa akan melakukan proyek interdisipliner yang mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu untuk menyelesaikan tugas proyek sebagai bagian dari Project Based Learning. Melalui buku ini, diharapkan mahasiswa dapat menginternalisasi nilai-nilai etika profesi, mengembangkan sikap profesional, serta memiliki keterampilan praktis yang dibutuhkan untuk menjadi tenaga profesional yang beretika.

Buku bahan ajar ini memberikan panduan komprehensif tentang etika profesi dengan pendekatan pembelajaran interaktif berbasis Case Method dan Project Based Learning.