Sebanyak 250 item atau buku ditemukan

Riset Operasi: Optimalisasi Produksi Menggunakan Metode Simpleks & Metode Grafik

Buku ini memberikan gambaran mengenai konsep Operasi Riset yang terdiri dari Fungsi Minimum dan Maximum dari persoalan Optimalisasi Produksi, sehingga dapat memberikan inspirasi bagi peneliti di bagian pemodelan integer linier programming dalam menyajikan informasi bermanfaat bagi penelitian Riset Operasi. Buku ini juga memaparkan tentang dasar-dasar pengertian Riset Operasi dan Pemodelan Matematika, Pemrograman Linier, Metode Simpleks, Metode Grafik dan Implementasinya kedalam permasalahan dan kendala Optimalisasi Produksi di dunia nyata yang diformulasikan kedalam fungsi dan kendala matematika dengan menggunakan berbagai aplikasi pemodelan matematika. Dengan memahami Riset Operasi kita dapat memberikan formula matematika terhadap permasalahan yang ada di Dunia Nyata.

Buku ini juga memaparkan tentang dasar-dasar pengertian Riset Operasi dan Pemodelan Matematika, Pemrograman Linier, Metode Simpleks, Metode Grafik dan Implementasinya kedalam permasalahan dan kendala Optimalisasi Produksi di dunia nyata ...

Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan memiliki peran penting dalam jalannya sebuah perusahaan. Baik berprofesi sebagai seorang pemimpin atau pekerja dalam sebuah bisnis, Anda perlu tahu apa yang dimaksud dengan manajemen keuangan beserta peran penting, fungsi, dan contohnya. Hal ini untuk menjaga kelancaran bisnis yang dilakukan serta meningkatkan keuntungan. Buku ini membahas : Bab 1 Pengantar Manajemen Keuangan Bab 2 Tujuan dan Fungsi Manajemen Keuangan Bab 3 Manajemen Kas dan Surat Berharga Bab 4 Manajemen Kredit Bab 5 Manajemen Persediaan Bab 6 Manajemen Piutang dan Pinjaman Bab 7 Manajemen Utang Bab 8 Manajemen Modal Kerja Bab 9 Manajemen Keuangan Internasional Bab 10 Sumber Dana Jangka Pendek

Manajemen keuangan memiliki peran penting dalam jalannya sebuah perusahaan.

STATISTIKA PENDIDIKAN (KONSEP DATA DAN PELUANG)

Buku ajar ini memiliki beberapa perbedaan dibanding buku ajar statistika lainnya yang berbahasa Indonesia. Pertama, buku ini memiliki ruang lingkup dari konsep statistika hingga macam-macam data dan probabilitas yang terbagi menjadi dua belas bab. Bab tersebut dimulai dari statistika deskriptif, konsep dan macam-macam data, dan probabilitas. Kedua, penyajian dalam buku ini ringkas dan jelas. Dibandingkan dengan lingkup materinya, buku ini tergolong tipis, jelas dan lugas. Hal ini dapat dilihat dari hal-hal penting yang ada di dalam buku ini, seperti teori dasar statistika dan penggunaannya. Teori tersebut diharapkan cukup membekali pembaca khususnya pemula untuk memahami dan menyelesaikan persoalan-persoalan statistika dalam kehidupan sehari-hari dengan benar. Ketiga, dalam bab terakhir dalam buku ini adalah hal yang paling membedakan dari semua buku ajar statistika yang berbahasa Indonesia, yaitu adalah materi tentang Statistika Al-Qur’an. Materi buku ini merupakan pengembangan naskah kuliah statistika pendidikan yang penulis sampaikan di Institut Agama Islam Negeri Madura. Pada umumnya, materi ini dapat diikuti dan diselesaikan dalam satu semester sebagai bekal pengetahuan mengenai konsep data dan peluang atau probabilitas. Dalam aplikasinya juga terdapat perhitungan dasar atau kalkulus statistika. Diharapkan hal ini tidak merepotkan dan menjadi mudah dalam penerapannya, karena para pembaca tidak lupa untuk memanfaatkan kalkulasi.

Buku ajar ini memiliki beberapa perbedaan dibanding buku ajar statistika lainnya yang berbahasa Indonesia.

Tradisi hukum Cina

negara dan masyarakat : studi mengenai peristiwa-peristiwa hukum di Pulau Jawa zaman kolonial, 1870-1942

Legal tradition of Chinese Indonesian and legal principles of Confucius applied in Java Island, 1870-1942.

( 2 ) Dalam ordonansi - ordonansi yang mengatur hukum perdata dan dagang ini
: a . untuk golongan orang Eropa berlaku ( dianut ) ... dengan mengingat baik
yang khusus berlaku menurut keadaan di Indonesia , maupun demi kepentingan
mereka ditundukkan kepada ... ( 3 ) Dalam ordonansi - ordonansi yang mengatur
hukum pidana , hukum acara perdata dan hukum acara pidana , bila hal itu
berlaku ...

TEORI BELAJAR DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN

Buku ini merupakan buku ajar bagi mahasiswa bidang ilmu pendidikan. Buku ini disusun dalam 6 (enam) BAB yang membahas tentang teori-teori belajar, para tokoh serta implikasi dalam pembelajaran. Bab pertama membahas teori belajar Behaviorsme; Bab kedua tentang teori belajar kognitif; Bab ketiga tentang teori belajar Gestalt, Bab keempat tentang teori belajar Humanistik; Bab kelima tentang Sosiomultikultural dan Bab kelima tentang Diversitas Sosio-Kultural dan Gender, dan Bab 6 merupakan ringkasan tentang evaluasi pembelajaran. Teori-teori belajar yang dikemukakan mendeskripsikan tentang bagaimana teori belajar menurut berbagai aliran psikologi, sejarah lahirnya teori belajar serta berbagai tokoh yang menjadi pemikir dalam teori-teori tersebut. Implikasi dalam pembelajaran yang dipaparkan merupakan bentuk dari bagaimana peristiwa yang ditemukan dalam pembelajaran yang terkait dengan teori-teori belajar tersebut. Buku ini tidak menunjukkan kontroversi antar para tokoh teori belajar, akan tetapi mengemukakan berbagai teori belajar untuk memperkaya pengetahuan pembaca terutama mahasiswa, guru dan dosen tentang teori belajar.

Buku ini merupakan buku ajar bagi mahasiswa bidang ilmu pendidikan.

Belajar dan Pembelajaran

Buku “Belajar dan Pembelajaran” ini disusun dengan maksud sebagai buku pegangan, sehingga diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam menempuh mata kuliah Belajar dan Pembelajaran. Mata kuliah ini berbobot 2 SKS, ditempuh pada semester II oleh mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang. Topik atau bahasan yang tersaji dalam buku ini disesuaikan atau mengacu pada Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang disusun berdasarkan ketentuan pemberlakukan KBK-KKNI dan Kurikulum Perguruan Tinggi. RPS disusun oleh tim yang ditunjuk dan telah dilokakaryakan di level fakultas, sehingga telah mendapat berbagai masukan dan pencermatan berbagai pihak. Buku ajar ini membahas atau menguraikan sebelas topik, yaitu Konsep belajar dan hakikat belajar, teori belajar behavioristik, teori belajar kognitivistik, teori belajar konstruktivistik dan teori belajar revolusi sosio-kultural, teori belajar humanistik, teori belajar sibernetik, teori neurosains, hakikat multiple intellegences, hakikat kesulitan belajar, hakikat pembelajaran, dan pembelajaran sains terpadu dengan pendekatan integratif "triple approach". Pada praktik pembelajaran di kelas, pokok bahasan dilengkapi dengan tugas (individu dan kelompok) berupa analisi artikel/jurnal ilmiah, diskusi, dan proyek. Kami menyusun buku ini dengan menggunakan berbagai literatur berupa jurnal ilmiah, buku, artikel-artikel, dan laporan penelitian. Akhirnya, buku ajar ini tentu masih jauh dari sempurna, sehingga saran, masukan dan bahkan kritik konstruktif sangat diharapkan. Semoga buku ini memberi manfaat bagi para mahasiswa atau pengguna dan sekaligus memperkaya khasanah keilmuan serta dunia pendidikan Indonesia.

Buku “Belajar dan Pembelajaran” ini disusun dengan maksud sebagai buku pegangan, sehingga diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam menempuh mata kuliah Belajar dan Pembelajaran.

ANTOLOGI HADITS TARBAWI

Pesan-Pesan Nabi s.a.w tentang Pendidikan

Buku Antologi Hadis Tarbawi yang hadir di hadapan pembaca ini berisi tentang jawaban-jawaban kritis hasil pengendapan pemikiran atas apa yang tengah menjadi kegelisahan para pemerhati pendidikan yang saban hari merasa nilai-nilai adiluhung pendidikan itu terus terkikis. Kehadiran buku Antologi Hadis Tarbawi ini merupakan bentuk syukur, apresiasi dan dukungan terhadap para penulis yang seluruhnya adalah Mahasiswa saya di Program Studi Pendidikan Agama Islam UIN Raden Intan Lampung. Buku yang merupakan kumpulan tulisan tematik hasil belajar mata kuliah Hadis Tarbawi selama satu semester ini disusun dengan mempertimbangkan masukan rekan kuliah, hasil diseminasi, komentar dosen dan beberapa catatan revisi sebagai bahan penyempurnaan pembahasan buku ini. Buku ini menjadi semacam tafsir terhadap penggalian dan penjelmaan spirit dasar atau nilai-nilai yang tertuang dalam perkataan, perilaku dan penetapan yang semuanya disandarkan kepada Nabi Muhammad saw, khususnya berterkait paut dengan pesan-pesan pendidikan di dalam al-Hadis. Yaitu, nilai-nilai keislaman yang akan terus diuji dalam aktualitas yang terus bergejolak, nilai-nilai yang akan senantiasa dipertahankan dari tindakan yang merusak, serta nilai-nilai yang dianggap sebagai jaminan atas pengetahuan yang menyelamatkan. Buku ini berisi lima BAB pembahasan terkait isu-isu terkini seputar pendidikan dan hubungan sosial. BAB pertama membahas tentang Konsistensi Pendidikan Islam yang berisi tentang nilai-nilai dasar (core values) pendidikan yang tidak berubah digerus zaman seperti konsepsi tujuan pendidikan. BAB dua membahas tentang konstruksi teoretis mengenai adab dan pendidikan karakter bagi peserta didik, mulai dari adab peserta didik terhadap guru, adab terhadap sesama peserta didik maupun jalinan kasih terhadap lingkungan. BAB ketiga berisi tentang pendidikan Islam menjawab tantangan masa depan. Pembahasan ini berisi pertanyaan-pertanyaan seputar kebijakan, sistem dan lembaga pendidikan Islam yang seperti apa yang dianggap ideal menjawab masa depan. BAB keempat berkaitan dengan prinsip-prinsip moderasi keislaman dalam pendidikan dan bagaimana Islam memandang pentingnya ilmu pengetahuan. Terakhir, di buku ini dibahas tentang Islam dan kenyataan sosial masyarakat Indonesia seperti multikulturalisme, pluralisme dan feminisme.

Buku ini menjadi semacam tafsir terhadap penggalian dan penjelmaan spirit dasar atau nilai-nilai yang tertuang dalam perkataan, perilaku dan penetapan yang semuanya disandarkan kepada Nabi Muhammad saw, khususnya berterkait paut dengan ...

Manajemen Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini

Dilengkapi dengan Manajemen Perpustakaan dan Ekstrakurikuler

Pendidikan Anak Usia Dini merupakan pendidikan yang paling fundamental. Dimana menyiapkan anak usia 0-6 tahun agar siap memasuki pendidikan selajutnya. Dalam hal ini pengembangan manajemen pendidikan anak usia dini sangat diperlukan. Untuk perencanakan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan dalam sebuah lembaga PAUD. Hal tersebut tidak terlepas dari perhatian seluruh komponen yang terlibat di dalamnya. Proses pendidikan anak usia dini memerlukan pengelolaan yang efektif dan efisien serta perlu didukung oleh kepemimpinan pendidikan yang baik. Buku ini hadir untuk menjawab dan memenuhi kebutuhan tersebut. Dengan buku ini diharapkan seluruh komponen yang terlibat pada pendidikan anak usia dini lebih memahami betapa pentingnya manajemen untuk pengembangan pendidikan anak usia dini. Dalam buku ini terdiri dari 11 bab yang membahas tentang Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini, Manajemen Pendirian PAUD, Manajemen Kurikulum PAUD (dokumen I), Manajemen Kurikulum PAUD (dokumen II), Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Sarana Prasarana, Manajemen Ekstrakurikuler I, Manajemen Ekstrakurikuler II, Manajemen Pembiayaan PAUD, Manajemen Pemasaran PAUD, Manajemen Perpustakaan PAUD.

Bahasa Inggris Kegiatan ekskul bahasa Inggris bertujuan mengembangkan kompetensi bahasa Inggris dalam bentuk lisan, meningkatkan kemampuan kognitif, sosial emosional serta komunikasi. Melalui kegiatan ini anak dilatih ketrampilan ...

Mengajar Bahasa Inggris untuk Anak Usia Dini

Banyaknya permintaan belajar Bahasa Inggris pada anak usia dini, memeberikan tantangan bagi guru Bahasa Inggris mengenal karakteristik anak sebagai pegangan untuk mengajar anak usia dini. Belajar dua bahasa bahkan tiga bahasa sekaligus dalam waktu yang sama seringkali menjadi keharusan untuk anak usia dini saat ini. Hal ini membuat guru harus beradaptasi dalam menjalankan proses belajar – mengajar supaya mereka merasa tertarik dalam belajar. Mendengar merupakan skill pertama yang bisa digunakan anak untuk belajar sebelum direspon oleh skill berbicara kemudian diikuti skill membaca dan menulis. Begitupun juga belajar bahasa baru diawali dengan mendengar, berbicara, membaca dan menulis. Layaknya orang yang tidak pernah kehabisan energi, anak – anak bisa melakukan apapun tanpa pernah merasa lelah. Hampir semua anak kecil berperilaku aktif, bahkan sangat aktif. Kelainan – kelainan yang dialami anak seringkali belum terdeteksi pada usia dini. Maka dengan itu guru sebaiknya mengetahui karakteristik anak sejak dini. Guru tidak berhak menilai anak mempunyai kelainan, paramedishlah yang dapat membuktikannya. Namun, sebaiknya guru dapat menyampaikan kecurigaannya kepada orang tua lewat perilaku anak di sekolah. Dalam buku ini menguak bagaimana anak menerima bahasa baru terutama bahasa inggris dan mengenal karakteristik anak. Strategi pembelajaran bahasa inggris yang menyenangkan juga dipaparkan melalui tips – tips dalam setiap bab. Selain itu, disampaikan juga cara mengajar bahasa inggris pada anak berkebutuhan khusus.

Banyaknya permintaan belajar Bahasa Inggris pada anak usia dini, memeberikan tantangan bagi guru Bahasa Inggris mengenal karakteristik anak sebagai pegangan untuk mengajar anak usia dini.

Analisis Kebijakan PAUD

Mengungkap isu-isu menarik seputar AUD

Manfaat dari buku ini adalah untuk menambah wawasan dan pengetahuan terkait dengan kebijakan pendidikan anak usia dini. Selain itu juga menginspirasi para pembaca, khususnya yang terjun langsung di dunia pendidikan anak untuk mengembangkan materi terkait pendidikan anak usia dini. Banyak hal yang perlu dikaji dan dicermati terkait pendidikan anak. kebijakan PAUD, adalah hal penting yang perlu dipahami oleh para praktisi dan pemerhati pendidikan anak. Buku ini merupakan kumpulan dari hasil karya mahasiswa magister (S2) FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Segala daya upaya telah dilakukan untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Namun tentu tidak ada karya yang sempurna. Sehebat apapun karya seseorang, selalu ada celah untuk bisa diperbaiki. Demikian juga buku ini. Kalaupun masih ada kekurangan di sana sini, namun hasil karyanya secara tertulis sudah bisa dinikmati. Karena keilmuan yang tinggi tanpa ditulis tidak akan bisa diapresiasi. Dengan terwujudnya karya buku ini maka pembaca bisa memberikan apresiasi berupa penilaian, kritik, saran dan masukan untuk perbaikan selanjutnya.

Manfaat dari buku ini adalah untuk menambah wawasan dan pengetahuan terkait dengan kebijakan pendidikan anak usia dini.