Sebanyak 542 item atau buku ditemukan

PENGEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK USIA DINI (Antologi NAM)

Nilai-nilai moral dan agama perlu ditanamkan ke diri anak sedini mungkin. Keberhasilan dan kegagalan akan berpengaruh ke diri anak nantinya. Program pada TK, yaitu konsep diri, kerapihan dan kesopanan. Konsep diri berhubungan dengan pembentukan karakter, yaitu menanamkan kepercayaan diri, keberanian berpendapat, dll. Kerapihan berhubungan dengan pembentukan kepribadian, yiatu cara makan, berpakaian dan perilaku. Kesopanan berhubungan dengan sosial anak yaitu cara bersikap kepada orang lain. Dalam mengembangkan nilai agama, kita membantu anak dalam hal keimanan dan ibadah.

Nilai-nilai moral dan agama perlu ditanamkan ke diri anak sedini mungkin.

Manajemen Supervisi Pendidikan Islam : Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam Dalam Konteks Modern

Judul : Manajemen Supervisi Pendidikan Islam : Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam Dalam Konteks Modern Penulis : Dr. Sarwo Edy, S.Ag., MM., Dr. Ir. Tri Ngudi Wiyatno, M.T., IPU.,CA.,CMT., Sumarta, S.Pd.I, M.Si Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 197 Halaman Cover : Soft Cover No. ISBN : 978-623-162-503-8 SINOPSIS Buku Manajemen Supervisi Pendidikan Islam: Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam dalam Konteks Modern adalah sebuah panduan yang komprehensif untuk memahami dan mengimplementasikan konsep manajemen supervisi dalam konteks pendidikan Islam. Dalam era modern ini, pendidikan Islam menghadapi berbagai tantangan dan perubahan yang memerlukan strategi dan pendekatan yang lebih baik untuk meningkatkan mutu pendidikan. Penulis buku ini menggabungkan pengetahuan mendalam tentang manajemen supervisi dengan pemahaman mendalam tentang pendidikan Islam. Buku ini memandu pembaca melalui langkah-langkah kunci dalam mengelola dan meningkatkan pendidikan Islam, dengan penekanan pada pengembangan kompetensi guru, pengawasan yang efektif, dan penerapan praktik terbaik dalam proses pembelajaran. Dalam buku ini, pembaca akan menjelajahi konsep-konsep penting seperti pengawasan pendidikan, evaluasi guru, perencanaan pelajaran, dan pengembangan kurikulum dalam konteks pendidikan Islam. Selain itu, penulis juga membahas bagaimana teknologi dan pendekatan modern dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan Islam, memanfaatkan sumber daya yang tersedia, dan menghadapi berbagai tantangan yang mungkin muncul dalam lingkungan pendidikan saat ini. Buku ini dirancang untuk menjadi sumber informasi yang berharga bagi para praktisi pendidikan Islam, pengawas pendidikan, pengelola sekolah, serta siapa pun yang tertarik dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam dalam era modern. Dengan wawasan yang dalam dan panduan praktis, buku ini memberikan kontribusi signifikan dalam upaya meningkatkan pendidikan Islam untuk masa depan yang lebih cerah.

Judul : Manajemen Supervisi Pendidikan Islam : Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam Dalam Konteks Modern Penulis : Dr. Sarwo Edy, S.Ag., MM., Dr. Ir. Tri Ngudi Wiyatno, M.T., IPU.,CA.,CMT.

EVALUASI PEMBELAJARAN

Buku ini berisikan bahasan tentang konsep, metode, serta implementasi evaluasi dalam proses pendidikan. Evaluasi pembelajaran merupakan langkah penting dalam menilai efektivitas suatu sistem pengajaran, mencakup aspek tujuan, materi, metode, serta hasil belajar peserta didik. Buku ini menguraikan berbagai jenis evaluasi seperti formatif, sumatif, diagnostik, dan autentik, serta menjelaskan bagaimana prinsipprinsip evaluasi dapat diterapkan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Buku ini juga mengupas metode serta teknik yang digunakan dalam proses evaluasi pembelajaran. Berbagai instrumen penilaian seperti tes tertulis, wawancara, observasi, hingga teknologi digital dalam evaluasi pendidikan dibahas secara mendalam. Model-model evaluasi seperti CIPP, Tyler, dan Scriven juga diperkenalkan sebagai pendekatan yang dapat diterapkan dalam berbagai konteks pendidikan.

... Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar ' , JINOTEP ( Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran ) : Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran , 133-142 . doi : 7 ( 2 ) , 10.17977 / um031v7i22020p133 . pp . Angkat , S. A. , Wardhani ...

Cyber Law: Dimensi Hukum dalam Era Digital

Buku "Cyber Law: Dimensi Hukum dalam Era Digital" merupakan telaah komprehensif tentang kompleksitas hukum di ruang siber. Melalui 11 bab yang saling terkait, buku ini memetakan perjalanan hukum dalam menghadapi tantangan teknologi digital yang terus berkembang. Dimulai dari fondasi konseptual hukum siber, buku ini mengupas secara mendalam yurisdiksi dalam ruang virtual, menganalisis ragam kejahatan siber, serta menelaah isu-isu kritis seperti perlindungan data, privasi digital, dan transaksi elektronik. Pembahasan berlanjut pada aspek-aspek strategis seperti kekayaan intelektual digital, keamanan siber, dan tanggung jawab hukum di media sosial. Buku ini tidak hanya berhenti pada konteks saat ini, tetapi juga memproyeksikan masa depan dengan mengeksplorasi tema-tema mutakhir seperti kecerdasan buatan, cryptocurrency, dan regulasi fintech. Setiap bab dirancang untuk memberikan wawasan praktis dan teoritis, membekali pembaca dengan pemahaman komprehensif tentang dinamika hukum di era digital. Sebagai referensi akademis dan praktis, buku ini bertujuan membangkitkan kesadaran kritis pembaca akan pentingnya kerangka hukum yang adaptif, responsif, dan berkeadilan di tengah transformasi digital yang berkelanjutan.

... siber (cyber law) telah menjadi bidang yang sangat dinamis dan krusial. Buku "Cyber Law: Dimensi Hukum dalam Era Digital" hadir sebagai respons komprehensif terhadap kompleksitas lanskap hukum di ruang siber yang senantiasa berubah ...

EVALUASI PEMBELAJARAN

Evaluasi pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam proses pendidikan yang bertujuan untuk menilai efektivitas pembelajaran, mengukur pencapaian tujuan, serta memberikan umpan balik yang konstruktif bagi peserta didik maupun pendidik. Dalam konteks pendidikan modern, evaluasi tidak hanya berfokus pada hasil akhir atau nilai akademis semata, tetapi juga mencakup pemahaman yang lebih mendalam tentang kemampuan, keterampilan, dan sikap yang dikembangkan oleh peserta didik selama proses belajar.

Evaluasi pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam proses pendidikan yang bertujuan untuk menilai efektivitas pembelajaran, mengukur pencapaian tujuan, serta memberikan umpan balik yang konstruktif bagi peserta didik maupun ...

Buku Ajar Pengantar Manajemen Pendidikan

Buku yang berjudul “Pengantar Manajemen Pendidikan” ini berisikan banyak hal yang bermanfaat. Materi yang dibahas dalam buku ini antara lain konsep dasar manajemen pendidikan, ruang lingkup dan urgensi manajemen pendidikan, manajemen peserta didik, supervisi pendidikan, manajemen tenaga pendidik dan kependidikan, manajemen kurikulum, manajemen sarana dan prasarana pendidikan, manajemen konflik, dan manajemen strategi peningkatan mutu pendidikan. Manajemen pendidikan adalah serangkaian proses yang melibatkan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan sumber daya pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. Ini mencakup berbagai aktivitas yang dilakukan oleh kepala sekolah, administrator, dan staf pendidikan lainnya untuk memastikan bahwa proses pendidikan berjalan dengan lancar dan hasil yang diinginkan tercapai.

... Student-Centered Leadership. San Francisco: Jossey-Bass. Ruslan Rosady. 2005. Manajemen Public Relation & Media ... Management in Education: Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan, Terjemah Ahmad Ali Riyadi dan Fahrurozi. Jogjakarta ...

Metodologi Penelitian Pendidikan

Buku Metodologi Penelitian Pendidikan yang saat ini berada di hadapan pembaca membahas tentang segala kerangka, sistematika dan prosedur dalam penelitian terkhusus pada bidang akademik atau penjurusan pendidikan. Di dalamnya memuat tentang hakikat penelitian, proses penelitian, masalah, variabel dan paradigma penelitian, landasan teori dan pengajuan hipotesis, populasi dan sampel, varians dan analisis varians, instrumen dan teknik pengumpulan data, teknik analisis data, rancangan penelitian, penulisan laporan hasil penelitian, dan ulasan tentang merancang suatu penelitian.

Buku Metodologi Penelitian Pendidikan yang saat ini berada di hadapan pembaca membahas tentang segala kerangka, sistematika dan prosedur dalam penelitian terkhusus pada bidang akademik atau penjurusan pendidikan.

Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar

Penulisan buku ini didorong oleh keinginan penulis untuk berbagi pengetahuan tentang konsep dasar bimbingan dan konseling di sekolah dasar, khususnya dengan para guru bimbingan dan konseling atau konselor, dan para mahasiswa program studi bimbingan dan konseling. Semoga kehadiran buku ini dapat memberikan kontribusi yang bermakna bagi guru bimbingan dan konseling atau konselor, dan mahasiswa program studi bimbingan dan konseling dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan pemahaman teoritis dan praktis dalam memberikan pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar kepada peserta didik, sehingga mereka dapat mencapai perkembangan yang optimal baik dari bidang pribadi, belajar, sosial dan karir.

Penulisan buku ini didorong oleh keinginan penulis untuk berbagi pengetahuan tentang konsep dasar bimbingan dan konseling di sekolah dasar, khususnya dengan para guru bimbingan dan konseling atau konselor, dan para mahasiswa program studi ...