Sebanyak 94 item atau buku ditemukan

Teacher Professional Development for Improving Quality of Teaching

This book makes a major contribution to knowledge and theory by drawing implications of teacher effectiveness research for the field of teacher training and professional development. The first part of the book provides a critical review of research on teacher training and professional development and illustrates the limitations of the main approaches to teacher development such as the competence-based and the holistic approach. A dynamic perspective to policy and practice in teacher training and professional development is advocated. The second part of the book provides a critical review of research on teacher effectiveness. The main phases of this field of research are analysed. It is pointed out that teacher factors are presented as being in opposition to one another. An integrated approach in defining quality of teaching is adopted. The importance of taking into account findings of studies investigating differential teacher effectiveness is argued. Another significant limitation of this field of research is that the whole process of searching for teacher effectiveness factor was not able to have a significant impact upon teacher training and professional development. For this reason it is advocated that teacher training and professional development should be focused on how to address grouping of specific teacher factors associated with student learning and on how to help teachers improve their teaching skills by moving from using skills associated with direct teaching only to more advanced skills concerned with new teaching approaches and differentiation of teaching. The book refers to studies conducted in different countries illustrating how the proposed approach can be used by policy and practice in teacher education. Specifically, the book provides evidence supporting the validity of the theoretical framework upon which this approach is based. Moreover, experimental and longitudinal studies supporting the use of this approach for improvement purposes are presented and suggestions for further research utilising and expanding the Dynamic Approach for teacher training and professional development are provided.

This book makes a major contribution to knowledge and theory by drawing implications of teacher effectiveness research for the field of teacher training and professional development.

PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK (TINJAUAN TEORI DAN PRAKTIS)

Seorang anak tidak langsung bisa bicara saat baru lahir. Tidak ada juga manusia yang langsung bisa mengendarai mobil tanpa terlebih dahulu belajar. Proses belajar membantu manusia menguasai pengetahuan dan keterampilan. Penguasaan pengetahuan dan keterampilan juga perlu dilakukan secara bertahap. Tahapan tersebut disesuaikan dengan tingkat Perkembangan peserta belajar. Oleh sebab itu mengetahui dengan baik karakteristik perkembangan peserta didik sangat penting. Pengetahuan tersebut dapat membantu para fasilitator proses belajar untuk merancang dan menerapkan cara-cara yang tepat untuk mendukung tercapainya keberhasilan hasil belajar yang maksimal. Buku ini ditulis melalui kolaborasi para pendidik di Indonesia dengan pendekatan teoritis dan praktis. Tujuannya untuk menyajikan inovasi dalam proses pendampingan belajar. Pembahasan dimulai dengan ulasan umum mengenai perkembangan peserta didik baik secara fisik, psikis, maupun sosial. Berdasarkan fondasi teori perkembangan peserta didik, pembahasan dilanjutkan dengan cara-cara mengembangkan pembelajaran untuk peserta didik anak, remaja, dan dewasa. Semua topik dan tulisan yang disatukan dalam buku ini menekankan pada pentingnya proses pembelajaran berkelanjutan dan sepanjang hayat. Pembahasan dalam buku ini juga menunjukkan pergeseran paradigma pendampingan pembelajaran yang progresif. Peserta belajar tidak lagi dijadikan sebagai objek. Peserta belajar dapat dilibatkan secara aktif untuk belajar dan mencari cara terbaik untuk belajar secara berkelanjutan sesuai dengan minat dan keterampilan yang dibutuhkannya. Inilah yang menjadi esensi dari proses belajar dan pendampingan belajar di masa-masa penuh tantangan.

Sebagai orang terdekat mereka yakni keluarga harus membangun hubungan komunikasi antarpribadi yang baik, agar anak dapat terbuka diri. Apabila seorang anak dapat membuka dirinya dengan keluarga, baginya keluarga merupakan rujukan yang ...

ANTENA DAN PROPAGASI

Teori dan Praktik

Buku ANTENA DAN PROPAGASI - Teori dan Praktik sangat bermanfaat bagi para profesional, praktisi, maupun pehobi amatir radio. Buku ini berisi 11 bab yang sesuai dengan kurikulum perguruan tinggi. Antena Yagi banyak digunakan oleh operator radio maupun penerima televisi yang disajikan pada Bab 7. Teknik perhitungan, perencanaan antena, hingga simulasi parameter antena, impedansi, gain, pola radiasi antena Yagi berelemen pada frekuensi 145MHz diperlihatkan dengan detail. Pengenalan antena gelombang mikro seperti Wi-Fi diperlihatkan juga. Metode pengukuran praktis maupun mekanisme perambatan gelombang juga dibahas pada bab selanjutnya. Bagi para profesional, dapat belajar teknik desain dan penyusunan antena microstrip khususnya pada Bab 9. Prosedur desain antena microstrip disajikan secara detail agar pembaca dapat mencoba sendiri. Antena microstrip banyak digunakan dalam sistem komunikasi seluler pada frekuensi di atas 1GHz. Bagian awal buku ini banyak membahas parameter dasar dan prinsip kerja sebuah antena, metode perancangan antena atau sUSunan antena, dan bagaimana menyimulasi desain antena. Penyampaian setiap pokok bahasan disusun dengan kalimat yang sederhana dan mudah dimengerti. Penulis berusaha untuk mengurangi ulasan matematis dan menjelaskannya dalam bentuk kalimat yang aplikatif, mudah dimengerti, dan tetap menjaga sisi ilmiahnya. Dengan membaca buku ini, pembaca diharapkan dapat mendesain, menyimulasi, dan memfabrikasi sebuah antena atau suSunan antena yang diinginkan. Penulis sangat berutang budi kepada Dr. Onno W Purbo, atas segala saran dan kritiknya yang sangat berharga untuk penerbitan buku ini.

Buku ANTENA DAN PROPAGASI - Teori dan Praktik sangat bermanfaat bagi para profesional, praktisi, maupun pehobi amatir radio.

Teori Komunikasi Bisnis

Peran komunikasi bisnis sangat penting dalam kegiatan bisnis sekarang ini. Buku ini berisi informasi tentang konsep dasar komunikasi bisnis. Komunikasi bisnis dapat diterapkan dalam berbagai aktivitas bisnis untuk mencapai tujuan organisasi. Penguasaan komunikasi bisnis mampu meningkatkan hubungan yang baik dengan karyawan, konsumen, dan pihak lainnya. Adapun tujuan dari buku ini untuk membantu mahasiswa, akademisi dan praktisi untuk memahami konsep dasar komunikasi bisnis. Buku ini terdiri dari 12 Bab dengan masing –masing bahasan sebagai berikut Bab 1 Memahami komunikasi bisnis dan komunikasi antar bisnis Bab 2 Komunikasi dalam organisasi dan komunikasi bisnis lintas budaya Bab 3 Perencanaan, pengorganisasian, dan rivisi pesan – pesan bisnis Bab 4 Penulisan direct request dan penulisan permintaan pesan-pesan rutin dan positif Bab 5 Penulisan surat lamaran kerja dan penulisan resume Bab 6 Wawancara kerja, presentasi bisnis, dan negosiasi Bab 7 Rapat bisnis Bab 8 Penulisan laporan bisnis dan penulisan laporan singkat Bab 9 Penulisan laporan formal Bab 10 Komputer personal dan komunikasi bisnis Bab 11 Dasar – dasar Internet Bab 12 Teknologi penyimpanan data elektronik dalam komunikasi bisnis

Komunikasi horizontal merupakan komunikasi yang dilakukan antar sesama karyawan, antar sesama pimpinan, atau level yang sama. Komunikasi eksternal adalah komunikasi yang dilakukan perusahaan terhadap lingkungan luar perusahaannya.

Cerita Binatang: Kumpulan Cerita Binatang untuk Penguatan Karakter Anak

56 cerita yang ringan dan menyenangkan ditulis oleh 56 penulis dengan tema yang beragam untuk penguatan karakter anak. Di antaranya tentang kebersihan, keberanian, kepercayaan diri, kesabaran, dan kejujuran. Semua diceritakan khusus untuk anak-anak dengan teks sederhana yang cocok untuk dinikmati oleh pembaca yang mandiri. Setiap cerita diilustrasikan dengan sangat menarik sehingga menambah kegembiraan saat membacanya.

56 cerita yang ringan dan menyenangkan ditulis oleh 56 penulis dengan tema yang beragam untuk penguatan karakter anak.

Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Perspektif Qs. Luqman: 12 - 19

Buku dengan judul ”Nilai–Nilai Pendidikan Karakter Perspektif QS. Luqman: 12 – 19” dilatarbelakangi oleh keadaan moral bangsa yang semakin mengalami kemerosotan dan semakin jauhnya umat meninggalkan Al-Qur’an yang menjadi pedoman bagi kehidupan manusia. Dalam rangka ikut memberikan sumbangsih terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara maka diperlukan adanya peran serta untuk ikut bersama–sama membenahi permasalahan yang dialami oleh bangsa ini. Pendidikan karakter merupakan upaya sadar dari semua pihak yang peduli terhadap kehidupan generasi bangsa untuk menanamkan karakter–karakter yang baik agar menjadi pribadi yang bukan hanya cerdas intelektualnya, akan tetapi cerdas emosional, cerdas spiritual dan cerdas sosialnya. Pendidikan karakter merupakan pendidikan value (pendidikan nilai-nilai) dalam diri seseorang. Tujuannya diimlpementasikannya pendidikan karakter adalah untuk melakukan pembenahan moral generasi bangsa. Buku ”Nilai–Nilai Pendidikan Karakter Perspektif QS. Luqman: 12 – 19”, memberikan solusi tentang konsep Pendidikan karakter yang dapat dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari agar menjadi sebuah pembiasaan bagi setiap orang. Allah Swt sebagai Dzat yang Maha Mengetahuai memberikan gambaran tentang upaya yang harus dilakukan oleh setiap manusia untuk mengaplikasikan isi kandungan Alqur’an seperti yang ditunjukkan oleh Luqman Al Hakim sesuai dengan QS. Luqman: 12-19 perspektfi Tafsir Al Misbah. Nilai Pendidikan Karakter dalam QS. Luqman: 12-19 di antaranya: Penanaman sikap syukur, penanaman ajaran tauhid, penanaman bakti kepada orang tua, penanaman pengawasan diri (muraqabatu allah), penanaman tentang kewajiban sholat, penanaman amar ma’ruf nahi mungkar, penanaman perilaku sabar, menjauhi perilaku sombong, dan mengajarkan kesederhanaan serta mengajarkan sopan santun.

Pendidikan karakter merupakan pendidikan value (pendidikan nilai-nilai) dalam diri seseorang. Tujuannya diimlpementasikannya pendidikan karakter adalah untuk melakukan pembenahan moral generasi bangsa.

Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Konteks Pendidikan Umum Dan Pendidikan Karakter Di Perguruan Tinggi

Buku ini merupakan pengembangan dari disertasi penulis yang selesai pada tahun 2022. Pada bagian awal dimulai dengan bahasan dinamika pelaksanaan pendidikan kewarganegaraan di Indonesia untuk memberikan gambaran apa yang terjadi dan apa yang dapat dilakukan agar Pendidikan Kewarganegaraan dapat sesuai dengan kehendak negara. Pada bagian berikutnya dibahas mengenai berbagai padangan yang berkaitan dengan teori-teori yang sesuai dengan konteks pendidikan umum dan pendidikan karakter dari berbagai ahli. Adapun penyusunan buku ini bertujuan untuk membantu dosen dan mahasiswa secara khusus dan masyarakat secara umum memahami pengetahuan, keterampilan, dan watak yang dibutuhkan warga negara dalam usahausaha bela negara meski tidak dengan mengangkat senjata, melainkan dengan profesi dan keahlian masing- masing warga negara. Oleh sebab itu, materi-materi yang terdapat dalam buku ini, disesuaikan dengan perbedaan profesi dan keahlian tersebut dengan harapan dapat membimbing mahasiswa dan masyarakat menjadi manusia yang berkualitas sesuai dengan tujuan PKn yaitu membentuk warga negara yang baik (to be a good citizenship) sesuai dengan harapan bangsa dan negara.

... citizenship education in volatile times: preparing students for citizenship in the 21st century. Singapore: Springer. Kerr, D., Sturman, L., Schulz, W., & Burge, B. (2010). The International Civic and Citizenship Education Study ...

Contemplative Studies and Hinduism

Meditation, Devotion, Prayer, and Worship

This book is one of the first wide-ranging academic surveys of the major types and categories of Hindu contemplative praxis. It explores diverse spiritual and religious practices within the Hindu traditions and Indic hermeneutical perspectives to understand the intricate culture of meditative communion and contemplation, devotion, spiritual formation, prayer, ritual, and worship. The volume extends and expands the conceptual reach of the fields of Contemplative Studies and Hindu Studies. The chapters in the volume cover themes in Hindu contemplative experience from various texts and traditions including classical Sāṃkhya and Patañjali Yoga, the Bhāgavata Purāṇa, the role of Sādhana in Advaita Vedānta, Śrīvidyā and the Śrīcakra, the body in Tantra, the semiotics and illocution of Gauḍīya Vaiṣṇava sādhana, mantra in Mīmāṃsā, Vaiṣṇava liturgy, as well as cross-cultural reflections and interreligious comparative contemplative praxis. The volume presents indigenous vocabulary and frameworks to examine categories and concerns particular to the Hindu contemplative traditions. It traces patterns that cut across Hindu traditions and systems and discusses contrasting methods of different theological/philosophical schools evincing a strong plurality in Hindu religious thought and practice. The volume provides intra-religious comparisons that reveal internal complexity, nuances, and a variety of contemplative states and transformative practices that exist under the rubric of Hindu practices of interiority and reflection. With key insights on forms and functions of the contemplative experience along with their theologies and philosophies, the volume suggests new hermeneutical directions that will advance the field of contemplative studies. This book will be useful to scholars and researchers of religious and theological studies, contemplative studies, Hindu studies, consciousness studies, yoga studies, Indian philosophy and religion, sociology of religion, philosophy of religion, comparative religion, and South Asian studies, as well as general readers interested in the topic.

This book is one of the first wide-ranging academic surveys of the major types and categories of Hindu contemplative praxis.

Pengantar Komunikasi Pemasaran

Tujuan dari penulisan buku ini tidak lain sebagai bahan referensi untuk membantu dalam memahami konsep dasar dalam melakukan komunikasi pemasaran.

Tujuan dari penulisan buku ini tidak lain sebagai bahan referensi untuk membantu dalam memahami konsep dasar dalam melakukan komunikasi pemasaran.

Manajemen Keuangan Anggaran Transfer ke Daerah pada Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara

Pembangunan Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN) – yang akan menjadi sistem manajemen keuangan dalam pengelolaan APBN di tahun 2012 – akan membawa implikasi pada perubahan proses bisnis pengelolaan anggaran. Meski desain utama pembangunan SPAN berada pada Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPBN) dan Direktorat Jenderal Anggaran (DJA), perubahan yang diusung akan berpengaruh pada proses bisnis di Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) selaku Kuasa Pengguna Anggaran Transfer ke Daerah. Hal tersebut adalah suatu yang wajar mengingat bahwa nantinya seluruh mekanisme penganggaran dan penyaluran APBN akan melalui sistem dan prosedur yang terdapat pada SPAN. Di dalam kajian ini, poin-poin penting terkait perubahan proses bisnis pengelolaan Transfer ke Daerah adalah (i) pemberian akses langsung ke dalam SPAN secara real time dan online bagi pejabat/petugas pengelola anggaran Transfer ke Daerah pada DJPK, (ii) penggunaan kode satker dengan kode lokasi provinsi/kabupaten/kota penerima dana sehingga halaman II DIPA sudah terperinci per propinsi/kabupaten/kota, (iii) kode lokasi sebagaimana disebut pada butir (ii) adalah mengacu pada kode daerah yang digunakan oleh Badan Pusat Statistik, (iv) reklasifikasi akun untuk tiap jenis anggaran Transfer ke Daerah dari satu akun menjadi beberapa akun dan (v) penyaluran dana bagi hasil didasarkan atas realisasi penerimaan. Kajian ini dibatasi pada cakupan pengelolaan transfer ke daerah yang saat ini menjadi tugas DJPK. Namun demikian, sebagai bagian dari Bagian Anggaran 999, anggaran Transfer ke Daerah mengambil porsi yang signifikan terhadap anggaran belanja negara. Dengan demikian, integrasi proses bisnis dan informasi pengelolaan Anggaran Transfer ke Daerah ke dalam SPAN diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan negara dan pelayanan kepada seluruh pemangku kepentingan yang terkait. Keberhasilan pembangunan interkoneksi proses bisnis antara DJPK selaku satker dan SPAN, ke depannya, akan menjadi cikal bakal integrasi pengelolaan keuangan negara secara nasional.

Financial Management Service, (2002), Cash Management Made Easy, US Department of Treasury. Goldstein, M. and Turner, P. (1994). Controlling Currency Mismatch in Emerging Markets, Washington: Institute for International Economics.