Sebanyak 287 item atau buku ditemukan

Strategi Memperbaiki Ekonomi Umat Islam

Buku yang berjudul Strategi Memperbaiki Ekonomi Umat Islam ini mengemukakan bagaimana kondisi ekonomi yang menimpa umat Islam dan bangsa Indonesia umumnya, sebagai akibat dari tekanan ekonomi global dan politik dunia. Dan upayaupaya untuk membangun kembali ekonomi umat Islam dan bangsa Indonesia, dengan memberdayakan segala potensi yang ada. Strategi Memperbaiki Ekonomi Umat Islam ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak*

Begitu juga lembaga-lembaga keuangan syariah seperti bank-bank syariah,
asuransi syariah, memberikan peluang untuk pengembangan usaha. 6. Alam
merupakan faktor ekonomi dan sumber modal. Kemudian sumber dana umat
Islam ...

Pedoman SPMI PTMA

Pedoman Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) 4.0 Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah (PTMA) ini disusun dalam kerangka komitmen Muhammadiyah, khususnya Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat Muhammadiyah untuk menjadikan PTMA sebagai perguruan tinggi yang sadar mutu. Muhammadiyah menyadari pelaksanaan pendidikan di perguruan tinggi selalu berkembang seiring dengan dinamika masyarakat, baik pada tingkat internasional, nasional, maupun lokal. Karenanya, perbaikan mutu pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan mesti dilakukan agar gerak langkah pendidikan di PTMA ini senantiasa adaptif dengan tuntutan zaman. Penyusunan Pedoman SPMI 4.0 PTMA ini telah melalui serangkaian tahapan. Mulai dari rapat-rapat pembahasan, Workshop SPMI dengan berbagai pihak terkait guna mendapatkan masukan terbaru seiring dengan dinamika pengelolaan mutu perguruan tinggi, hingga pembahasan pedoman ini memenuhi tingkat kelengkapan (komprehensif) dari standar yang diharapkan. Kehadiran pedoman ini diharapkan membantu PTMA untuk menyusun, mengimplementasikan, mengevaluasi, serta melakukan tindak lanjut perbaikan secara terus menerus (continuous improvement) SPMI di lingkungan masing-masing. Harapan kami tata kelola PTMA senantiasa berbasis pada mutu terstandar yang pada gilirannya berimplikasi pada kepuasan stakeholder (customer satisfaction) PTMA dan akhirnya PTMA akan selalu menjadi rujukan pada pilihan utama perguruan tinggi yang bermutu dalam skala lokal, nasional, regional, bahkan internasional.

Karenanya, perbaikan mutu pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan mesti dilakukan agar gerak langkah pendidikan di PTMA ini senantiasa adaptif dengan tuntutan zaman. Penyusunan Pedoman SPMI 4.0 PTMA ini telah melalui serangkaian tahapan.

Studi Kelayakan Pendampingan UMKM (Perjalanan Klinik Bisnis Tebing Tinggi)

Studi Kelayakan Pendampingan UMKM (Perjalanan Klinik Bisnis Tebing Tinggi) PENULIS: Umar Putra ISBN : 978-623-7503-78-1 www.guepedia.com Sinopsis: Assalamu’alaikum, Penulis lahir di Binjai pada tanggal 4 Nopember 1980 dari pasangan Alm. Aminuddin dan Almrh. Asmaniah. Penulis merupakan anak keempat dari empat bersaudara Sri Banun, Sri Erika Sari dan Sri Elvira Sari. Pendidikan dasar penulis tempuh di SD Negeri INPRES 027688 Binjai , SMP Negeri 1 Binjai, SMU Negeri 1 Binjai. Pada Tahun 1999, penulis menamatkan pendidikan di SMU Negeri 1 Binjai dan tahun tersebut lulus test Program Minat dan Prestasi (PMP) di Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara Jurusan Ekonomi Pembangunan. Pada Tahun 2003, penulis menamatkan pendidikan jenjang sarjana. Pada Tahun 2004 sampai 2010 penulis menjadi Pegawai Pemasaran PT.Indosat, TBK dengan unit kerja Galeri Indosat Kisaran. Pada tahun 2010 sampai 2012 penulis menjadi Kepala Cabang PT. Bimbingan Belajar Primagama Kisaran. Kemudian pada tahun 2012 sampai 2014 penulis bergabung dengan Entrepreneurship Development Program (EDP) sebagai konsultan bisnis di beberapa UMKM di Kota Medan. Tahun 2014, penulis mengikuti Program Pascasarjana di Universitas Negeri Medan di Program Studi Ilmu Ekonomi dan menamatkan pada tahun 2016 dengan predikat “Dengan Pujian”. Tahun 2016 s.d saat ini, penulis menjadi dosen tetap di Universitas Al Azhar, Medan dan mengajar di Program Studi Manajemen. Bidang pakar untuk mata kuliah adalah evaluasi proyek, studi kelayakan bisnis, metodologi penelitian dan ekonomi manajerial. Penulis juga mengajar di kampus lain yaitu STIE Mikroskil, Universitas Islam Sumatera Utara dan Universitas Asahan sebagai dosen tidak tetap. Buku Berjudul Studi Kelayakan Pendampingan UMKM (Perjalanan Klinik Bisnis Tebing Tinggi) dibiayai oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Direktorat Jendral Penguatan Riset dan Pengembangan Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Tahun 2018 sesuai dengan Kontrak Penelitian Nomor : T/44/L1.3.1/PT.01.03/2019. Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Wahyu Ario Pratomo, M.Ec, Fahmi Natigor, M.Acc, Ak, Ami Dilham, M.Si, Haroni Doli H.Ritonga, M.Si yangt telah memberikan inspirasi untuk bekerjsama dan menyelesakan buku ini dan hormat buat dosen, guru dan orang tua saya Alm,. Jhon Tafbu Ritonga, M.Ec atas inspirasi yang luar biasa serta untuk istri tercinta Syafrida Damanik, ST, MT dan ananda M. Faiz Aliy Yazli serta M. Faiq Yasyfi Hanan. Kasih terndah untuk kalian semua. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Studi Kelayakan Pendampingan UMKM (Perjalanan Klinik Bisnis Tebing Tinggi) PENULIS: Umar Putra ISBN : 978-623-7503-78-1 www.guepedia.com Sinopsis: Assalamu’alaikum, Penulis lahir di Binjai pada tanggal 4 Nopember 1980 dari pasangan Alm.

MANAJEMEN PERKANTORAN PROFESIONAL

Realitanya masih ada yang memandang sebelah mata terhadap profesi tenaga administrasi sekolah (TAS) karena tugasnya dianggap remeh dan gampang sehingga semua orang bisa melakukannya. Misalnya lulusan otomotif bisa menjadi TAS sebab urusan administrasi surat-menyurat dianggap mudah, tinggal copy-paste tanpa adanya aturan baku. Padahal tidak semua orang bisa telaten mengerjakan tugas detail-rumit administrasi dan etika service work sekolah dengan benar sesuai standar. Staf TAS sendiri kadangkala bekerja sesuai pengetahuannya tanpa mengikuti pedoman standar. Misalnya mengetik surat tanpa mengikuti kaidah yang ada atau peraturan yang berlaku. Akibatnya sering kita jumpai format surat dinas yang bisa berbeda-beda antar sekolah walaupun masih dalam satu kabupaten/kota. Alasannya ada yang berpedoman pada aturan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Peraturan Bupati/Walikota, pada Peraturan Gubernur, dsb. Tidak adanya kesepakatan baku inilah yang bisa menjadi “bumerang” bagi wibawa profesi TAS.

Realitanya masih ada yang memandang sebelah mata terhadap profesi tenaga administrasi sekolah (TAS) karena tugasnya dianggap remeh dan gampang sehingga semua orang bisa melakukannya.

Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Transformatif

Noviyanto Dedi, Perangkat Pembelajaran PAI SMP 2013/1014, dalam http://dedinoviyanto.wordpress.com. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 41 Tahun 2007 tanggal 28 Juni Tahun 2007, Standar Proses, Jakarta: Departemen Pendidikan ...

STRATEGI BELAJAR MENGAJAR

Buku ini dibuat berdasarkan kebutuhan mahasiswa dalam menempuh mata kuliah Strategi Belajar Mengajar serta tidak menutup kemungkinan bagi guru dan tempat bimbingan belajar yang ada di Indonesia. Buku ini sangat membantu mahasiswa, guru dalam berinovasi proses belajar mengajar.

Buku ini dibuat berdasarkan kebutuhan mahasiswa dalam menempuh mata kuliah Strategi Belajar Mengajar serta tidak menutup kemungkinan bagi guru dan tempat bimbingan belajar yang ada di Indonesia.

Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Soft Skill

Upaya reformasi pendidikan, baik secara revolusi maupun revolusif, tidak mungkin terwujud tanpa melakukan pembenahan pada sisi manajemennya dan strategi dalam mengimplementasikan kurikulum berbasis soft skill. Institusi pendidikan harus mampu tampil bermuatan akademik dan vokasional yang orsinal, tidak dibelenggu oleh kemauan struktur yang lebih mengutamakan kekuasaan ketimbang menjadikan sebuah sistem yang cerdas. Sejalan dengan semangat desentralisasi pemerintahan yang berimplikasi terhadap pendidikan, semua komponen masyarakat memiliki kesempatan untuk terlibat dan berkonstribusi dalam pencapaian tujuan pendidikan nasional. Berkaitan dengan itu semua komponen yang terlibat dalam penyelenggaraan pendidikan di harapkan memiliki wawasan tentang permasalahan dan tantangan, alternatif, solusi atau strategi, kemampuan mengkaji, komitmen dan budaya saling menghargai gagasan atau argumen-argumen yang relevan dalam mencapai efektivitas dan efisien pembangunan pendidikan. Menyikapi hal ini maka kemajuan yang harus dapat diwujudkan dengan proses pembelajaran yang bermutu dan menghasilkan lulusan yang berwawasan luas, profesional, unggul, berpandanagan jauh kedepan serta memiliki percaya dan harga diri yang tinggi. Untuk mewujudkan hasil tersebut, diperlukan strategi yang tepat, di antaranya adalah bagaimana mengembangkan kompetensi siswa berdasarkan kemampuan, sikap, sifat, serta tingkah laku siswa, sehingga siswa menyenangi proses pembelajaran untuk meningkatkan taraf hidup bangsa sesuai dengan tujuan pendidikan nasional pada umumnya dan tujuan sekolah pada khususnya.

Buku Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Soft Skill ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

PENGANTAR MANAJEMEN PAUD

Satuan pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal. Manajemen adalah proses yang terjadi di dalam, atau sebagai bagian dari, organisasi proses yang diikuti oleh para manajer mencapai visi, misi, strategi, dan tujuan organisasi. Manajemen dibutuhkan oleh semua organisasi karena tampa manajemen semua usaha akan sia-sia dan pencapaian tujuan akan lebih sulit. Sedangkan yang dimaksud dengan manajemen pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian sumber daya pendidikan anak usia dini (PAUD) untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien dalam menumbuh kembangkan segala potensi yang ada dalam diri manusia baik secara mental, moral dan fisik untuk menghasilkan manusia yang dewasa dan bertanggung jawab sebaga

Satuan pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian ...