Sebanyak 532 item atau buku ditemukan

PENGANTAR ILMU PENDIDIKAN ISLAM

Pendidikan Islam sebagai salah satu disiplin ilmu menjadi alternatif dalam rangka membentuk manusia menjadi lebih baik dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Dengan begitu, manusia, khususnya pendidik dan peserta didik dapat mengembangkan potensi yang dimiliki menuju perubahan yang lebih baik serta mengangkat harkat dan martabatnya sebagai manusia yang merupakan ciptaan-Nya yang paling baik.

Pendidikan Islam sebagai salah satu disiplin ilmu menjadi alternatif dalam rangka membentuk manusia menjadi lebih baik dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik.

BAHAN AJAR PERENCANAAN PEMBELAJARA

Bahan ajar Perencanaan Pembelajaran disusun merupakan langkah penting agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien. Perencanaan pembelajaran menekankan kepada proses penyusunan pedoman pembelajaran dalam rangka menerjemahkan kurikulum yang berlaku. Penulisan Bahan Ajar ini bersifat kompilasi dari berbagai buku sumber yang dipergunakan. Oleh karena itu Tim Penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak/Ibu penulis buku teks yang buah pikirannya kami gunakan, khususnya Bapak Prof. DR Wina Sanjaya penulis buku berjudul “Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran”. Tujuan Bahan ajar ini diharapkan dapat membantu mahasiswa mengatasi keterbatasan kemampuan dan biaya dalam pengadaan buku-buku literature serta mudah-mudahan dapat memotivasi mahasiswa mendalami dalam merancang pembelajaran lebih lanjut, sehingga dapat mencapai tujuan.

Bahan ajar Perencanaan Pembelajaran disusun merupakan langkah penting agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien.

PENGGUNAAN BAHAN AJAR KOMIK DIGITAL: Pembelajaran Mandiri dalam Jaringan untuk Anak Sekolah Dasar

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin pesat, penggunaan teknologi canggih yang memotivasi dan menginspirasi semua peserta didik untuk mencapai kompetensi amat diharapkan, terlepas dari latar belakang, bahasa, atau cacat merupakan panggilan untuk memanfaatkan kekuatan teknologi untuk mendukung pembelajaran yang berkelanjutan dan seumur hidup. Penggunaan media digital, termasuk media interaktif dan sosial, telah tumbuh, dan bukti kajian menunjukkan bahwa media baru ini menawarkan manfaat dan risiko bagi kesehatan anak-anak dan remaja. Pada era industri 4.0 saat ini, literasi digital merupakan salah satu kompetensi penting bagi setiap individu. Berbagai data dan informasi pada saat ini hampir semua dikemas secara digital, termasuk berbagai literatur bahan ajar. Untuk itu, penting bagi guru untuk berupaya meningkatkan literasi digital para peserta didik sebagai bagian dari hasil belajar yang menjadi tujuan pembelajaran. Salah satu caranya adalah dengan membiasakan peserta didik untuk berinteraksi dengan sumber bahan ajar yang dikemas secara digital. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memanfaatkan sumber-sumber belajar digital yang tersedia di internet atau guru belajar untuk merancang sendiri bahan ajar yang dikemas dalam bentuk media digital. Oleh karenanya, penggunaan bahan ajar komik digital berbasis digital yang dirancang interaktif merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memelihara antusiasme belajar, rasa ingin tahu, minat, motivasi, dan meningkatkan hasil belajar peserta didik saat pembelajaran dalam jaringan (daring). Bahan ajar komik berbasis digital yang dirancang interaktif dapat diakses lintas perangkat dan lintas platform yang bersifat produktif sehingga dapat memberi pengalaman belajar yang khas bagi peserta didik. Dalam konteks ini, sifat interaktif dari bahan ajar komik berbasis digital yang dikembangkan dalam kajian ini adalah karena bahan ajar komik digital disusun dan dirancang sedemikian rupa yang disertai dengan suara (audio), sentuhan layar, tautan (link) dengan beragam sumber belajar lain, dan animasi yang relevan, serta sajian soal latihan kategori Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang interaktif.

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin pesat, penggunaan teknologi canggih yang memotivasi dan menginspirasi semua peserta didik untuk mencapai kompetensi amat diharapkan, terlepas dari latar belakang, bahasa, atau cacat merupakan ...

Materi Dasar Pendidikan Islam

“Materi Dasar Pendidikan Islam” untuk memberikan pengetahuan dan pendidikan materi aqidah Islam, Syari’at Islam, Akhlak dan Tasawuf, bacaan-bacaan shalat, kumpulan hadits pilihan, dan hukum menuntut ilmu, agar para pembaca dapat mengambil manfaat dari tulisan-tulisan tersebut.

Abdul Aziz. Biodata Penulis Nama : Abdul Aziz Alamat : Jatisari RT.02 RW.02 Kebumen Jawa Tengah Pendidikan Terakhir : S.1 PAI IAIN Walisongo Semarang 79 BIODATA PENULIS.

ULUMUL QUR’AN

Buku ini berisi ringkasan dari beberapa tokoh terkenal di dunia pendidikan Islam. Ringkasan materi yang dimuat adalah ilmu yang membahas tentang Al-Qur’an, mulai dari pengertian Ulumul Qur’an dan sejarahnya, sejarah turunnya Al-Qur’an dan penulisannya, pengertian wahyu, Asbabun Nuzul, Jam’ul Qur’an, ayat-ayat Makiyah dan Madaniyah, ayat-ayat Muhkam Mutasyabih, Nasikh dan Mansukh Al-Qur’an, Qiraah Al-Qur’an, I’jaz Al-Qur’an, tafsir Al-Qur’an, takwil, dan terjemahannya. Buku ini disajikan dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti karena pembahasan dipaparkan secara ringkas. Buku ini dapat menjadi rujukan mahasiswa terkait materi Ulumul Qur’an.

Pengertian Ulumul Qur'an Al-Qur'an adalah kitab Allah berisi kalam Yang Mahasuci, mukjizat Nabi Muhammad yang abadi diturunkan kepada Nabi terakhir, yakni Nabi Muhammad saw., penutup para Nabi dan Rasul dengan perantara Malaikat Jibril.

‘ULUMUL HADITS Jilid (1)

Mempelajari ilmu agama adalah salah satu kewajiban asasi dan kebutuhan dasar (dlaruriyyah) bagi setiap muslim dan muslimat di setiap zaman dan waktu, karena barang siapa mengenal agamanya, maka sesungguhnya ia akan mengenal Rabbnya. Dalam perspektif maqashid shariah, adalah usaha yang sangat penting dalam menjaga dan melestarikan kemurnian dan kesucian nilai-nilai agama, menjaga kemurnian akal dalam berpikir dengan benar, dan memperoleh ilmu dari sumber yang shahih, melindungi jiwa dari hal-hal yang akan membawa kemudaratan kepada tubuh badan, menjaga kesucian nasab dan marwah diri agar selalu jauh dari hal-hal yang dilarang dalam agama, begitu juga menjaga keberkahan dalam memperoleh harta dan menggunakanya dengan cara yang baik, jauh dari segala transaksi yang diharamkan dalam pandangan agama. Semua nilai tersebut diterapkan di dalam kehidupan semata-mata mengharapkan keridhaan dari Allah Subhaanahu wa Ta’aala.

Mempelajari ilmu agama adalah salah satu kewajiban asasi dan kebutuhan dasar (dlaruriyyah) bagi setiap muslim dan muslimat di setiap zaman dan waktu, karena barang siapa mengenal agamanya, maka sesungguhnya ia akan mengenal Rabbnya.

MANAJEMEN STRATEGIK (sebuah kajian dalam Pendidikan Islam)

Buku ini, di samping secara akademis sangat diperlukan, juga sekaligus memberikan arah yang jelas bagaimana operasi ilmu Manajemen Strategis ini diterapkan untuk membangun kemajuan LPI dari aspek manajerial dan leadershipnya. Dengan karya-karya semacam ini, yang tergabung dalam sistem keilmuan program studi MPI, kita dapat berharap secara bertahap stigma terhadap LPI sebagai lembaga pendidikan “yang tahan hidup, banyak masalah, dan tidak maju” itu dapat kita atasi.

Buku ini, di samping secara akademis sangat diperlukan, juga sekaligus memberikan arah yang jelas bagaimana operasi ilmu Manajemen Strategis ini diterapkan untuk membangun kemajuan LPI dari aspek manajerial dan leadershipnya.

MINORITAS DALAM PANDANGAN SYARIAH DAN HAM Narasi Kaum Muda Muslim

Melalui penerbitan buku ini, Pusat Studi Agama dan Multikulturalisme (PUSAM) Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengucapkan banyak terima kasih kepada berbagai pihak, dalam hal ini patutlah kami sebut, yaitu Kemenristek/BRIN yang sudi mendanai seluruh proses penerbitan buku ini, serta pihak The Oslo Coalition on Freedom of Religion or Belief, International Center for Law Religion Studies (ICLRS) Brigham Young University (BYU) Amerika Serikat, Norwegian Centre for Human Rights (NCHR) University of Oslo (UiO) Norwegia, serta The Asia Foundation (TAF). Buku ini dimulai dengan proses kolaborasi yang panjang di antara berbagai pihak di atas. Mulai dari penyelenggaraan Master Level Course (MLC) pada 2017, lalu dilanjutkan dengan The Most Significant Change (MSC) di tahun yang sama, yang kemudian lahirlah banyak naskah dari para penulis muda dengan latarbelakang profesi yang beragam. Di antara mereka ada yang bekerja sebagai dosen, guru, pegiat sosial, advokat, peneliti, dan aktivis mahasiswa. Namun, akibat beberapa hal, naskah yang dikumpulkan dari kegiatan MLC tersebut baru bisa kami publikasikan di tahun ini. Meski begitu, tidak akan mengurangi dari substansi yang mendalam naskah-naskah berkualitas ini. Apalagi, artikel yang ditulis para aktivis muda ini menyoroti berbagai problem minoritas dan kebebasan beragama dan berkeyakinan di Indonesia dengan perspektif interseksi Syariah dan HAM. Sebab itu, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada para penulis muda ini, semoga produktifitasnya dalam berkarya bisa terus tumbuh dan turut memperkaya khazanah keilmuan di negeri ini. Penting diketahui, program MLC telah diadakan setiap tahun sejak 2009 hingga yang terakhir pada 2019. Di setiap tahun itu, kegiatan ini dihadiri lebih dari 30 aktivis muda dari latarbelakang profesi dan daerah yang beragam. Program ini dimaksudkan untuk mencari titik perjumpaan antara hukum Islam dan HAM Internasional, sehingga problem-problem kekinian yang mengemuka bisa diintrepretasikan secara progresif dan memberi manfaat bagi keadaban sosial dan keumatan. Selain itu, program ini juga bertujuan pemahaman yang utuh mengenai interseksi, harmoni, konflik antara Shari’ah dan HAM dari perspektif multidiipliner, termasuk sejarah, filsafat, hukum dan sosiologi. Dalam implementasinya, kegiatan ini berjalan melalui tiga fase: Pertama, In House Training. Fase pertama ini berbentuk workshop yang mempelajari topik-topik HAM dan Syariah selama lima hari bertuut-turut; Kedua, Riset HAM dan Syariah. Fase kedua ini adalah kerja riset mengenai topik-topik HAM dan Syariah yang akan dikerjakan oleh peserta selama dua bulan pasca in house training; Ketiga, Kelas Seminar. Fase ketiga ini merupakan bagian inti dari acara ini karena semua peserta mempresentasikan hasil risetnya selama dua bulan.

... janganlah kamu menjadikan musuh-Ku dan musuh kamu sebagai auliya',kamu menyampaikan kepada mereka (berita-berita Nabi Muhammad), karena rasa cinta kasih; padahal ssungguhnya mereka telah ingkar kepada kebenaran yang datang kepadamu, ...