Sebanyak 578 item atau buku ditemukan

Islamic Economics

Theory and Practice

This book is a comprehensive study, which provides informed knowledge within the field of Islamic Economics. The authors lay down the principal philosophical foundation of a unique and universal theory of Islamic Economics by contrasting it with the perspectives of mainstream economics. The methodological part of the theory of Islamic Economics will arise from the ethical foundation of the Qur'an and the Sunnah (tradition of the Prophet) along with the learned exegeses in such an epistemological derivation of the postulates and formalism of Islamic Economics. This foundational methodology will be contrasted with the contemporary approaches of the random use of mainstream economic theory in Islamic Economics. The book establishes the methodological foundation as the primal and most fundamental premise of the study leading to scientific formalism and the prospect of its application. By way of its Islamic epistemological explanation (philosophical premise) in the form of logical formalism and the use of simple real-world examples, the authors alert the reader that the scientific nature of economics in general and Islamic Economics in particular rests on the conception of the scientific worldview. With its uniquely comparative approach to mainstream economics, this book facilitates a greater understanding of Islamic economic concepts. The senior undergraduate and graduate students will gain exposure to Islamic perspectives of micro- and macroeconomics, money, public finance and development economics. Additionally, this book will be useful to practitioners seeking a greater comprehension of the nature of Islamic economics. It will also enable policymakers to better understand the mechanism of converting institutions, such as public and social policy perspectives.

This book is a comprehensive study, which provides informed knowledge within the field of Islamic Economics.

MANAJEMEN KEUNGAN SEKOLAH

Konsep Prinsip dan Aplikasinya di Sekolah/Madrasah

Upaya peningkatan mutu pendidikan perlu didukung dengan kemampuan manajerial para pengelola pendidikan, hendaknya berupaya untuk mendayagunakan sumber-sumber manajemen, baik personal maupun material, secara efektif danefisien guna menunjang tercapainya tujuan lembaga pendidikan secara optimal. Manajemen pendidikan efektif dan efisien apabila didukung oleh sumber daya manusia yang profesional untuk mengoperasikan sekolah, kurikulum yang sesuai dengan tingkat perkembangan dan karakteristik limkungan pendidikan, kemampuan dan commitment (tanggung jawab terhadap tugas) pendidik dan tenaga kependidikan yang handal. Kesemuanya itu perlu dukung dengan sarana-prasarana yang memadai, dana yang cukup untuk menggaji staf sesuai dengan fungsinya, serta partisipasi masyarakat yang tinggi. Bila salah satu hal diatas tidak sesuai dengan yang diharapkan atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka efektivitas dan efisiensi pengelolaan pendidikan (sekolah/madrasah) kurang optimal. Dengan demikian diperlukan adanya keseimbangan antara komponen-komponen di atas. Untuk mencapai keseimbangan tersebut, di perlukan sumberdaya manusia (SDM) profesinal yang mampu memahami prinsip-prinsip dan aplikasinya dalam pegelolaan keuangan. Oleh karena itu perlu dikelola dengan efektif dan efisien agar membantu pencapaian tujuan pendidikan. Untuk itu, kajian tentang pengelolaan keuangan di lingkungan pendidikan dibahas tuntas dalam mata kuliah Manajemen Keuangan dan Pembiayaan Pendidikan hadir, untuk memahami dan mendalami mata kuliah ini dengan tuntas dan mendalam. Buku refen ”manajemen keuangan pendidikan” ini menjadi salah satu alternatif pendukungnya. Dalam konteks itulah buku “Manajemen Keuangan Pendidikan” Revisi ke IV ini, melalui penyesuaian kekinian, disajikan guna membantu para mahasiswa, guru, dan kepala sekolah/madrasah beserta tenaga kependidikan lainnya dalam rangka memehami konsep manajemen keuangan pendidikan, serta melakukannya secara efektif dan efisien dalam rangka membangun mutu sekolah/madrasah yang efektif yang dapat mengahasilkan lulusan bermutu dan ber-kualitas, sesuai dengan tuntutan pembangunan dan perkembangan zaman. Buku ini ditulis berdasarkan kebutuhan para mahasiswa, guru, dan kepala sekolah/madrasah beserta tenaga kependidikan lainnya yang terungkap dalam berbagai pertemuan diskusi, seminar, lokakarya dilingkungan Kementerian Pendidkan Kebudayaan (Kemendikbud), serta Kementerian Agama (Kemenag). Secara lebih khusus, buku ini ditujukan untuk para mahasiswa S-1, S-2, dan S-3 program manajemen pendidikan. Buku ini berupaya memformulasikan suatu konsep dan cara praktis berbasis pengalaman, bagi para mahasiswa, guru, dan kepala sekolah/madrasah beserta tenaga kependidikan lainnya dalam megelola keuangan pendidikan. Pemaparananya dimulai dengan Wawasan Pengembangan Mananajemen Keuangan, Konsep dasar manajem keuangan pendidikan, kemudian berturut-turut perencanaan keuangan, pelaksanaan, pengawasan, pelaporan dan pertanggungjawaban keunagan, pada tiap bab dilengkapi model implemtasinya yang sarat pengalaman. Penulis berharap, kehadiran buku revisi ke IV ini, dapat memberikan inspirasi dan urun rembuk, pada pemecahan, mencerdaskan, dan menjadi solusi terhadap berbagai permasalahan manajemen tenaga pendidikan. Semoga buku ini bermanfaat bagi kepentingan umat dan mendapat ridlo Allah SWT., Amin.

Upaya peningkatan mutu pendidikan perlu didukung dengan kemampuan manajerial para pengelola pendidikan, hendaknya berupaya untuk mendayagunakan sumber-sumber manajemen, baik personal maupun material, secara efektif danefisien guna menunjang ...

Manajemen Keuangan

Book chapter ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing. Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Manajemen Keuangan. Sistematika buku Manajemen Keuangan ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 12 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Ruang Lingkup Manajemen Keuangan, Analisis Laporan Keuangan, Manajemen Modal Kerja, Manajemen Kas Dan Efek, Manajemen Piutang, Manajemen Persediaan, Nilai Waktu Uang, Pasar Modal, Penilaian Surat Berharga, Capital Budgeting, Sumber Dana Jangka Menengah Dan Leasing, dan Sumber Dana Jangka Panjang.

Treasury Bills: Treasury Bills atau T-Bills adalah tagihan yang diterbitkan oleh Bank Inonesia untuk periode jatuh tempo yang berbeda. Tagihan ini adalah investasi yang sangat aman dan mudah dipasarkan. Surat Perbendaharaan Negara ini ...

Manajemen Keuangan

Manajemen pada dasarnya adalah upaya untuk menggunakan sumber daya ( dalam konteks ini uang) secara efektif sehingga mencapai tujuan. Adapun keuangan berarti segala hal yang berkaitan dengan uang. Pengaturan dan pengelolaan keuangan sebuah perusahaan melingkupi beberapa hal diantaranya keputusan investasi, keputusan keuangan dan keputusan deviden. Manajemen keuangan dalam suatu bisnis maupun individu berfungsi untuk perencanaan keuangan, penentuan komposisi modal, kontrol keuangan, pengelolaan surplus dan investasi dana.

LP ini sangat rendah untuk sekuritas Treasury dan untuk sekuritas yang diterbtkan perusahaan besar, tetapi realtif tinggi untuk sekuritas yang diterbitkan perusahaan yang sangat kecil. MRP = premi risiko jatuh tempo (maturity risk ...

Kurikulum Merdeka Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Merdeka Belajar secara umum memiliki makna merdeka pengembangan potensi anak sebagai pemenuhan hak anak sebagai manusia. Dalam buku ini juga menggambarkan makna belajar oleh tokoh pendidikan dan kurikulum merdeka. Merdeka belajar berbasis Al Qur’an memiliki kekhasan. Menurut Al Qur’an merdeka belajar adalah sebuah upaya mengembangkan potensi anak yang diberikan oleh Allah sesuai dengan aturan Allah dan Rasul. Sebagai bentuk pemenuhan hak anak yang telah ditetapkan oleh Allah. Hak anak dalam Al Qur’an adalah hamba di bawah hak sang Pencipta. Kurikulum merdeka berbasis Al Qur’an sebagai rancangan pembelajaran secara utuh yang dibangun untuk memerdekakan pengembangan potensi anak yang telah diatur oleh Allah dan Rasul.

Merdeka Belajar secara umum memiliki makna merdeka pengembangan potensi anak sebagai pemenuhan hak anak sebagai manusia.

Perencanaan Pembelajaran (Kurikulum Merdeka Belajar)

Program Merdeka Belajar menjadi penunjang kemajuan pendidikan jika dapat dijalankan dengan baik. Dengan kata lain, program ini dapat menjadi salah satu jalan dalam meningkatkan mutu pendidikan Indonesia di satu sisi dan mutu manusia Indonesia secara luas di sisi yang lain. Dengan buku ini menjadi jalan dalam memahami dan menerapkan cara pandang pendidikan melalui kebijakan “merdeka belajar” yang telah dicanangkan, agar pendidikan di Indonesia mempunyai arah dan tujuan yang jelas. Dalam buku ini terdiri dari 13 Bab, yang terdiri dari, Kurikulum Merdeka Belajar, Program Semester, Program Tahunan, Modul Ajar, Capaian Pembelajaran, Tujuan Pembelajaran, Model-model Pembelajaran, Pengembangan Bahan Ajar, Proyek Pengembangan Profil Pelajar Pancasila, Pengembangan Media Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Asesmen Pembelajaran, dan Struktur Kurikulum Merdeka Belajar.

Program Merdeka Belajar menjadi penunjang kemajuan pendidikan jika dapat dijalankan dengan baik.

MINIATUR AL-QUR’AN : Menguak Surat Pembuka:

Sesuai dengan judulnya, buku ini memuat telaah penting, meliputi latar belakang Surat al-Fatihah, kosa kata dan analisa semantik, isi pokok dan penjelasan, serta beberapa implikasi filosifis dan fenomenologis lainnya. Kesemuanya mengandalkan beberapa referensi Tafsir mu’tabar, dianalisa secara ilmiah dan kemudian “dikemas” secara lebih interaktif

Sesuai dengan judulnya, buku ini memuat telaah penting, meliputi latar belakang Surat al-Fatihah, kosa kata dan analisa semantik, isi pokok dan penjelasan, serta beberapa implikasi filosifis dan fenomenologis lainnya.

Stereotip dan Prasangka dalam Komunikasi Antarbudaya Muslim Pribumi dan Etnis Cina

Masyarakat Indonesia terdiri dari berbagai etnis, sehingga disebut sebagai masyarakat majemuk (plural society). Kemajemukan tentu saja merupakan nilai positif, dengan kemajemukan komponen masyarakat Indonesia dapat menghimpun dan mengembangkan berbagai potensi bangsa. Berbagai budaya yang ada di tanah air misalnya; merupakan kekayaan yang tiada tara dan harus disyukuri. Namun di sisi lain keberagaman tradisi dan agama mudah sekali menimbulkan gesekan antar berbagai kelompok etnis. Masing-masing etnis memiliki karakter yang berbeda, sehingga tidak menutup kemungkinan terjadinya kesalahpahaman antaretnis. Dengan beragamnya etnis dan kebudayaan yang ada merupakan masalah dalam komunikasi antarbudaya. Perbedaan nilai-nilai, norma-norma dan persepsi dari masing-masing etnis yaitu dalam bentuk stereotip dan prasangka seringkali menyebabkan adanya kesalahpahaman dalam berkomunikasi.

Dalam perspektif Islam, komunikasi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan manusia karena segala gerak langkah kita selalu disertai dengan komunikasi. Anugrah yang diberikan Allah Swt kepada manusia melalui akal dalam ...

Ilmu Teknologi dan Komunikasi

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Ilmu Teknologi dan Komunikasi. Sistematika book chapter Ilmu Teknologi dan Komunikasi ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Oleh karena itu diharapkan book chapter ini dapat menjawab tantangan dan persoalan dalam sistem pengajaran di perguruan tinggi dan sejenis lainnya.

Teknologi perbankan dan keuangan Sektor perbankan pun menggunakan teknologi canggih. Beberapa tahun silam, jika ingin mengambil uang tunai, nasabah harus antre dan membawa buku tabungan dan lain-lain. Dengan teknologi perbankan yang ...

Model Pembelajaran Agama Islam di Sekolah

Buku ini memberikan nafas baru dalam memberikan salah satu alternatif penggunaan bahan ajar dengan format baru yang mampu mengatasi problem pembelajaran selama ini. salah satu alternatif penggunaan bahan ajar dengan format baru yang mampu mengatasi problem pembelajaran berbasis pendekatan sinektik yang telah memenuhi komponen kelayakan sebagai bahan ajar yang efektif untuk meningkatkan pembelajaran menjadi menarik dan mencapai tujuan pembelajaran itu sendiri.

Bagaimana cara guru agar siswa memahami konsep dari abstrak ke konkret yang ditinjau dari sistem pendukung pembelajaran PAI ( sarana prasarana pembelajaran , media , laboratorium , pembelajaran dengan alam lingkungan ) . h .