Sebanyak 1136 item atau buku ditemukan

Model Pembelajaran Inovatif dan Soal Berbasis AKM Jenjang SMA

Disertai Kompetensi Dasar dan Pembahasan Soal AKM Literasi-Numerasi SMA

Saat ini, proses AKM telah berlangsung. Dalam berbagai forum,beberapa guru mengungkapkan kesulitan untukmemperoleh referensi soal AKM dan pembelajaran yang inovatif.Buku yang secara spesifik ditujukan untuk guru pada jenjang SMA ini akan mengupas soal AKM dan pembelajaran inovatifsecara mendalam. Pembahasan tentang paradigma AKM, perubahan ragam/jenis soal AKM menjadi fokus utama buku ini. Perubahan paradigma pendidikan sudah saatnya mendapatkan perhatian lebih dari para guru. Salah satu cara mengukur keterampilan peserta didik adalah soal. Keterampilan guru dalam menyusun soal dengan kompetensi berpikir tingkat tinggi gayut dengan program pemerintah yang mewajibkan guru untuk melaksanakan pembelajaran inovatif dan mengukurnya dalam asesmen kompetensi minimum (AKM). Oleh karenanya, guru perlu melatih siswa dengan soal yang mengacu pada AKM. Namun demikian, ragam soal AKM dengan paradigma yang baru belum dipahami oleh mayoritas guru. Padahal, skor AKM memengaruhi rapor mutu suatu sekolah. Dengan demikian, guru perlu membekali diri dengan kemampuan merancang pembelajaran dan soal berbasis AKM.Kehadiran buku yang lengkap dengan contoh soal dari berbagai level kognitif, baik literasi maupun numerasi ini,diharapkan dapat menginsipirasi para guru dalam merancang pembelajaran yang inovatif di kelas.

Saat ini, proses AKM telah berlangsung.

KOMPETENSI MANAJERIAL DAN KEWIRAUSAHAAN KEPALA MADRASAH

Kompetensi manajerial bertujuan menciptakan lingkungan yang kondusif untuk memperlancar proses pembelajaran. Kompetensi ini diwujudkan pada kemampuan mengendalikan pengelolaan untuk menciptakan iklim belajar mengajar yang nyaman sehingga meningkatnya motivasi belajar serta menghasilkan lulusan yang berkualitas. Kompetensi kewirausahaan adalah penguatan jiwa dan semangat wirausaha untuk kepentingan pendidikan yang bersifat sosial, jadi bukan untuk kepentingan komersial. Nilai kewirausahaan sangat bermanfaat bagi diri dalam mengembangkan, mencapai keberhasilan, dan menghadapi kendala-kendala keuangan atau keterbatasan sarana prasarana. Ukuran disiplin yang sering tampak dalam satuan pendidikan adalah bagaimana seorang yang berpendidikan mematuhi aturan misalnya jadwal mengajar atau target. Sehingga disiplin menjadi tolak ukur yang dapat digunakan dalam menilai kinerja pendidik dan tenaga kependidikan. Kedisiplinan guru dapat disimpulkan sebagai kondisi keteraturan yang terwujud dari ketaatan serta kepatuhan pendidik dalam menjalankan segala peraturan dan tata tertib yang telah diberlakukan dilingkungan dengan penuh kesadaran dari dalam dirinya.

Kompetensi manajerial bertujuan menciptakan lingkungan yang kondusif untuk memperlancar proses pembelajaran.

Etika Profesi

Buku ini disusun untuk mengetahui, memahami dan memperluas pengetahuan tentang etika dalam profesi. Buku ini sangat berguna untuk membantu wawasan bagi mahasiswa, aparatur pemerintah, pemerhati pendidikan, dan pekerja dalam memberikan pelayanan pendidikan. Buku ini terbangun atas tujuh pembahasan, yaitu: Bab 1 Konsep Dasar Etika Profesi Bab 2 Kode Etik Profesi Bab 3 Etika dan Moral Bab 4 Manusia Pengembang Profesi Bab 5 Kode Etik Profesi Konselor Bab 6 Etika Profesi Pendidik Bab 7 Etika Profesi Statistikawan Bab 8 Etika Profes Interpreter Bab 9 Etika Profesi Engineering

Buku ini terbangun atas tujuh pembahasan, yaitu: Bab 1 Konsep Dasar Etika Profesi Bab 2 Kode Etik Profesi Bab 3 Etika dan Moral Bab 4 Manusia Pengembang Profesi Bab 5 Kode Etik Profesi Konselor Bab 6 Etika Profesi Pendidik Bab 7 Etika ...

ETIKA DAN PROFESI KEGURUAN

Buku etika dan profesi keguruan ini adalah merupakan buku yang menjelaskan tentang kode etik menjadi seorang guru yang baik. Sebab guru tidak hanya sebatas mengajar saja, akan tetapi guru juga sebagai morabbi ruh, terhadap setiap murid-muridnya. Guru mempunyai tanggung jawab untuk membentuk etika dan moral generasi melineal di zaman kontemporel ini, sehingga penting kiranya penulis mengangkat buku ini untuk dijadikan pijakan oleh setiap guru bagaimana menjadi guru yang baik dan profesional. Guru juga merupakan penentu keberhasilan pendidikan melalui kinerjanya pada tingkat institusional dan intruksional, peran strategis tersebut sejalan dengan UU No 14 tahun 2015 tentang guru dan dosen, yang menempatkan kedudukan guru sebagai tenaga profesional sekaligus sebagai agen pembelajaran. Sebagai tenaga profesional, pekerjaan guru hanya dapat dilakukan oleh seorang yang mempunyai kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik sesuai dengan persyaratan untuk setiap jenis dan jenjang pendidikan tertentu.

Buku etika dan profesi keguruan ini adalah merupakan buku yang menjelaskan tentang kode etik menjadi seorang guru yang baik.

Buku Monograf Peningkatan Loyalitas Nasabah Bank Syariah : Pendekatan Etika Pemasaran Islam

Kecenderungan masyarakat dunia bisnis yang menginginkan keuntungan tanpa melihat bagaimana nilai-nilai normatif transendental dalam berniaga, menyebabkan etika bisnis sangat sulit diterapkan dalam akitivitas perekonomian. Dalam realitas di dunia usaha saat ini juga timbul gejala menghalalkan segala cara demi mencapai sebuah kenikmatan. Etika bersaing dalam bisnis tidak lagi sehat, profesional, dan sportif. Namun, cara dan budaya ini menerabas tru semakin tumbuh subur di masyarakat. Paradigma masyarakat saat ini menganggap perilaku bisnis menggunakan etika Islam akan menghambat proses mencapai keuntungan maksimal sebagai asas dalam berbisnis. Namun, apabila kita cermati lebih mendalam, etika bisnis yang banyak dilakukan perusahaan dapat mengantarkan perusahaan semakin establish dan sustainable, lebih baik lagi jika etika bisnis Islam dalam al-Qur’ān dan as-Sunnah dijadikan sebagai landasan dasarnya. Di sinilah pentingnya konsep pemasaran yang mendasarkan nilai-nilai syariah Islam, yaitu konsep Islamic Marketing. Buku ini hadir dengan tujuan agar dapat dijadikan sebagai rujukan para pemasar dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya sesuai tuntuan syariah Islam yang bersumber dari al-Qur’an dan Hadits. Kandungan buku ini memberikan makna yang cukup dalam, yakni menekankan aspek memaksimalkan nilai bukan maksimalisasi keuntungan. Maksimalisasi nilai dimaksud adalah pemasar dalam melaksanakan tugasnya selalu didasari keadilan dan kejujuran sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah SAW, yaitu sidik, amanah, tablig, fatanah.

Kecenderungan masyarakat dunia bisnis yang menginginkan keuntungan tanpa melihat bagaimana nilai-nilai normatif transendental dalam berniaga, menyebabkan etika bisnis sangat sulit diterapkan dalam akitivitas perekonomian.

Etika Pemasaran Dalam Perspektif Islam

Buku ini mengupas perihal etika pemasaran dalam perspektif Islam. Tujuan penulisan buku ini untuk mempersiapkan tenaga pemasaran berdasarkan prinsip-prinsip syariah Islam yang bersumber dari al-Qur’an dan Hadis. Buku ini sangat sitematis menyajikan beberapa pokok bahasan meliputi: Prinsip-prinsip Umum Ekonomi Islam, Teori Maqāṣid Syarī’ah, Konsep Islamic Marketing, Etika Pemasaran Dalam Perspektif Islam, Bauran Pemasaran Dalam Perspektif Islam, Kepuasan Pelanggan dalam Perspektif Islam, Loyalitas Pelanggan dalam Perspektif Islam. Buku ini hadir dalam rangka melengkapi kekosongan buku referensi pemasaran yang didasarkan pada prinsip-prinsip syariah. Dengan hadirnya buku ini, diharapkan dapat dijadikan sebagai rujukan para pemasar dalam melaksanakan tugasnya sesuai prinsip-prinsip syariah terhindar dari berbagai praktik pemasaran yang bertentangan dengan syariah Islam.

Buku ini mengupas perihal etika pemasaran dalam perspektif Islam.

Mutu Pendidikan Untuk Jenjang Sekolah Dasar

Pengendalian Mutu Sekolah

Buku ini adalah hasil dari Tesis saya, dalam buku ini membahas terkait dengan pengendalian mutu sekolah, Issu tentang mutu pendidikan terus berkembang sejalan dan sejurus dengan perkembangan kebutuhan dan kesiapan penyelenggaraan pendidikan. Salah satu sebabnya adalah rendahnya peluang kerja bagi alumni tingkat sekolah menengah sederajat dan beratnya persaingan bagi alumni Perguruan Tinggi (PT), sebagai tenaga potensial yang terampil dalam merebut dan memanfaatkan kesempatan kerja. Identifikasi terhadap kondisi tersebut dialamatkan pada rendahnya mutu lulusan, dalam arti pengetahuan, keterampilan dan keahlian yang belum sesuai kualifikasi kompetensi yang dibutuhkan tenaga kerja. Lembaga pendidikan harus mampu merancang program untuk mencapai lembaga yang bermutu, agar kelak lulusan dapat bersaing dalam bidang apapun setelah mereka berada dilingkungan kerja.

Buku ini adalah hasil dari Tesis saya, dalam buku ini membahas terkait dengan pengendalian mutu sekolah, Issu tentang mutu pendidikan terus berkembang sejalan dan sejurus dengan perkembangan kebutuhan dan kesiapan penyelenggaraan pendidikan ...

MANAJEMEN & PELAKSANAAN PENGAJARAN MIKRO (MICROTEACHING)

Pengajaran mikro (Microteaching) adalah salah satu mata kuliah praktikum yang wajib lulus dan diikuti oleh mahasiswa program sarjana pada program studi keguruan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi dan membekali mahasiswa dengan seperangkat pengetahuan dan keterampilan pedagogis dalam bentuk sederhana, yaitu mempraktikkan kemampuan mengajar topik tertentu, dengan waktu terbatas, dan mengelola kelas dalam skala kecil atau mikro sebelum praktik mengajar di kelas sesungguhnya (real teaching) pada Program Lapangan Persekolahan (PLP). Pengajaran mikro adalah salah satu upaya untuk mencetak calon guru yang memiliki empat kompetensi yang dibutuhkan untuk menjadi guru profesional sesuai dengan Undang-undang No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, yaitu 1) kompetensi padagogik; 2) kompetensi profesional; 3) kompetensi sosial, dan 4) kompetensi kepribadian. Mahasiswa sebagai calon guru ideal yang melakukan tugasnya dengan profesional akan didapat tidak hanya dari proses pembelajaran secara teori di ruang kelas, tetapi juga diperoleh dari kegiatan praktik mengajar secara langsung, baik keterampilan mengajar dasar maupun terpadu. Mengingat pentingnya peran guru dalam proses pembelajaran, maka keberadaan microteaching menjadi sangat esensial dalam menyiapkan mahasiswa menjadi calon guru profesional di masa yang akan datang. Untuk dapat menguasai kompetensi tersebut di atas, mahasiswa keguruan sebagai calon guru harus memiliki bekal yang memadai, salah satunya adalah melalui peningkatan pengetahuan dan keterampilan mengajar (teaching skills) baik secara teoritik maupun praktik. Pada tataran teori, mahasiswa mendapatkan pengetahuan berupa teori pengajaran, dan secara praktik bekal kemampuan mengajar dapat diperoleh melalui kegiatan microteaching dengan mengajar teman sejawat (peerteaching). Buku Manajemen & Pelaksanaan Pengajaran Mikro (Microteaching) ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa, dosen, dan pengelola program studi dalam mengelola dan melaksanakan program microteaching di masing-masing unit penyelenggara pendidikan tinggi. Buku ini membahas cara pengelolaan dan pelaksanaan kegiatan praktik pengajaran mikro, dimulai dari tahap persiapan pengajaran mikro sampai dengan evaluasi pembelajaran mikro yang harus dilakukan oleh mahasiswa sebagai praktikkan di bawah supervisi dosen pembimbing. Disamping itu, dalam buku ini disediakan juga contoh format RPP, format penilaian RPS microteaching, dan format penilaian keterampilan mengajar dasar dan terpadu sebagai inti dari kegiatan pengajaran mikro.

Buku Manajemen & Pelaksanaan Pengajaran Mikro (Microteaching) ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa, dosen, dan pengelola program studi dalam mengelola dan melaksanakan program microteaching di masing-masing unit penyelenggara pendidikan ...

Microteaching In Digital Era Theory And Practice

Teachers and Tecahing Book with the title Microteaching In Digital Era Theory And Practice create by Ikhfi Imaniah and M. Abduh Al Manar. This book, Microteaching in Digital Era: Theory and Practice, is reference book for teachers and trainee teachers who will implement the concept of professional teaching in the classroom by designing the lesson plan, interactive learning media, and developing teaching skills particularly in digital age. This microteaching book helps trainee teachers to improve both contents and methods of teaching and develop spesific teaching skills such as questioning, the use of examples and simple artifacts to make lessons more interesting, using effective reinforcement techniques, introducing and closing lessons effectively. Table of Contents this book : - Session 1 The Concept of Microteaching - Session 2 Ice Breaking/Warming Up Activity In Teaching - Session 3 Teaching Process - Session 4 Teaching Receptive Skills - Session 5 Teaching Productive Skills - Session 6 Assessment In English Language Teaching - Session 7 Web Based Learning - Session 8 Social Media In Education Spesification of this book : Category : Teachers and Tecahing Author : Ikhfi Imaniah and M. Abduh Al Manar E-ISBN : 978-623-02-5352-2 Size : 15.5x23 cm Pages : 110 Publication Date : 2022 Deepublish Publisher is a book publisher that focuses on publishing in the field of education, especially higher education (universities and high schools).

This book, Microteaching in Digital Era: Theory and Practice, is reference book for teachers and trainee teachers who will implement the concept of professional teaching in the classroom by designing the lesson plan, interactive learning ...