Sebanyak 4 item atau buku ditemukan

Pengantar Ekonomi Islam

Dua sistem ekonomi di dunia ini yang banyak dikenal oleh masyarakat adalah sistem ekonomi kapitalis dan sistem ekonomi sosialis. Kedua sistem ekonomi ini memiliki kelebihan dan kekuarangan. Sistem ekonomi Islam hadir untuk mengisi kekurangan kedua sistem tersebut. Ekonomi Islam merupakan salah satu jenis sistem ekonomi yang saat ini berkembang di dunia dengan pesat, terutama di negara-negara penduduknya mayoritas muslim. Konsep dan penerapan ekonomi Islam dilandaskan nilai-nilai Islam yang bersumber dari al-Qur’an dan Hadis. Sistem ekonomi Islam memiliki tujuan sesuai tujuan diturunkannya syariah Islam yaitu untuk menciptakan kebahagiaan hidup baik di dunia maupun di akhirat. Oleh karenanya, ekonomi Islam memiliki prinsip-prinsip menghindari maisir, gharar, riba, dan batil (MAGHRIB). Buku ajar ini hadir dengan sangat cerdas mengupas seputar Pengantar Ekonomi Islam, dengan capaian pembelajaran mahasiswa mampu memahami serta menerapkan pokok-pokok bahasan meliputi: sistem ekonomi, sistem ekonomi Islam, Riba, Teori Konsumsi dalam Islam, Teori Produksi dalam Islam, Distribusi Pendapatan dalam Islam, Teori Uang, Permintaan dan Penawaran dalam Islam, Mekanisme Pasar Islami, Pendapatan Nasional dalam Islam, Kebijakan Fiskal dalam Ekonomi Islam, Kebijakan Moneter dalam Ekonomi Islam, Lembaga Keuangan di Indonesia. Buku ajar ini sangat layak untuk dimiliki para mahasiswa utamanya mahasiswa program studi ekonomi Islam.

Buku ajar ini hadir dengan sangat cerdas mengupas seputar Pengantar Ekonomi Islam, dengan capaian pembelajaran mahasiswa mampu memahami serta menerapkan pokok-pokok bahasan meliputi: sistem ekonomi, sistem ekonomi Islam, Riba, Teori ...

Buku Monograf Peningkatan Loyalitas Nasabah Bank Syariah : Pendekatan Etika Pemasaran Islam

Kecenderungan masyarakat dunia bisnis yang menginginkan keuntungan tanpa melihat bagaimana nilai-nilai normatif transendental dalam berniaga, menyebabkan etika bisnis sangat sulit diterapkan dalam akitivitas perekonomian. Dalam realitas di dunia usaha saat ini juga timbul gejala menghalalkan segala cara demi mencapai sebuah kenikmatan. Etika bersaing dalam bisnis tidak lagi sehat, profesional, dan sportif. Namun, cara dan budaya ini menerabas tru semakin tumbuh subur di masyarakat. Paradigma masyarakat saat ini menganggap perilaku bisnis menggunakan etika Islam akan menghambat proses mencapai keuntungan maksimal sebagai asas dalam berbisnis. Namun, apabila kita cermati lebih mendalam, etika bisnis yang banyak dilakukan perusahaan dapat mengantarkan perusahaan semakin establish dan sustainable, lebih baik lagi jika etika bisnis Islam dalam al-Qur’ān dan as-Sunnah dijadikan sebagai landasan dasarnya. Di sinilah pentingnya konsep pemasaran yang mendasarkan nilai-nilai syariah Islam, yaitu konsep Islamic Marketing. Buku ini hadir dengan tujuan agar dapat dijadikan sebagai rujukan para pemasar dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya sesuai tuntuan syariah Islam yang bersumber dari al-Qur’an dan Hadits. Kandungan buku ini memberikan makna yang cukup dalam, yakni menekankan aspek memaksimalkan nilai bukan maksimalisasi keuntungan. Maksimalisasi nilai dimaksud adalah pemasar dalam melaksanakan tugasnya selalu didasari keadilan dan kejujuran sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah SAW, yaitu sidik, amanah, tablig, fatanah.

Kecenderungan masyarakat dunia bisnis yang menginginkan keuntungan tanpa melihat bagaimana nilai-nilai normatif transendental dalam berniaga, menyebabkan etika bisnis sangat sulit diterapkan dalam akitivitas perekonomian.

Etika Pemasaran Dalam Perspektif Islam

Buku ini mengupas perihal etika pemasaran dalam perspektif Islam. Tujuan penulisan buku ini untuk mempersiapkan tenaga pemasaran berdasarkan prinsip-prinsip syariah Islam yang bersumber dari al-Qur’an dan Hadis. Buku ini sangat sitematis menyajikan beberapa pokok bahasan meliputi: Prinsip-prinsip Umum Ekonomi Islam, Teori Maqāṣid Syarī’ah, Konsep Islamic Marketing, Etika Pemasaran Dalam Perspektif Islam, Bauran Pemasaran Dalam Perspektif Islam, Kepuasan Pelanggan dalam Perspektif Islam, Loyalitas Pelanggan dalam Perspektif Islam. Buku ini hadir dalam rangka melengkapi kekosongan buku referensi pemasaran yang didasarkan pada prinsip-prinsip syariah. Dengan hadirnya buku ini, diharapkan dapat dijadikan sebagai rujukan para pemasar dalam melaksanakan tugasnya sesuai prinsip-prinsip syariah terhindar dari berbagai praktik pemasaran yang bertentangan dengan syariah Islam.

Buku ini mengupas perihal etika pemasaran dalam perspektif Islam.

MEMBANGUN KEPUASAN PELANGGAN BANK SYARIAH

PENDEKATAN KONSEP ISLAMIC MARKETING