Sebanyak 254 item atau buku ditemukan

Implementasi Metode Pembelajaran Audio Visual berbasis Kartu Pintar sebagai Media Ajar pada Taman Pendidikan Al-Qur’an Padirah, Jebres

Taman Pendidikan Al-Qur’an merupakan fasilitas pendidikan informal yang berfokus pada pendidikan keagamaan. Melalui itu, TPA memberikan pembelajaran keagamaan, terutama pada anak-anak, dalam rangka menciptakan generasi yang cerdas secara intelek dan emosional tetapi juga cerdas rohani. Sehingga dalam pelaksanaanya TPA harus memiliki mutu dan kualitas yang baik. Hal tersebut terwujud dalam bentuk keberadaan sarana dan prasana pendukung yang mumpuni dan memadai. Permasalahan terbesar yang dialami oleh TPA dewasa ini adalah keberadaan dari sarana dan prasarana yang kurang memadai, seperti dalam hal keberadaan pengajar serta metode pembelajaran yang dilakukan. Pada buku ini dijelaskan tentang trobosan metode pembelajaran audio visual berbasis kartu pintar sebagai media ajar yang dapat meningkatkan mutu dan kualitas dari Taman Pendidikan Al-Qur’an. Mitra kami merupakan salah satu TPA di Kota Surakarta, yaitu TPA Padirah yang mengalami permasalah-permasalahan yang lazim dialami oleh sebuah TPA seperti kurangnya pengajar, waktu pembelajaran yang singkat serta metode pembelajaran yang masih konvensional. Menyadari permasalahan tersebut TPA Padirah ingin berbenah sehingga melalui program ini dapat meningkatkan mutu dan kualitas TPA Padirah.

Taman Pendidikan Al-Qur’an merupakan fasilitas pendidikan informal yang berfokus pada pendidikan keagamaan.

Manajemen: Sebuah Pengantar

Tujuan disusunnya buku ini adalah untuk memberikan tambahan paradigma pengetahuan dan membantu para pembaca yang berasal dari berbagai kalangan, baik akademisi maupun praktisi dalam memahami teori manajemen. Buku ini membahas mengenai konsep dasar Manajemen yang dibagi atas 10 bab yaitu: Bab 1. Pengertian Manajemen Bab 2. Manajemen dan Manajer Bab 3. Perkembangan Teori Manajemen Bab 4. Manajer dan Lingkungan Eksternalnya Bab 5. Proses Perencanaan Bab 6. Penetapan Tujuan Organisasi Bab 7. Pembuatan Keputusan Bab 8. Pengorganisasian dan Struktur Organisasi Bab 9. Motivasi Bab 10. Komunikasi dalam organisasi Bab 11. Kepemimpinan Bab 12. Manajemen Konflik Bab 13. Dasar-dasar Proses Pengawasan

Tujuan disusunnya buku ini adalah untuk memberikan tambahan paradigma pengetahuan dan membantu para pembaca yang berasal dari berbagai kalangan, baik akademisi maupun praktisi dalam memahami teori manajemen.

Manajemen Pemasaran: Teori dan Pengembangan

Perkembangan dunia yang dinamis dan kompleks sudah tentu memengaruhi beragam upaya pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia yang juga berubah. Hal ini merupakan peluang dan tantangan bagi setiap organisasi baik yang berorientasi pada profit maupun non profit dalam mengoptimalkan pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia tersebut. Dalam menangkap peluang dan mengatasi tantangan tersebut salah satu ilmu yang dapat mengoptimalkannya dan akhirnya memberikan kepuasan pada manusia tersebut adalah Ilmu Manajemen Pemasaran. Tidak ada seorangpun atau organisasi mana pun yang tidak membutuhkan dan perlu mengetahui pemasaran. Untuk membantu pemahaman akan ilmu pemasaran, maka buku ini dibuat dengan pendekatan yang konseptual dan analitis, melalui perspektif ilmu pemasaran mendasar dan dinamis, pembahasan yang cukup universal dengan ruang lingkup yang cukup luas dan konprehensif. Dengan terbitnya buku ini kami menyampaikan terimakasih kepada suluruh pihak yang telah berkontribusi di dalamnya. Dengan harapan buku ini dapat menambah referensi dan kontribusi dengan warna yang baru bagi para pembacanya.

Perkembangan dunia yang dinamis dan kompleks sudah tentu memengaruhi beragam upaya pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia yang juga berubah.

Desain Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Sains

Melihat perkembangan zaman yang begitu luar biasa pesat menuntut kita para pendidik dan peserta didik khususnya dan pendidikan umumnya yang ada di Indonesia untuk lebih mampu bersaing dan membentuk kualitas pada Sumber Daya Manusia (SDM). Peningkatan dalam bidang pendidikan ini tentunya mengarah pada proses pembelajaran yang ada di kelas, baik itu pada peran guru yang notabene bukan lagi sebagai pemberi informasi namun sudah lebih sebagai fasilitator yang harus mampu menjembatani ilmu pengetahuan agar sampai ke peserta didik, mampu mengarahkan agar peserta didik dapat menemukan jawabannya sendiri. Selain peran guru, perkembangan di dunia pendidikan mengarah pada metode pembelajaran yang diharapkan lebih bersifat interaktif sehingga mampu menciptakan suasana belajar dan kelas yang menyenangkan dan tanpa unsur keterpaksaan, juga pada peningkatan kualitas bahan ajar yang digunakan. Tujuan adanya pengembangan dalam bahan ajar yang digunakan tentunya tidak terlepas dari tujuan instruksional yang harus dicapai para peserta didik. Pembahasan menarik dalam buku ini tentu saja dapat memberikan informasi kepada para pembaca mengenai jenis bahan – bahan ajar serta kelemahan dan kelebihannya, model – model pengembangan bahan ajar yang bisa dijadikan sebagai panduan untuk peaku pendidikan dalam mengembangkan bahan ajar yang sesuai kebutuhan pembelajaran, tahapan – tahapan dalam proses pengembangan bahan ajar tersebut dan hasil dari beberapa penelitian para peneliti yang telah mengembangkan bahan ajarnya dengan beberapa model pengembangan yang disampaikan. Jelas tujuan disini agar para pembaca dapat memahami dan mempertimbangkan lebih lanjut tentang penelitian terkait research and development (R & D).

Melihat perkembangan zaman yang begitu luar biasa pesat menuntut kita para pendidik dan peserta didik khususnya dan pendidikan umumnya yang ada di Indonesia untuk lebih mampu bersaing dan membentuk kualitas pada Sumber Daya Manusia (SDM).

Pengembangan Media Pembelajaran

Media pembelajaran merupakan suatu bagian yang tidak bisa terpisahkan dari proses pembelajaran itu sendiri. Agar dapat menghasilkan media pembelajaran yang baik dibutuhkan suatu pemahaman terhadap sejarah perkembangan media pembelajaran, jenis-jenis media pembelajaran dan karakteristik serta ciri-ciri media pembelajaran yang baik. Selain membahas mengenai hal-hal yang sudah disebutkan sebelumnya, buku ini membahas bagaimana memilih media pembelajaran yang akan dikembangkan, serta bagaimana merancang, memproduksi dan mempresentasikan berbagai jenis media visual, audio dan audio visual. Secara lengkap buku ini membahas : Bab 1 Pengertian Media Pembelajaran Bab 2 Landasan Teoritis Penggunaan Media Pembelajaran Bab 3 Ciri-Ciri Media Pembelajaran Bab 4 Sejarah Perkembangan Media Pembelajaran Bab 5 Kegunaan dan Fungsi Media Pembelajaran Bab 6 Jenis–Jenis Media Pembelajaran Bab 7 Karakteristik Masing-Masing Media Pembelajaran Bab 8 Pemilihan Media Pembelajaran Bab 9 Perencanaan dan Pengembangan Media Pembelajaran Bab 10 Merancang, Memproduksi dan Mempresentasi Media Visual Bab 11 Merancang, Memproduksi dan Mempresentasi Media Audio Bab 12 Merancang, Memproduksi dan Mempresentasikan Media Audio Visual

Secara lengkap buku ini membahas : Bab 1 Pengertian Media Pembelajaran Bab 2 Landasan Teoritis Penggunaan Media Pembelajaran Bab 3 Ciri-Ciri Media Pembelajaran Bab 4 Sejarah Perkembangan Media Pembelajaran Bab 5 Kegunaan dan Fungsi Media ...

Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya

Buku ini terdiri dari 16 bab. Di bab pertama akan disuguhkan topik mengenai sistem perbankan di Indonesia dan Lembaga keuangan di Indonesia. Bab kedua akan membahas penggolongan bank. Bab ketiga akan membahas topik mengenai kesehatan bank dan rahasia bank. Selanjutnya, topik mengenai bank syariah dan leasing akan menjadi fokus pembahasan di bab ke 4 dan bab ke 5. Konsep bisnis pegadaian akan disajikan di bab 6, diikuti oleh pembahasan mengenai dana pension dan pasar modal di bab ke 7 dan bab ke 8. Buku ini juga akan membahas segala sesuatu yang terkait dengan asuransi dan manajemen dana bank di bab ke 9 dan bab ke 10. Bab-bab berikutnya akan berisi pembahasan mendalam mengenai manajemen perkreditan bank, lembaga keuangan internasional, manajemen perbankan dan manajemen sumberdaya manusia perbankan, lembaga keuangan bukan bank, kebijakan moneter dan perbankan di Indonesia, serta ditutup oleh bab pamungkas yang akan membahas mengenai Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Selengkapnya Buku ini membahas tentang: Bab 1 Sistem Perbankan di Indonesia dan Lembaga Keuangan di Indonesia Bab 2 Penggolongan Bank Bab 3 Kesehatan Bank dan Rahasia Bank Bab 4 Bank Syariah Bab 5 Leasing (Sewa Guna Usaha) Bab 6 Pegadaian Bab 7 Dana Pensiun Bab 8 Pasar Modal Bab 9 Asuransi Bab 10 Manajemen Dana Bank Bab 11 Manajemen Kredit Bab 12 Lembaga Keuangan Internasional Bab 13 Manajemen Perbankan dan Manajemen Sumber Daya Manusia Perbankan Bab 14 Lembaga Keuangan Bukan Bank Bab 15 Kebijakan Moneter dan Perbankan Indonesia Bab 16 Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)

Buku ini terdiri dari 16 bab.

Strategi Bisnis Pariwisata

Tujuan disusunnya buku ini adalah untuk memberikan nuansa baru ilmu pengetahuan, membantu para pembaca dari berbagai kalangan, akademisi maupun praktisi pendidikan dapat memahami seluk beluk Pariwisata yang dipengaruhi oleh peluang bisnis dan kewirausahaan, peluang pasar, perilaku konsumen, manajemen, strategi keunggulan bersaing dan faktor faktor lainnya. Buku ini berisi materi yang dapat digunakan baik oleh tenaga pengajar maupun mahasiswa, serta para pembaca umumnya untuk menambah wawasan berpikir dan ilmu yang berkenaan dengan Strategi Bisnis Pariwisata. Buku ini terdiri dari 11 Bab yang menguraikan tentang: Bab 1 Paradigma Pembangunan Pariwisata Bab 2 Pariwisata Kreatif Bab 3 Pariwisata Berkelanjutan Bab 4 Peluang Bisnis Pariwisata Bab 5 Peluang Pasar Pariwisata Bab 6 Wirausaha Di Bidang Pariwisata Bab 7 Wisata Halal Bab 8 Perilaku Konsumen Pariwisata (Consumer Behavior) Bab 9 Manajemen Event Bab 10 Bisnis MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exibition) Bab 11 Strategi Keunggulan Bersaing Berkelanjutan Sektor Pariwisata

Buku ini berisi materi yang dapat digunakan baik oleh tenaga pengajar maupun mahasiswa, serta para pembaca umumnya untuk menambah wawasan berpikir dan ilmu yang berkenaan dengan Strategi Bisnis Pariwisata.

Konsep Dasar Pengabdian Kepada Masyarakat: Pembangunan dan Pemberdayaan

Pemberdayaan masyarakat memiliki konsep dasar sebagai dasar dalam menjalankan pemberdayaan masyarakat. Istilah konsep merupakan generalisasi suatu gagasan atau gambaran mental yang dinyatakan sebagai simbol atau kata. Konsep dapat juga diasumsikan sebagai komponen dari pengetahuan yang dibangun dari berbagai macam karakteristik. Definisi konsep yaitu penyusun utama dalam filsafat pemikiran manusia dan pembentukan pengetahuan ilmiah. Istilah konsep berasal dari bahasa latin conceptum, yang artinya suatu yang telah dimengerti. Buku ini membahas tentang : Bab 1 Hakikat Pembangunan dan Pelaku Pembangunan Bab 2 Teori Pembangunan dan Strategi Pertumbuhan Bab 3 Paradigma Pembangunan dan Pemerataan Bab 4 Sumber Daya Pembangunan Bab 5 Pembangunan Berbasis Masyarakat Bab 6 Pembangunan Berbasis Kebudayaan, Kearifan lokal, dan Spiritual Bab 7 Konsep Dasar Pemberdayaan Masyarakat Bab 8 Pembangunan Berbasis Pemberdayaan Bab 9 Ruang Lingkup Pemberdayaan dan Partisipasi Masyarakat Bab 10 Tujuan dan Filosofis Pemberdayaan Masyarakat Bab 11 Komunikasi dan Pemberdayaan Masyarakat Bab 12 Perencanaan dan Evaluasi Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Bab 13 Model Luaran Pemberdayaan Masyarakat Bab 14 Partisipasi Masyarakat dalam Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Bab 15 Asset Based Community Driven Development (ABCD)

Pendidikan Formal yaitu berupa pendidikan pra sekolah seperti Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), TK dan RA serta pendidikan keagamaan seperti Sekolah Minggu (SEKAMI) bagi yang beragama Katolik dan Daniah bagi yang beragama Islam 2.

Pendidikan Anti Korupsi: Berani Jujur

Korupsi telah menyusup di segala aspek kehidupan masyarakat sehingga hampir tidak ada ruang yang tidak terjamah korupsi. Korupsi tidak hanya merugikan keuangan dan perekonomian negara, tetapi juga telah melanggar hak-hak ekonomi dan sosial (economic and social rights) masyarakat secara luas yang akibatnya akan menggerus kemampuan dan kemapanan ekonomi suatu bangsa. Korupsi berkaitan dengan berbagai permasalahan, tidak hanya permasalahan hukum dan penegakannya, tetapi juga menyangkut masalah moral/sikap mental, masalah pola hidup serta budaya dan lingkungan sosial, masalah kebutuhan dan tuntutan ekonomi dan kesenjangan sosial, masalah struktur/ sistem ekonomi, masalah sistem budaya, masalah budaya politik, masalah mekanisme pembangunan dan lemahnya birokrasi (administrasi dan pengawasan) di bidang keuangan dan pelayanan publik. Buku ini membahas tentang: Bab 1 Pengertian, Ruang Lingkup, dan Sekilas Lintasan Sejarah Korupsi Bab 2 Jenis dan Bentuk Korupsi Bab 3 Dasar Hukum dan Lembaga Pemberantasan Korupsi Bab 4 Korupsi dalam Pandangan Islam Bab 5 Efek Krusial Perilaku Korupsi dan Langkah Serta Upaya Pencegahan Korupsi Bab 6 Otonomi Daerah dan Ancaman Korupsi serta Transparansi dan Good Governance Bab 7 Sistem Penegakan Hukum Terhadap Penyalahgunaan Kewenangan yang Dilakukan Penyelenggara Negara Bab 8 Hambatan dan Tantangan Pemberantasan Korupsi Bab 9 Membangun Kesadaran Perilaku Anti Korupsi Bab 10 Keluarga dan Sekolah Sebagai Pilar Pembudayaan Perilaku Anti Korupsi Bab 11 Pendidikan Agama Sebagai Proses Penguatan Mental Anti Korupsi

Korupsi telah menyusup di segala aspek kehidupan masyarakat sehingga hampir tidak ada ruang yang tidak terjamah korupsi.

Technopreneurship: Strategi dan Inovasi

Dalam dunia bisnis saat ini dengan adanya teknologi tentu sangat memberikan kontribusi yang sangat besar. Apalagi dengan munculnya inovasi dalam teknologi telah membuka kesempatan dan tantangan yang baru bagi dunia bisnis. Sehingga sering sekali kita dengar istilah Teknopreneur. Technopreneurship merupakan gabungan dari kata technology dan entrepreneurship. Technopreneurship bisa dikatakan memanfaatkan teknologi yang berkembang untuk dijadikan peluang usaha atau metode untuk mengolah sesuatu agar terjadi efisiensi biaya dan waktu, sehingga dapat menghasilkan produk yang lebih berkulitas.

Alma, B. (2016) Kewirausahaan. 21st edn. Bandung: Alfabeta. Anonim (2020) Peluang Usaha. Available at: https://www.seputarpengetahuan.co.id/2020/03/peluang-usaha.html (Accessed: 7 April 2020). Basrowi (2016) Kewirausahaan Untuk ...