Sebanyak 474 item atau buku ditemukan

Pengantar Ekonomi (Mikro dan Makro)

Buku yang ada di hadapan pembaca ini, merupakan hasil Kolaborasi Dosen Lintas Perguruan Tinggi. Pada buku ini terdiri dari: Ruang Lingkup Ekonomi Mikro dan Makro, Teori Perilaku Konsumen dan Produsen, Permintaan, Penawaran dan Ekuilibrium, Konsep Elastisitas, Teori Produksi dan Biaya Produksi, Teori Harga, Pasar Persaingan Sempurna, Pasar Monopoli, Oligopoli dan Monopolistik, Uang dan Lembaga Keuangan, Teori Investasi, Kebijakan Moneter, Kebijakan Fiskal, Pendapatan Nasional, Inflasi dan Pengangguran, Perdagangan Internasional, Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan Ekonomi.

Buku yang ada di hadapan pembaca ini, merupakan hasil Kolaborasi Dosen Lintas Perguruan Tinggi.

Pengantar Ekonomi Islam

Kegiatan ekonomi dalam ajaran Islam, sangat menarik untuk selalu dikaji. Buku ini dikembangkan berdasarkan pada konsep dasar ekonomi Islam yang lahir bukan sebagai sebuah pengetahuan baru.Ekonomi Islam merupakan sebuah konsep keilmuan Islam yang telah dipraktekkan sejak masa Rasulullah yang dilanjutkan oleh para sahabatnya yang dibingkai dalam konteks sains ekonomi modern. Kandungan yang ada pada buku ini berisikan pembahasan mengenai: konsep dasar ekonomi Islam, sejarah pemikiran ekonomi Islam, fiqih ekonomi kontemporer, landasan hukum ekonomi Islam, jenis akad dalam ekonomi Islam, konsep teori permintaan dan penawaran dalam ekonomi Islam, produksi dalam ekonomi Islam, konsumsi dalam ekonomi Islam, distribusi dalam ekonomi Islam, kebijakan fiskal dalam ekonomi Islam, kebijakan moneter dalam ekonomi Islam, konsep uang dalam ekonomi Islam, mekanisme pasar dalam ekonomi Islam, pasar modal syariah, wakaf dan ekonomi Islam di Indonesia.

Kegiatan ekonomi dalam ajaran Islam, sangat menarik untuk selalu dikaji.

Pengantar Ekonomi Makro

Sejarah Ilmu Ekonomi, Pendapatan Nasional, Angka Pengganda Perekonomian, Uang dan Bank, Kebijakan Moneter, Siklus Bisnis, Pasar Barang, Pasar Uang, Tabungan, Sistem Ekonomi Suatu Negara, Analisis Permintaan dan Penawaran Agregat, Teori Konsumsi, Teori Investasi, Pengangguran dan Inflasi dan Kebijakan Fiskal

5.3 Manajemen Moneter Konvensional dan Islam ............................... 5.3.1 Manajemen Moneter Konvensional .............................................. 5.3.2Manajemen Moneter Islam .

Administrasi Perkantoran Berbasis Teknologi Informasi

Perkembangan teknologi yang pesat merupakan tantangan bagi organisasi, baik organisasi sektor publik maupun sektor bisnis. Perkembangan teknologi berdampak pula pada pekerjaan bidang administrasi perkantoran. Agar organisasi dapat bersaing, bertahan, serta berkelanjutan, maka organisasi harus menyusun strategi agar dapat beradaptasi terhadap perkembangan teknologi tersebut. Pemanfaatan teknologi yang terus mengalami evolusi akan memberikan hasil yang Iebih berdaya guna serta berhasil guna bagi organisasi nantinya. Perkembangan teknologi, menuntut pekerja di bidang administrasi menguasai sejumlah kompetensi. Kompetensi yang harus dikuasai oleh pengelola dan pelaku bidang administrasi perkantoran professional mencakup: pengoperasian komputer, internet, komunikasi, kemandirian, pengetolaan database, perencanaan sumber daya organisasi, pengelolaan media sosial, dan berfokus pada pencapaian tujuan organisasi. Pengelola pekerjaan kantor dituntut memiliki kemampuan berorganisasi dan berinteraksi dengan orang lain secara lebih baik dan memahami teknologi digital. Oleh karena itu, buku ini disusun sebagai sarana pengayaan pengetahuan serta keterampilan di bidang administrasi perkantoran dengan berbasis teknologi informasi yang terdiri dari 14 bab yaitu Ruang Lingkup Administrasi Perkantoran Berbasis Teknologi informasi, Organisasi Perkantoran Modern, Perencanaan Pekerjaan Perkantoran, Proses Bisnis Administrasi Perkantoran, Korespondensi Bisnis, Laporan Bisnis, Pengelolaan Arsip Elektronik, Pengelolaan Data dan Informasi, Sistem informasi Perkantoran, Sarana dan Prasarana Kantor, Lingkungan Kantor, Otomatisasi Perkantoran dan Virtual Office, Pengawasan dan Pengarahan Perkantoran, serta Efisiensi Kerja Perkantoran. Buku ini hadir sebagai bahan referensi bagi mahasiswa/wi jurusan sekretaris, mahasiswa/wi jurusan administrasi perkantoran/administrasi niaga, siswa/wi SMK administrasi perkantoran, pimpinan kantor, instansi, perguruan tinggi, atau badan korporasi lain, manajer perusahaan bisnis, pustakawan, dan arsiparis tentang Administrasi Perkantoran Berbasis Teknologi Informasi maupun siapapun pekerja yang memanfaatkan administrasi perkantoran sebagai pedoman dalam pengelolaan administrasi perkantoran sebuah perusahaan bisnis, instansi, kantor, perguruan tinggi, atau badan korporasi lain; serta berbagai sumber informasi untuk penguasaan keterampilan dalam administrasi perkantoran.

Buku ini hadir sebagai bahan referensi bagi mahasiswa/wi jurusan sekretaris, mahasiswa/wi jurusan administrasi perkantoran/administrasi niaga, siswa/wi SMK administrasi perkantoran, pimpinan kantor, instansi, perguruan tinggi, atau badan ...

Peningkatan Nilai Andaliman

Rantai Pasok, Produk Turunan, dan Teknologi Tepat Guna

Andaliman (Zanthoxylum acanthopodium) adalah sejenis tanaman endemik yang tumbuh baik di kawasan Danau Toba. Terdapat berbagai keunikan baik dari segi rasa, aroma, dan khasiat yang diperoleh setiap bagian dari tanaman andaliman. Biji andaliman secara tradisional telah dimanfaatkan sebagai bumbu penyedap kuliner khas masyarakat di Kawasan Danau Toba seperti arsik, naniura, natinombur, dan lain-lain. Bagian daun andaliman telah digunakan untuk menambah aroma, dekorasi (hiasan), dan bumbu pada makanan langsung. Sesuai dengan manfaatnya sebagai bumbu masak, biji andaliman telah lama diperdagangkan sebagai komoditas pada pasar-pasar tradisional. Bertitik tolak dari fakta-fakta mengenai manfaat andaliman baik sebagai bumbu masakan eksotis, maupun kandungan andaliman yang berpotensi dimanfaatkan sebagai bahan baku senyawa antioksidan bagi industri pangan, dapat disimpulkan bahwa tanaman andaliman memiliki nilai ekonomis tinggi dan usaha tani andaliman merupakan hal yang menjanjikan bagi pelakunya. Tulisan yang tersaji dalam buku ini diharapkan menjadi dokumentasi atas upaya yang telah dilakukan dan inspirasi dalam mengembangkan kegiatan-kegiatan selanjutnya dalam pengembangan produk berbasis andaliman. Buku ini ditujukan untuk semua orang yang memiliki perhatian, kepekaan, dan kecintaan terhadap pengembangan masyarakat, khususnya masyarakat pembudi daya, petani, pengolah, dan pemilik usaha andaliman. Buku ini juga ditujukan untuk para pemelajar yang tertarik mengenal lebih jauh mengenai perancangan produk turunan dan pengembangan teknologi tepat guna.

Andaliman (Zanthoxylum acanthopodium) adalah sejenis tanaman endemik yang tumbuh baik di kawasan Danau Toba.

MENYIBAK AKUNTANSI SYARIAH Rekonstruksi Teknologi Akuntansi Syariah dari Wacana ke Aksi

Buku ini (yang sebenarnya merupakan tesis dari pe-nulis ketika menyelesaikan kuliah magister sains akuntan-si minat akuntansi syari'ah) adalah salah satu bentuk tang-gung jawab peradaban untuk melakukan Islamisasi Pe-ngetahuan di bidang akuntansi yang harus terus digu-lirkan. Islamisasi pengetahuan di bidang akuntansi, yang biasanya disebut dengan Akuntansi Syari'ah atau Akun-tansi Islam telah lebih dari tiga puluh tahun dilakukan. Gagasan dan wacana filosofis teoretis akuntansi syari'ah telah banyak dihasilkan, saatnya membangun bentuk konkret akuntansi syari'ah dalam bentuk teknologinya, yaitu laporan keuangan syari'ah. Laporan keuangan syari'-ah yang bukan hanya melakukan foto kopi akuntansi konvensional dan melakukan “tip-ex sana-sini' dan kemu-dian “menempel tulisan yang bernuansa syari'ah'. Tetapi Laporan keuangan syari'ah yang memang diturunkan dari Nilai-nilai Islam (Islamic Values) dan sesuai tujuan syari'ah (magasid syari'ah).

Hameed dan Yaya (2003b) melakukan penelitian pada laporan keuangan perbankan Islam di Malaysia dan Indonesia. Mereka me- ninjau secara formal sistem akuntansi perusahaan atau organisasi bisnis Islam berdasar pada standar yang ber- laku.

AKUNTANSI SYARIAH PENGANTAR

Bahan ajar ini adalah modul peminatan Akuntansi Syariah I, yang membahas tentang konsep dan prinsip-prinsip umum yang melandasi praktik transaksi keuangan berbasis syariah .Modul ini dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran untuk mata kuliah peminatan Akuntansi Syariah I (Pengantar). Modul ini merupakan bagian dari bahan ajar mata kuliah peminatan Akuntansi Syariah yang terdiri dari Akuntansi Syariah Pengantar dan Akuntansi Syariah Lanjutan

Perbankan Syariah dengan memperhatikan ketentuan Perbankan Syariah yang berlaku antara lain Peraturan Bank Indonesia. Akuntansi Asuransi Syariah dengan cakupan pembahasan (hanya dari segi asuransi syariah saja) akuntansi transaksi yang ...

Akuntansi Syariah (Konsep Dasar)

Syariah Islam Dan Sumber Hukum Islam, Sejarah Dan Perkembangan Akuntansi Syariah, Sejarah Dan Perkembangan Akuntansi Syariah Keuangan Syariah (Kdpplks), Akuntansi Penghimpunan Dana, Akad Mudharabah, Akad Murabahah, Akad Salam, Akad Istishna’, Akad Ijarah, Fikih Zakat, Wakaf Dan Akuntansi Wakaf Dan Isu Kontemporer Akuntansi Syariah

Jika sebagian dari investasi mudharabah hilang setelah usaha dimulai karena bukan kesalahan atau kesalahan pengelola dana, maka kerugian tersebut ditentukan pada saat bagi hasil (Paragraf 15 PSAK 105). Sejak dana atau modal usaha ...

Teori Pemasaran: Pendekatan Manajemen Bisnis

Dalam konsep pemasaran, ditekankan pentingnya pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen melalui aktivitas teori pemasaran. Pemasaran sangat penting karena dapat membantu bisnis dalam mencapai target perusahaan. Buku ini hadir untuk menambah buku-buku terkait pemasaran yang telah ada. Kami mengharapkan buku ini dapat menjadi referensi dan bahan bacaan untuk menambah pengetahun para pembaca khususnya yang berkaitan dengan pemasaran. Sistematika buku Teori Pemasaran: Pendekatan Manajemen Bisnis ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 14 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Bab 1 Pendahuluan dan Konsep Dasar Manajemen Pemasaran, Bab 2 Perencanaan Strategis dan Proses Pemasaran, Bab 3 Riset Pemasaran dan Analisis Lingkungan Pemasaran, Bab 4 Sistem Informasi Pemasaran, Bab 5 Etika Bisnis Dalam Kegiatan Pemasaran, Bab 6 Konsep Marketing Mix 4P dan 7P, Bab 7 Loyalitas Pelanggan dan Kepuasan Pelanggan, Bab 8 Ekuitas Merek, Bab 9 Inovasi dan Pengembangan Produk, Bab 10 Pemasaran di Era Digital, Bab 11 Strategi Pemasaran Pada Bisnis Online, Bab 12 Konsep Pemasaran Sosial, Bab 13 Etika Pemasaran dan Tanggung Jawab Sosial, Bab 14 Menciptakan Keunggulan Bersaing dan Pasar Global.

Dengan kata lain, sistem real time adalah sistem yang menggunakan batas waktu, yaitu pekerjaan harus selesai dalam jangka waktu tertentu. Pada sistem waktu nyata, Sistem dinyatakan gagal apabila melewati batasan yang ada.