Sebanyak 426 item atau buku ditemukan

Komunikasi Politik, Media, dan Demokrasi

Komunikasi politik merupakan ilmu pengetahuan atau kajian baru yang muncul pada masa kontemporer; walaupun sebenarnya peristiwa komunikasi politik telah berlangsung sejak masa Perang Dunia I (1914-1918). Sebagai bidang studi baru, komunikasi politik dikatakan sebagai kajian ilmiah yang berkembang pesat dan kini semakin populer di ranah akademik dan praktik. Keutamaan buku teks (textbook) ini antara lain membahas latar belakang, pendekatan, dan metode studi komunikasi politik (studi agregat, kritis, analisis isi, eksperimental, ex post facto, dan survei); komunikasi politik dan kepemimpinan politik (spokes person, political spain dan spin doctor, serta komunikasi politik di Indonesia); dan government public relations di era web 2.0 (konsep dan pengertian, tugas dan fungsi, perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, strategi komunikasi politik humas pemerintahan, serta dilengkapi studi kasus analysis of buzz). Isi dan teknik penyajian yang sangat menarik dan komprehensif telah mengangkat buku ini sebagai buku ajar yang andal. Tidak saja sangat penting bagi mahasiswa Komunikasi dan Politik, studi Kehumasan (Public Relations), juga sangat perlu bagi mahasiswa yang bergelut di tanah studi Kepenyiaran (Broadcasting). Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Komunikasi politik merupakan ilmu pengetahuan atau kajian baru yang muncul pada masa kontemporer; walaupun sebenarnya peristiwa komunikasi politik telah berlangsung sejak masa Perang Dunia I (1914-1918).

Kontestasi Politik dalam Ruang Media Perspektif Critical Discourse Analysis

Bagian awal buku ini memfokuskan pemaparan bagaimana analisis wacana kritis digunakan sebagai pisau analisis sekaligus alternatif perspektif. Selanjutnya, titik pembahasan dimulai dengan media massa dan relasi yang melingkupinya terutama pada kekuasaan politik. Kontestasi kekuasaan tersebut tecermin dalam ruang politik dan pemberitaan media massa. Dijelaskan pula perihal media massa dan representasi politik serta bagaimana praktik hegemoni politik dalam media massa. Selain itu, pembacaan mengenai posisi media massa dalam praktik discourse juga menjadi bagian dari pembahasan dan ulasan atau analisisnya. Pada bagian akhir, penulis mengajak pembaca untuk melihat pertarungan wacana dalam ruang media massa dan ruang politik, dengan fokus pada kasus mega-korupsi Bank Century; yang di dalamnya terdapat beragam kontestasi aktor-aktor politik hingga beragam sikap partai politik (parpol) yang bersinggungan dengannya. Sehingga buku ini dapat dijadikan sebagai referensi utama, tidak hanya bagi para mahasiswa atau akademisi, melainkan juga bagi para aktor politik, praktisi media massa dan komunikasi, serta penting pula untuk dipahami oleh masyarakat luas terutama yang tertarik pada telaah kritis mengenai kontestasi kekuasaan politik dalam ruang media massa. Melalui buku ini, wawasan dan cakrawala ilmu pengetahuan dalam kajian relasi media massa dan kekuasaan menjadi tercerahkan. Buku persembahan penerbit PrenadaMedia

Bagian awal buku ini memfokuskan pemaparan bagaimana analisis wacana kritis digunakan sebagai pisau analisis sekaligus alternatif perspektif.

Komunikasi CSR Politik

Membangun Reputasi, Etika, dan Estetika PR Politik

Buku ini antara lain membincangkan: (1) Pertanggungjawaban sosial partai politik; (2) Membangun ruang identitas yang akan mengurai persoalan social branding, citra, dan reputasi, hubungan masyarakat, catatan biru CSR politik, melawan ahistoris politisi, dan lahirnya budaya pencitraan politik; (3) Public relations politik, yang akan membuka ruang kajian terkait people relations politik, fungsi public relations politik dan CSR, mengatur krisis public relations, serta pencarian solusi; (4) Sampul media politik, yang membahas publikasi dan ritual pencitraan; (5) Pengaruh politik media, membahas keterkaitan antara media dan politik; (6) CSR politik dalam balutan Political Social Responsibility (PSR); serta (7) Ranah integritas politik: mengulas perihal detail integritas politik. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Buku ini antara lain membincangkan: (1) Pertanggungjawaban sosial partai politik; (2) Membangun ruang identitas yang akan mengurai persoalan social branding, citra, dan reputasi, hubungan masyarakat, catatan biru CSR politik, melawan ...

Ilmu Dakwah

Edisi Revisi

Buku pengantar dakwah ini menghadirkan esensi dakwah sebagai sebuah ilmu yang terus berkembang mengiringi dinamika masyarakat. Pembahasannya menguraikan perkembangan dan berbagi teori yang berkaitan dengan ilmu dakwah dan implementasi riil keilmuan dakwah di lapangan kehidupan nyata dengan sorotan utama pada perubahan perilaku dan delik agama serta interaksi umat beragama di Indonesia. Buku persembahan penerbit PrenadaMedia

Pembahasannya menguraikan perkembangan dan berbagi teori yang berkaitan dengan ilmu dakwah dan implementasi riil keilmuan dakwah di lapangan kehidupan nyata dengan sorotan utama pada perubahan perilaku dan delik agama serta interaksi umat ...

Pembelajaran Di Pendidikan Usi Dini

Perkembangan IPTEK di era sekarang ini mendorong terjadinya berbagai perubahan. Kemajuan teknologi menuntut individu untuk memiliki keterampilan lebih, baik ilmu pengetahuan maupun sikap dan perilaku. Tujuannya agar setiap individu mampu menghadapi dan menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi, tanpa terkecuali bidang pendidikan. Pendidikan menjadi suatu kebutuhan hidup setiap individu dan memperoleh pendidikan berkualitas merupakan hak bagi setiap warga negara, termasuk bagi anak usia dini. Pendidikan yang tepat bagi anak usia dini ditentukan pula oleh pembelajaran yang berkualitas. Untuk itu, orangtua perlu mengetahui dan memahami pembelajaran yang tepat bagi anak-anak agar si anak dapat menggali dan mengembangkan potensi yang dimiliki. Buku berjudul Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini hadir dengan menjabarkan konsep-konsep belajar dan pembelajaran yang tepat bagi anak usia dini. Mengawali pembahasan seputar teori dan konsep umum pembelajaran di pendidikan anak usia dini (PAUD), buku ini semakin menarik karena dilengkapi materi pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan perkembangan kurikulum. Di lingkungan akademik, buku ini sangat tepat digunakan bagi mahasiswa yang menempuh pendidikan pada program studi pendidikan guru untuk anak usia dini. Sementara bagi kalangan umum, buku ini menjadi sumbangan ilmu pengetahuan yang dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran bagi para orangtua akan pentingnya pendidikan berkualitas sejak dini Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Pembelajaran tematik memerlukan pengaturan ruang agar suasana belajar menyenangkan. ... Kunci pembelajaran tematik adalah memiliki tema yang kaya dan kontekstual. ... 124 pembelajaran di pendidikan anak usia dini: edisi revisi.

Perilaku Konsumen

Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen Edisi Ketiga

Konsumen adalah entitas yang mudah berubah. Keinginan mereka tak selalu lurus, kadang berbelok dengan amat cepat. Untuk itu, diperlukanlah suatu studi tentang perilaku konsumen agar segala gerak mereka mudah diantisipasi. Dalam buku ini, pemasar akan dapat mempelajari keinginan, persepsi, preferensi, dan perilaku konsumen serta menyiapkan kebijakan, seperti produk berciri tertentu, harga, saluran distribusi, penyampaian pesan, dan unsur-unsur penting lainnya dari bauran pemasaran. Sebagai perangkat dasar dalam manajemen pemasaran, studi tentang perilaku konsumen amatlah menentukan. Dalam buku ini, penulis menjelaskan perilaku konsumen mulai dari sisi konseptual hingga aplikasi dan implikasinya untuk strategi dan penelitian pemasaran. Disusun dalam empat bagian utama yang sangat penting: Pertama, pengenalan perilaku konsumen secara umum dan hubungannya dengan strategi pemasaran; Kedua, faktor intern dan individual yang memengaruhi konsumen, seperti motivasi dan keterlibatan, kepribadian dan gaya hidup, persepsi konsumen, pembelajaran, dan sikap konsumen; Ketiga, topik lingkungan yang memengaruhi konsumen, meliputi komunikasi, dinamika kelompok dan kelompok rujukan, kelas sosial dan kelompok status, serta pengaruh budaya terhadap perilaku konsumen; dan keempat, penyebaran inovasi dan keputusan pembelian konsumen. Semua materi yang disajikan dalam buku ini diramu dalam gaya bahasa yang mudah dipahami. Yang lebih istimewa, yaitu adanya contoh kasus dan di setiap akhir bab diberi pertanyaan kajian dan diskusi Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen Edisi Ketiga Dr. Nugroho J. Setiadi, S.E., M.M.. konsumen bisa disebut melakukan proses perhatian selektif (selectif attention). Proses perhatian selektif terjadi karena ...

Dialektika Islam Dan Budaya Nusantara

Dari Negosiasi, Adaptasi Hingga Komodifikasi

Pada era modern sekarang ini, agama kembali mengalami masa kebangkitan. Kebangkitan agama-agama besar dunia terjadi justru ketika agama diprediksi akan mengalami kemunduran dan kehilangan perannya. Masyarakat dunia kini beramai-ramai mencari tambatan hati kepada agama. Fenomena ini terjadi karena kegersangan rohani yang melanda sebagian besar masyarakat modern. Kecanggihan teknologi modern yang mempermudah kebutuhan manusia rupanya tak cukup memenuhi sisi kosong dalam diri manusia. Sisi kosong tersebut adalah tarikan kebutuhan rohani. Agama menjadi pilihan untuk mengisi kekosongan rohani tersebut. Dampak positifnya, agama mengalami kebangkitan kembali (resurgence) Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Pada era modern sekarang ini, agama kembali mengalami masa kebangkitan.

Sosiologi Ekonomi

Kapitalisme dan Konsumsi di Era Masyarakat Post-Modernisme

Buku ini adalah teks ajar yang up-to-date karena membahas isu-isu terkini dalam studi sosiologi ekonomi kontemporer. Selain memaparkan seluk-beluk studi, teori, dan konsep penting sosiologi ekonomi sejak periode klasik hingga kontemporer, buku ini mem-bahas pula dua isu utama paling menonjol dalam studi kontemporer yaitu pergeseran isu produksi ke konsumsi, dan pergeseran dari isu eksploitasi pekerja ke eksploitasi konsumen. Sebagai sebuah rujukan yang komprehensif, buku ini merupakan rujukan penting bagi mahasiswa ilmu-ilmu sosial pada umumnya, khususnya mahasiswa ekonomi, serta semua pihak yang tertarik dengan sosiologi dan isu-isu kontemporer yang berkembang dalam masyarakat yang terus-menerus mengalami perubahan dan pergeseran. Buku persembahan penerbit prenadaMedia -PrenadaMedia-

Buku ini adalah teks ajar yang up-to-date karena membahas isu-isu terkini dalam studi sosiologi ekonomi kontemporer.

Baest Practice Humas (Public Relations) Bisnis Dan Pemerintah

Manajemen Humas, Teknik Produksi Media Publisitas dan Public Relations Writing

Aktivitas kehumasan adalah aktivitas yang sudah muncul sejak diciptakannya manusia dan tidak bisa dilepaskan selama manusia itu berupaya memenuhi kebutuhannya. Aktivitas kehumasan ini pun makin berkembang seiring dan sama tuanya dengan perkembangan peradaban manusia. “public relations is as old as a civilization” (Newsom, Scott, & Turk, 2007). Mengapa disebut demikian? Karena prinsip-prinsip dasar humas otomatis dilakukan dan sangat diperlukan oleh manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup. Pemenuhan kebutuhan hidup pasti membutuhkan orang lain, dan karenanya terkait dengan prinsip-prinsip aktivitas membangun relasi. Prinsip-prinsip dasar humas adalah tiga prinsip prinsip membangun relasi, yakni telling the truth (tidak berbohong), building trust (membangun kepercayaan), dan pada akhirnya bisa persuasi, yakni memengaruhi orang lain. Contoh: manusia butuh makan, butuh mencari pendamping hidup, butuh pakaian, dan kebutuhan hidup lain. Semuanya itu membutuhkan tiga prinsip membangun relasi/upaya kehumasan. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Aktivitas kehumasan adalah aktivitas yang sudah muncul sejak diciptakannya manusia dan tidak bisa dilepaskan selama manusia itu berupaya memenuhi kebutuhannya.

Asas-Asas Hukum Pembuktian Perdata

Buku yang ditulis oleh ahlinya, sangat baik di baca oleh mahasiswa, dosen dan praktisi. Buku Asas-Asas Hukum Pembuktian Perdata persembahan penerbit PrenadaMedia

Buku yang ditulis oleh ahlinya, sangat baik di baca oleh mahasiswa, dosen dan praktisi. Buku Asas-Asas Hukum Pembuktian Perdata persembahan penerbit PrenadaMedia