Sebanyak 2112 item atau buku ditemukan

Cuan dari Investasi Saham dan Reksadana

Berbicara tentang investasi, yang ada dalam benak banyak orang mungkin hanya untuk orang yang memiliki uang lebih atau hanya untuk mereka yang memiliki modal. Padahal, itu sebuah anggapan yang salah? Sebab, pada dasarnya siapa saja bisa berinvestasi atau menjadi investor. Cukup memulai dengan Rp100.000 sudah bisa menjadi modal sebuah investasi, baik saham maupun reksa dana. Artinya, untuk menjadi investor, kamu tidak perlu menjadi orang kaya terlebih dahulu. Berinvestasi artinya kamu bertujuan menyiapkan tabungan untuk masa depan.Dengan tekad financial freedom untuk masa depan yang lebih baik. Mari kita jadikan gemar berinvestasi sebagai gaya hidup masa kini. Buku persembahan penerbit aPOPmedia #aPOPmedia

10 BMRI BANK MANDIRI (PERSERO) TBK Tetap 11 BSDE BUMI SERPONG DAMAI TBK Tetap BANK TABUNGAN PENSIUNAN 12 BTPS Tetap NASIONAL SYARIAH TBK 13 CPIN CHAROEN POKPHAND INDONESIA TBK Tetap 14 CTRA CIPUTRA DEVELOPMENT TBK Tetap 15 ERAA ERAJAYA ...

Praktek Wakaf Produktif di Selandia Baru

Buku 11 Serial Manajemen Wakaf Produktif

Berdasarkan sejarahnya, Islam di Selan­ dia Baru berbarengan dengan kedatangan para penambang emas dari Cina yang beker­ ja di pertambangan emas Otago sekitar tahun 1870­an (abad ke 19). Selanjutnya pada tahun 1907, seorang muslim dari Gujarat India berna­ ma Mr. Ismail Bhikoo datang ke Selandia Baru dan pada tahun 1930 disusul oleh lima orang bersaudaranya.

Buku 11 Serial Manajemen Wakaf Produktif Jaharuddin, Radiana Dhewayani ... Dengan adanya sukuk wakaf, menurut Husain tidak hanya menjembatani wakaf dan lembaga keuangan syariah, tetapi juga keseimbangan ekonomi, menghidupkan kembali ...

STUDI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA DARI ERA KLASIK HINGGA ERA KONTEMPORER

Dalam tempat mulia ini (masjid) bertemulah segala jenis ilmu pengetahuan yang bermacam ragamnya, di mana para pelajar mendiskusikan dan mengkaji ilmu-ilmu tersebut bersama-sama dengan guru-guru besar mereka yang terkenal pada zamannya. Maka dari itu masjid adalah sebagai tempat sembahyang, madrasah, universitas, majelis nasional, dan pusat-pusat pemberian fatwa serta tempat penggemblengan para pejuang dan patriot bangsa dari zaman-zaman. Dengan demikian, maka masjid berperan besar dalam siklus kehidupan umat Islam, bahkan sampai sekarang masjid menjadi markas yang penting untuk penyebaran Islam. Di D 2 Muhammad Basyrul Muvid, S.Pd.I., M.Pd. samping itu masjid juga memegang peranan penting dalam penyelenggaraan pendidikan Islam, karena itu masjid atau surau merupakan sarana yang pokok dan mutlak keperluannya bagi perkembangan masyarakat Islam. Di sini masjid dapat dianggap sebagai lembaga ilmu pengetahuan yang tertua dalam Islam.

Dengan diberlakukannya undang-undang nomor 20 tahun 1989 tentang sistem pendidikan nasional, maka untuk mengatur lembaga pendidikan yang beragam di Indonesia dikeluarkan pula peraturan pemerintah yaitu hasil pendidikan nonformal dapat ...

Panduan Lengkap & Mudah Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

Belajar bahasa Inggris sulit? Banyak orang yang berpendapat seperti demikian. Namun, bila kita memiliki niat yang kuat untuk belajar dan mengetahui kuncinya, belajar bahasa Inggris akan menjadi hal yang menyenangkan. Kuncinya adalah memahami arti dan makna kata (vocabulary), pola dan tata bahasa (grammar & tenses), dan latihan secara kontinyu. Atas kepentingan itu, buku ini dihadirkan untuk menyarikan konsep-konsep penting yang perlu kita pahami saat belajar bahasa Inggris, seperti rangkuman kosakata (sinonim, antonim, homofon, & homograf), tata bahasa (grammar & tenses), idiom, dan kata mutiara, serta dilengkapi dengan contoh penggunaannya dalam kalimat. Selain lengkap, buku ini disajikan secara sistematis agar lebih mudah dipahami. Mari belajar bahasa Inggris saat ini juga! -Tangga Pustaka-

Belajar bahasa Inggris sulit?

NAHWU SUFI

Linguistik Arab dalam Perspektif Tasawuf

Kitab Munyatu al-Faqir al-Mutajarrid wa Siratu al-Murid al-Mutafarrid merupakan ringkasan kajian nahwu sufi kitab al-Futuhat al-Qudsiyah fi Syarh al-Ajrumiyah karya Ibnu ‘Ujaibah. Penjelasan-penjelasan tasawuf melalui kitab nahwu menuntut para pengkaji untuk menelaah tidak hanya dari satu perspektif ilmu pengetahuan, ia membutuhkan pengetahuan yang mendalam seputar nahwu non-sufistik dan pra-wacana mengenai ilmu tasawuf. Nahwu Sufi telah menempuh cara berpikir sufistik sebagaimana yang telah ditetapkan oleh para ulama sufi, yaitu penafsiran nahwu yang tidak seluruhnya disandarkan pada teks atau logika. Oleh karena itu, karakteristik Nahwu Sufi adalah An-Nahwu Al-Isyari, artinya nahwu dijelaskan melalui metode penafsiran yang berpegang pada metode simbolis yang tidak berhenti hanya pada aspek kebahasaan saja. Nahwu Sufi menjelaskan tentang istilah-istilah dalam nahwu yang berbeda dengan maknanya secara zahir berdasarkan isyarat atau petunjuk yang diterima oleh para ahli sufi. Ulama Sufi mengklaim bahwa metode penafsiran dalam nahwu sufi merupakan metode interpretasi yang valid, yang dibangun atas dualitas makna zahir dan batin. Kebenaran pemikiran sufi hanyalah sufi itu sendiri. Nahwu Sufi dari mulai pengertian tentang kalam sampai majzumat, pada intinya menjelaskan tentang kondisi hati dan jiwa seorang hamba yang memulai perjalanan tasawufnya (suluk), dimulai dari tingkatan zauq, syurb, sahwu, hingga sampai pada tingkatan mukasyafah dan ru’ya. Bahasa Arab adalah bahasa yang spesial. Sebab, dari beribu-ribu bahasa yang ada, ia terpilih sebagai wadah dari wahyu Tuhan yang terakhir bernama al-Qur’an. Tingkat sastra yang sangat tinggi juga menjadikan bahasa Arab dalam al-Qur’an sebagai mukjizat terbesar bagi Muhammad.Terpilihnya bahasa Arab sebagai bahasa al-Qur’an awalnya memang hak preogratif Tuhan. Namun lebih dari itu, hikmah terpilihnya Arab sebagai bahasa mukjizat adalah karena ia memiliki kualitas yang lebih dibanding bahasa-bahasa lainnya. Baik secara kandungan makna dalam kata dan juga tata bahasanya. Sehingga, bisa dikatakan bahasa arab sangat kental dengan nuansa teologis. Kandungan-kandungan istimewa dalam bahasa arab itu rupanya dipahami betul oleh Syaikh Al-Kuhin, sehingga ia mencoba menyingkap bukan hanya “makna dekat”, tapi juga “makna jauh” yang terdapat dalam tata bahasa arab yang sudah terangkum dalam kitab al-jurumiyah. simbol-simbol yang terdapat di dalamnya digunakan Al-Kuhany untuk mengungkapkan realitas dan pengalaman spiritual. Ia melukiskan rahasia di balik eksplorasi pemakaian obyek dan simbol yang diharapkan akan memiliki nilai-nilai pemaknaan yang dalam. Hingga kemudian muncul istilah nahwu lisan & hati.

Nahwu Sufi telah menempuh cara berpikir sufistik sebagaimana yang telah ditetapkan oleh para ulama sufi, yaitu penafsiran nahwu yang tidak seluruhnya disandarkan pada teks atau logika.

Sufisme Jawa: Transformasi Tasawuf Islam Ke Mistik Jawa

Dr Simuh, sebagai ahli ilmu tasawuf sekaligus ahli kejawen, telah berupaya keras melacak hakikat sufisme Jawa lewat pendekatan historis dan tekstual-kultural. Analisisnya yang sangat kaya informasi dan ilustrasi membuat sufisme Jawa yang sebelumnya remang-remang menjadi benderang. Hal penting yang dilakukan oleh Dr Simuh adalah menggali akar-akar sufisme Islam (tasawuf ) dan mistik Hindu-Buddha. Keduanya telah menyatu secara sinkretis, terutama menyangkut konsep-konsep rohaniah. Mereka yang tertarik menekuni kebudayaan Jawa bisa mengambil manfaat dari buku ini. Buku ini juga dapat dipergunakan sebagai gerbang pengetahuan bagi para pemula dan mahasiswa yang ingin mempelajari ilmu tasawuf, mistik, atau sufisme Jawa.

Dr Simuh, sebagai ahli ilmu tasawuf sekaligus ahli kejawen, telah berupaya keras melacak hakikat sufisme Jawa lewat pendekatan historis dan tekstual-kultural.

PENDIDIKAN TASAWUF

Sebuah Kerangka Proses Pembelajaran Sufistik Ideal Di Era Milenial

Tasawuf hadir dalam wajah baru ‘hasil’ integrasi dengan ilmu pendidikan. Maksudnya, kerangkanya bernuansa seperti kerangka pendidikan pada umumnya yang berisi tentang konsep dasar, proses pembelajaran, model, metode, strategi, media, materi, evaluasi, tahapan dan capaian dan lain sebagainya. Namun, substansinya berisi tentang ajaran dan nilai-nilai tasawuf yang kemudian ditutup dengan kerangka lembaga pendidikan tasawuf yang dikenal dengan istilah tarekat. Kolaborasi antara ilmu tasawuf dan ilmu pendidikan inilah yang melahirkan istilah pendidikan tasawuf yang dijadikan sebagai sebuah kerangka pembelajaran sufistik. Pendidikan tasawuf ini merepresentasikan sebuah proses pembelajaran berbau sufistik yang ideal bagi para salik khususnya, dan masyarakat modern pada umumnya. Artinya, ketika seseorang ingin mendalami pemahamannya tentang sufi, ingin meniti jalan spiritual agar bisa ‘wushul’ dengan Allah, selain memperbaiki budi dan mensucikan hati, maka mau tidak mau harus melalui proses dan prosedur yang benar. Untuk itulah, dalam buku ini disusun proses dan prosedur tersebut secara sistematis sehingga dapat memudahkan seseorang untuk bertaqarrub kepada Allah swt.

Pendidikan tasawuf ini merepresentasikan sebuah proses pembelajaran berbau sufistik yang ideal bagi para salik khususnya, dan masyarakat modern pada umumnya.

Semesta Tasawuf

Begitu indahnya tasawuf jika dipahami secara sempurna. Karena memang tujuan tasawuf itu sendiri adalah timbulnya kemurahan jiwa, ketenteraman hati, dan kebaikan akhlak bersama para makhluk. Artinya, ilmu tasawuf bukanlah ilmu yang berkutat pada retorika, namun berhubungan dengan kekuatan cinta. Bukan hanya apa yang dibaca dalam buku, namun dilihat dan diambil dari para guru. Bukan didapatkan dari keilmuan yang tidak jelas, tapi disarikan dari pengkhidmatan kepada guru dengan ikhlas dan berteman dengan orang yang cerdas.

Bukan hanya apa yang dibaca dalam buku, namun dilihat dan diambil dari para guru. Bukan didapatkan dari keilmuan yang tidak jelas, tapi disarikan dari pengkhidmatan kepada guru dengan ikhlas dan berteman dengan orang yang cerdas.

PERILAKU ORGANISASI

Prilaku Organisasi adalah salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa manajemen, karena dapat memberikan pengetahuan dasar tentang prilaku individu dan organisasi. Oleh karena itu mata kuliah ini sangat penting dikuasai oleh mahasiswa manajemen, karena dapat membantu mahasiswa nantinya dalam pengelolaan sumber daya utamanya sumber daya manusia. Buku ajar ini disusun bagi mahasiswa program studi Manajemen dengan tujuan untuk memudahkan pemahaman dalam perkuliahan, walaupun tidak menutup kemungkinan dipergunakan juga oleh para alumni atau pihak lain yang berkepentingan dengan masalah prilaku dalam organisasi. Buku ajar ini berisi pengertian dan ruang lingkup masalah dalam prilaku organisasi.

Prilaku Organisasi adalah salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa manajemen, karena dapat memberikan pengetahuan dasar tentang prilaku individu dan organisasi.