Sebanyak 1193 item atau buku ditemukan

PEMASARAN DIGITAL EKONOMI KREATIF USAHA IBU RUMAH TANGGA

Kita sudah sering membaca bahwa sejarah digital telah meningkat drastis. Teknologi telah tertanam kuat dalam cara kita menjalani kehidupan sehari-hari, tidak hanya memengaruhi cara kita menjalani hidup, tetapi juga cara kita menjalankan pekerjaan. Perbincangan Economist Intelligence Unit sangat menarik karena teknologi telah mengubah cara bisnis dan organisasi beroperasi. Topik teknologi telah menjadi topik hangat dalam banyak diskusi di hampir semua industri. Dalam buku ini, penulis secara singkat membahas tiga teknologi utama dan dampaknya terhadap bisnis. Ada juga beberapa indikasi mengapa penting bagi masyarakat umum untuk terus menggunakan teknologi ini di masa mendatang. Penggunaan teknologi mobile telah menjalankan bisnis dengan lebih baik, transformasi bisnis telah diubah oleh teknologi seluler menjadi lebih sukses (Dash, et al., 2021). Demikian dengan Astuti, et al., (2020); dan C. Smith, et al., (2018) menyatakan bahwa pemanfaatan teknologi mobile dapat membantu industri meningkatkan kesetiaan, kegembiraan, produktifitas, serta kreatifitas staf.

Kita sudah sering membaca bahwa sejarah digital telah meningkat drastis.

Praktik Analisis Data : Pengolahan Ekonometrika dengan Eviews dan SPSS

Ilmu-ilmu ekonomi dapat kita analisis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pada saat ini penelitianpenelitian dengan penggunaan pendekatan kuantitatif sudah semakin berkembang, dimana hubungan-hubungan variabel ekonomi yang dahulunya hanya dijelaskan secara kualitatif, sekarang dapat dibuat dalam bentuk matematis dengan pendekatan kuantitatif. Hubungan matematis ini dapat dianalisis dengan penggunaan alat-alat analisis statistik dengan pengujian-pengujiannya, sehingga dalam hal ini ekonometrika sangat berperan(Firdaus, 2011). Ekonometrika adalah suatu ilmu yang membahas masalah pengukuran tentang hubungan dalam ekonomi. Dengan demikian, Ekonometrika adalah ilmu yang mencakup teori ekonomi, matematika, dan statistika dalam satu kesatuan sistem yang bulat, menjadi suatu ilmu yang berdiri sendiri dan beda dengan ilmu ekonomi; matematika; maupun statistika. Ekonometrika digunakan sebagai alat analisis ekonomi yang bertujuan sebagai menguji kebenaran teorama-teorama teori ekonomi yang berupa hubunganantarvariabel ekonomi dengan data empirik.

Ilmu-ilmu ekonomi dapat kita analisis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif.

Akuntansi Manajemen: Teori dan Praktek

Akuntansi merupakan seni mencatat, mengklasifikasikan, mengikhtisarkan, dan menganalisis transaksi ekonomi. Weygant (dalam Yadiati & Wahyudi, 2007) akuntansi adalah suatu sistem informasi untuk mengidentifikasi, mencatat, dan mengkomunikasikan kejadian ekonomi dari suatu organisasi kepada pihak yang berkepentingan. Meigs (dalam wikipedia.com, 2008) akuntansi adalah Pengukuran, penjabaran, atau pemberian kepastian mengenai informasi yang akan membantu manajer, investor, otoritas pajak dan pembuat keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di dalam perusahaan, organisasi, dan lembaga pemerintah. Dalam hal ini, Akuntansi merupakan seni dalam mengukur, berkomunikasi dan menginterpretasikan aktivitas keuangan. Secara luas, akuntansi juga dikenal sebagai “bahasa bisnis”.

... Manajemen (Management Accounting), Akuntansi Biaya (Cost Accounting), Akuntansi Perpajakan (Tax Accounting), Sistem Informasi (Information System), Anggaran (Budgeting), Akuntansi Pemerintahan (Govermental Accounting), Akrual Basis dan ...

Pendekatan Studi Islam

Buku ini merupakan kajian singkat tentang studi Islam dan berbagai pendekatan-pendekatan dalam pengkajiannya. Pendekatan pengkajian tersebut meliputi pendekatan filsafat, tasawuf, hukum, antropologi, sosiologi, psikologi, sains, sejarah, ekonomi, dan pendidikan. Buku ini hadir untuk memberikan provokasi bagi para pembaca bagaimana menjadikan teori-teori dan pendekatan studi Islam tersebut dapat digunakan untuk mengkaji Islam secara utuh, tidak setengah-setengah, dan tidak hanya bersifat doktrinalnormatif. Dengan demikian, diharapkan Islam mampu merespons dan menjawab berbagai macam tantangan zaman dengan tetap berpegang teguh pada Al-Qur’an dan sunnah Nabi Muhammad saw.

... Islamic of Advances Studies, dan lain-lain.29 Studi Islam di Barat memang sedikit bervariasi. Di Chicago University ... Rahmatan Lil'alamin, (Yogyakarta: CV Gerbang Media Aksara, 2018), hlm. 33-34. 30 Ibid., hlm. 34. 31 Muniron ...

Filsafat Pendidikan

Edisi Pertama

Buku ini berisi tentang pemikiran mengenai filsafat dan persoalan pendidikan dalam hubungannya dengan eksistensi kehidupan manusia. Oleh sebab itu, kajian pada buku ini lebih kepada filsafat pendidikan yang menjadi ciri khas dalam kehidupan manusia, pendidikan untuk manusia. Buku ini terdiri dari 15 bab, membahas mulai dari pengertian filsafat, definisi filsafat, subjek dan objek filsafat, dan pentingnya filsafat dalam kehidupan manusia, teori kebenaran, filsafat pancasila, etika, dan sebagainya. Oleh karena itu, buku ini memberikan paparan yang komprehensif dan mudah dipahami, sehingga dapat dibaca oleh siapa saja yang berminat dengan kajian filsafat dan filsafat pendidikan, mulai dari mahasiswa, dosen dan peminat filsafat pada umumnya. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup #PrenadaMedia

Oleh sebab itu, kajian pada buku ini lebih kepada filsafat pendidikan yang menjadi ciri khas dalam kehidupan manusia, pendidikan untuk manusia.

Panduan Penulisan Karya Ilmiah ( Makalah, Review Buku, Skripsi dan Jurnal Ilmiah)

Judul : Panduan Penulisan Karya Ilmiah ( Makalah, Review Buku, Skripsi dan Jurnal Ilmiah) Penulis : Dr. H. Masduki. M.Pd.I., Dr. Rasto, M.Pd., Siha Abdurohim, M.Pd. Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 145 Halaman ISBN : 978-623-62334-0-5 Karya ilmiah termasuk di dalamnya skripsi berbeda dengan tulisan lepas biasa. Di dalam penulisan skripsi dan karya ilmiah terdapat kaidah-kaidah yang berlaku, yang mana kaidah-kaidah tersebut dapat dijadikan sebagai pedoman dalam penulisan skripsi dan karya ilmiah yang baik dan benar. Melalui karya ilmiah, mahasiswa dapat mengungkapkan pikirannya secara sistematis sesuai dengan kaidah-kaidah keilmuan. Dengan mengacu pada hasil kajian pustaka yang bersumber baik dari publikasi ilmiah dalam bentuk jurnal, artikel, buku teks, makalah, prosiding, atau juga publikasi internet lainnya, mahasiswa melakukan pengamatan lapangan, melakukan penelitian historis atau kajian kepustakaan. Buku pedoman ini dibuat dalam rangka meramu kaidah-kaidah yang berlaku tersebut agar terjadi penyelarasan dalam penulisan skripsi dan karya ilmiah di lingkungan STKIP Al-Amin Indramayu, sehingga mudah dipahami oleh mahasiswa dan dosen dengan sifat yang seragam.

Judul : Panduan Penulisan Karya Ilmiah ( Makalah, Review Buku, Skripsi dan Jurnal Ilmiah) Penulis : Dr. H. Masduki.

Buku Ajar Etika Profesi Guru

Pembahasan tentang profesi melibatkan istilah-istilah lain yang berkaitan, yaitu profesi, profesional, profesionalisme, profesionalisasi, dan profesionalitas. agar saudara-saudara dapat memahami perbedaan diantara istilah-istilah tersebut, pada bagian ini akan dijelaskan secara singkat pengertian-pengertian profesi, profesional, profesionalisme, profesionalisasi, dan profesionalitas. Istilah “profesi” menunjuk pada suatu pekerjaan atau jabatan yang menuntut keahlian, tanggung jawab, dan kesetiaan terhadap pekerjaan tersebut. Tujuan dari pembuatan buku ajar ini adalah sebagai buku panduan bagi mahasiswa dalam pembelajaran Mata Kuliah Etika Profesi Guru. Selain itu, isi buku ajar ini dapat dijadikan pembelajaran dan pedoman dalam kehidupan kita sehari-hari bagi pendidik ataupun calon pendidik. Penulis : Dr. Yohamintin, S.Pd., M.Pd.I Editor : Dr. Rahmat Fadhli, Ed.M. Jumlah : i-v+98 hlm Ukuran : 15,5 cm x 23 cm

Penulis : Dr. Yohamintin, S.Pd., M.Pd.I Editor : Dr. Rahmat Fadhli, Ed.M. Jumlah : i-v+98 hlm Ukuran : 15,5 cm x 23 cm

RECOVERY MUTU MADRASAH

Konsep dan Analisis Kinerja Manajerial, Budaya Madrasah, dan Partisipasi Masyarakat

Madrasah merupakan lembaga yang menempati peran strategis bagi kemajuan pendidikan dalam melahirkan generasi muda umat Islam yang memiliki peran penting bagi masyarakat. Di samping itu, madrasah juga dituntut untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman di mana semua aspek berubah dengan cepatnya. Maka dari itu perlu adanya peningkatan mutu madrasah dan kapasitas para pihak seperti kepala madrasah, dan guru-pengajar. Bahkan partisipasi masyarakat juga menjadi elan vital dalam pentingkatan mutu madrasah. Buku ini lahir berdasarkan sebuah pertanyaan tentang “seberapa besar pengaruh kinerja manajerial kepala madrasah, kinerja guru, budaya madrasah dan partisipasi masyarakat terhadap mutu madrasah?” Maka untuk menjawab pertanyaan ini dibutuhkan suatu konsep yang jelas, analisis kritis, dan pemikiran transformatif dalam mewujudkan mutu madrasah. Oleh karenanya untuk memperdalam kajian, buku ini juga diperkaya dengan nilai-nilai karakter yang diintegrasikan dalam kinerja kepala madrasah, kinerja guru, budaya madrasah, dan partisipasi masyarakat. Komponen-komponen tersebut memang seharusnya mampu bersinergi, agar terwujud hasil kinerja yang optimal dan tentunya mampu meningkatkan mutu madrasah.

Madrasah merupakan lembaga yang menempati peran strategis bagi kemajuan pendidikan dalam melahirkan generasi muda umat Islam yang memiliki peran penting bagi masyarakat.

ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN: Teori & Praktek

Beberapa permasalahan pendidikan yang menonjol, di antaranya: 1) pendidikan telah kehilangan objektivitas, masih jauh dari realitas yang dihadapi peserta didik di masyarakatnya; 2) pendidikan belum mendewasakan peserta didik; 3) pendidikan tidak menumbuhkan pola berpikir kritis; 4) belum menghasilkan manusia terdidik, apalagi berakhlak; 5) pendidikan masih membelenggu; 6) belum mampu membangun individu belajar; 7) belum mampu menghasilkan kemandirian, dan 8) belum mampu memberdayakan dan membudayakan peserta didik (Djohar, 2013: 3). Pada tataran praktis, masih terdapat penyelenggaraan pendidikan “bergaya bank” (banking education) dengan ciri yang sangat “verbalism” yakni konsep mengajar merupakan pemindahan pengetahuan kepada hafalan, bukan mendorong siswa belajar untuk belajar (learn to learn). Pendidikan belum berdialog atau berhadapan dengan masalah (problem possing education) yaitu upaya meletakkan pendidikan pada kerangka dasar untuk melibatkan anak didik dalam problematisasi yang dihadapi terus menerus akan situasi eksistensial mereka (Yunus, 2004). Untuk memecahkan berbagai masalah dan menghadapi tantangan dunia pendidikan tersebut, pemerintah telah menetapkan beberapa kebijakan dalam bidang pendidikan. Terkait dengan itu, tulisan ini akan menyoroti dua kebijakan penting pemerintah Indonesia, yaitu inovasi bidang kurikulum dan peningkatan profesionalitas guru. Hal ini didasarkan pada dua asumsi: Pertama, keberhasilan untuk mencapai kemajuan tergantung pada keberhasilan mencapai kualitas pendidikan yang lebih baik daripada sebelumnya, ini ditentukan oleh Standar kompetensi Lulusan (SKL) yang terkabarkan dalam kurikulum. Kedua, kunci keberhasilan meningkatkan kualitas pendidikan tergantung pada keberhasilan mempersiapkan dan menciptakan guru-guru yang profesional yang memiliki kekuatan dan tanggung jawab

Beberapa permasalahan pendidikan yang menonjol, di antaranya: 1) pendidikan telah kehilangan objektivitas, masih jauh dari realitas yang dihadapi peserta didik di masyarakatnya; 2) pendidikan belum mendewasakan peserta didik; 3) pendidikan ...