Sebanyak 30 item atau buku ditemukan

Islam Moderat: Konsep dan Aktualisasinya dalam Dinamika Gerakan Islam di Indonesia

Karya ini tidak bertujuan untuk mengklaim kebenaran satu cara pandang beragama dan menyalahkan cara yang lain. Sekali lagi, keberagamaan merupakan satu keniscayaan yang patut dipahami dan sadari dengan lapang dada. Namun demikian, buku ini mencoba untuk satu konsep penting tentang cara pandang yang relevan dan kontektual dengan karakteristik multikultural bangsa Indonesia. Sekaligus berupaya untuk menelisik dampak dan pengaruh dari cara beragama umat Islam lain yang mewujud dalam gerakan Islam yang muncul di Indonesia. Hemat penulis, munculnya ragam pemahaman disebabkan oleh dialektika antara teks dan realitas itu sendiri, atau cara pandang terhadap posisi akal dan wahyu. Lalu bagaimana menyikapi, mendialogkan dan melakukan interelasi antara keislaman dan keindonesian? Maka buku ini hadir sebagai jawabannya.

antitesisnya adalah Islam kiri, maka Islam moderat adalah sebuah pemikiran Islamisme yang mendudukkan dirinya sebagai sebuah sintesa. Dengan demikian, bisa dipahami bahwa Islam moderat adalah memilih posisi medium, antar dua tarikan ...

Promosi Kesehatan Lanjutan Dalam Teori dan Aplikasi

Banyak tenaga kesehatan menganggap promosi kesehatan menjadi suatu hal yang sangat familiar untuk didengar dan dilakukan namun promosi kesehatan yang dilakukan tidak terlalu efektif dan efesien, sehingga tujuan promosi kesehatan yang dilakukan tidak tercapai. Promosi Kesehatan menjadi suatu hal yang penting untuk dipahami terkait teori dan aplikasi dalam penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari di berbagai tempat. Buku Promosi Kesehatan lanjutan ini menggunakan bahasa yang sederhana dan diharapkan mudah dipahami oleh praktisi kesehatan dan mahasiswa jika ingin mengaplikasikannya di masyarakat. Buku ini diharapkan bisa menjadi salah satu referensi dalam melakukan promosi kesehatan di berbagai tempat dan menjadi salah satu buku panduan dalam pembuatan berbagai karya tulis terkait promosi kesehatan Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Untuk memperoleh hasil yang diinginkan, kegiatan promosi kesehatan harus menggunakan basis pengaturan (setting based), seperti berbasis penduduk atau berbasis pendekatan ... Agenda dari pusat pembangun kesehatan menuju global. 2.

METODOLOGI STUDI ISLAM

Tujuan studi Islam adalah untuk memahami dan mendalami serta membahas ajaran-ajaran Islam sebagai wacana ilmiah yang dapat diterima oleh berbagai kalangan. Aspek-aspek sasaran studi Islam yaitu aspek keagamaan dan aspek keilmuwan. Dari sisi pengertian studi islam secara sederhana adalah usaha mendasar dan sistematis untuk mengetahui, memahami dan membahas secara mendalam seluk beluk yang berhubungan dengan agama Islam, baik ajaran maupun praktek pelaksanaannya secara nyata dalam kehidupan sehari-hari sepanjang sejarah.

Tujuan studi Islam adalah untuk memahami dan mendalami serta membahas ajaran-ajaran Islam sebagai wacana ilmiah yang dapat diterima oleh berbagai kalangan.

PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN BERBASIS SAINS, AL QUR’AN DAN ALAM (BERSAQURAL)

Buku hasil penelitian berjudul “Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Sains, al Qur’an dan Alam (BERSAQURAL)” ini dapat berkontribusi dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran pada Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (T.IPA) khususnya dan pembaca pada umumnya. Aplikasi pembelajaran ini berupa website BERSAQURAL. BERSAQURAL merupakan platform pembelajaran berbasis website yang dirancang dengan open source materi dan adaptif dengan Problem Based Learning yang dilengkapi plagiarism checker, menu downdload dan rating. BERSAQURAL adalah metode baru dalam belajar sains secara integratif melalui website yang memiliki spesifikasi materi yang telah diajarkan melalui website dapat diakases secara terbuka oleh masyarakat sehingga dapat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari

Buku hasil penelitian berjudul “Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Sains, al Qur’an dan Alam (BERSAQURAL)” ini dapat berkontribusi dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran pada Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (T ...

Convergentive Design Kurikulum Pendidikan Pesantren (Konsepsi dan Aplikasinya)

Buku ini terdiri dari tujuh bab, yaitu pertama pendahuluan yang berisikan latar belakang dan pembahasan yang berhubungan dengan Convergentive Design Kurikulum Pendidikan Pesantren (Konsepsi dan Aplikasinya), bab kedua berisi pembahasan tentang kurikulum, bab ketiga membahas tentang pengembangan kurikulum, bab keempat berisi tentang kurikulum pendidikan Islam, bab kelima membahas tentang pondok pesantren, bab keenam berisi tentang implementasi Convergentive Design Kurikulum Pendidikan Pesantren di Pondok Pesantren Al-Azhaar Kota Lubuklinggau Sumatera Selatan, bab ketujuh adalah penutup yang berisi kesimpulan.

Buku ini terdiri dari tujuh bab, yaitu pertama pendahuluan yang berisikan latar belakang dan pembahasan yang berhubungan dengan Convergentive Design Kurikulum Pendidikan Pesantren (Konsepsi dan Aplikasinya), bab kedua berisi pembahasan ...

HUKUMAN DALAM PENDIDIKAN KONSEP ABDULLAH NASIH ‘ULWAN DAN B.F. SKINNER

Segala puji dan syukur dipanjatkan ke hadirat Allah SWT., Tuhan semesta alam , atas segala karunia, rahmat, hidayah, dan taufik-Nya, penulis memiliki kekuatan dan kesabaran untuk menyelesaikan buku ini meskipun penulis mengakui bahwa buku ini masih jauh dari sempurna. Shalawat serta salam semoga tetap dilimpahkan kepada Rasulullah SAW., keluarganya, para sahabatnya, dan semua penganut ajarannya. Buku berjudul HUKUMAN DALAM PENDIDIKAN Konsep Abdullah Nasih ‘Ulwan dan B.F. Skinner ini, disusun atas kegelisahan penulis dengan fenomena-fenomena yang terjadi di sekolah. Semisal kekerasan yang dilakukan guru yang berujung pada pelaporan orang tua murid kepada guru tersebut ke pihak kepolisian. Sungguh ironis memang, disatu pihak guru ingin mendisiplinkan dan mentertibkan anak, di lain sisi tindakkan tersebut berujung pada pihak kepolisian. Begitu juga dengan kasus yang sebaliknya, yaitu memang dilakukan oknum guru yang diluar batas, namun malah tak tertindak oleh pihak yang berwenang sehingga memberikan efek trauma pada anak. Hukuman dalam pendidikan yang telah dikonsep pemikir Islam dan pemikir barat memberikan udara segar untuk para pelaku pendidikan agar tidak salah langkah dalam mendisiplinkan dan mentertibkan sembari menginternalisasi karakter ataupun akhlak yang baik kepada anak. Hal ini sangat untuk memupuk akhlakul karimah pada anak, terlebih bahwa kita hidup di negara yang sangat mengutamakan etika atau akhlak yang baik. Penulis ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan buku ini. Semoga Allah SWT. membalas dengan pahala yang berlipat ganda di dunia dan akhirat. Penulis juga mohon maaf atas segala kekhilafan dan kekurangan buku ini, dan senantiasa mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar buku ini lebih bermanfaat dan lebih baik kualitasnya di masa mendatang. Aamiin

Buku berjudul HUKUMAN DALAM PENDIDIKAN Konsep Abdullah Nasih ‘Ulwan dan B.F. Skinner ini, disusun atas kegelisahan penulis dengan fenomena-fenomena yang terjadi di sekolah.

pendidikan, Inspirasi dan Kreasi

Hai pembaca inspiratif, selamat bertemu dengan salah satu buku terbitan omera pustaka. Buku yang anda pegang ini adalah sebuah buku antologi dari proyek NuBar (Nulis Bareng) bertema Muridku Inspiratif. Proyek ini diikuti oleh kurang lebih 220 kontributor, yang mayoritas berprofesi sebagai guru pendidikan formal, sisanya ada juga dari ka- langan guru TPA, Dosen, Guru Bimbel dan Guru Kursus. Selanjutnya, karena jumlah kontributor yang banyak dan agar pembuatan buku menjadi efisien, penerbit membuat 6 edisi buku untuk tema muridku inspiratif ini. buku yang anda pegang ini adalah edisi kelima , berjudul “Pendidikan, Inspirasi, dan Kreasi”, dengan 34 penulis didalamnya. Setiap penulis telah berkontribusi menceritakan pengalamannya bersama salah satu anak didiknya yang inspiratif.

Hai pembaca inspiratif, selamat bertemu dengan salah satu buku terbitan omera pustaka.

PARADIGMA BARU PENDIDIKAN ISLAM

Perbincangan seputar perkembangan pendidikan Islam seakan menjadi wacana yang tidak pernah selesai untuk dibahas, karena pendidikan itu sendiri merupakan sebuah proses yang tidak akan pernah selesai (never ending process) dan berlangsung sepanjang hayat (minal mahdi ilal lahdi). Berbagai ide atau gagasan tentang pengembangan pendidikan Islam telah banyak dikemukakan oleh banyak kalangan yang semuanya itu bermuara pada bagaimana mencari format ideal dari paradigma Pendidikan Islam.

Perbincangan seputar perkembangan pendidikan Islam seakan menjadi wacana yang tidak pernah selesai untuk dibahas, karena pendidikan itu sendiri merupakan sebuah proses yang tidak akan pernah selesai (never ending process) dan berlangsung ...