Buku hasil penelitian berjudul “Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Sains, al Qur’an dan Alam (BERSAQURAL)” ini dapat berkontribusi dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran pada Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (T.IPA) khususnya dan pembaca pada umumnya. Aplikasi pembelajaran ini berupa website BERSAQURAL. BERSAQURAL merupakan platform pembelajaran berbasis website yang dirancang dengan open source materi dan adaptif dengan Problem Based Learning yang dilengkapi plagiarism checker, menu downdload dan rating. BERSAQURAL adalah metode baru dalam belajar sains secara integratif melalui website yang memiliki spesifikasi materi yang telah diajarkan melalui website dapat diakases secara terbuka oleh masyarakat sehingga dapat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari
Buku hasil penelitian berjudul “Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Sains, al Qur’an dan Alam (BERSAQURAL)” ini dapat berkontribusi dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran pada Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (T ...
Buku ini memberikan gambaran dan pengetahuan bagi pembaca cara mengembangkan model Problem Based Learning (PBL) secara sistematis. Sehingga dengan demikian pembaca dapat melakukan inovasi pengembangan produk lainnya berdasarkan cara yang penulis sampaikan dalam buku ini. Buku ini memuat cara dan pengetahuan pengembangan PBL dalam meningkatkan keterampilan komunikasi ilmiah calon guru IPA era revolusi industri 4.0 sebagai berikut: (1) Pendahuluan, (2) Landasan Teori Pengembangan, (3) Metode Pengembangan, (4) Hasil Pengembangan, (5) Kesimpulan.
Perkembangan ilmu dan teknologi dewasa ini mempunyai arti penting dalam dunia pendidikan. Masyarakat semakin sadar akan kelanjutan menempuh pendidikan jenjang yang lebih tinggi, terutama bagi dosen, guru maupun pegawai. Jenjang pendidikan yang ditempuh adalah Strata Satu (S1) ke jenjang Strata Dua (S2), Strata Dua (S2) ke jenjang Strata Tiga (S3). Faktual dilapangan masih ditemukan mahasiswa semester akhir pada jenjang Strata dua (S2) dan Strata tiga (S3) yang merasakan kegalauan dalam penyusunan tesis dan disertasi. Buku Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) merupakan solusi bagi mahasiswa yang sedang melakukan penelitian pengembangan (Research & Development). Buku ini secara garis besar berisi praperencanaan penelitian, perencanaan penelitian, pelaksanaan penelitian, dan penyusunan laporan penelitian, serta publikasi penelitian. Buku ini juga memberikan panduan, prosedur serta contoh bagi mahasiswa yang sedang menyusun tesis dan disertasi dari pengalaman penulis yang pernah lakukan.
Buku ini merupakan pengalaman faktual penulis di dunia akademik dalam membimbing penyusunan skripsi, tesis dan disertasi, masih ditemukan kegalauan dan kebingungan dalam memahami dan melaksanakan penelitian pengem-bangan (Research & Developement). Buku “Best Practices Penelitian Pengembangan (Research & Development) Bidang Manajemen Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)” merupakan solusi bagi mahasiswa, peneliti, dosen yang sedang melakukan penelitian pengembangan (Research Development) atau R & D khususnya di Bidang Manajemen Pendidikan IPA. Buku ini juga dapat digunakan sebagai literartur perkuliahan metodologi penelitian bidang Manajemen Pendidikan IPA atau pendidikan IPA maupun bidang ilmu lainnya. Buku ini secara garis besar memberikan contoh secara kongkret bagi peneliti dan pembaca mengenai langkah-langkah setiap tahapan penelitian pengembangan (Research Development). Contoh kongkret penelitian pengembangan (Research Development) yang pernah penulis lakukan. Garis besar isi buku ini adalah: Pendahuluan, penelitian pengembangan, Tahap studi pendahuluan /need asses-ment, tahap pengembangan, tahap pengujian, penyu-sunan instrumen penelitian pengembangan dan dua contoh penelitian pengembangan bidang Manajemen Pendidikan IPA dan pendidikan IPA yang pernah dilakukan penulis.
Buku ini merupakan pengalaman faktual penulis di dunia akademik dalam membimbing penyusunan skripsi, tesis dan disertasi, masih ditemukan kegalauan dan kebingungan dalam memahami dan melaksanakan penelitian pengem-bangan (Research & ...
Buku ini menyajikan strategi pengembangan model pembelajaran Tafsir Sains Terpadu (SIRSAINSDU) dengan pendekatan penelitian pengembangan (Research & Development). Isi dari buku ini adalah mendiskripsikan latar belakang pengembangan model pembelajaran SIRSAINSDU, landasan teori, metode dan hasil penelitian, pembahasan serta kesimpulan. Buku ini juga memuat diskripsi strategi pengembangan model pembelajaran SIRSAINSDU sebagai berikut (1) hasil studi pendahuluan tentang kondisi nyata pembelajaran tafsir pada prodi Tadris IPA, (2) tingkat kebutuhan pembelajaran tafsir sains terpadu di Prodi Tadris IPA, (3) tahapan pembelajaran SIRSAINSDU: (a) tahap perencanaan, (b) tahap pelaksanaan: penyajian konsep isyarat ilmiah SIRSAINSDU, explore materi sirsainsdu, diskusi dan komunikasi materi sirsainsu serta, dampak instruksional, tahap: evaluasi dan (c) tahap: kemampuan SIRSAINSDU.
Buku ini juga memuat diskripsi strategi pengembangan model pembelajaran SIRSAINSDU sebagai berikut (1) hasil studi pendahuluan tentang kondisi nyata pembelajaran tafsir pada prodi Tadris IPA, (2) tingkat kebutuhan pembelajaran tafsir sains ...