Sebanyak 19 item atau buku ditemukan

Bahasa Indonesia Akademik: Penulisan Laporan Ilmiah

Buku ini berjudul Bahasa Indonesia Akademik: Penulisan Laporan Ilmiah. Buku ini terdiri dari 10 bab yaitu: Bab 1 Konsep Dasar Bahasa Bab 2 Ejaan Dalam Karya Ilmiah Bab 3 Diksi Dalam Karya Ilmiah Bab 4 Penggunaan Kata dan Kalimat Bab 5 Penggunaan Huruf Bab 6 Penulisan Singkatan dan Akronim Bab 7 Penyusunan Paragraf Dalam Karya Ilmiah Bab 8 Pengembangan Paragraf Dalam Karya Ilmiah Bab 9 Abstrak dan Daftar Pustaka Bab 10 Penulisan Karya Ilmiah

Buku ini berjudul Bahasa Indonesia Akademik: Penulisan Laporan Ilmiah.

REKAYASA KUALITAS PERANGKAT LUNAK (TEORI & PRAKTIK)

Rekayasa perangkat lunak dapat dimaknai sebagai suatu pendekatan yang sistematis, disiplin dan terkuantifikasi atas pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak, serta studi atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu penerapan pendekatan engineering atas perangkat lunak. Sehingga seorang Software Engineering harus mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembangan perangkat lunak dan manajemen kualitas, karena Karakteristik khusus dari kualitas perangkat lunak adalah sebuah hal yang kompleks dan tak mudah untuk langsung dimengerti (intangibility). Banyak sekali beda persepsi dan ekspektasi mengenai kualitas perangkat lunak, diantaranya kebutuhan, keinginan, kemauan, dan prioritas dari pengguna perangkat lunak tersebut. Selanjutnya, untuk menyatakan apakah sebuah perangkat lunak dapat dinyatakan berkualitas harus terlebih dahulu dilakukan pengujian (testing) dan pengukuran (measurement) tingkat kualitasnya. Pengujian ini dimaksudkan untuk memastikan apakah perangkat lunak tersebut benar-benar dapat digunakan (useable) oleh penggunanya. Terakhir yang tidak kalah penting adalah dilakukannya pengukuran terhadap kualitas perangkat lunak yang dimana hasil pengukurannya akan dijadikan acuan bagi pola pengembangan rekayasa perangkat lunak kedepannya, terutama yang erat hubungannya dengan antarmuka pengguna (user interface) dan pengalaman pengguna (user experience) dalam menggunakan perangkat lunak tersebut

Rekayasa perangkat lunak dapat dimaknai sebagai suatu pendekatan yang sistematis, disiplin dan terkuantifikasi atas pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak, serta studi atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu penerapan ...

Islamisasi Ilmu Pengetahuan (Studi Kritis Pemikiran Syed M. Naquib Al-Attas)

Islamisasi Ilmu Pengetahuan (Studi Kritis Pemikiran Syed M. Naquib Al-Attas) PENULIS: Mustika Bintoro Tebal : 151 halaman ISBN : 978-623-7391-79-1 www.guepedia.com Sinopsis: Fenomena agama dan sains yang tidak bisa disatukan masih menjadi persoalan pelik yang tak ada ujungnya. Terlebih pada ilmu-ilmu modern-khususnya ilmu-ilmu kealaman (natural scciences)- yang dianggap sebagai pemicu lahirnya krisis teologi dan berakibat pada paham sekuler dan positivisme. Paham ini muncul karena sains modern menganut paham rasionalisme serta empirisme filosofis dan tidak dapat diterapkan dalam keilmuan Islam karena ia menolak keberadaan Tuhan. Dan lagi, islamisasi lmu pengetahuan menjadi salah satu jalan keluar dan menjadi paradigma di beberapa Universitas Islam di Indonesia beberapa tahun terakhir. Selain itu, islamisasi ilmu pengetahuan ini pun dijadikan sebagai respon terhadap ilmu pengetahuan Barat yang menurut Al-Attas-tokoh yang dijadikan objek penelitian dalam buku ini-mengandung paham sekular. Implikasi yang terjadi jika paham sekuler terus diyakini umat Islam adalah ketidakmampuan memahami alam sebagai lambang (ayat) untuk menuju realitas yang hakiki,yaitu Allah SWT. Di sisi lain,Al-Attas mengamini persamaan metodologi yang dipakai dalam sains Barat dan Islam, namun persamaan ini hanya terletak pada aspek luarnya saja dan tidak di dalamnya. Aspek dalam yang dimaksud yakni metafisika atau pengetahuan tentang realitas secara keseluruhan, termasuk realitas non fisik yang diakui kebenarannya. Al-Attas menghubungkan metafisika dan dunia fisik-materi sebagai basis keilmuan dari teori islamisasi ilmu pengetahuannya. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Islamisasi Ilmu Pengetahuan (Studi Kritis Pemikiran Syed M. Naquib Al-Attas) PENULIS: Mustika Bintoro Tebal : 151 halaman ISBN : 978-623-7391-79-1 www.guepedia.com Sinopsis: Fenomena agama dan sains yang tidak bisa disatukan masih menjadi ...

Integrasi Keilmuan dalam Menyongsong Merdeka Belajar

Konsep “Merdeka Belajar” yang diarahkan oleh Pemerintah bukan hanya tantangan bagi para profesi bidang pendidikan tetapi juga para orangtua yang kebanyakan belum mampu menyiapkan lingkungan belajar di rumah relatif sama dengan di sekolah dan selain juga harus menyiapkan kuota internet yang cukup besar agar dapat mengakses video keterampilan gerak sebagai materi ajar pendidikan yang akan dipelajari di rumah. Terobosan yang banyak disarankan melalui berbagai metode belajar daring (dalam jaringan) atau secara digital (online) di tengah badai Covid-19. Upaya untuk mempertahankan kualitas pendidikan yang diukur dari tingkat capaian hasil belajar di tengah Pandemi Covid-19 tentu menjadi target dari para penulis Bunga Rampai ini yang dijabarkan dalam berbagai topik sebagaimana tututan kurikulum Merdeka Belajar di sekolah dimana ada tiga klasifikasi yang menjadi target hasil belajar yaitu domain kognitif (pengetahuan), psikomotor (keterampilan/skill) dan afektif (pembentukan kharakter). Ketiga domain ini saling terkait untuk mewujudkan capaian hasil belajar. Secara garis besar ukuran yang dapat digunakan dari tiga domain tersebut adalah meningkatnya pengetahuan murid melalui apa yang dipelajari. Hal ini tidak luput dari pemikiran penulis untuk membahasnya sehingga buku Bunga Rampai menjadi menarik bagi setiap pembaca.

juga dibekali pengetahuan yang luas terhadap model pembelajaran kampus merdeka, ... Termasuk juga pada era digital saat ini dibutuhkan sarana penunjang ...

SOSIALISASI DAN PENDAMPINGAN MODEL PEMBELAJARAN JARAK JAUH (ONLINE) DI MASA PANDEMI

Buku ini merupaKan karya mahasiswa IAIN Parepare pada kuliah Pengabdian Masyarakat, oleh karena itu proses penyelesaian buku ini tidak terlepas dari keseriusan mahasiswa KPM. Buku ini diterbitkan dengan menggunakan anggaran pengusulan ISBN perguruan tinggi IAIN Parepare Nusantara Press. Oleh karena itu, penghargaan setinggi-tingginya dan ucapan terima kasih yang sedalam-dalamnya, kami ucapkan kepada semua pihak yang telah membantu dalam proses penulisan buku ini. Buku ini yang merupakan kumpulan tulisan mahasiswa KPM angkatan 2020.

Tematik Posdaya Berbasis Asset Based Communities Development (ABCD), Universitas Islam Negeri Raden Fatah ... Anak selama Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 5 Issue 2 (2021) Pages 1138-1150.

Seni rupa Indonesia modern dalam kritik dan esei

Criticism on Indonesian modern painting.

Adapula yang mampu berpidato di hadapan ribuan pendengar dewasa , tanpa
canggung , mampu membaca ratusan ayat suci Al Qur'an ; di India seorang anak
tuna netra mampu menulis serta menterjemahkan kitab suci agama Hindu ...

ANTOLOGI HADITS TARBAWI

Pesan-Pesan Nabi s.a.w tentang Pendidikan

Buku Antologi Hadis Tarbawi yang hadir di hadapan pembaca ini berisi tentang jawaban-jawaban kritis hasil pengendapan pemikiran atas apa yang tengah menjadi kegelisahan para pemerhati pendidikan yang saban hari merasa nilai-nilai adiluhung pendidikan itu terus terkikis. Kehadiran buku Antologi Hadis Tarbawi ini merupakan bentuk syukur, apresiasi dan dukungan terhadap para penulis yang seluruhnya adalah Mahasiswa saya di Program Studi Pendidikan Agama Islam UIN Raden Intan Lampung. Buku yang merupakan kumpulan tulisan tematik hasil belajar mata kuliah Hadis Tarbawi selama satu semester ini disusun dengan mempertimbangkan masukan rekan kuliah, hasil diseminasi, komentar dosen dan beberapa catatan revisi sebagai bahan penyempurnaan pembahasan buku ini. Buku ini menjadi semacam tafsir terhadap penggalian dan penjelmaan spirit dasar atau nilai-nilai yang tertuang dalam perkataan, perilaku dan penetapan yang semuanya disandarkan kepada Nabi Muhammad saw, khususnya berterkait paut dengan pesan-pesan pendidikan di dalam al-Hadis. Yaitu, nilai-nilai keislaman yang akan terus diuji dalam aktualitas yang terus bergejolak, nilai-nilai yang akan senantiasa dipertahankan dari tindakan yang merusak, serta nilai-nilai yang dianggap sebagai jaminan atas pengetahuan yang menyelamatkan. Buku ini berisi lima BAB pembahasan terkait isu-isu terkini seputar pendidikan dan hubungan sosial. BAB pertama membahas tentang Konsistensi Pendidikan Islam yang berisi tentang nilai-nilai dasar (core values) pendidikan yang tidak berubah digerus zaman seperti konsepsi tujuan pendidikan. BAB dua membahas tentang konstruksi teoretis mengenai adab dan pendidikan karakter bagi peserta didik, mulai dari adab peserta didik terhadap guru, adab terhadap sesama peserta didik maupun jalinan kasih terhadap lingkungan. BAB ketiga berisi tentang pendidikan Islam menjawab tantangan masa depan. Pembahasan ini berisi pertanyaan-pertanyaan seputar kebijakan, sistem dan lembaga pendidikan Islam yang seperti apa yang dianggap ideal menjawab masa depan. BAB keempat berkaitan dengan prinsip-prinsip moderasi keislaman dalam pendidikan dan bagaimana Islam memandang pentingnya ilmu pengetahuan. Terakhir, di buku ini dibahas tentang Islam dan kenyataan sosial masyarakat Indonesia seperti multikulturalisme, pluralisme dan feminisme.

Buku ini menjadi semacam tafsir terhadap penggalian dan penjelmaan spirit dasar atau nilai-nilai yang tertuang dalam perkataan, perilaku dan penetapan yang semuanya disandarkan kepada Nabi Muhammad saw, khususnya berterkait paut dengan ...

Syariah dan negara

ragam perspektif dan implementasi di Asia Tenggara

On relationship between Islamic law and state in Southeast Asia; papers of a seminar.