Sebanyak 30 item atau buku ditemukan

Manajemen Risiko Bisnis Era Digital

Kegiatan bisnis tidak terlepas dari potensi risikonya, baik kerugian hingga kegagalan usaha. Sebagaimana di era digital saat ini, di mana pengelolaan bisnis dan transaksinya kepada pelanggan (customer) kini mulai beralih menggunakan berbagai piranti elektronik yang tentunya membawa potensi risiko sistem bisnis digital bagi kedua belah pihak. Menjawab hal di atas, maka buku yang saat ini ada di tangan Anda hadir untuk membantu para pembacanya yang ingin memahami konseptual dasar manajemen risiko bisnis era digital dengan pembahasan yang lugas dan mudah dipahami. Adapun isi pembahasan dalam buku ini terdiri dari 12 bab yang saling terhubung, yaitu: Konsep Dasar dan Jenis Risiko; Model Manajemen Risiko Bisnis; Identifikasi Risiko Bisnis; Daftar Kerugian Potensial; Pengukuran Risiko; Pengendalian Risiko Bisnis; Asuransi Sebagai Alih Risiko; Premi dan Polis Asuransi; Risiko Bisnis Pada Aplikasi Media Sosial; Risiko Pemasaran Digital; Risiko Pembayaran Uang Digital; Tren Bisnis Startup dan Potensi Risikonya.

Menjawab hal di atas, maka buku yang saat ini ada di tangan Anda hadir untuk membantu para pembacanya yang ingin memahami konseptual dasar manajemen risiko bisnis era digital dengan pembahasan yang lugas dan mudah dipahami.

Ilmu Gizi dan Pangan (Teori dan Penerapan)

Penerapan) ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri dari 32 BAB yaitu berisikan antara lain: konsep dasar, paradigma dan ruang lingkup ilmu gizi, prinsip – prinsip ilmu gizi, dasar- dasar ilmu gizi, gizi dalam keperawatan dan gizi kuliner, pendidikan kesehatan dan konsultasi gizi, etika moral dan profesionalisme gizi, gizi 1000 hari pertama kehidupan, manajemen sistem penyelenggaraan makanan, daftar komposisi bahan makanan dan daftar makanan penukar, penilaian status gizi, nilai gizi, dan angka kecukupan gizi, proses asuhan gizi indiviud dan kelompok, korelasi gizi, kesehatan, produktivitas kerja, masalah gizi dan takhayul makanan, menghitung kebutuhan gizi dan analisis makanan/minuman. Diet fungsi dan peranan zat-zat gizi, gizi dan food waste dan loss (FWL), gizi dalam daur kehidupan dan terapi gizi, komponen gizi dan survey konsumsi makanan/minuman, kebutuhan gizi janin bayi balita dan anak, kebutuhan gizi pada ibu hamil dan ibu menyusui, kebutuhan gizi pada remaja dewasa dan lansia, antropometri gizi pemeriksaan kimia gizi dan klinis gizi, metabolisme gizi gizi seimbang dan zat gizi makro/mikro, gizi dalam kesehatan reproduksi dan gizi olahraga, gizi kesehatan masyarakat dan gizi kerja, konsep dasar paradigma dan ruang lingkup ilmu pangan, bahan makanan bahan pangan dan mikrobiologi pangan, pengolahan pangan tekhnologi pangan dan analisis pangan, nilai gizi pangan kimia pangan dan karbohidrat pangan, terapi pangan manajemen mutu dan keamanan pangan.

Pendekatan sistem manajemen mutu mengajak perusahaan dan organisasi untuk menganalisis persyaratan pelanggan, menetapkan proses yang memberi sumbangan pencapaian produk yang dapat diterima, menjaga proses agar tetap terkendali.

Konsep Dasar Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi yang digunakan oleh bangsa Indonesia dalam berkomunikasi dan digunakan sebagai bahasa pengantar. Bahasa Indonesia disebut sebagai bahasa resmi Republik Indonesia sebagaimana disebutkan dalam UUD 1945 pasal 36. Bahasa Indonesia juga merupakan bahasa persatuan bangasa Indonesia sebagaimana disiratkan dalam Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928. Meski demikian, hanya sebagian kecil dari penduduk Indonesia yang benar-benar menggunakannya sebagai bahasa ibu karena dalam percakapan sehari-hari yang tidak resmi, masyarakat Indonesia lebih suka menggunakan bahasa daerahnya masing-masing sebagai bahasa ibu, seperti bahasa melayu pasar, bahasa jawa, bahasa sunda, dan bahasa lainnya.

Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi yang digunakan oleh bangsa Indonesia dalam berkomunikasi dan digunakan sebagai bahasa pengantar.

Strategi Pemasaran

Buku ini berjudul “Strategi Pemasaran” yang merupakan rangkuman dari berbagai sumber. Buku ini diharapkan menjadi bahan referensi dan dapat memberikan gambaran bahwa Strategi Pemasaran adalah sebagai dasar perusahaan untuk mewujudkan kegiatan pemasaran atau tindakan kerja keras dalam lingkungan yang kompetitif dan cepat berubah, guna mencapai tujuan yang diharapkan. Strategi pemasaran diartikan sebagai analisis strategi pengembangan, menentukan kegiatan dalam strategi dan menentukan target pasar untuk setiap produk, menetapkan tujuan pemasaran, merumuskan, menerapkan dan mengelola strategi rencana pemasaran, serta menentukan posisi pasar yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pasar. Buku ini membahas tentang: Bab 1 Pengertian Terhadap Peran Penting Pemasaran Bab 2 Perencanaan dan Penganalisaan Terhadap Perencanaan Strategis Bab 3 Perencanaan dan Analisa Lingkungan Pemasaran Bab 4 Pasar Konsumen dan Perilaku Pembeli Bab 5 Identifikasi Segmen Pasar Bab 6 Mengelola Lini Produk, Kemasan, dan Merek Bab 7 Strategi Pemasaran Untuk Berbagai Tahap Dalam Daur Hidup Bab 8 Strategi Pemasaran Jasa Bab 9 Strategi Penetapan Harga Bab 10 Strategi Komunikasi dan Bauran Pemasaran Bab 11 Strategi Pemasaran Untuk Pasar Global Bab 12 Merancang Strategi Pemasaran Bab 13 Pengembangan Program Pemasaran

Penulis mengajar Manajemen Pemasaran, Kewirausahaan, Metodologi Penelitian, Manajemen Strategik, Seminar Manajemen Pemasaran, E-Commerce, Manajemen Koperasi dan UKM, Ekonomi Manajerial, Kepemimpinan dan Manajemen SDM.

Kewirausahaan: Konsep dan Strategi

Setelah pembaca menuntaskan buku ini, tentu saja pengetahuan dan keterampilan khusus kewirausahaan akan didapatkan, diantaranya kemampuan menelaah sumber-sumber pertumbuhan wirausaha baru, karakter wirausaha, proses mempersiapkan diri menjadi wirausahawan, merekonstruksi pengalaman para pengusaha sukses dan berpengalaman, serta mengombinasikan berbagai sumber daya untuk memulai dan mengembangkan usaha. Pada akhirnya kehadiran buku ini bertujuan untuk membekali siapa saja yang ingin sukses berwirausaha, khususnya mahasiswa dan pemula agar terbentuk jiwa usaha, karakter dan keterampilan berwirausaha. Buku ini juga menghadirkan konsep membangun dan menginternalisasi nilai dan sikap kewirausahaan, seperti kemandirian, tanggungjawab, kreativitas, keberanian, keterampilan mengambil keputusan, keterampilan menangkap peluang, keterampilan berkomunikasi, kelihaian mengelola hubungan usaha dan komitmen serta kesiapan diri menjadi wirausahawan handal. Buku ini membahas tentang: Bab 1 Konsep Umum Dan Karakteristik Kewirausahaan Bab 2 Kewirausahaan Dalam Millenium Baru Bab 3 Kesempatan Bisnis Keluarga Bab 4 Kesempatan Mendirikan Usaha Franchise Bab 5 Memulai Dan Mencari Kesempatan/Peluang Bab 6 Peran Perencanaan Bisnis Dan Pengembangan Perencanaan Pemasaran Bab 7 Manajemen Dan Bentuk Organisasi Bab 8 Strategi Promosi, Saluran Distribusi Dan Pasar Global Bab 9 Masalah Sosial Dan Etika Bisnis Bab 10 Mengelola Sumber Daya Manusia Bab 11 Risiko Dan Asuransi Bab 12 Penetapan Harga

Penulis mengajar Manajemen Pemasaran, Kewirausahaan, Metodologi Penelitian, Manajemen Strategik, Seminar Manajemen Pemasaran, E-Commerce, Manajemen Koperasi dan UKM, Ekonomi Manajerial, Kepemimpinan dan Manajemen SDM.

Manajemen UMKM dan Koperasi

Buku MANAJEMEN UMKM DAN KOPERASI ini menyajikan tentang konsep dan teori yang mendasar dalam merancang dan mengelola organisasi seperti Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Di sisi lain pertumbuhan koperasi di Indonesia menunjukkan peningkatan baik dari segi kuantitas maupun ragam usaha koperasi. UMKM dan Koperasi sebagai penopang ekonomi nasional perlu mendapat perhatian para akademisi melalui studi dan penelitian, masyarakat sebagai penerima manfaat dan terutama calon pengusaha dalam penciptaan nilai tambah usaha. Tanpa pengetahuan dan ketempilan serta penguasaan informasi terkini mengenai kewirausahaan, calon dan pengusaha akan menemukan tantangan dalam mencapai keberlanjutan. Daftar 11 BAB, sebagai berikut: Bab 1 Konsep Dasar Manajemen Bab 2 Konsep Dasar Koperasi Bab 3 Pengertian UMKM dan Koperasi Bab 4 Manajemen Dalam Koperasi Bab 5 Hubungan Koperasi dan UMKM Bab 6 Karakteristik UMKM di Indonesia Bab 7 Kewirausahaan dan Koperasi Bab 8 Regulasi dan Etika Bisnis Bab 9 Manajemen UMKM dan Koperasi Bab 10 Mengelola SDM Bab 11 Perkembangan UKM di Indonesia

Buku MANAJEMEN UMKM DAN KOPERASI ini menyajikan tentang konsep dan teori yang mendasar dalam merancang dan mengelola organisasi seperti Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Dasar-Dasar Manajemen Internasional

Buku ini berisi materi yang dapat digunakan baik oleh tenaga pengajar maupun mahasiswa, serta para pembaca umumnya untuk menambah wawasan berpikir dan ilmu pengetahuan yang berkenaan dengan ilmu ekonomi internasional dan manajemen serta studi pembangunan.

Penulis mengajar Manajemen Pemasaran, Kewirausahaan, Metodologi Penelitian, Manajemen Strategik, Seminar Manajemen Pemasaran, E-Commerce, Manajemen Koperasi dan UKM, Ekonomi Manajerial, Kepemimpinan dan Manajemen SDM.

Perancangan Organisasi dan Sumber Daya Manusia

Buku PERANCANGAN ORGANISASI DAN SUMBER DAYA MANUSIA ini memberikan pengenalan tentang organisasi dan keragamannya, diikuti dengan keragaman perilaku kelompok kerja tim hingga bagaimana memperkuat hubungan industrial. Secara tuntas juga menyajikan strategi multi-bisnis dan organisasi, konsep kepemimpinan, kekuasaan, dan politik yang sangat mungkin berpengaruh terhadap pengelolaan organisasi. Buku ini juga menyajikan struktur organisasi sebagai bentuk alur komunikasi dan secara khusus tentang perancangan organisasi. Buku ini membahas: Bab 1 Konsep Perancangan, Ruang Lingkup dan Keragaman Organisasi Bab 2 Perilaku Kelompok, Kerja Tim, dan Komunikasi Bab 3 Hubungan Industrial Bab 4 Strategi Multibisnis dan Organisasi Bab 5 Kepemimpinan, Kekuasaan, dan Politik Bab 6 Struktur Organisasi Bab 7 Lingkungan dan Perancangan Organisasi Bab 8 Risiko Proses Bisnis Bab 9 Konsep Manajemen Sumber Daya Manusia Bab 10 Analisis Pekerjaan Bab 11 Pendidikan, Pelatihan, dan Manajemen Karir Bab 12 Penilaian Kinerja Bab 13 Kompensasi Mahasiswa dituntut untuk belajar merancang organisasi, sebagai persiapan dalam memasuki organisasi bisnis. Buku ini merupakan modal penting sebagai referensi pengetahuan dan pengalaman, sehingga terkumpul semangat untuk mendesain organisasi dan mengintegrasikan sumber daya yang tersedia. Selain itu, mahasiswa akan terbiasa mengembangkan kemampuan berpikir kritis, menghasilkan ide, dan berani serta cekatan dalam mengambil keputusan, terutama di saat menganalisis situasi dan merumuskan rancangan organisasi.

98 tentang Hak untuk Berorganisasi dan Berunding Bersama sudah diratifikasi dan di Indonesia menjadi bagian dari peraturan perundang-undangan nasional, yaitu masing-masing dengan KEPPRES No. 80 th. 1998, dan UU No. 18 th. 1956.

Teori Desain Organisasi

Tujuan disusunnya buku ini adalah untuk memberikan nuansa baru ilmu pengetahuan, membantu para pembaca dari berbagai kalangan, akademisi maupun praktisi pendidikan dapat memahami seluk beluk Organisasi yang dipengaruhi oleh teori, desain, struktur, budaya dan faktor faktor lainnya. Buku ini berisi materi yang dapat digunakan baik oleh tenaga pengajar maupun mahasiswa, serta para pembaca umumnya untuk menambah wawasan berpikir dan ilmu yang berkenaan dengan Teori Desain Organisasi. Buku ini terdiri dari 10 Bab yang menguraikan tentang: Bab 1 Konsep Dasar Teori Desain Organisasi Bab 2 Struktur dan Desain Organisasi Bab 3 Perangkat Analisis Studi Organisasi Bab 4 Perangkat Analisis Struktur Organisasi Bab 5 Implementasi Tata Nilai Organisasi dalam Konsep Manajemen Bab 6 Pengelolaan Organisasi dan Implementasinya Dalam Manajerial Bab 7 Kompleksitas Aspek Budaya dalam Pembentukan Organisasi Bab 8 Pembentukan Organisasi Yang Efektif Bab 9 Konflik Dalam Suatu Organisasi dan Dampaknya Bab 10 Pemicu Adanya Perilaku Politik Dalam Organisasi

... organisasi terhadap ilmu pengetahuan seperti sosiologi, politik, administrasi, manajemen dan lainnya, terdapat beberapa pendekatan terdiri dari pendekatan historis, pendekatan kelompok pemikiran dan pendekatan klasifikasi keilmuan.

Sistem Pengendalian Internal

Buku ini terdiri dari beberapa bahasan yang cukup lengkap, mulai dari bahasan tentang peran pengendalian internal dalam bisnis, dilanjutkan pembahasan internal control dan risk management, hingga pembahasan tentang consulting oleh audit internal serta maturitas audit internal. Dengan bahasan yang lengkap tersebut, kehadiran buku ini diharapkan dapat menjadi salah satu referensi bagi pihak-pihak yang memerlukannya. Buku ini membahas: Bab 1 Bisnis dan Peran Pengendalian Internal Bab 2 Internal Control dan Risk Management Bab 3 Good Corporate Governance Bab 4 Sumber Daya Manusia dan Organisasi Pengendalian Internal Bab 5 Ruang Lingkup Pengendalian Internal Bab 6 Perencanaan Pengendalian Internal Bab 7 Pelaksanaan, Hasil Kerja, dan Evaluasi Internal Bab 8 Keterampilan Auditor Bab 9 Bukti-Bukti Pemeriksaan Audit Bab 10 Audit Keuangan Bab 11 Audit SDM Bab 12 Audit Pengelolaan Rantai Pasokan Bab 13 Audit Pemasaran dan Penjualan Bab 14 Audit Teknologi Informasi Bab 15 Audit Tindak Kecurangan (Fraud Auditing) Bab 16 Pendeteksian dan Penanganan Fraud Bab 17 Audit Sektor Publik Bab 18 Konsulting Oleh Audit Internal Bab 19 Maturitas Audit Internal

Baehaqi, A. (2018) 'Audit Internla Lembaga Keuangan Syariah dalam Perpektif Al-Hisbah', Jurnal Riset Keuangan dan Akuntansi, 4(2), pp. 1–14. Banjaŕnahor, A. R. et al. (2021) Manajemen Komunikasi Pemasaran. Yayasan Kita Menulis.