Sebanyak 68 item atau buku ditemukan

Pengembangan Asesmen Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Dalam buku ini, pembaca akan diajak untuk memahami prosedur pengembangan penilaian hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti. Pada sebagian guru, melakukan pengembangan penilaian menjadi kesulitan tersendiri, sehingga mata pelajaran tersebut lebih menekankan pada sisi kognitif. Hal ini membawa ekses yang kurang kondusif bagi perkembangan akhlak dan budi pekerti peserta didik, yaitu sisi afektif dan psikomotorik kurang diperhatikan atau dikembangkan. Secara fenomenal di lapangan, terjadi ada peserta didik yang pandai dalam sisi kognitif, namun sisi afektif dan psikomotoriknya tidak berkembang, misalnya peserta didik tidak mau menolong teman yang sedang mengalami kesulitan, sikap acuh, egois, suka membuat keributan, dan tindakan negatif lainnya. Jika memperhatikan esensi Pendidikan Agama Islam, kondisi siswa yang pandai, namun memiliki perilaku yang tidak baik, maka hal ini menjadi kontra produktif dengan Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti itu sendiri, yaitu pertama, pengembangan spiritualitas, ketakwaan kepada Allah; kedua pengembangan akhlak yang baik dalam kehidupan sehari-hari, mempribadi dalam dirinya, seperti: perilaku kejujuran, keadilan, kesederhanaan, belas kasihan, dan kerja sama yang merupakan bagian integral dari ajaran agama Islam. Buku ini menjadi salah satu solusi dalam pengembangan penilaian Pendidikan Agama Islam yang banyak dialami oleh para guru dengan cara mengadopsi dan adaptasi pendekatan yang holistik dan kontekstual dalam menilai kemajuan hasil belajar peserta didik, serta menggali sumber kebenaran dari Al-Quran dan Hadis Nabi Muhammad Saw., sehingga tujuan pendidikan Islam dapat dicapai, yaitu menuju kesalehan individu dan sosial, selamat dunia dan akhirat. Buku ini juga mengungkapkan strategi dan prosedur pengembangan instrumen evaluasi, baik secara teoritik maupun praktik, sehingga dihasilkan instrumen yang baik, sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh ahli evaluasi. Buku yang ditulis oleh para guru dan asatidz dari berbagai sekolah/madrasah dan pesantren ini memberikan horizon yang kaya dalam penilaian Pendidikan Islam yang dikembangkan dalam institusi mereka, sehingga dapat menjadi referensi berharga bagi para pendidik, pengembang kurikulum, dan pemangku kepentingan pendidikan lainnya untuk meningkatkan kualitas hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Buku ini menjadi sumber inspirasi yang penting bagi mereka yang ingin memajukan pendidikan Agama Islam melalui transformasi penilaian yang holistik. Pembaca akan diberikan pemahaman yang mendalam tentang pentingnya penilaian yang seimbang untuk mencapai tujuan pendidikan Agama Islam.

Buku ini menjadi salah satu solusi dalam pengembangan penilaian Pendidikan Agama Islam yang banyak dialami oleh para guru dengan cara mengadopsi dan adaptasi pendekatan yang holistik dan kontekstual dalam menilai kemajuan hasil belajar ...

STRATEGI PERENCANAAN SUMBER DAYA MANUSIA : Mengelola dan menetapkan SDM yang Berkualitas

Buku "Strategi Perencanaan Sumber Daya Manusia: Mengelola dan Menerapkan SDM yang Berkualitas" membawa pembaca dalam perjalanan mendalam ke dalam dunia manajemen sumber daya manusia (MSDM). Dari pengantar yang menginspirasi hingga pandangan masa depan, buku ini menjelaskan dengan rinci poin-poin penting seperti analisis kebutuhan SDM, perencanaan karir, pengelolaan perubahan, dan konsep SDM dalam evolusi teori manajemen. Konsep perencanaan MSDM diperinci, termasuk rekrutmen, seleksi, dan penempatan karyawan. Buku ini tidak hanya menggarisbawahi strategi-strategi kunci dalam MSDM, tetapi juga menjelaskan bagaimana menerapkannya dengan cerdas dalam konteks perubahan global, teknologi, dan keragaman tempat kerja. Dengan gaya yang jelas dan pandangan mendalam, buku ini menjadi sumber rujukan yang tak ternilai untuk para praktisi MSDM dan pembelajar yang mencari wawasan tentang mengelola sumber daya manusia yang produktif dan berdaya saing.

Buku "Strategi Perencanaan Sumber Daya Manusia: Mengelola dan Menerapkan SDM yang Berkualitas" membawa pembaca dalam perjalanan mendalam ke dalam dunia manajemen sumber daya manusia (MSDM).

Pendidikan Agama Islam Di Era Disrupsi

Pendidikan agama Islam di era disrupsi beserta dampaknya di Indonesia menjadi kajian menarik saat ini. Adanya pergeseran paradigma belajar dengan online learning serta munculnya generasi millenia menjadi perhatian tersendiri di dunia pendidikan.. Era disupsi dengan pemanfaatan teknologi dijadikan syarat dasar. Namun pondas utama dari pendidikan agama islam adalah keteladanan yang tidak dapat terganti dengan keanggihan teknologi manapun. Melalui buku ini, kajian mendasar mengenai pendidikan agama islam di era disrupsi dibahas dalam 9 bab, sehingga dapat menjadi panduan yang komprehensif baik bagi akademisi maupun praktisi. Diharapkan buku ini dapat menjadi sarana penting untuk mempertimbangkan tindakan-tindakan stategis apa yang sesuai dijadikan model, startegi, serta kebijakan dalam pengajaran pendidikan agama islam khususnya di era disrupsi saat ini.

Pendidikan agama Islam di era disrupsi beserta dampaknya di Indonesia menjadi kajian menarik saat ini.

Teknologi Pendidikan

Teknologi pendidikan merupakan aplikasi sistematis dari proses dan sumber teknologi yang relevan dalam pengajaran, dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja siswa. Ini melibatkan pendekatan disiplin untuk mengidentifikasi kebutuhan siswa, menerapkan teknologi dalam instruksi, dan melacak kinerja mereka. Buku ini terdiri dari lima belas bab. Bab pertama tentang konsep dasar teknologi pendidikan, bab dua tentang pengembangan teknologi pendidikan, bab tiga tentang kawasan & ranah teknologi pendidikan, bab empat tentang teknologi pendidikan dalam membentuk karakter bangsa, bab lima tentang teknologi pendidikan dalam masyarakat, bab enam tentang peran teknologi pendidikan dalam implementasi kurikulum merdeka belajar, bab tujuh tentang peningkatan kompetensi guru & dosen melalui teknologi pendidikan, bab delapan tentang perkembangan teknologi komunikasi & dampaknya terhadap pendidikan, bab sembilan tentang pemanfaatan teknologi pendidikan pada pergururuan tinggi, bab sepuluh tentang klasifikasi media pembelajaran, bab sebelas tentang pemanfaatan teknologi pendidikan sekolah, bab dua belas tentang teknologi pendidikan & teori pembelajaran, bab tiga belas tentang teknologi sebagai pendekatan dalam praktik pendidikan, dan bab empat belas tentang teknologi sebagai pendekatan dalam permasalahan pendidikan, bab lima belas tentang penerapan teknologi pendidikan di negara maju dan berkembang,

Teknologi pendidikan merupakan aplikasi sistematis dari proses dan sumber teknologi yang relevan dalam pengajaran, dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja siswa.

Dakwah Tulisan

Pencerahan Era Milenial

Dalam era yang begitu modern dan dinamis seperti saat ini, dimana teknologi berkembang pesat dan informasi dapat dengan mudah diakses melalui berbagai media, menjadikan kita sebagai generasi milenial memiliki tantangan dan peluang tersendiri dalam menyebarkan dakwah dan memperluas wawasan keislaman. Di sinilah pentingnya peran literasi dalam dakwah menjadi landasan utama dalam merespon perubahan zaman dengan memberikan pencerahan yang sesuai dengan nilai-nilai Islam. Buku ini hadir dengan judul “Dakwah Tulisan: Pencerahan Era Milenial” untuk mengajak para pembaca, terutama generasi milenial, dalam mengeksplorasi potensi diri dalam bidang literasi dan memperkaya wawasan keislaman mereka. Buku ini berusaha menggali pemahaman yang mendalam tentang urgensi dakwah di era digital dan mengajak kita untuk menjadi agen perubahan yang produktif, inspiratif, serta bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Melalui buku ini, kita akan menjelajahi berbagai aspek literasi yang relevan dengan kebutuhan dakwah di era milenial. Mulai dari membahas pentingnya kecakapan membaca dan menulis yang baik, hingga memahami strategi dakwah yang efektif menggunakan media sosial dan platform digital. Selain itu, buku ini juga akan mengulas kisah-kisah inspiratif para tokoh literasi muslim yang telah berhasil menyebarkan pencerahan di tengah kemajuan teknologi informasi.

Dalam era yang begitu modern dan dinamis seperti saat ini, dimana teknologi berkembang pesat dan informasi dapat dengan mudah diakses melalui berbagai media, menjadikan kita sebagai generasi milenial memiliki tantangan dan peluang ...

Artificial Intelligence and Transforming Digital Marketing

This book explores how AI is transforming digital marketing and what it means for businesses of all sizes and looks at how AI is being used to personalize content, improve targeting, and optimize campaigns. This book also examines some of the ethical considerations that come with using AI in marketing.

... Syariah. Also, a big issue for many investors is whether there are diversified income streams available from multiple investment channels that can also be liquidated quickly to meet needs as they arise. This fear is overcome if sukuk is ...

Model inkubator bisnis : menciptakan wirausaha millenial dimasa pandemi Covid 19

Buku ini merupakan sebuah pemikiran dan kontribusi penulis untuk mengatasi masih banyaknya lulusan Perguruan Tinggi yang belum siap kerja karena pendidikan kewirausahaan memiliki keterbatasan baik dalam teori maupun praktik, ditambah masa pandemi Covid 19 yang menjadikan tantangan tersendiri dalam dunia wirausaha. Inkubator bisnis sebagai lembaga implementasi dari fungsi Tri Dharma Perguruan Tinggi, memberikan pelatihan kewirausahaan masyarakat untuk menjadi wirausaha muda yang sukses dan bisa beradaptasi pada masa pandemi covid 19. Dengan berlandaskan teori inkubator bisnis, pelatihan, kewirausahaan, inovasi, outcome, dan teori pembelajaran, buku ini memberikan kontribusi hasil pemikiran penulis dalam bentuk model inkubator bisnis berorientasi inovasi untuk menumbuhkan kompetensi kewirausahaan di kalangan masyarakat.

Inovasi itu katanya merupakan kriteria bagi kewiraswastaan; selalu melakukan yang baru atau melakukan sesuatu yang ... (1986:22) sebagai berikut: “Innovation indicated not so much sound daya to daya business management techniques as the ...

TOTAL QUALITY MANAGEMENT DALAM DUNIA PENDIDIKAN

Mutu terpadu atau disebut juga Total Quality Management (TQM) dapat didefinisikan dari tiga kata yang dimilikinya yaitu: Total (keseluruhan), Quality (kualitas, derajat/tingkat keunggulan barang atau jasa), Management (tindakan, seni, cara menghendel, pengendalian, pengarahan). Dari ketiga kata yang dimilikinya, definisi TQM diartikan sebagai sistem manajemen yang berorientasi pada kepuasan pelanggan (customer satisfaction) dengan kegiatan yang diupayakan benar sekali (right first time), melalui perbaikan berkesinambungan (continous improvement) dan memotivasi karyawan, maka TQM dapat di pandangan sebgai suatu sistem manajemen kualitas yang berfokus pada Pelanggan (Customer focused) dengan melibatkan semua unsur karyawan dalam melakukan peningkatan atau perbaikan yang berkesinambungan dan berpartisipasi secara aktif dalam melakukan peningkatan proses, produk, layanan serta budaya dimana mereka bekerja sehingga menghasilkan kualitas terbaik dalam Produk dan Layanan yang pada akhirnya dapat mencapai tujuan kepuasan pelanggan. Strategi yang digunakan pada TQM diantaranya data dan komunikasi yang efektif untuk meng-integrasikan kedisplinan kualitas ke dalam budaya dan kegiatan-kegiatan perusahaan. Maka dari itu Buku ini menyajikan seluruh kebutuhan-kebutuhan para pegawai sebagai inovasi baru untuk menciptakan tatanan pengalolaan, juga menjadikan gudang wawasan bagai kalangan pembaca. Oleh sebab itu buku ini hadir kehadapan sidang pembaca sebagai bagian dari upaya diskusi sekaligus dalam rangka melengkapi khazanah keilmuan dibidang manajemen, sehingga buku ini sangat cocok untuk dijadikan bahan acuan bagi kalangan intelektual dilngkungan perguruan tinggi ataupun praktisi yang berkecimpung langsung dibidang manajemen.

Mutu terpadu atau disebut juga Total Quality Management (TQM) dapat didefinisikan dari tiga kata yang dimilikinya yaitu: Total (keseluruhan), Quality (kualitas, derajat/tingkat keunggulan barang atau jasa), Management (tindakan, seni, cara ...

TEORI & KONSEP PEDAGOGIK

Profesi pendidik memiliki makna yang sangat mendalam dan menjadi kunci majunya kehidupan dan peradaban manusia, bahkan bangsa dan negara. Peran pendidik menjadi sangat penting sebagai agen perubahan pada kehidupan anak bangsa. Oleh karena itu, para calon guru perlu meluangkan waktunya untuk melakukan orientasi spiritualitas profesi pendidik sehingga mampu memiliki internalisasi mendalam atas nilai-nilai pilihan dan keputusan profesinya: Mengapa menjadi Guru? Ada apa dengan Guru? dan Bagaimana menjadi Guru?. Book chapter Teori dan Konsep Pedagogik ini mendeskripsikan teori, dan konsep pedagogic yang dapat membantu setiap individu, baik guru, mahasiswa keguruan, maupun pemerhati pendidikan untuk mengembangkan kemampuan pedagogik berdasarkan kajian teori dan empiris dengan berfokus pada internalisasi nilai-nilai diri. Selain itu, book chapter ini juga dapat menjadi referensi dalam mendukung pencapaian efektivitas kemampuan yang terwujud dalam bentuk pengetahuan, keterampilan, dan sikap melalui aspek pengetahuan pedagogik sebagai dasar kerangka peran dan figur dalam bentuk berpikir; bersikap reflektif dan emosi yang cerdas; kemampuan dalam pola komunikasi instruksional; serta aspek-aspek yang menjadi sarana untuk mewujudkan kompetensi pedagogik. Oleh karena itu, buku ini dapat menjadi buku wajib yang memberi arah dan solusi terhadap kebutuhan pengembangan kompetensi pedagogik

C. Fungsi Komunikasi Pendidikan Secara spesifik, komunikasi merupakan ruh dari keberlangsungan dunia pendidikan memiliki fungsi terhadap peristiwa pendidikan itu sendiri. Fungsi suatu peristiwa komunikasi juga berkaitan dengan ...