Sebanyak 16 item atau buku ditemukan

Model Pendidikan Multikultural

Buku ini membahas tentang model pendidikan di tengah pluralitas dan heterogenitas sebagai konsekuensi keragaman budaya, etnis, suku, dan aliran (agama) yang ada di Indonesia. Pendidikan multikultural menekankan sebuah filosofi pluralisme budaya ke dalam sistem pendidikan yang didasarkan pada prinsip-prinsip persamaan (equality), saling menghormati, menerima, dan memahami serta adanya komitmen moral untuk sebuah keadilan sosial.

... multikultural di kelas baik untuk mata pelajaran agama dan non - agama sudah sesuai dengan teori pendidikan ... Multicultural Education : Issues and Perspectives ... h . 20 . 90 James A Bank , Transforming the Multicultural ...

Moderasi dakwah untuk generasi millenial melalui media digital

Buku ini hadir dengan tujuan utama untuk memberikan panduan praktis kepada para dai, pemuda, dan semua pihak yang tertarik dalam berdakwah di era digital. Kami menyajikan berbagai strategi, metode, dan contoh praktis tentang bagaimana moderasi dakwah dapat diimplementasikan melalui media digital. Dalam buku ini, Anda akan menemukan penjelasan tentang pentingnya memahami konteks media digital dan tantangan yang dihadapi dalam menyampaikan pesan-pesan moderat. Kami juga akan membahas penggunaan platform media sosial, konten digital, podcast, dan berbagai alat komunikasi lainnya sebagai sarana efektif dalam menyebarkan dakwah yang moderat. Kami mengundang Anda untuk menjelajahi setiap bab dalam buku ini, merenungkan ide-ide yang dihadirkan, dan menerapkannya dalam konteks yang sesuai. Kami yakin, dengan penerapan moderasi dakwah melalui media digital, kita dapat meraih potensi yang besar dalam mempengaruhi generasi millenial dengan ajaran Islam yang moderat, inklusif, dan relevan. dalam konteks yang sesuai. Kami yakin, dengan penerapan moderasi dakwah melalui media digital, kita dapat meraih potensi yang besar dalam mempengaruhi generasi millenial dengan ajaran Islam yang moderat, inklusif, dan relevan.

Buku ini hadir dengan tujuan utama untuk memberikan panduan praktis kepada para dai, pemuda, dan semua pihak yang tertarik dalam berdakwah di era digital.

Efektivitas pemanfaatan media berbasis TIK untuk optimalisasi pembelajaran

Perkembangan TIK dalam bidang pendidikan yang menuntut efisiensi dan efektivitas dalam pembelajara. Buku ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi yang bermanfaat bagi guru PAUD pada umumnya beserta Yayasan secara lebih khusus, serta menjadikan bahan informasi bagi lembaga pendidikan dan praktisi pendidikan yang membutuhkan.

... Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra'. https://doi. org/10.30984/jii.v7i1.606 Taufik, A., Apendi, T., Saidi, S., & Istiarsono, Z. (2019). Parental Perspectives on the Excellence of Computer Learning Media in Early Childhood ... (ICT) utilization ...

Morality, character, and discipline in Christian religious education

The important thing that I need to express related to the content of the learning book with the title mentioned above is that morals, character, and discipline are needed in the world of education both Christian education in particular and universal education, namely nationally and even internationally. This is said to be important, given the results of observations and some research, how the crisis of morals, character, and discipline of most of the learners during the transition of this industrial revolution era from time to time is estimated as a negative impact of their lack of skills in responding to the use of digital media that makes them dragged by the negative currents of android that has enveloped the earth. As a result, they become affected and accustomed to vulgar videos that erode their morale so that they mushroom various indecent events, the formation of good characters becomes a failure, and by spending time watching these negative things makes them lose discipline and do not know to train themselves to be disciplined. Dr. Elsina Sihombing, M.Pd Lecturer at IAKN Tarutung, Sumatera Utara -------------------------------------------------------- This is a “must-read” book. If you work in an education or know someone who does, then this book is required reading. I know there are thousand books about the methodology and approaches to help the students ’character, students ‘mental and students ’moral in education institutions such school or college based on the Christianity perspectives but this book is different and you are suggested to have it. Marthen Medlama The Founder and Chairman of STMIK Agamua Wamena, Papua ----------------------------------------------------------------------------------

Daniel Nuhamara expressed moral problems such as fights, fights, criminal acts, and several other problems that occur in education circles. (Nuhamara, 2009, p. 87) Manners in the moral order are increasingly declining which occurs not ...

Perempuan dalam Perspektif Hukum Islam dan HAM

Buku ini membahas pemikiran beberapa gerakan Muslim Indonesia seperti Nahḏatul Ulama (NU), Muhammadiyah, Salafi dan Hizbu Tahrir Indonesia (HTI) terhadap permasalahan hak-hak perempuan di dalam hukum Islam. Hak-hak tersebut, yakni hak kepemimpinan, akses pendidikan dan ekonomi, pekerjaan, serta setara bagi waris, nasab anak luar nikah dan politik. Buku ini membuktikan bahwa pemikiran hukum Islam atas fatwa ulama NU-Muhammadiyah cenderung moderat-progresif, berbeda dalam hukum hak waris, status nasab anak luar nikah, Muhammadiyah cenderung konservatif-literal. Sebaliknya, pemikiran hukum Islam ulama Salafi-HTI cenderung konservatif-literal dalam kepemimpinan, tetapi dalam hak pendidikan dan ekonomi, HTI cenderung moderat-progresif. Hukum hak pekerjaan juga berbeda, HTI cenderung moderat-progresif, Salafi tetap konservatif-literal. Fatwa hukum Salafi-HTI cenderung konservatif-literal dalam hukum hak setara bagian waris dan hak nasab anak luar nikah. Berbeda kembali dalam hak politik, Salafi sangat konservatif-literal, HTI cenderung moderat-progresif. Golongan konservatif-tekstual melihat hak perempuan (HAM) produk barat yang tidak islami. Moderat-progresif berfikir substantif dan moderat, HAM perempuan sesuai Islam, syar’i dan egaliter. Buku ini sependapat dengan Asma Barlas (2005), bahwa ajaran Islam mengoreksi teori patriarki dan menolak dikotomi jender laki-laki dan perempuan. Argumen ini sesuai dengan Mohsin Araki (2005), dan Nasaruddin Umar (2003). Buku ini juga sependapat dengan Siti Ruhaini Dzuhayatin (2015) bahwa rezim gender dalam sudut pandang di organisasi misalnya, didukung landasan teologis serta perilaku kolektif dari superioritas di keluarga berkembang dalam kebijakan sosial dan publik. Dalam buku diskursus Islam moderat-progresif dan konservatif-literal ini menggunakan teori maqāṣīd syarī’ah (tujuan-tujuan syarī’ah) Imam Syatibi dalam tiga level: al-ḏarūriyyāt, al-hājiyyāt, dan al-tahsiniyyāt dan System Approach Jasser Auda. Prinsip utama maqāṣid syarī’ah adalah menciptakan pemahaman serta implementasi hukum baik berupa fatwa maupun regulasi yang maslahat, kesetaraan dan keadilan serta menolak kerusakan (mafsadat). Karenanya, maslahah tidak bertentangan dengan sumber agama.

... Human Rights Fellow Lecture, 14 Oktober, 2003 di School of Law, Emory University, Atlanta, GA. (Diakses 12 Juni 2015) ... Islamic Movements,” in Transformation 30 (2) 117–127 -- 403 --

Fintech dalam Keuangan Islam: Teori dan Praktik

Gelombang revolusi dalam teknologi digital yang terus berkembang dengan pesat telah mengubah wajah dunia. Jika dibandingkan dengan sektor lain, kemajuan teknologi digital ini berjalan lebih gesit dan penuh inovatif. Dari aspek yang sederhana saja, dewasa ini jumlah orang yang memiliki telepon seluler (ponsel) mungkin jauh lebih besar daripada mereka yang memiliki akses terhadap listrik atau air bersih. Difusi gelombang teknologi digital telah merangkak masuk ke semua aspek kehidupan dan ekonomi masyarakat dunia, seperti transportasi, kesehatan, pendidikan, ritel, hotel, dan bahkan keuangan. Dalam sektor keuangan, inovasi teknologi sebenarnya bukan merupakan fenomena baru. Antara teknologi dan keuangan, keduanya memiliki sejarah simbiosis mutualisme yang panjang, sehingga secara inheren teknologi keuangan (financial technology), juga bukan merupakan pengembangan baru bagi industri jasa keuangan. Meskipun demikian, intensitas pembahasan dan kajian tentang keduanya cukup tinggi akhir-akhir ini, terutama karena penetrasi fintech itu sangat cepat. Isu tersebut menjadi perhatian banyak pihak pada berbagai level di Indonesia, baik di kalangan pengambil keputusan, akademisi, dan praktisi bisnis keuangan maupun di tingkat publik (masyarakat) sebagai konsumen atau pengguna fintech. Misalnya seperti isu mata uang kripto (cryptocurrency), bitcoin, blockchain. Meskipun telah muncul banyak perhatikan dari kalangan ekonom secara umum terkait fintech, penulis belum banyak melihat diskursus yang mengaitkannya dengan keuangan Islam. Padahal, kaitannya dengan keuangan Islam (Islamic Finance) menarik untuk dibahas, sebab Indonesia merupakan salah satu pasar ekonomi syariah terbesar di Indonesia (katadata.co.id, 2020). Oleh sebab itu, Book Chapter ini hadir untuk memberikan perspektif baru terkait fintech dari sudut pandang keuangan Islam secara komprehensif dari berbagai kalangan akademisi yang terbagi dalam 18 sub pembahasan yang saling terkait. Tujuannya tentu memberikan edukasi edukasi kepada para umat Islam khususnya, dan bagi pelaku pada pasar ekonomi syariah pada umumnya.

Gelombang revolusi dalam teknologi digital yang terus berkembang dengan pesat telah mengubah wajah dunia.

Pembelajaran Budi Pekerti Berbasis Budaya Batak Toba

Perubahan kurikulum tentu saja berpengaruh pada sistem pembelajaran. Menyadari hal tersebut kami berusaha mempersembahkan Model Pembelajaran Budi Pekerti Berbasis Budaya Batak Toba yang dapat membentuk karakter siswa dan juga efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam Model Pembelajaran Budi Pekerti Berbasis Budaya Batak ini kami lebih menekankan pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik secara seimbang yang berorientasi pada pembelajaran Berbasis Budaya Batak Toba. Model Pembelajaran Budi Pekerti Berbasis Budaya Batak ini dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan media belajar yang mengacu pada standar Kurikulum yang berlaku. Selain sesuai dengan standar pembelajaran yang berlaku saat ini, penyajian materi buku ini juga kami sajikan secara sistematis, sederhana, dan komunikatif sehingga mudah dimengerti. Model Pembelajaran Budi Pekerti Berbasis Budaya Batak ini disusun dengan mengacu pada pendekatan Saintifik. Model Pembelajaran Berbasis Budaya Batak Toba ini memandang sebagai kegiatan manusia dan harus dikaitkan dengan realitas. Budaya Batak Toba harus dekat dan relevan dengan kehidupan siswa sehari-hari. Model Pembelajaran Budi Pekerti Berbasis Budaya Batak dikemas sebagai proses “memberikan masalah nyata yang terbimbing”. Di sini siswa dapat mengalami proses yang sama dengan proses penemuan ide dan konsep Pembelajaran Budi Pekerti Berbasis Budaya Batak Toba. Proses penemuan kembali ide dan konsep Pembelajaran Budi Pekerti Berbasis Budaya Batak Toba ini dilakukan melalui Pembelajaran secara horizontal dan vertikal. Penyusun berharap dengan menggunakan model ini dapat membentuk karakter siswa dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam pengelolaan pembelajaran dengan menggunakan model ini diharapkan dapat menjadi lebih baik dan membantu profesionalisme guru sebagai tenaga pengajar.

Menyadari hal tersebut kami berusaha mempersembahkan Model Pembelajaran Budi Pekerti Berbasis Budaya Batak Toba yang dapat membentuk karakter siswa dan juga efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya

Kami memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas diterbitkannya Buku ini, karena merupakan bagian buku pengajaran yang ada dalam kurikulum program studi manajemen pada Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Humaniora. Dengan diterbitkan buku pengantar Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya ini bisa menjadi referensi pada dosen dam mahasiswa agar memahami secara komprehensif tentang perbankan maupun lembaga-lembaga keuanga lainnya. Buku yang terdiri dari tujuh bagian, dengan pembahasan yang lugas dan tuntas, berharap semoga bermanfaat bagi mahasiswa di lingkungan Universitas Tangerang Raya pada khususnya dan bagi masyarakat pada umumnya. Secara singkat buku ini membahas tentang perkembangan ekonomi perbankan dan kegiatan transaksi dalam perekonomian baik dalam pengertian lembaga maupun pengertian fisik, sehingga menjadi sesuatu yang sangat penting dalam perekonomian di Indonesia. Akhirnya, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada penulis/penyusun yang telah banyak meluangkan waktu, mencurahkan tenaga dan pikirannya, hingga tersusunnya buku Pengantar Bank dan Lembaga Keuangan lainnya ini. Wassalamu’alaikum Wr. Wb. Tangerang, Mei 2022 Dekan Fakultas Ekonomi Bisnis & Humaniora Universitas Tangerang Raya Sri Sukartono Natadiharja, SE. S.IP. MM.

Dengan diterbitkan buku pengantar Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya ini bisa menjadi referensi pada dosen dam mahasiswa agar memahami secara komprehensif tentang perbankan maupun lembaga-lembaga keuanga lainnya.

Budaya Organisasi, Manajemen Konflik, Keadilan Prosedural dan Kepuasan pada Pekerjaan

Buku Budaya Organisasi, Manajemen Konflik, Keadilan Prosedural dan Kepuasan pada Pekerjaan merupakan konversi dari disertasi penulis untuk studi Doktoral. Buku ini diharapkan dapat membuat pembaca mampu (1) Memahami pengertian komitmen normatif, budaya organisasi, manajemen konflik, keadilan Prosedural dan Kepuasan Pada Pekerjaan, (2) Menganalisis pengaruh budaya organisasi terhadap kepuasan pada pekerjaan, (3) Menganalisis pengaruh manajemen konflik terhadap kepuasan pada pekerjaan, (4) Menganalisis pengaruh keadilan prosedural terhadap kepuasan pada pekerjaan, (5) Menganalisis pengaruh budaya organisasi terhadap komitmen normatif, (6) Menganalisis pengaruh manajemen konflik terhadap komitmen normatif, (7) Menganalisis pengaruh keadilan prosdural terhadap komitmen normatif, (8) Menganalisis pengaruh kepuasan pada pekerjaan terhadap komitmen normatif, (9) Mengkonstruk variabel budaya organisasi, manajemen konflik, keadilan prosedural, kepuasan pada pekerjaan dan komitmen nornatif. Selain itu buku ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa yang sedang menulis skripsi, thesis dan Disertasi, khususnya bagi mahasiswa program studi manajemen pendidikan. Semoga buku ini bermanfaat bagi pembaca dan mohon masukan konstruktif dan kritikan yang membangun untuk perkembangan ilmu, khususnya dalam bidang manajemen pendidikan.

Buku Budaya Organisasi, Manajemen Konflik, Keadilan Prosedural dan Kepuasan pada Pekerjaan merupakan konversi dari disertasi penulis untuk studi Doktoral.