Sebanyak 1407 item atau buku ditemukan

Filsafat Sains: Menurut Ibn al-Haytham

Ibn al-Haytham adalah seorang ilmuwan lslam yang ahli dalam bidang sains, falak, matematika, geometri, dan pengobatan. la dikenal sangat ahli dalam bidang-bidang ilmu optik khususnya penyelidikannya mengenai cahaya. Selain sains, lbn al-Haytham juga banyak menulis mengenai falsafah, logika, metafisik, dan persoalan yang berkaitan dengan keagamaan. Beliau turut menulis ulasan dan ringkasan terhadap karya-karya sarjana terdahulu. Penulisan filsafatnya banyak tertumpu kepada aspek kebenaran dalam masalah yang menjadi perdebatan pada zamannya. Buku ini menitikberatkan pada kajian falsafah sebagaimana digagas oleh Ibn al-Haytham. Pandangan-pandangan filosofisnya telah memberikan beberapa dasar perkembangan ilmu sains dan pada saat yang sama, tulisan filsafatnya telah membuktikan keaslian pemikiran sarjana Islam dalam bidang ilmu tersebut yang relatif independen dan tak kalah dengan pemikiran-pemikiran filsafat Yunani kuno. Pembaca, baik dosen, mahasiswa maupun kalangan umum yang tertarik dengan filsafat, khususnya filsafat Islam, dapat memperoleh wawasan yang bagus dengan membaca buku ini. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

... umum. Menurut Nasr, filsafat (yaitu islamic philosophy) atau al-ḥikmah dalam hal ini dapat dikatakan merupakan ... general meaning of 'philosophy' as used in modern European languages, which would extend to many other traditional ...

Pendidikan Pancasila

Pendidikan Pancasila merupakan salah satu mata kuliah wajib yang selalu ada di universitas. Pendidikan Pancasila dapat membentuk warga negara yang baik dan paham akan hak dan kewajibannya sebagai warga negara serta memiliki rasa cinta dan nasionalisme terhadap negara Indonesia. Modul ini akan membahas sejarah singkat kelahiran Pancasila serta dinamika Pancasila setelah kemerdekaan bangsa Indonesia; Pancasila sebagai dasar negara; Pancasila sebagai sistem filsafat; Pancasila sebagai sistem etika; kedudukan dan fungsi pancasila; dan pancasila sebagai ideologi negara. Semoga modul ini dapat bermanfaat secara baik dan memberikan kontribusi yang signifikan dalam pembelajaran pendidikan Pancasila, dalam rangka memantapkan kepribadian anak bangsa.

Pendidikan Pancasila merupakan salah satu mata kuliah wajib yang selalu ada di universitas.

The Making Of Iran's Islamic Revolution

From Monarchy To Islamic Republic, Second Edition

In this fully revised and expanded second edition, Dr. Milani offers new insights into the causes and profound consequences of Iran's Islamic Revolution. Drawing on dozens of personal interviews with the officials of the Islamic Republic and on recently released documents, he presents a provocative analysis of the dynamics and characteristics of factional politics in Islamic Iran. Among the new issues covered are the events leading up to the Teheran hostage crisis, Ayatollah Khomeini's life and writings, President Rafsanjani's activities against the Shah, Rafsanjani's recent reforms, Iran's involvement in the Kuwaiti crisis, and the domestic and foreign policy challenges facing Iran in the post?Cold War era.The second edition is specifically revised for use as a text for courses dealing with Iran, the Middle East, and revolutionary movements.

Among the new issues covered are the events leading up to the Teheran hostage crisis, Ayatollah Khomeini's life and writings, President Rafsanjani's activities against the Shah, Rafsanjani's recent reforms, Iran's involvement in the Kuwaiti ...

Social Policy in the Islamic World

This book examines social policy in Muslim countries across the world and the status and role of Islamic teachings in such policies. It fills a gap in the literature by reviewing and comparing the experience of several Muslim countries from across the world. The existing social policy literature lacks a comprehensive appraisal of the social policy scene in Muslim societies, especially from a comparative perspective. This book will be of interest to a wide audience in the academic and policy forums related to and interested in Muslim societies and communities.

This book examines social policy in Muslim countries across the world and the status and role of Islamic teachings in such policies.

Cruel and Usual Punishment

The Terrifying Global Implications of Islamic Law

Nonie Darwish lived for thirty years in a majority Muslim nation. Everything about her life?family, sexuality, hygiene, business, banking, contracts, economics, politics, social issues, everything?was dictated by the Islamic law code known as Sharia. But Sharia isn't staying in majority Muslim nations. Darwish now lives in the West and brings a warning; the goal of radical Islam is to bring Sharia law to your country. If that happens, the fabric of Western law and liberty will be ripped in two. Under Sharia law: A woman can be beaten for talking to men who are not her relatives and flogged for not wearing a headdress Daughters, sisters, and wives can be legally killed by the men in their family Non-Muslims can be beheaded, and their Muslim killers will not receive the death penalty Certain kinds of child molestation are allowed The husband of a "rebellious" wife can deny her medical care or place her under house arrest Think it can't happen? In 2008, England?once the seat of Western liberty and now the home of many Muslim immigrants?declared that Sharia courts in Britain have the force of law. When Muslim populations reach as little as 1 or 2 percent, says Darwish, they begin making demands of the larger community, such as foot-level faucets for washing before praying in public schools, businesses, and airports. "Airports in Kansas City, Phoenix, and Indianapolis are among those who have already installed foot baths for Muslim cab drivers," writes Darwish. These demands test how far Westerners will go in accommodating the Muslim minority. How far will they push? The Organization of the Islamic Conference works to Islamize international human rights laws and apply Sharia "standards" for blasphemy to all nations. The penalty for blasphemy? Death. Weaving personal experience together with extensive documentation and research, Darwish exposes the facts and reveals the global threat posed by Sharia law. Anyone concerned about Western rights and liberties ignores her warning and analysis at their peril.

How far will they push? The Organization of the Islamic Conference works to Islamize international human rights laws and apply Sharia "standards" for blasphemy to all nations. The penalty for blasphemy? Death.

The Organization of Islamic Cooperation and Human Rights

Established in 1969, the Organization of Islamic Cooperation (OIC) is an intergovernmental organization the purpose of which is the strengthening of solidarity among Muslims. Headquartered in Jeddah, the OIC today consists of fifty seven states from the Middle East, Asia, Africa, and Latin America. The OIC's longevity and geographic reach, combined with its self-proclaimed role as the United Nations of the Muslim world, raise certain expectations as to its role in global human rights politics. However, to date, these hopes have been unfulfilled. The Organization of Islamic Cooperation and Human Rights sets out to demonstrate the potential and shortcomings of the OIC and the obstacles on the paths it has navigated. Historically, the OIC has had a complicated relationship with the international human rights regime. Palestinian self-determination was an important catalyst for the founding of the OIC, but the OIC did not develop a comprehensive human rights approach in its first decades. In fact, human rights issues were rarely, if at all, mentioned at the organization's summits or annual conferences of foreign ministers. Instead, the OIC tended to focus on protecting Islamic holy sites and strengthening economic cooperation among member states. As other international and regional organizations expanded the international human rights system in the 1990s, the OIC began to pay greater attention to human rights, although not always in a manner that aligned with Western conceptions. This volume provides essential empirical and theoretical insights into OIC practices, contemporary challenges to human rights, intergovernmental organizations, and global Islam. Essays by some of the world's leading scholars examine the OIC's human rights activities at different levels—in the UN, the organization's own institutions, and at the member-state level—and assess different aspects of the OIC's approach, identifying priority areas of involvement and underlying conceptions of human rights. Contributors: Hirah Azhar, Mashood A. Baderin, Anthony Tirado Chase, Ioana Cismas, Moataz El Fegiery, Turan Kayaoglu, Martin Lestra, Ann Elizabeth Mayer, Mahmood Monshipouri, Marie Juul Petersen, Zeynep Şahin-Mencütek, Heiní Skorini, M. Evren Tok.

This volume provides essential empirical and theoretical insights into OIC practices, contemporary challenges to human rights, intergovernmental organizations, and global Islam.

Penggambaran Nilai Moderasi Beragama dalam Tayangan Kartun Anak Nussa Rara dan Omar Hana

Buku ini membahas tentang bagaimana anak-anak digambarkan dalam dua film Indonesia dan Malaysia (Nusa Rara dan Omar Hana) menyikapi pluralisme. Berbekal CDA, buku ini bercerita bagaimana tim kedua film menyelipkan pesan-pesan kebaikan sekaligus nilai apa yang diselipkan di dalamnya. Pada buku ini kita akan diajak menemukan beberapa persamaan sekaligus juga perbedaan penggambaran nilai-nilai moderasi beragama pada kedua tayangan kartun anak tersebut, serta merefleksikan wacana yang ingin disampaikan pembuat film. Lepas dari nilai-nilai baik menghadapi pluralisme di masyarakat yang nampak dalam toleransi, komitmen kebangsaan, antikekerasan, dan mengakomodir kebudayaan lokal yang dikemas dengan baik, buku ini juga mencoba menemukan agenda apa yang dimasukkan dalam pilihan baik verbal maupun visual pada kedua film.

Buku ini membahas tentang bagaimana anak-anak digambarkan dalam dua film Indonesia dan Malaysia (Nusa Rara dan Omar Hana) menyikapi pluralisme.

MODERASI BERAGAMA DI KALANGAN NAHDLATUL ULAMA DAN MUHAMMADIYAH

Dalam masyarakat multikultural seperti Indonesia, moderasi beragama bisa jadi bukan pilihan, melainkan keharusan. Moderasi beragama harus dipahami sebagai sikap beragama yang seimbang antara pengamalan agama sendiri (eksklusif) dan penghormatan kepada praktik beragama orang lain yang berbeda keyakinan (inklusif). Keseimbangan atau jalan tengah dalam praktik beragama ini niscaya akan menghindarkan kita dari sikap ekstrem berlebihan, fanatik dan sikap revolusioner dalam beragama. Moderasi beragama merupakan solusi atas hadirnya dua kutub ekstrem dalam beragama, kutub ultra­konservatif atau ekstrem kanan di satu sisi, dan liberal atau ekstrem kiri di sisi lain. Moderasi beragama sebagai cara pandang, sikap, dan perilaku selalu mengambil posisi di tengah­tengah, selalu bertindak adil, dan tidak ekstrem dalam beragama, tentu perlu adanya ukuran, batasan, dan indikator untuk menentukan apakah sebuah cara pandang, sikap, dan perilaku beragama tertentu itu tergolong moderat atau ekstrem. Ukuran tersebut dapat dibuat dengan berlandaskan pada sumber­sumber terpercaya, seperti teks­teks agama, konstitusi negara, kearifan lokal, serta konsensus dan kesepakatan bersama. Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah sebagai organisasi Islam terbesar di Indonesia memiliki peran strategis dalam mendialogkan faham dan cara beragama yang moderat di tengah masyarakat Indonesia yang majemuk. Kedua ormas ini, dinilai sebagai salah satu dari beberapa ormas yang berpandangan moderat dan mengedepankan pendekatan humanis sebagai bagian dari strategi moderasi beragama, di samping keduanya memiliki modal jaringan organisasi yang kuat dan luas yang dapat mencapai akar rumput sehingga strategis dalam upaya mengonter radikalisme, ekstremisme, dan terorisme.

Dalam masyarakat multikultural seperti Indonesia, moderasi beragama bisa jadi bukan pilihan, melainkan keharusan.

Moderasi Beragama Reproduksi Kultur Keberagamaan Moderat di Kalangan Generasi Muda Muslim

Lembaga pendidikan Islam merupakan tempat yang sangat vital bagi proses transmisi pengetahuan dan transmutasi kultur keberagamaan. Di tengah gencarnya upaya pemerintah dalam mempromosikan narasi diplomatik sebagai model negara Muslim demokratis, yang menjunjung tinggi nilai-nilai pluralisme agama dan toleransi, maka eksistensi dan peran lembaga pendidikan Islam semakin tidak bisa dinafikan. Karena itulah, hadirnya buku hasil kajian Sdr. Nur Kafid ini sangat penting. Selain dapat memperkaya rujukan bagi kajian keislaman Indonesia kontemporer, juga dapat menjadi inspirasi bagi upaya penguatan kultur keberagamaan moderat di lingkungan pendidikan. ÑProf. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag. Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Ditjend Pendis, Kemenag RI Buku ini merupakan hasil pergulatan akademik penulis di tengah kecenderungan semakin menguatnya paham, sikap dan perilaku keberagamaan yang intoleran hingga radikal-ekstrem di Indonesia, terutama di kalangan generasi muda muslim. Untuk itu, hadirnya buku ini sangatlah penting untuk dijadikan sebagai rujukan bagi para akademisi maupun praktisi yang konsen dalam bidang kajian keislaman, terutama yang berkelindan dengan tren keberagamaan generasi muslim milenial. ÑProf. Dr. Zulkifli, MA. Direktur Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Kaum muda dan dunianya selalu jadi topik menarik. Apalagi ekspresi keagamaan mereka. Dalam konteks moderasi beragama juga begitu, implementasinya pada generasi muda perlu diperhatikan seperti yang dirangkum di buku ini. Menyambut kehadiran buku ini, saya memiliki optimisme kuat. Bahwa ini merupakan perkembangan menarik dan menggembirakan tentang keberlanjutan moderasi beragama di Indonesia. ÑSavic Ali Ketua PBNU dan Founder Islami.co

Karena itulah, hadirnya buku hasil kajian Sdr. Nur Kafid ini sangat penting.

Conquests and Rents

A Political Economy of Dictatorship and Violence in Muslim Societies

"Why do many Muslim-majority societies exhibit dictatorship and violence? It is not due to Islam nor aspects of Muslim culture. Rather, this book argues the institutional legacy of the Muslim conquests and variation in nontax government revenues (rents) explain patterns of dictatorship and violence in many Muslim societies today"--

Why are many Muslim-majority societies prone to dictatorship and violence? The reason is not Islam, but institutions and government finances.