Sebanyak 3608 item atau buku ditemukan

Statistika Matematika

Statistika Matematika merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa Jurusan Matematika. Sebagian besar mahasiswa mengalami kesulitan dalam mepelajari statistika matematika. Oleh karena itu, hadirnya buku teks ini diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam mempelajari satatistika matematika dengan baik. Materi-materi dasar dalam mempelajari statistika matematika adalah momen-momen dari variabel acak seperti ekspektasi, variansi, skewness, kurtosis, fungsi pembangkit momen, fungsi karakteristik, distribusi variabel acak gabungan yang meliputi distribusi variabel acak gabungan diskret, distribusi variabel acak gabungan kontinu, distribusi marginal, distribusi bersyarat, fungsi pembangkit momen gabungan, kovariansi, koefisien korelasi, dan independensi variabel acak, distribusi fungsi variabel acak dengan berbagai metode, distribusi dari orde statistik, distribusi pendekatan dan estimasi parameter beserta kriteria mengevaluasi estimator. Materi statistika matematika ini menjadi dasar pada mata kuliah lebih lanjut seperti proses stokastik, analisis data survival, analisis reliabilitas, matematika aktuaria, dan lain sebagainya.

Statistika Matematika merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa Jurusan Matematika. Sebagian besar mahasiswa mengalami kesulitan dalam mepelajari statistika matematika.

STATISTIKA INFERENSIAL : TEORI DAN APLIKASI

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah mencurahkan kasih sayang serta karuniaNya sehingga buku ini dapat penulis hadirkan ditengah-tengah kita pada saat ini. Pernahkah terbesit dipikiran kita pertanyaan mengenai berapakah rata-rata pengeluaran kita per bulan yang dihabiskan untuk konsumsi atau biaya lain seperti rekreasi, pendidikan, dan lain-lain?, apakah terdapat perbedaan yang nyata dari penghasilan diantara penjual usaha mikro pada pusat perbelanjaan yang kita kunjungi?, atau pernahkah kita berpikir apakah terdapat hubungan yang erat antara upah atau gaji yang kita terima dengan masa kerja yang telah kita jalani selama ini?, atau laba usaha yang kita peroleh dengan promosi yang kita tayangkan di media massa atau media sosial?. Jika pernah maka sebenarnya semua ukuran-ukuran tersebut merupakan ukuran statistik yang secara tidak sadar kerap kita gunakan sehari-hari. Banyak sekali alat-alat statistik yang digunakan dalam rangka menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan suatu fenomena yang memerlukan output numerik serta kesimpulan yang dapat dibuktikan dan dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Buku statistika ini merupakan jilid kedua dari buku terdahulu yang berisi materi-materi statistika inferensial atau induktif seperti: teori probabilitas dan distribusinya, pengujian hipotesis, analisis varians, regresi linear, dll. Penulis berusaha untuk menyajikan buku ini secara detail, sistematis, dan mudah untuk dibaca serta difahami oleh para pembacanya khususnya bagi mahasiswa yang sedang memerlukan referensi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan statistika ekonomi. Buku ini juga menyajikan variasi soal atau permasalahan serta latihan soal beserta jawaban pada bagian akhir setiap babnya. Diharapkan setelah membaca buku ini, bagi para pembaca mampu memahami serta memiliki kemampuan dalam memecahkan permasalahan yang v berkaitan dengan statistika inferensial di bidang ekonomi secara tepat. Tidak lupa penulis sampaikan rasa terima kasih kepada Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda dan penerbit yang berkenan menerbitkan buku ini serta kepada semua pihak yang berkontribusi dalam penyusunan dan penerbitan buku ini. Kepada kampusku tercinta, ini adalah persembahan penulis atas segala kepercayaan yang diberikan kepada penulis selama ini. Kepada orang tua Penulis semoga ini menjadi ladang amal bagi mereka. Semoga buku ini bermanfaat bagi para pembaca dan dapat menambah referensi bagi ilmu statistika yang sudah ada. Akhirnya untuk perbaikan buku ini dimasa depan, penulis sangat mengharapkan kritik serta saran bagi perbaikan-perbaikan di edisi yang akan datang.

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah mencurahkan kasih sayang serta karuniaNya sehingga buku ini dapat penulis hadirkan ditengah-tengah kita pada saat ini.

MODUL BERBASIS ATONG MATERI STATISTIKA SEKOLAH

Dalam modul ini penulis mencoba menyajikan materi statistika yang dapat digunakan diberbagai jenjang pendidikan sekolah. Materi statistika yang disajikan didalam modul ini antara lain: pengantar statistika, pengumpulan data, penyajian data, dan pengolahan data. Modul ini dilengkapi pula dengan contoh soal, latihan, dan tes formatif untuk meningkatkan literasi matematis siswa dan membantu siswa untuk belajar secara mandiri maupun dibawah asuhan guru.

Dalam modul ini penulis mencoba menyajikan materi statistika yang dapat digunakan diberbagai jenjang pendidikan sekolah.

MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS TIK

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang memberikan limpahan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan buku “Pembelajaran Matematika Berbasis TIK" ini. Buku ini disusun sebagai upaya mencari solusi dari berbagai masalah yang muncul dalam kegiatan pembelajaran di kelas, sehingga akan tercipta kegiatan pembelajaran di kelas yang lebih menarik dan mememudahkan peserta didik dalam memahami konsep matematika sehingga tercapai tujuan pembelajaran. Buku ini membahas tentang penggunaan aplikasi powerpoint dan geogebra dan memanfaatkanya dalam pembelajaran matematika. Dalam penyusunan buku ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu selayaknya penulis sampaikan ucapan terima kasih dengan tulus dan sedalamdalamnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam penulisan buku ini. Penulis menyadari, bahwa buku ini masih banyak kekurangan dan jauh dari sempurna, oleh karena itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang memberikan limpahan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan buku “Pembelajaran Matematika Berbasis TIK" ini.

Media Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Media pembelajaran adalah semua jenis alat atau instrumen yang berbentuk fisik maupun nonfisik, baik dalam bentuk software maupun hardware, tercetak maupun audivisual yang digunakan pendidik sebagai penghubung untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik dan merangsang minat, perhatian, pikiran, dan perasaan peserta didik sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif. Media pembelajaran dapat berupa modul, teman, instruktur, buku, video, gambar atau foto, slide, recorder, film, dan lain sebagainya. Elemen media pembelajaran terdiri atas lima elemen yaitu teks, gambar, suara, video, dan animasi. Teks berupa naskah, tulisan, ataupun simbol, gambar berupa ilustrasi atau sketsa atas suatu benda, peristiwa, atau yang lainnya, dan suara berupa bunyi yang dapat berbentuk percakapan, melodi, dan lain sebagainya. Sedangkan video berupa rekaman atas suatu kejadian dan animasi berupa serangkaian gambar yang tampak bergerak. Buku ini akan membahas teori tentang media pembelajaran yang disertai turorial pembuatan media pembelajaran dengan beberapa jenis aplikasi atau platform. Pembaca akan diajak memahami tentang sumber belajar, media pembelajaran, dan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Pada akhir bab pembaca akan mempraktikkan membuat media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan menggunakan Microsoft Powerpoint, Flipbook, Mindjet MindManager, Canva, dan Quizizz. Penulis berharap pembaca akan memahami tentang media pembelajaran baik dari segi teori maupun dari segi praktik.

Media pembelajaran adalah semua jenis alat atau instrumen yang berbentuk fisik maupun nonfisik, baik dalam bentuk software maupun hardware, tercetak maupun audivisual yang digunakan pendidik sebagai penghubung untuk menyampaikan materi ...

MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR TIK MATERI TOPOLOGI JARINGAN DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN

Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Allah, Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmat-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan buku dengan judul Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Tik Materi Topologi Jaringan dengan Media Pembelajaran. Atas bantuan dan dukungan yang secara langsung maupun tidak langsung yang telah Kami terima, penulis ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar–besarnya kepada 1. Orang tua kami yang telah membimbing serta memberikan semangat kepada kami selama ini. 2. Ibu Sri Nuryati, S.Pd., M.Pd. selaku Kepa la SMP Negeri 1 Wonogir i yang sangat membantu kami dalam penulisan dan penyelesaian buku ini. 3. Bapak Sriyono, M.Pd. selaku G uru SMP Negeri 1 Wo nog iri yang telah membimbing dan sangat membantu kami dalam penulisan dan penyelesaian buku ini. 4. Bapak dan Ibu Guru SMP Neger i 1 Wo nog ir i yang sangat membantu kami dalam penulisan dan penyelesaian buku ini. 5. Bapak/Ibu Staf Tata Usaha SMPN 1 Wonogiri yang telah banyak menyediakan waktu dan membantu dalam penulisan buku ini. 6. Semua pihak yang namanya tidak dapat disebutkan satu-per satu. Dengan segala kemampuan yang ada serta mengingat terbatasnya pengalaman dan pengetahuan, kami sepenuhnya menyadari bahwa buku ini masih jauh dari sempurna, baik dalam pengungkapan, pokok pikiran, tata bahasa, maupun kelengkapan pembahasannya. Semoga dengan hasil dari penelitian kami dalam buku ini dapat berguna bagi yang membutuhkan.

Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Allah, Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmat-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan buku dengan judul Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Tik Materi Topologi Jaringan dengan Media ...

DESAIN PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF JENJANG MI/SD (Dari Konvensional Menuju Kontekstual yang Fungsional)

Buku yang ada di hadapan para pembaca budiman ini terdiri dari 8 bab yang mengkaji tentang pembelajaran tematik, diberi judul Desain Pembelajaran Tematik Integratif Jenjang MI/SD. Pada bagian awal atau bab pertama mengulas tentang historisitas pembelajaran tematik yang mendeskripsikan bahwa pembelajaran tematik bukanlah hal baru dalam pengembangan kurikulum di Indonesia, sebab cikal-bakal dan mula-mula sudah ada sejak kurikulum sebelumnya; KBK dan KTSP, hanya saja proses penyempurnaannya terus berlangsung ketika dicanangkan dan ditetapkan kurikulum 2013, melalui peraturan pemerintah dan permendikbud yang terus mengalami pengembangan hingga revisi ketiga di tahun 2016. Pada bagian ini juga dikemukakan bahwa pembelajaran tematik adalah alternatif perubahan atau inovasi pembelajaran dari konvensional menuju kontekstual yang fungsional.

Buku yang ada di hadapan para pembaca budiman ini terdiri dari 8 bab yang mengkaji tentang pembelajaran tematik, diberi judul Desain Pembelajaran Tematik Integratif Jenjang MI/SD.

DIFUSI INOVASI PEMBELAJARAN TEMATIK

Buku ini merupakan hasil penelitian sebagai sebuah disertasi yang dimaksudkan untuk mendeskripsikan proses difusi inovasi pembelajaran tematik

Buku ini merupakan hasil penelitian sebagai sebuah disertasi yang dimaksudkan untuk mendeskripsikan proses difusi inovasi pembelajaran tematik

EVALUASI PEMBELAJARAN TEMATIK PADA MATA PELAJARAN IPS

Guru memiliki peran strategis dalam melahirkan sumber daya manusia (SDM) yang kreatif dan berkualitas. Dengan SDM tersebut maka berbagai macam pembangunan di masyarakat akan mudah diselesaikan dengan baik. Oleh karena itu guru perlu dibekali dengan berbagai kompetensi mencakup; kompetensi pedagogik, profesional, personal, sosial dan kepemimpinan dalam melaksanakan tugas-tugas keguruannya. Mendasarkan pada posisi strtaegis guru tersebut, Pemerintah telah menetapkan tugas-tugas pokok guru yang harus dilakukan untuk merealisasikan harapan masyarakat dan pemerintah, sebagaimana yang dituangkan dalam PP nomor 74 tahun 2008 tentang Guru pada pasal 1 yaitu bahwa Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Mengevaluasi adalah Salah satu tugas utama guru yang menghasilkan tafsiran dan ketetapan mengenai posisi hasil belajar yang telah dan atau belum dicapai oleh peserta didik dalam suatu kegiatan belajar mengajar baik yang dilakukan di kelas maupun di luar kelas. Oleh karena itu pemahaman dan keterampilan guru dalam melakukan evaluasi pembelajaran merupakan suatu keniscayaan. Jika seorang guru tidak memiliki pemahanan dan keterampilan mengenai evaluasi pembelajaran, maka dimungkinkan hasil tafsiran dan keputusannya tentang hasil belajar yang dicapai peserta didiknya akan salah dan atau sebaliknya.

Proses Pembelajaran Tematik Pada Mata Pelajaran IPS Evaluasi pembelajaran tematik pada mata pelajaran IPS merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Masing-masing sekolah mempunyai ciri khas pembelajaran tersendiri dengan ...

Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal Malang Selatan

Penelitian tentang “Pengembangan Media Audio Visual Adobe Flash Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal Malang Selatan untuk Siswa Inklusi” merupakan sebuah penelitian R&D dengan luaran produk berupa bahan ajar penunjang untuk kearifan lokal Malang selatan untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Gambaran dalam pembuatan produk bahan ajar kearifan lokal Malang selatan ini diharapkan agar menjadi pedoman bagi guru, praktisi, dan penggiat pendidikan di SD dalam pengajaran di kelas untuk tetap menjunjung tinggi nilai nilai kearifan lokal yang ada. Selain itu, peneliti berharap produk yang dikembangkan dapat menjadi inspirasi para guru SD untuk mengembangkan kearifan lokal tempat tinggal masing-masing agar nantinya kearifan lokal tidak punah di telan oleh perkembangan zaman.

Penelitian tentang “Pengembangan Media Audio Visual Adobe Flash Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal Malang Selatan untuk Siswa Inklusi” merupakan sebuah penelitian R&D dengan luaran produk berupa bahan ajar penunjang untuk ...