Sebanyak 3559 item atau buku ditemukan

PENGUATAN NILAI MODERASI BERAGAMA PASRAMAN

Tindakan radikalisme dan intoleransi yang mengancam keharmonisan sosial telah merasuki lingkungan pendidikan, mempengaruhi sebagian mahasiswa dan pelajar dengan pandangan yang anti Pancasila. Upaya mendesak diperlukan untuk menangani situasi ini sebelum kerusakan yang lebih luas terjadi. Buku ini membahas terkait penguatan nilai moderasi beragama pasraman, didalamnya dibahas terkait, pengembangan kurikulum yang diterpkan, peran pasraman dan strategi pasraman dalam penguatan penanaman nilai moderasi beragama.

Buku ini membahas terkait penguatan nilai moderasi beragama pasraman, didalamnya dibahas terkait, pengembangan kurikulum yang diterpkan, peran pasraman dan strategi pasraman dalam penguatan penanaman nilai moderasi beragama.

Kuliah Kerja Nyata Berbasis Moderasi Beragama

Judul : Kuliah Kerja Nyata Berbasis Moderasi Beragama Penulis : Nuni Oktaviani., SP, M.M., Tenda Budiyanto., M.HI., dan Dr. Zamzami., SH., M.Ag Editor : Frenky Mubarok, M.Ud Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 86 Halaman Cover : Soft Cover No. QRCBN : 62-2066-8076-784

Judul : Kuliah Kerja Nyata Berbasis Moderasi Beragama Penulis : Nuni Oktaviani., SP, M.M., Tenda Budiyanto., M.HI., dan Dr. Zamzami.

Profesi Kependidikan

Buku Ajar Mengenai Profesi Kependidikan

Buku Ajar Mengenai Profesi Kependidikan

Belajar dan Pembelajaran Sekolah Dasar: Fenomena, Teori, dan Implementasi

Belajar menjadi kegiatan inti di dalam proses kehidupan manusia. Manusia menjadi sempurna ketika belajar dan mampu menerapkannya. Belajar dalam konteks ini bermakna luas, dan tidak terpatok pada kegiatan formal di sekolah, madrasah, atau pesantren. Singkatnya, belajar itu luas bisa di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja kita dapat belajar tanpa henti. Islam jauh-jauh hari memegang teguh prinsip yang menganjurkan untuk menuntut ilmu. Di dalam Al-Quran disebutkan: “Allah akan meninggikan beberapa derajat orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan (iImu) beberapa derajat (QS. Al Mujadalah 11). Nabi Muhammad Saw juga menyeru umat Islam untuk menuntut ilmu mulai dari ayunan, hingga liang lahat (kuburan), menuntut ilmu sampai ke negeri Cina, dan anjuran yang lain. Prinsip memang demikian. Bahkan, UNESCO pun membuat rumus yang senada dengan konsep empat pilar belajar. Empat pilar tersebut ialah: learning to know (belajar untuk mengetahui), learning to do (belajar untuk terampil melakukan sesuatu), learning to be (belajar untuk menjadi seseorang), dan learning to live together (belajar untuk menjalani kehidupan bersama). Jika kita merujuk pada paradigma lama, soal belajar, ajar, mengajar, membelajarkan, pengajaran, pembelajaran sudah dikupas dalam Didaktik Metodik (metode didaktik). Teori ini diambil dari bahasa Yunani yaitu didaskein yang berarti mengajar, Sebagian mengartikan membelajarkan. Dalam buku ini, fokus bahasan lebih menekankan belajar dan pembelajaran sekolah dasar. Alasannya, karena banyak buku yang sudah terbit dan dapat dibaca, namun rata-rata nggedabyah secara umum saja. Masih sedikit yang fokus mengkaji belajar dan pembelajaran di jenjang sekolah dasar. Maka dari itu, saya tertarik menulis buku ini karena masih sangat minim buku tentang belajar dan pembelajaran sekolah dasar. Buku ini hadir karena kepedulian saya terhadap perubahan paradigma tersebut. Sebab, perubahan besar diawali dari perubahan kecil. Semua perubahan besar itu dimulai dari perubahan cara berpikir, perubahan paradigma. Bukankah demikian?

Belajar menjadi kegiatan inti di dalam proses kehidupan manusia.

Pengantar Ilmu Falak Dalam Teori Praktek Panduan Lengkap Hisab Arah Kiblat, Hisab Waktu Solat, Hisab Awal Bulan Qomariyah Dan Hisab Gerhana

... ibadah yang mengandung ucapan dan perbuatan yang dimulai dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam , dengan syarat - syarat tertentu17 Jika dalam suatu dalil terdapat anjuran untuk mengerjakan shalat , maka secara lahirnya ...

Membumikan Rukun Islam (Teori dan Praktek)

Buku yang berjudul “Membumikan Rukun Islam (Teori dan Praktek)” ini ditulis karena kegelisahan penulis terhadap fenomena yang terjadi saat ini. Islam merupakan sebuah agama yang dibawa oleh Nabi Muhammad Saw, di dalamnya memuat ajaran yang bersifat umum dan mencakup seluruh bidang kehidupan manusia. Agama Islam diwahyukan dalam rangka untuk menjawab persoalan manusia mengenai ketuhanan yang berupa persoalan hidup manusia dari yang terkecil sampai yang besar. Manusia sebagai wakil Allah di bumi menggunakan ajaran Agama untuk mewujudkan tatanan kehidupan yang tentram, aman dan damai sesuai tuntunan Allah. Idealnya, ajaran agama yang telah disampaikan harus dilaksanakan dalam segala aspek kehidupan manusia. Namun pada kenyataannya, ajaran Agama hanya sebagai pesan-pesan langit yang masih memerlukan pemahaman, penerjemahan dan penafsiran. Persoalan utama ajaran Agama adalah bagaimana membumikan ajaran langit, sehingga dapat menjadi tata kehidupan sosial, ekonomi yang menyejahterakan, politik berkeadilan dan budaya masyarakat yang berakhlak. Sehingga Agama tidak hanya berada dalam tataran ketentuan yang diyakini tetapi harus diamalkan pula. Karena Islam adalah agama amal, maka pemahannya pun seharusnya dimulai dari sisi normative menuju teoritis keilmuan yang berdasar pada fakta yang terjadi.

... ibadah puasa . Selain itu zakat fitrah juga dapat menggembirakan hati para fakir miskin di hari raya idul fitri . Zakat fitrah juga di maksudkan untuk membersihkan dosa yang mungkin ada ketika seseorang melakukan puasa ramadhan . 2 ...

Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi

Pendidikan Kewarganegaraan berasal dari Pendidikan Kewiraan, yang dikembangkan berdasarkan perkembangan dan kebutuhan. Istilah "kewiraan" sendiri berarti pendidikan kepatriotan atau kepahlawanan. Pengertian dari Pendidikan Kewarganegaraan adalah usaha sadar untuk menyiapkan mahasiswa dalam mengembangkan kecintaan, kesetiaan, keberanian untuk berkorban membela bangsa dan tanah airnya. Pendidikan Kewarganegaraan merupakan bagian dari kelompok Matakuliah Pengembangan Kepribadian (MPK), sebagai mata kuliah wajib pada perguruan tinggi yang bertujuan untuk membantu mahasiswa dalam pembentukan sikap mental dan jatidiri sebagai bangsa Indonesia. Oleh karena itu, Pendidikan Kewarganegaraan tidak hanya mengandung ranah kognitif tetapi sekaligus mencakup ranah afektif dan psikomotorik. Setelah memperoleh Pendidikan Kewarganegaraan, para mahasiswa diharapkan menguasai dan memahami berbagai masalah dasar dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta dapat mengatasinya dengan pemikiran kritis dan bertanggungjawab. Pendidikan Kewarganegaraan bermaksud memperluas cakrawala berpikir para mahasiswa sebagai warganegara Indonesia sekaligus sebagai pejuang bangsa dalam usaha menciptakan serta meningkatkan kesejahteraan dan keamanan nasional untuk menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara demi terwujudnya aspirasi perjuangan nasional dengan tujuan untuk memupuk kesadaran bela negara dan berpikir komprehensif integral di kalangan mahasiswa dalam rangka ketahanan nasional.

Pendidikan Kewarganegaraan merupakan bagian dari kelompok Matakuliah Pengembangan Kepribadian (MPK), sebagai mata kuliah wajib pada perguruan tinggi yang bertujuan untuk membantu mahasiswa dalam pembentukan sikap mental dan jatidiri sebagai ...

Desain Model Pembelajaran PRADAEC pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits

Penerapan model pembelajaran yang tepat adalah salah satu faktor pendukung keberhasilan belajar peserta didik, di samping IQ, kemandirian, bakat dan minat, intensitas belajar serta faktor pendukung lainnya. Adapun Al-Qur’an dan Hadits merupakan salah satu mata pelajaran di Madrasah Ibtidaiyah yang memerlukan pembiasaan dan pemahaman peserta didik dalam mempelajarinya. Buku ini berisi mengenai desain model pembelajaran Preview, Read, Ask Questions, Discuss, Answer, Explain, dan Conclution (PRADAEC) pada mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadits. Pembahasan dalam buku ini meliputi: dasar model pembelajaran PRADAEC, tujuan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran PRADAEC, materi pembelajaran sebagai contoh dalam penerapan model pembelajaran PRADAEC, sintaks model pembelajaran PRADAEC, dan dampak instruksional model pembelajaran PRADAEC. Selain itu, penerapan model pembelajaran PRADAEC juga dipaparkan secara rinci dan jelas dengan bahasa yang sederhana dengan contoh materi pembelajaran surat At-Tin, Al-Humazah, dan Al-Bayyinah.

... Al - Quran Education Park Teacher Learning Model in Supporting Student Achievement , ” Devotion : Journal of ... Hadits di Madrasah Ibtidaiyah ( MI ) Muhammadiyah Ketapang . , " Al Mudarris , Journal of Education 3 ( 2020 ) . 5 ...

Filsafat Pendidikan

... Citizenship . Secara terminologis , istilah kewarganegaraan ( citizenship ) , yang dalam berbagai hal sering dirancukan dengan ilmu kewarganegaraan ( civics ) dan pendidikan kewarganegaraan ( civic education ) . Citizenship lebih ...