Sebanyak 3607 item atau buku ditemukan

METODE PENELITIAN KUALITATIF : Panduan Praktis untuk Analisis Data Kualitatif dan Studi Kasus

Buku "Metode Penelitian Kualitatif : Panduan Praktis untuk Analisis Data Kualitatif dan Studi Kasus" adalah panduan praktis yang membahas semua aspek penelitian kualitatif, mulai pengantar hingga latar belakang penelitian kualitatif, pembaca diperkenalkan pada keunggulan dan keterbatasan penelitian kualitatif. Buku ini membantu pembaca dalam merancang penelitian kualitatif dengan merumuskan tujuan penelitian yang tepat dan memilih metode pengumpulan data yang sesuai. Metode pengumpulan data seperti wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen dijelaskan dengan rinci. Buku ini juga membantu pembaca dalam mengatasi tantangan yang mungkin muncul selama penelitian kualitatif, termasuk strategi untuk mengenali bias dan menjaga integritas data. Pembaca juga diberikan panduan tentang cara menyusun laporan penelitian kualitatif yang informatif dan sistematis. Buku ini menggali landasan teoritis, metode penelitian, pengumpulan data, dan penyusunan laporan penelitian kualitatif. Itu juga membahas tantangan yang sering dihadapi dan memberikan cara untuk mengatasinya. Dengan penjelasan mendalam, contoh kasus, dan panduan praktis, buku ini merupakan sumber daya berharga bagi para peneliti dan mahasiswa yang ingin mempelajari dan menguasai metode penelitian kualitatif. Buku ini memberikan landasan yang kuat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan pemahaman yang lebih baik tentang dunia yang kompleks di sekitar kita.

Buku "Metode Penelitian Kualitatif : Panduan Praktis untuk Analisis Data Kualitatif dan Studi Kasus" adalah panduan praktis yang membahas semua aspek penelitian kualitatif, mulai pengantar hingga latar belakang penelitian kualitatif, ...

Paradigma Baru Pendidikan Pancasila (Edisi Revisi)

Mata Kuliah Pendidikan Pancasila di perguruan tinggi adalah pendidikan untuk memberikan pemahaman dan penghayatan kepada mahasiswa mengenai ideologi bangsa Indonesia. Sebagai dasar negara dan ideologi nasional, Pancasila memiliki peran penting dalam menopang keberadaan dan kelangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu, sudah selayaknya perlu untuk dipahami dan dihayati segenap warga bangsa termasuk mahasiswa sebagai warga muda. Pendidikan Pancasila tidak hanya belajar "tentang" Pancasila, tetapi juga belajar "melalui" dan "untuk" Pancasila. Dengan kalimat lain, proses belajar Pancasila itu sebagai knowing Pancasila, doing Pancasila, dan building Pancasila. Buku Paradigma Baru Pendidikan Pancasila untuk perguruan tinggi ini menawarkan kepada para pembaca, khususnya mahasiswa, dengan substansi kajian baru, meliputi: 1) Pengantar Pendidikan Pancasila; 2) Pancasila dalam Sejarah Bangsa; 3) Pancasila sebagai Dasar Negara; 4) Pancasila sebagai Ideologi; 5) Pancasila sebagai Filsafat; 6) Pancasila sebagai Etika; dan 7) Pancasila sebagai Nilai Dasar Pengembangan Ilmu. Cakupan materi ini telat sesuai dengan pedoman mata kuliah wajib umum yang termuat dalam Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 84/E/KPT/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Mata Kuliah Wajib pada Kurikulum Pendidikan Tinggi. Pembaca nantinya akan menemukan sajian materi yang disusun secara sistematis, berkesinambungan, ringkas, dan dengan bahasa yang mudah dimengerti. Amat baik digunakan sebagai sumber belajar untuk perkuliahan Pendidikan Pancasila di perguruan tinggi untuk semua jenjang sarjana maupun diploma.

Mata Kuliah Pendidikan Pancasila di perguruan tinggi adalah pendidikan untuk memberikan pemahaman dan penghayatan kepada mahasiswa mengenai ideologi bangsa Indonesia.

MANAJEMEN STRATEGIK PENDIDIKAN

Buku Manajemen Strategik Pendidikan ini membahas penerapan manajemen strategik di lembaga pendidikan, baik sekolah maupun pesantren, dengan fokus pada bagaimana strategi dirumuskan, diterapkan, dan dievaluasi untuk mencapai tujuan pendidikan jangka panjang. Bab pertama menyoroti pergantian kepala sekolah dalam dinamika otonomi daerah di Kabupaten Labuhanbatu, yang menunjukkan dampak kepemimpinan terhadap keberhasilan strategi pendidikan. Selanjutnya, dijelaskan konsep manajemen strategik dan proses manajemen strategik, mulai dari analisis lingkungan internal dan eksternal hingga perumusan visi, misi, dan tujuan lembaga pendidikan. Analisis SWOT digunakan sebagai alat penting dalam berbagai studi kasus, seperti di SMPS Cahaya Meral, Pesantren Ulul Ilmi Cendekia di Batam, dan Man Karimun, untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman, yang kemudian membentuk strategi yang relevan. Bab-bab berikutnya membahas variasi strategi yang diterapkan di tingkat unit bisnis dan korporat serta analisis persaingan yang membantu lembaga pendidikan tetap kompetitif. Buku ini juga menyoroti pentingnya pengendalian strategi dan evaluasi untuk memastikan strategi berjalan efektif, dengan contoh di SMPN 3 Numfor Barat. Selain itu, dipaparkan optimalisasi manajemen strategik melalui analisis SWOT di SMA Islam Terpadu Ulil Albab Batam. Di bagian akhir, dibahas peran penting kepemimpinan dalam mengarahkan implementasi strategi dan mencapai tujuan pendidikan. Dengan berbagai studi kasus dan contoh konkret, buku ini memberikan panduan praktis bagi para pengelola lembaga pendidikan dalam menghadapi tantangan pendidikan modern secara strategis dan berkelanjutan.

... Management: An Integrated Approach. 11th Edition. Cengage Learning. Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. 15th Edition. Pearson Education. Pearce, J. A., & Robinson, R. B. (2013). Strategic Management: Planning for ...

Metodologi Penelitian dan Penulisan Publikasi Ilmiah : Sebuah Panduan Praktis

Melakukan penelitian bukan hanya perlu mengetahui sejumlah filosofi dasar, pendekatan dan metode penelitian, akan tetapi, lebih dari itu juga harus menguasai secara terampil teknik dan cara meneliti. Kemampuan dalam memahami, menemukan dan merumuskan masalah, mengumpulkan data di lapangan, mengolah, menganalisis, dan mempublikasikan hasilnya tidak akan bisa didapatkan secara instan, akan tetapi harus diasah dan dilatih secara bertahap.

... Research, 3rd ed., Open University Press, Berkshire, UK, 2006. 17. M. Alley: The Craft of Scientific Writing, 3rd Ed., Springer Science+Business Media, New York, 1996. 18. M. A. Marlow: Writing scientific articles like a native English ...

Buku Ajar MSDM

Buku Ajar MSDM ini disusun sebagai buku panduan komprehensif yang menjelajahi kompleksitas dan mendalamnya tentang manajemen sumber daya manusia. Buku ini dapat digunakan oleh pendidik dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di bidang ilmu manajemen sumber daya manusia dan diberbagai bidang Ilmu terkait lainnya. Buku ini dapat digunakan sebagai panduan dan referensi mengajar mata kuliah manajemen sumber daya manusia dan menyesuaikan dengan Rencana Pembelajaran Semester tingkat Perguruan Tinggi masing-masing. Secara garis besar, buku ajar ini pembahasannya mulai dari manajemen sumber daya manusia stratejik, etika bisnis dan tanggung jawab sosial perusahaan, keberagaman angkatan kerja, peluang, kerja yang setara dan juga tindakan afirmatif. Materi mengenai perekrutan & seleksi terhadap karyawan, manajemen dan penilaian kerja dan juga materi mengenai pelatihan dan pengembangan terhadap karyawan dan lainnya di bahas secara mendalam. Buku ajar ini disusun secara sistematis, ditulis dengan bahasa yang jelas dan mudah dipahami, dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Buku Ajar MSDM ini disusun sebagai buku panduan komprehensif yang menjelajahi kompleksitas dan mendalamnya tentang manajemen sumber daya manusia.

Manajemen Sumber Daya Manusia di Madrasah

Buku "Manajemen Sumber Daya Manusia di Madrasah" membahas secara mendalam strategi dan pendekatan yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di lingkungan madrasah. Buku ini menggarisbawahi pentingnya pengelolaan SDM yang efektif dalam menunjang mutu pendidikan di madrasah, mulai dari peningkatan kompetensi guru hingga pengembangan potensi siswa. Dalam buku ini, pembaca diajak untuk memahami berbagai aspek penting dalam pengembangan SDM di madrasah, seperti peran manajemen madrasah dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, strategi pelatihan dan pengembangan guru, serta pendekatan inovatif dalam pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan siswa. Buku ini juga menyoroti pentingnya sinergi antara kebijakan pendidikan dan praktik pengelolaab SDM di madrasah. Selain itu, buku ini memberikan panduan praktis bagi para pengelola madrasah dalam menerapkan manajemen berbasis kinerja dan pendekatan Total Quality Management (TQM) untuk mrncapai kualitas pendidikan yang optimal. Dengan demikian, buku ini tidak hanya relevan bagi pendidik dan pengelola madrasah, tetapi juga bagi pembuay kebijakan yang ingin mengembangkan sistem pendidikan Islam yang lebih maju dan berdaya saing tinggi. Secara keseluruhan, buku ini merupakan sumber referensi yang penting bagi siapa saja yang terlibat dalam pengelolaan dan pengembangan pendidikan di madrasah, dengan tujuan akhir untuk meningkatkan kualitas dan daya saing lulusan madrasah di era globalisasi.

Buku "Manajemen Sumber Daya Manusia di Madrasah" membahas secara mendalam strategi dan pendekatan yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di lingkungan madrasah.

Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) Pendidikan

Sumber Daya Manusia (SDM) memiliki peran yang signifikan dalam setiap kegiatan di suatu lembaga termasuk lembaga pendidikan. Sumber daya manusia harus dapat dikelola atau dikelola dengan baik sesuai dengan fungsinya agar sumber daya manusia tersebut dapat berperan sesuai dengan tugas dan fungsinya di lembaga yang ditempatinya. Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) adalah suatu aspek yang sangat penting dalam proses pendidikan pada umumnya. Oleh karena itu fungsi dalam pengelolaan sumber daya manusia harus dilaksanakan secara optimal agar kebutuhan yang berkaitan dengan tujuan individu, organisasi atau lembaga dapat tercapai. Selain itu, dengan tata cara pengelolaan sumber daya manusia yang baik diharapkan kekurangan dan permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia yang terkait dengan daya saing dapat diatasi. Atas dasar tersebutlah buku ini hadir. Sebagai sebuah buku yang terkait dengan MSDM pendidikan, buku ini memiliki beberapa keunggulan diantaranya: (1) disusun secara praktis dan aplikatif sesuai dengan implementasi terbaru dalam praktik-praktik pengelolaan sumber daya manusia dalam pendidikan; (2) pendekatan teoritis terkait MSDM pendidikan; dan (3) menggunakan analisis kajian yang mudah dipahami, sehingga buku ini diharapkan akan sangat bermanfaat bagi para pembaca, khususnya akademisi, praktisi, dan mahasiswa dalam bidang MSDM sektor pendidikan.

Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) adalah suatu aspek yang sangat penting dalam proses pendidikan pada umumnya.

Ethical Leadership and Decision Making in Education

Applying Theoretical Perspectives to Complex Dilemmas

The fourth edition of the best-selling text, Ethical Leadership and Decision Making in Education, continues to address the increasing interest in ethics and assists educational leaders with the complex dilemmas in today’s challenging and diverse society. Through discussion and analysis of real-life moral dilemmas that educational leaders face in their schools and communities, authors Shapiro and Stefkovich demonstrate the application of the four ethical paradigms—the ethics of justice, care, critique, and profession. After an illustration of how the Multiple Ethical Paradigm approach may be applied to real dilemmas, the authors present a series of cases written by students and academics in the field representing the dilemmas faced by practicing educational leaders in urban, suburban, and rural settings in an era full of complications and contradictions. Following each case are questions that call for thoughtful, complex thinking and help readers come to grips with their own ethical codes and apply them to practical situations. New in the Fourth Edition: A new chapter on technology versus respect, focusing on ethical issues such as cyber-bullying and sexting. New cases on teachers with guns, the military and education, children of undocumented immigrants, homeless students, videos in bathrooms, incentive pay, first responders, private alternative high schools, verbal threats, and gaming etiquette. Updates throughout to reflect contemporary issues and recent scholarship in the field of ethical leadership. This edition adds teaching notes for the instructor that stress the importance of self-reflection, use of new technologies, and global appeal of ethical paradigms and dilemmas. Easily adaptable to a variety of uses, this book is a critical resource for a wide range of audiences, including both aspiring and practicing administrators, teacher leaders, and educational policy makers.

This edition adds teaching notes for the instructor that stress the importance of self-reflection, use of new technologies, and global appeal of ethical paradigms and dilemmas.

ETIKA PROFESI PENDIDIKAN

Etika Profesi Pendidikan merupakan suatu disiplin ilmu yang mempelajari dan menilai prinsip-prinsip moral serta standar perilaku yang seharusnya dipegang teguh oleh para profesional di bidang pendidikan. Sebagai profesi yang memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan masa depan generasi muda, pendidik diharapkan tidak hanya menguasai kompetensi akademik, tetapi juga memiliki integritas moral yang tinggi.

Etika Profesi Pendidikan merupakan suatu disiplin ilmu yang mempelajari dan menilai prinsip-prinsip moral serta standar perilaku yang seharusnya dipegang teguh oleh para profesional di bidang pendidikan.

Etika Profesi berbasis Case Method dan Project Based Learning

Buku bahan ajar ini memberikan panduan komprehensif tentang etika profesi dengan pendekatan pembelajaran interaktif berbasis Case Method dan Project Based Learning. Dengan memadukan teori dan praktik, buku ini dirancang untuk membantu mahasiswa mengembangkan pemahaman mendalam tentang nilai-nilai etika dan profesionalisme dalam berbagai profesi, terutama di bidang pendidikan. Setiap pertemuan dalam buku ini menawarkan materi yang terstruktur dengan pendekatan pembelajaran aktif. Pada pertemuan pertama, mahasiswa akan mempelajari sejarah dan prinsip etika profesi melalui Experiential Learning. Kemudian, pembelajaran berlanjut dengan materi tentang peran guru, kinerja guru, manajemen pendidikan, hingga pengembangan profesionalisme yang disampaikan melalui metode Cooperative Learning, Inquiry-Based Learning, dan Problem-Based Learning. Mahasiswa diajak untuk bekerja sama, berdiskusi, dan memecahkan masalah nyata yang dihadapi dalam dunia profesi. Buku ini juga membahas nilai-nilai dalam pendidikan, kecerdasan, penilaian diri, serta sikap profesional yang perlu dikembangkan oleh guru. Setiap topik disampaikan dengan metode pembelajaran yang dirancang untuk mendorong eksplorasi dan refleksi mendalam dari mahasiswa. Pada bagian akhir, mahasiswa akan melakukan proyek interdisipliner yang mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu untuk menyelesaikan tugas proyek sebagai bagian dari Project Based Learning. Melalui buku ini, diharapkan mahasiswa dapat menginternalisasi nilai-nilai etika profesi, mengembangkan sikap profesional, serta memiliki keterampilan praktis yang dibutuhkan untuk menjadi tenaga profesional yang beretika.

Buku bahan ajar ini memberikan panduan komprehensif tentang etika profesi dengan pendekatan pembelajaran interaktif berbasis Case Method dan Project Based Learning.