Sebanyak 3141 item atau buku ditemukan

Manajemen Pengembangan Softskill Entrepreneurship Santri

Buku Manajemen Pengembangan SoftSkill Entrepreneurship ini hadir sebagai bagian penting dari pengembangan pembelajaran dan pendidikan Islam khususnya Pesantren. Buku ini hadir sebagai penyemangat baru terhadap pengkajian pendidikan Pesantren terkait dengan dominanisasi era revolusi Industri 4.0. Secara praktis, buku ini hadir juga sebagai penyeimbang pendidikan yang sudah digalakkan oleh pemerintah dimana entrepreneurship menjadi ikon diberbagai lembaga pendidikan. Namun ada yang berbeda, buku yang kami susun ini berdasarkan pada penelitian langsung di sebuah pondok pesantren entrepreneurship. Semua santri disetingg dari awal masuk untuk menjadi entrepreneur dan sekaligus memiliki kemampuan sebagaimana yang ada pada pesantren. Penyusunan buku ini tidak hanya menyajikan tentang konsep entrepreneurship secara umum. Akan tetapi dipaparkan juga bagaimana proses pembentukan, pembelajaran, brainwash entrepreneurship sampai pada pelatihan wirausahana.

Buku Manajemen Pengembangan SoftSkill Entrepreneurship ini hadir sebagai bagian penting dari pengembangan pembelajaran dan pendidikan Islam khususnya Pesantren.

Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) Berbasis Technopreneurship

Pada dekade awal kemerdekaan serta pembangunan bangsa dan negara dikenal dan dikumandangkan dua ”slogan,” tetapi satu yaitu nation and character bulding yang maknanya pembangunan bangsa dan pembangunan karakter (watak) bangsa. ”Pembangunan bangsa” digelorakan dengan mantapnya Negara Kesatuan Republik Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Negara Bhineka Tunggal Ika, Satu Tanah Air, Satu Bangsa dan Satu Bahasa. Di samping itu, ”pembangunan karakter” digempitakan demi kokohnya budaya bangsa yang berkepribadian, berdiri di atas kaki sendiri, dan bermartabat. Bangsa Indonesia, yang berani memerdekakan dirinya melalui revolusi perjuangan rakyat, adalah bangsa yang diyakini mampu menjadi bangsa yang besar.

Buku Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) Berbasis Technopreneurship ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Manajemen Inovasi

Upaya Meraih Keunggulan Kompetitif

Apa yang membuat perusahaan bisa eksis di era global, pasar yang dinamis, serta pergolakan bisnis yang kompetitif? Sebaliknya apa yang membuat startup suatu produk tidak bisa bertahan lama setelah meluncur di pasar? Ya, jawaban untuk kedua pertanyaan itu adalah inovasi. Inovasi yang bernilai akan mengantarkan perusahaan untuk mampu bersaing dalam lingkungan yang turbulen, sehingga merupakan senjata yang ampuh untuk meraih keunggulan kompetitif. Hal yang penting dalam sebuah inovasi adalah manajemen inovasi. Suatu perusahaan boleh punya berbagai fasilitas modern dan terbaik, atau hebat dengan Sumberdaya Manusia (SDM) yang kreatif dan inovatif. Namun jika tidak ‘dimanajemen’ dengan baik, ide-ide inovatif itu akan gagal mencapai targetnya. Inovasi yang efektif adalah inovasi yang sederhana namun terfokus dan bertujuan, dan sebaliknya inovasi yang komplek dan mencoba mentransformasi secara menyeluruh seringkali tidak berhasil. Karena itu manajemen inovasi menjadi bagian penting, dan strategi implementasinya menjadi rahasia menarik bagi setiap perusahaan. Buku ini mengulas mulai dari konsep inovasi, serta hal-hal yang berkaitan erat dengan kemampuan inovasi, seperti pembelajaran organisasi dan manajemen pengetahuan. Tidak terkecuali juga dilengkapi dengan hasil-hasil kajian tentang inovasi baik pada industri besar maupun industri kecil. Buku ini juga membahas inovasi ramah lingkungan (green innovation) yang marak diperbincangkan.

Karena itu manajemen inovasi menjadi bagian penting, dan strategi implementasinya menjadi rahasia menarik bagi setiap perusahaan.

50 Years Lessons

Sebagai praktisi dan pembelajar manajemen, khususnya setelah berkarya secara profesional selama setengah abad, telah sampailah saya kepada tiga renungan; Pertama. Jalan hidup saya jarang sampai kepada yang saya rencanakan. Akan tetapi, hampir seluruh jalan hidup saya selalu berujung ke tempat-tempat di mana saya dibutuhkan. Dan saya tidak menyesal (no regret). Kedua. Saya telah menyimpulkan bahwa manajemen dan manajemen sajalah yang dapat menciptakan nilai tambah bagi kemakmuran sebuah negara-bangsa. Ketiga. Organisasi, bahkan negara sekalipun, hanya akan sebaik pemimpinnya. Akan tetapi pemimpin hanya akan sebaik orang-orang yang dipilihnya dan diberdayakannya. Akhirnya saya sepakat dengan Peter F. Drucker, sahabat dan guru manajemen sejagat, bahwa sesungguhnya tidak ada negara miskin atau terbelakang. Yang ada adalah negara-negara yang tidak terkelola dengan baik (under managed) dan, saya tambahkan tidak memiliki kepemimpinan yang efektif.

Sebagai praktisi dan pembelajar manajemen, khususnya setelah berkarya secara profesional selama setengah abad, telah sampailah saya kepada tiga renungan; Pertama.

Pengembangan Ekonomi Syari'ah Melalui Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Tanjng Anom Kecamatan Mauk

Buku ini merupakan hasil penelitian yang ingin mengetahui tentang deskripsi tentang penerapan permodalan dan pemasaran modern di kalangan pelaku usaha mikro kecil dan menengah masyarakat pedesaan.

Buku ini merupakan hasil penelitian yang ingin mengetahui tentang deskripsi tentang penerapan permodalan dan pemasaran modern di kalangan pelaku usaha mikro kecil dan menengah masyarakat pedesaan.

Membangun Ekonomi Berkeadilan Di Desa : Melalui BUMDes Syariah

Ekonomi dan keuangan syariah mengalami perkembangan pesat dalam dua dasawarsa terakhir, baik secara global maupun nasional. Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar dunia, Indonesia belum dapat berperan secara optimal dalam memenuhi tuntutan ekonomi dan keuangan syariah. Dalam the Global Islamic Economy Index 2018/2019, Indonesia tercatat berada pada posisi ke-10 sebagai produsen produk halal dunia. Sementara itu, Desa, sebagai struktur organisasi pemerintahan yang berhadapan langsung dengan masyarakat, mengemban amanat Undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, membawa era baru sebagai titik fokus pembangunan di Indonesia. Undang-undang tersebut memberi kewenangan Desa untuk berprakarsa secara mandiri mengurus dan mengatur sumber daya yang dimiliki untuk sebesar-besarnya kemakmuran warganya. Berdasarkan amanah tersebut, maka Desa dapat menjalankan sistem perekonomian yang sesuai dengan karakter dan budayanya sendiri, serta sejalan dengan keyakinan mayoritas warganya yang beragama Islam. Kondisi ini didukung oleh Undang-undang Dasar tahun 1945 pasal 29 ayat 2, bahwa negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu serta pasal 33 ayat (4), bahwa perekonomian nasional diselenggarakan berdasar atas demokrasi ekonomi dengan prinsip kebersamaan, efisiensi berkeadilan, berkelanjutan, berwawasan lingkungan, kemandirian, serta dengan menjaga keseimbangan kemajuan dan kesatuan ekonomi nasional.

Ekonomi dan keuangan syariah mengalami perkembangan pesat dalam dua dasawarsa terakhir, baik secara global maupun nasional.

Ekonomi Mikro Islam

Pendekatan Integratif

Ekonomi Mikro Islam: Pendekatan Integratif ini adalah buku yang unik. Dengan menggunakan pendekatan integratif buku ini menelusuri visi semesta dan nalar ekonomi mikro modern untuk diintegrasikan dalam visi semesta, nalar, dan metodologi ilmiah Islam. Pembahasan dalam buku ini, dengan demikian, dijuruskan untuk memenuhi penyediaan literatur ilmu ekonomi Islam yang dikemas dalam metodologi integratif. Berbeda dengan buku-buku ekonomi mikro Islam yang sudah ada, buku ini menyajikan analisis ekonomi mikro Islam dengan cara mengikuti struktur keilmuan ekonomi mikro modern. Tapi perlu dicatat bahwa ini tidak berarti sekedar mengimitasi tradisi ilmiah modern. Sedapat mungkin buku ini menghindari penyajian informasi ilmiah yang bersifat doktrinal. Berbasiskan pada spirit dan metodologi iqra yaitu “mengambil yang baik dan melengkapi yang kurang” buku ini menghadirkan ilmu ekonomi mikro Islam dalam cita rasa ilmiah modern. Selamat membaca.

Pendekatan Integratif Arif Hoetoro. Kahf, Monzer. (2003). “Islamic Economics: Notes on Definitions and Methodology”, in Review of Islamic Economics 3 ... Microeconomics. Sixth Edition. Pearson Education, Inc. 316 | Ekonomi Mikro Islam.

ANALISIS PERAN USAHA MIKRO DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

ANALISIS PERAN USAHA MIKRO DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

... pemerintah dalam menyangga ekonomi rakyat kecil. Apalagi, UMKM mampu memberikan dampak secara langsung terhadap kehidupan masyarakat di sektor bawah.Setidaknya, ada 3 peran UMKM yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat kecil. Tiga ...

PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (Perspektif Ekonomi Islam)

Tulisan ini merupakan representasi dari disertasi penulis dalam rangka penyelesaian program doktor, konsentrasi ekonomi Islam pada Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Tulisan diawali dari keprihatinan penulis terhadap persoalan kemiskinan, pengangguran serta kesenjangan ekonomi yang sangat tajam di Indonesia. Sementara semangat dan kerja keras dari kelompok masyarakat melalui pengembangan usaha kecil dan mikro dan menengah (UMKM) belum membuahkan adanya pemerataan pendapatan bagi kelompok ini, padahal masyarakat yang mengeluti UMKM (sebanyak 99,99 persen) serta kontribusinya sangat besar dalam menopang perekonomian nasional. Penulis berpandangan, bahwa ekonomi Islam yang bersumber dari norma dan nilai-nilai shariah dapat memberikan solusi secara konseptual dan empiris terhadap persoalan ekonomi tersebut sekaligus penguatan terhadap keberadaannya dalam tataran ilmu, sistem, dan tata kelola perekonomian masyarakat berbasis shariah.

Tulisan ini merupakan representasi dari disertasi penulis dalam rangka penyelesaian program doktor, konsentrasi ekonomi Islam pada Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kewirausahaan Berbasis Teknologi

Buku KEWIRAUSAHAAN BERBASIS TEKNOLOGI ini memberikan pengenalan dasar-dasar kewirausahaan teknologi, dimulai dari proses memulai usaha baru hingga keberlanjutan kewirausahaan. Technology Entrepreneurship (Technopreneurship) membantu siapa saja yang memiliki minat untuk berwirausaha, dan memotivasi pembaca, khususnya pemula baik itu mahasiswa, pemerhati bisnis, pemerintah, dan pemilik modal untuk menoleh pada wirausaha dan memahami prinsip-prinsip serta tantangan utama kewirausahaan, terutama dimulai saat pembentukan hingga pengoperasian kewirausahaan teknologi. Buku ini membahas: Bab 1 Pengantar Proses Kewirausahaan Bab 2 Teori Kewirausahaan Dan Perkembangannya Bab 3 Diferensiasi Dan Pemosisian Merek Bab 4 Ubah Masalah Jadi Peluang Usaha Bab 5 Konsep Teknologi Kewirausahaan Bab 6 Penemuan Pelanggan Bab 7 Pengembangan Karir & Kewirausahaan Bab 8 Model Bisnis Wirausaha Bab 9 Berpikir Desain Wirausaha Bab 10 Rencana Dan Strategi Pemasaran Kewirausahaan Bab 11 Potensi Pasar Dan Peramalan Penjualan Bab 12 Inovasi Kewirausahaan Berkelanjutan

ide-ide bersama, menciptakan kolaborasi kreatif bersama kewirausahaan secara interaktif, bertahap. Pada akhirnya, membangun penawaran dan permintaan adalah proses pembentukan kewirausahaan. Pengusaha adalah pelaku sentral dalam proses ...