Blurb: Manajemen bisnis harus mampu beradaptasi serta responsif terhadap situasi dan kondisi yang terjadi saat ini. Manajemen dalam dunia usaha juga harus responsif dan adaptif dalam membuat inovasi dengan memanfaatkan teknologi guna mengatasi situasi dan kondisi tersebut. Buku ini mengupas beberapa topik mengenai inovasi pada UMKM, inovasi dan start up, tantangan dan strategi dalam inovasi, membangun brand, strategi dalam kewirausahaan, perubahan dan inovasi, serta beberapa topik lain.
Dunia telah berubah, sedang berubah, dan akan terus berubah. Cara kita dalam melakukan bisnis hari ini tidak akan menjadi cara kita melakukannya di masa depan. Untuk itu, inovasi perlu dilakukan agar organisasi memiliki keunggulan kompetitif yang membuatnya lebih unggul daripada pesaingnya. Inovasi yang dilakukan perlu dikelola dengan baik agar memberikan hasil yang optimal. Di sinilah peran manajemen inovasi sangat diperlukan oleh organisasi. Buku ini terdiri dari 9 (sembilan) bab, yaitu: Bab 1 Konsep Inovasi dalam Organisasi Bisnis Bab 2 Inovasi pada Usaha Kecil Bab 3 Manajemen Inovasi di Organisasi Bab 4 Ruang Lingkup Manajemen Inovasi di Organisasi Bab 5 Karakteristik Organisasi yang Inovatif Bab 6 Tantangan Mengimplementasikan Inovasi Bab 7 Peluang Bisnis Berbasis Inovasi Bab 8 Inovasi pada Usaha Baru (Startup) Bab 9 Pengembangan Inovasi dalam Organisasi
Inovasi yang dilakukan perlu dikelola dengan baik agar memberikan hasil yang optimal. Di sinilah peran manajemen inovasi sangat diperlukan oleh organisasi.
Apa yang membuat perusahaan bisa eksis di era global, pasar yang dinamis, serta pergolakan bisnis yang kompetitif? Sebaliknya apa yang membuat startup suatu produk tidak bisa bertahan lama setelah meluncur di pasar? Ya, jawaban untuk kedua pertanyaan itu adalah inovasi. Inovasi yang bernilai akan mengantarkan perusahaan untuk mampu bersaing dalam lingkungan yang turbulen, sehingga merupakan senjata yang ampuh untuk meraih keunggulan kompetitif. Hal yang penting dalam sebuah inovasi adalah manajemen inovasi. Suatu perusahaan boleh punya berbagai fasilitas modern dan terbaik, atau hebat dengan Sumberdaya Manusia (SDM) yang kreatif dan inovatif. Namun jika tidak ‘dimanajemen’ dengan baik, ide-ide inovatif itu akan gagal mencapai targetnya. Inovasi yang efektif adalah inovasi yang sederhana namun terfokus dan bertujuan, dan sebaliknya inovasi yang komplek dan mencoba mentransformasi secara menyeluruh seringkali tidak berhasil. Karena itu manajemen inovasi menjadi bagian penting, dan strategi implementasinya menjadi rahasia menarik bagi setiap perusahaan. Buku ini mengulas mulai dari konsep inovasi, serta hal-hal yang berkaitan erat dengan kemampuan inovasi, seperti pembelajaran organisasi dan manajemen pengetahuan. Tidak terkecuali juga dilengkapi dengan hasil-hasil kajian tentang inovasi baik pada industri besar maupun industri kecil. Buku ini juga membahas inovasi ramah lingkungan (green innovation) yang marak diperbincangkan.
Buku Manajemen lnovasi Teknologi memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang bagaimana melakukan proses manajemen teknologi di perusahaan sehingga menghasilkan inovasi yang berkelanjutan. Buku ini merupakan pengantar yang lebih bertujuan untuk memperkenalkan proses manajemen inovasi. Meskipun demikian, beberapa teknik perencanaan, prakiraan, dan pengukuran telah diperkenalkan sehingga pembaca dapat langsung mengaplikasikannya di lapangan. Pembaca diharapkan untuk melanjutkan proses pembelajaran pada buku-buku inovasi yang lebih lanjut.
Buku Manajemen lnovasi Teknologi memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang bagaimana melakukan proses manajemen teknologi di perusahaan sehingga menghasilkan inovasi yang berkelanjutan.