Sebanyak 250 item atau buku ditemukan

Metode Pendidikan Karakter Religius Paling Efektif di Sekolah

Buku dengan judul “Metode Pendidikan Karakter Religius Paling Efektif di Sekolah” yang disusun dari konversi sebuah karya tulis Ilmiah (Disertasi). Buku ini memiliki kontribusi besar terhadap pendidikan karakter anak di Indonesia yang bisa dijadikan pedoman bagi orang tua, guru atau para pendidik yang bersinggungan dengan pengembangan ataupun peningkatan karakter anak. Buku ini juga sebagai sebuah jawaban atas banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang muncul berkaitan seputar penguatan karakter religius yang secara fundamental harus dimiliki oleh setiap manusia dalam kehidupan sehari-hari. Buku ini didesain sebagai rujukan literasi bagi para akademisi (mahasiswa/dosen/guru) yang konsen dalam kajian atau riset tentang pendidikan karakter, baik pada jurusan ilmu pendidikan dan kependidikan ataupun pada jurusan bimbingan dan konseling, harapannya buku ini bisa memberikan informasi yang otentik mengenai pendidikan karakter religius, karena penerapan pendidikan karakter tidak hanya pada lembaga pendidikan formal saja melainkan keluarga sebagai bagian dari institusi pendidikan diharapkan memiliki peran aktif dalam pembentukan karakter agar karakter yang dimiliki anak bangsa ini bisa menjadi lebih baik dan unggul.

Karakter merupakan realisasi kemajuan positif selaku orang (intelektual, penuh emosi, sosial, etika, serta sikap) (Agus, 2012). Karakter ialah metode berpikir serta bersikap yang jadi karakteristik khas masing-masing orang buat hidup ...

PENDIDIKAN KARAKTER ANAK SESUAI PEMBELAJARAN ABAD KE-21

Buku Dr. Otib Satibi Hidayat, M.Pd tentang “Pendidikan Karakter Anak Sesuai Pembelajaran Abad ke-21” tepat dengan momentum era R.I. 4.0. Buku ini menjadi instrumen penting untuk membekali anak dalam menghadapi tantangan era R.I. 4.0. R.I. 4.0 yang bertumpu pada teknologi (AI) perlu dipersandingkan dengan kecerdasan moral, sehingga memunculkan kearifan teknologi, kearifan digital dalam kehidupan. Selanjutnya, buku ini juga menyajikan data, metode, dan pendekatan yang komprehensif tentang pendidikan karakter anak yang sesuai pembelajaran Abad 21. Di bagian akhir buku dijelaskan dengan detil bahwa implementasi pengembangan moral dan karakter, tak bisa dilepaskan dari peran keluarga, sekolah, dan masyarakat. Inilah kontribusi yang dihadirkan oleh buku ini dan penting untuk kita baca, khususnya bagi para dosen, guru, dan praktisi pendidikan.

Buku Dr. Otib Satibi Hidayat, M.Pd tentang “Pendidikan Karakter Anak Sesuai Pembelajaran Abad ke-21” tepat dengan momentum era R.I. 4.0.

PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS MULTI KULTURAL DAN KEARIFAN LOKAL (PKBMKKL) SEBAGAI PEGANGAN DAN PANDUAN BAGI PARA FASILITATOR PROVINSI DAN SEKOLAH

Penanaman nilai-nilai pembentukan karakter bangsa secara masif dan efektif melalui implementasi nilai-nilai utama Gerakan Nasional Revolusi Mental (religius, nasionalis, mandiri, gotong-royong, dan integritas) yang akan menjadi fokus pembelajaran, pembiasaan dan pembudayaan, sehingga pendidikan karakter bangsa sungguh dapat mengubah perilaku, cara berpikir dan cara bertindak seluruh bangsa Indonesia menjadi lebih baik dan berintegritas. Buku ini disusun untuk menjadi rujukan atau pijakan bagi para fasilitator yang akan menerapkan program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di sekolah dan mengimbaskannya ke sekolah sekitar. Fasilitator utama yang bisa memberikan pelatihan buku ini adalah Kepala Sekolah, Guru, Pengawas, dan Komite Sekolah. Fasilitator dapat memanfaatkan buku ini sebagai sumber pembelajaran mandiri untuk memahami program PPK sesuai dengan tugas dan kewajibannya.

Penanaman nilai-nilai pembentukan karakter bangsa secara masif dan efektif melalui implementasi nilai-nilai utama Gerakan Nasional Revolusi Mental (religius, nasionalis, mandiri, gotong-royong, dan integritas) yang akan menjadi fokus ...

Pendidikan Karakter penting di era Covid-19

Penguatan Pendidikan Karakter mempersiapkan Mahasiswa Tutor Sebaya dilingkungan Keluarga dan Skaa Taruna

Buku ini merupakan hasil penelitian tentang pengimplementasian pendidikan karakter yang dikembangkan dalam penanggulangan dan pencegahan wabah Covid-19 melalui pendidikan. Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana yang membangun karkater pada setiap individu, mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran yang aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, keterampilan, masyarakat, bangsa dan negara. Substansi pada buku ini adalah memberikan informasi terkait hasil penelitian ini memberikan hasil yang optimal terhadap pencegahan Virus Covid-19 dengan sikap berkaraker melihat rata-rata hasil analisis kuesioner Penerapan Pendidikan Karakter untuk Mencegah Penyebaran Covid-19 memperoleh skor rata-rata sebesar 31,91. Jika dikonfersikan pada tabel skala lima berada pada kategori sangat baik dengan presentase 88,58%. Pendidikan karakter dibangun untuk memperkuat pembangunan sumber daya manusia (SDM) sebagai fondasi pembangunan bangsa, menyiapkan mahasiswa pada kondisi degradasi ahlak, moral dan budi pekerti, mampu menghadapi dinamika dan tantangan era global dan yang tidak kalah pentingnya membangun generasi emas 2045 yang berdaya saing dan berjiwa pancasila

Buku ini merupakan hasil penelitian tentang pengimplementasian pendidikan karakter yang dikembangkan dalam penanggulangan dan pencegahan wabah Covid-19 melalui pendidikan.

MATERI PENDIDIKAN KARAKTER Pegangan Praktis Guru dan Orangtua

Sejak Bapak Joko Widodo menjadi Presiden, karakter dan pendidikan karakter dijadikan bahan pendidikan. Dengan demikian, lulusan sekolah dan perguruan tinggi, tidak hanya mendapatkan bekal ilmu pengetahuan dan kecakapan di bidangnya, tetapi juga menjadi orang yang berkepribadian dan berkarakter. Buku ini dirancang sebagai pegangan para guru di sekolah dan orangtua di rumah untuk melaksanakan pendidikan karakter, supaya pendidikan karakter di sekolah dan di rumah saling mendukung dan melengkapi. Dalam buku ini diuraikan secara lengkap, pertama, karakter dan keutamaan-keutamaan yang membentuknya. Keutamaaan-keutamaan itu dikelompokkan menjadi 7 kelompok keutamaan: pribadi, antarpribadi, sosial, kerja, ekologis, teologis, dan memampukan. Kedua, pendidikan karakter. Ketiga, bahan/materi pendidikan karakter beserta manfaat, prinsip, pendekatan dalam pendidikan karakter, dan tugas sekolah serta orangtua dalam pendidikan karakter.

Dalam sambutan-sambutan pada resepsi pernikahan, orang yang memberi sambutan menasihati agar pasangan mempelai C menjaga agar ikatan dan pai akhir nenek), hayat, itu, saling bahkan hubungan mereka Untuk /KkerjaG kaken-ninen- 03 /G ...

Impelentasi Pembiasaan Diri Dan Pendidikan Karakter

(Sebagai Pengantar)

Pendidikan karakter adalah proses kepeduliansecara nyata dan terencana untuk mewujudkan dan membudayakan peserta didik secara individualdengan sepenuh hati untuk menjadi insan baik.Karakter dalam bahasa Inggris Character, dari istilah Yunani dari kata Charassein artinya membuat tajamatau membuat dalam, maksudnya suatu tindakan untuk membantu setiap individu menjadi lebih semangat untuk membangun dirinya semaksimal mungkin dengan tujuan untuk menjadi insan yang memiliki perilaku berkarakter.

Buku Impelentasi Pembiasaan Diri Dan Pendidikan Karakter (Sebagai Pengantar) ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Pendidikan Karakter Remaja dalam Masyarakat Pesisir

Pendidikan Karakter Remaja dalam Masyarakat Pesisir PENULIS: Muhammad Hafrinda ISBN : 978-623-7503-63-7 www.guepedia.com Sinopsis: Buku yang terinspirasi berdasarkan pengalaman penulis sendiri yang telah bertugas hampir sepuluh tahun di sekolah yang letaknya pas di pesisir Aceh Tamiang. Buku ini berbicara mengenai Pendidikan Karakter yang sekarang tengah gencar dikembangkan dan disosialisasikan melalui para pemangku kepentingan di bidang pendidikan. Ditambah lagi permasalahn pendidikan karakter yang dikupas secara khusus ialah pendidikan karakter remaja, yang dihubungkan dengan persoalan serta pemanfaatan budaya yang berbasis kearifan lokal. Itulah sedikit gambaran awal dari buku “Pendidikan Karakter Remaja dalam Masyarakat Pesisir”. Yang menarik didalam buku ini adalah pembahasan tentang persoalan pendidikan karakter remaja, dibahas dengan menggunakan pendekatan antropologi karena didalam pembahasan buku dikaitkan dengan budaya, masyarakat, dan kearifan lokal. Dengan membaca salah satu bab dari buku ini, para pembaca akan mengetahui bahwa konsep dasar dari pendidikan karakter adalah bersumber dari pengajaran 5 agama besar yang ada di Indonesia. Artinya bahwa 5 agama besar yang ada di Indonesia semuanya mengajarkan konsep pendidikan karakter. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Pendidikan Karakter Remaja dalam Masyarakat Pesisir PENULIS: Muhammad Hafrinda ISBN : 978-623-7503-63-7 www.guepedia.com Sinopsis: Buku yang terinspirasi berdasarkan pengalaman penulis sendiri yang telah bertugas hampir sepuluh tahun di ...

PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PKK) BERBASIS MULTIKULTURAL DAN KEARIFAN LOKAL BAGI GURU CALON TUTOR DI SEKOLAH PAUD

Penanaman nilai-nilai pembentukan karakter bangsa secara masif dan efektif melalui implementasi nilai-nilai utama Gerakan Nasional Revolusi Mental (religius, nasionalis, mandiri, gotong-royong, dan integritas) yang akan menjadi fokus pembelajaran, pembiasaan dan pembudayaan, sehingga pendidikan karakter bangsa sungguh dapat mengubah perilaku, cara berpikir dan cara bertindak seluruh bangsa Indonesia menjadi lebih baik dan berintegritas. Buku ini disusun untuk menjadi rujukan atau pijakan bagi para fasilitator yang akan menerapkan program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di sekolah dan mengimbaskannya ke sekolah sekitar. Fasilitator utama yang bisa memberikan pelatihan buku ini adalah Kepala Sekolah, Guru, Pengawas, dan Komite Sekolah. Fasilitator dapat memanfaatkan buku ini sebagai sumber pembelajaran mandiri untuk memahami program PPK sesuai dengan tugas dan kewajibannya.

Penanaman nilai-nilai pembentukan karakter bangsa secara masif dan efektif melalui implementasi nilai-nilai utama Gerakan Nasional Revolusi Mental (religius, nasionalis, mandiri, gotong-royong, dan integritas) yang akan menjadi fokus ...

Monograf Implementasi Kebijakan Pendidikan Karakter

Sistem dan kebijakan yang sesuai dengan permasalahan pendidikan karakter di sekolah akan mempermudah bagaimana melakukan perbaikan dan mengorganisasikan sumber daya serta tanggung jawab. Kebijakan dalam pendidikan karakter menjadi ...

MODUL PENILAIAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS MULTIKULTURAL DAN KEARIFAN LOKAL SISWA PAUD UNTUK GURU CALON TUTOR

Penanaman nilai-nilai pembentukan karakter bangsa secara masif dan efektif melalui implementasi nilai-nilai utama Gerakan Nasional Revolusi Mental (religius, nasionalis, mandiri, gotong-royong, dan integritas) yang akan menjadi fokus pembelajaran, pembiasaan dan pembudayaan, sehingga pendidikan karakter bangsa sungguh dapat mengubah perilaku, cara berpikir dan cara bertindak seluruh bangsa Indonesia menjadi lebih baik dan berintegritas. Buku ini disusun untuk menjadi rujukan atau pijakan bagi para fasilitator yang akan menerapkan program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di sekolah dan mengimbaskannya ke sekolah sekitar. Fasilitator utama yang bisa memberikan pelatihan buku ini adalah Kepala Sekolah, Guru, Pengawas, dan Komite Sekolah. Fasilitator dapat memanfaatkan buku ini sebagai sumber pembelajaran mandiri untuk memahami program PPK sesuai dengan tugas dan kewajibannya.

Penanaman nilai-nilai pembentukan karakter bangsa secara masif dan efektif melalui implementasi nilai-nilai utama Gerakan Nasional Revolusi Mental (religius, nasionalis, mandiri, gotong-royong, dan integritas) yang akan menjadi fokus ...