Sebanyak 33 item atau buku ditemukan

PEDOMAN PENULISAN KARYA ILMIAH UNTUK SISWA SMA

Keterampilan menulis karya ilmiah sangat penting artinya bagi siswa dalam rangka mengerjakan tugas-tugas riset di sekolah maupun dalam rangka persiapan memasuki dunia kerja. Selama mengikuti pendidikan di sekolah, mereka sering diberikan tugas menulis karya ilmiah berupa makalah atau artikel yang berkaitan dengan kegiatan riset yang diikutinya. Lebih dari itu, menulis karya ilmiah harus dipenuhi oleh siswa sebagai salah satu persyaratan menyelesaikan studi di sekolah. Di samping itu, berbagai lomba atau kompetisi menulis karya ilmiah dilaksanakan oleh berbagai instansi, baik instansi pemerintah maupun instansi swasta yang melibatkan pihak sekolah. Hal ini tentu merupakan kesempatan emas bagi siswa untuk mengadu kemampuannya dalam menulis karya ilmiah. Mereka yang benar- benar memiliki keterampilan dalam menulis karya ilmiah akan mampu memenangkan lomba yang bergengsi tersebut. Siswa memiliki ruang tersendiri untuk menulis karya ilmiah. Karya ilmiah tersebut sering menjadi masalah tersendiri bagi siswa. Permasalahannya bukan terletak pada sedikit banyaknya tugas menulis yang diberikan oleh guru, namun bagaimana tata cara penulisan karya ilmiah yang baik dan benar. Di antara karya ilmiah yang harus ditulis oleh siswa selama proses pembelajaran di sekolah diantaranya makalah, essay, artikel, laporan penelitian, proposal penelitian, tugas akhir riset dan sebagainya. Sebagaimana diketahui bahwa kegiatan menulis karya ilmiah merupakan bagian yang tidak terpisahkan di dalam seluruh proses pembelajaran yang dialami oleh setiap siswa selama menuntut ilmu di sekolah. Pada setiap semester, siswa harus menulis karya ilmiah dalam berbagai bentuk di setiap bidang keilmuan yang mereka tempuh. Dengan demikian, mereka diharapkan akan memiliki wawasan yang lebih luas dan mendalam mengenai apa yang disebut dengan karya tulis ilmiah dan bagaimana tata cara penulisannya. Namun, keterampilan menulis bagi sebagian besar orang, tidak terkecuali siswa, bukan pekerjaan yang mudah. Keterampilan menulis merupakan keterampilan berbahasa yang paling tinggi tingkatannya dibandingkan keterampilan berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menyimak (mendengarkan). Hal ini mudah dipahami, karena dilihat dari segi tahapan pemerolehan bahasa, keterampilan menulis dilakukan pada tahapan terakhir setelah pemerolehan keterampilan menyimak, berbicara, dan membaca. Akhadiah (1997) menyatakan bahwa berbeda dengan kemampuan menyimak dan berbicara, kemampuan menulis tidak diperoleh secara alamiah. Dari keempat keterampilan berbahasa yang ada yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis, keterampilan menulis khususnya menulis karya ilmiah dianggap paling sulit. Untuk menguasainya, sungguh diperlukan proses yang memerlukan keterampilan berpikir tingkat tinggi (high order thinking skills). Menulis bukan merupakan aktivitas tunggal, melainkan kompleks karena didahului oleh aktivitas-aktivitas berbahasa yang lain, seperti membaca dan menyimak. Oleh karena itu, sudah selayaknya setiap siswa memiliki keterampilan yang memadai dalam menulis karya ilmiah, baik berupa laporan hasil penelitian maupun artikel atau jurnal penelitian. Untuk menunjang harapan tersebut, perlu adanya sebuah buku pedoman yang bisa dijadikan sebagai panduan oleh siswa dalam melaksanakan penelitian sekaligus melaporkannya menjadi laporan penelitian yang berupa Tugas Akhir Penelitian.

Keterampilan menulis karya ilmiah sangat penting artinya bagi siswa dalam rangka mengerjakan tugas-tugas riset di sekolah maupun dalam rangka persiapan memasuki dunia kerja.

Pedoman Penulisan Karya Ilmiah : Graf Literasi

Salah satu indikator kinerja kaum akademisi adalah mampu membuat karya ilmiah dalam bentuk makalah. Kemampuan dalam membuat karya ilmiah untuk sebagian orang dirasakan mudah, namun sebaliknya dirasakan begitu sulit. Mencermati permasalahan di atas, maka suatu kewajaran itu terjadi, karena membuat karya ilmiah memang berbeda dengan tulisan bebas pada umumnya. Menulis karya ilmiah sangat terikat dengan aturan baku yang sudah ditetapkan. Buku ini hadir sebagai bahan bacaan dalam memperkaya pemahaman baik di kalangan guru dan siswa. Semoga buku ini bermanfaat dan menjadi solusi dari masalah-masalah yang dihadapi dalam menulis karya ilmiah. Najib Quroisin, M. Pd.

Buku ini hadir sebagai bahan bacaan dalam memperkaya pemahaman baik di kalangan guru dan siswa. Semoga buku ini bermanfaat dan menjadi solusi dari masalah-masalah yang dihadapi dalam menulis karya ilmiah. Najib Quroisin, M. Pd.

Pedoman Penulisan Skripsi Hubungan Internasional

SKRIPSI (scriptie)1 adalah salah bentuk karya ilmiah yang dibuat atau ditulis oleh seseorang untuk memenuhi sebagian persyaratan mendapatkan gelar kesarjanaan (S-1). Sebagai sebuah karya ilmiah atau karya akademik dan sekaligus merupakan laporan hasil penelitian, skripsi berbeda dengan novel atau karya fiksi lainnya yang disusun sesuai kehendak penulisnya. Lazimnya sebuah karya ilmiah (scientific paper), skripsi harus ditulis atau disusun berdasarkan kaidah-kaidah ilmiah (scientific principles) yang sudah menjadi tradisi, paradigma, atau kesepakatan umum yang berkembang di kalangan masyarakat ilmiah. Sama halnya dengan tesis (S-2) dan disertasi (S-3), skripsi pada dasarnya merupakan sebuah laporan (report), yakni laporan kegiatan penelitian yang ditulis secara sistematis dan mengikuti ketentuan-ketentuan yang telah menjadi kesepakatan di dunia akademik. Sebelum menyusun skripsi, seorang mahasiswa wajib melakukan kegiatan penelitian terlebih dahulu. Kegiatan penelitian ini juga harus berpedoman pada kaidah-kaidah yang telah menjadi kesepakatan para ahli, yaitu apa yang dikenal dengan metodologi penelitian (research methodology).

SKRIPSI (scriptie)1 adalah salah bentuk karya ilmiah yang dibuat atau ditulis oleh seseorang untuk memenuhi sebagian persyaratan mendapatkan gelar kesarjanaan (S-1).

PEDOMAN PENULISAN SKRIPSI FAKULTAS USHULUDDIN

Pedoman Penulisan Skripsi ini ditulis dalam rangka mempermudah para mahasiswa dalam menulis skripsi serta para dosen dalam pembimbingan sehingga mendapatkan acuan bersama mengenai penulisan skripsi di Fakultas Ushuluddin. Pedoman Penulisan ini disusun sebagai revisi Pedoman Penulisan Skripsi Fakultas Ushuluddin Tahun 2011, dengan beberapa tambahan dan elaborasi dari Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan Pedoman Teknik Penulisan Naskah Jurnal Wawasan Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Pedoman Penulisan ini disusun sebagai revisi Pedoman Penulisan Skripsi Fakultas Ushuluddin Tahun 2011, dengan beberapa tambahan dan elaborasi dari Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan Pedoman ...

PEDOMAN PENULISAN SKRIPSI

Penulisan skripsi merupakan bagian penting dalam studi sarjana. Di samping itu skripsi juga menggambarkan kelayakan penelitian yang dilakukan. Sesuai dengan peraturan Ketua STIK Stella Maris Makassar, skripsi merupakan sebagian dari persyaratan bagi mahasiswa untuk memperoleh gelar sarjana. Oleh karena itu penting bagi setiap peneliti untuk menuliskan skripsi dengan tepat dan efektif. Sebagai bentuk dokumen tertulis, skripsi tidak hanya harus tepat dalam konsep dan isi tetapi juga dari cara penulisan, struktur, dan pembahasan. Bahasa yang tidak tepat dan struktur yang tidak baik dapat meyebabkan salah interpretasi. Pedoman ini lebih berfokus pada panduan teknis dan konsep isi skripsi. Cara menuliskan secara konsep teori disajikan dalam pedoman ini. Masukan dari pembaca dan semua pengguna akan sangat berguna untuk meningkatkan akurasi dan efektivitas pedoman ini. Makassar, Juli 2019 Tim Penyusun

Penulisan skripsi merupakan bagian penting dalam studi sarjana.

Pedoman Penulisan Skripsi

Karya tulis ilmiah di Perguruan Tinggi memiliki kedudukan yang sangat penting. Karya tulis ilmiah merupakan bagian dari tuntutan formal akademik. Dilihat dari jenisnya, karya tulis ilmiah terdiri atas makalah, laporan buku (book report) atau laporan bab (chapter report), skripsi, tesis, dan disertasi. Berdasarkan tujuan penulisannya, karya ilmiah dibedakan ke dalam dua jenis. Pertama, karya tulis ilmiah untuk memenuhi tugas-tugas perkuliahan antara lain makalah dan laporan buku atau laporan bab. Kedua, karya tulis ilmiah sebagai syarat yang dituntut dari mahasiswa ketika menyelesaikan suatu kegiatan akademik, antara lain tugas akhir untuk Program Diploma, skripsi untuk Program Sarjana atau Program Strata 1 (S1), Tesis untuk Program Magister atau Program Strata 2 (S2), dan Disertasi untuk Program Doktor atau Program Strata 3 (S3).

Buku Pedoman Penulisan Skripsi ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) Fakultas Kedokteran UMI Makassar

Buku Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) ini bertujuan untuk menuntun mahasiswa selama tahapan pembuatan KTI, mulai proses pembuatan proposal penelitian, penelitian, sampai melaporkan hasil penelitian KTI yang telah dilakukannya, dalam rangka memperoleh gelar sarjana kedokteran.

Buku Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) ini bertujuan untuk menuntun mahasiswa selama tahapan pembuatan KTI, mulai proses pembuatan proposal penelitian, penelitian, sampai melaporkan hasil penelitian KTI yang telah dilakukannya, ...

Metodologi Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah

(KTI)

Menyusun Karya Tulis Ilmiah (KTI) merupakan tuntutan formalakademik bagi mahasiswa diploma. Karena merupakan tuntutan formalmaka KTI menjadi syarat wajib kelulusan. Selain itu, KTI juga menjadiwadah penerapan tri dharma perguruan tinggi bidang penelitian. KTI yangdimaksud adalah KTI berwujud makalah. Dasar penyusunan KTI adalahhasil pengamatan yang telah dilaksanakan setelah mahasiswa mengikuti mata kuliah Prakter Kerja Lapangan (PKL). Sangat diharapkan bahwaoutput KTI merupakan solusi nyata dari permasalahan yang terjadi selamaPKL. Dengan demikian hasil KTI dapat memberikan manfaat bagi pihakpihak terkait. Untuk memulai penyusunan KTI, maka mahasiswa harus menguasai beberapa pengetahuan dasar untuk menyusun KTI, pengetahuan dasar tersebut antara lain, (a) tujuan penulisan KTI, (b) tips sukses untuk menyusun KTI, (c) tahap-tahap dalam menyusun KTI, dan (d) metode penelitian. Empat hal tersebut akan dipaparkan pada pertemuan ini.

Menyusun Karya Tulis Ilmiah (KTI) merupakan tuntutan formalakademik bagi mahasiswa diploma.

Pedoman penulisan karya ilmiah

proposal skripsi dan tesis dan mempersiapkan diri menjadi penulis artikel ilmiah