Sebanyak 107 item atau buku ditemukan

Panduan Penulisan Skripsi FAI UMSU

buku “Panduan Penulisan Skripsi FAI UMSU” dengan tujuan penyeragaman teknis penulisan. Selain itu, hal ini dilakukan untuk mencapai efektivitas penyelenggaraan pendidikan yang diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas.

Lampiran 3: Contoh Form Berita Acara Pengesahan Proposal Lampiran 4: Contoh Form Berita Acara ______ Seminar Proposal Lampiran 5: Contoh Form Berita Acara. Bimbingan Skripsi. Lampiran 6: Contoh Format Halaman Sampul __ Lampiran 7: ...

Panduan Penulisan Skripsi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Palangka Raya 2021

Panduan Penulisan Skripsi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Palangka Raya (UPR) 2021 ini adalah revisi dari buku panduan penulisan skripsi yang pernah dimiliki sebelumnya. Panduan ini sangat penting sebagai pedoman bagi mahasiswa dan dosen dalam menyelesaikan tugas akhir sarjana strata satu (S1) FISIP UPR. Buku panduan ini juga merupakan acuan gaya selingkung yang konsisten bagi para mahasiswa, dosen pembimbing dan penguji serta pihak-pihak lain yang memerlukannya seperti pimpinan fakultas dan ketua jurusan/program studi di lingkungan FISIP UPR. Sebagaimana diketahui bahwa pada panduan penulisan skripsi sebelumnya ada beberapa hal yang perlu dilengkapi. Kekurangan itu diantaranya sebagai berikut: 1) tidak ada keseragaman panduan penulisan skripsi antar jurusan/prodi, maka dilakukan revisi yaitu: a) Penyeragaman syarat SKS 128 SKS; b) Penyeragaman syarat IPK minimal 2.00; c) Penyeragaman teknik penulisan dan format skripsi 6 bab. 2) sudah cukup lama (mayoritas diterbitkan antara tahun 2009- 2012), maka dilakukan revisi yaitu: a) Panduan Seminar proposal dan ujian skripsi Daring dan Luring; b) Mendorong penggunaan manajemen referensi (Mendeley, Zotero, Google References dll) c) Mendorong penelitian berbasis internet (Netnografi, studi literatur dll). 3) tidak ada batasan “fraud”, maka dilakukan revisi yaitu: Menerapkan uji plagiasi pada proposal dan skripsi batas kemiripan ≤ 30%. 4) kurang memaksimalkan inovasi dan kreativitas serta tidak memberikan ruang penerapan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Maka dilakukan revisi yaitu: 1) Dosen pembimbing pendamping dimungkinkan dari Fakultas lain atau Perguruan Tinggi lain, bahkan praktisi berpengalaman > 10 tahun; 2) Memberikan ruang penguji eksternal atas usulan pembimbing.

Ketua Penguji mengisi form berita acara dan form nilai ujian yang sudah disiapkan tim akademik dari file yang sudah dikirim. n. Dosen pembimbing (panitera/sekretaris ujian) akan menghubungi mahasiswa peserta ujian untuk bergabung ...

PENGANTAR METODOLOGI PENELITIAN HUKUM: KAJIAN PENELITIAN NORMATIF, EMPIRIS, PENULISAN PROPOSAL, LAPORAN SKRIPSI DAN TESIS

Buku ini merupakan bahan-bahan perkuliahan pada program S-2 Ilmu Hukum Tata Negara yang disadur dari berbagai referensi, buku-buku dan peraturan perundang-undangan sehingga menjadi buku ajar dalam “Metodologi Penelitian Hukum”. Melalui buku ini penulis berharap dapat memberikan kontribusi kepada semua pihak yang melakukan penelitian ilmu hukum. Oleh karena itu, kehadiran buku ini juga dapat menjadi referensi untuk akademisi dan praktisi dalam memahami metodologi penelitian hukum.

Pasal 297 Setiap orang yang karena kelalaiannya menyebabkan rusak atau hilangnya berita acara pemungutan dan penghitungan suara dan sertifikat hasil penghitungan suara yang sudah disegel, dipidana dengan pidana penjara paling singkat 12 ...

Panduan Penulisan Skripsi: Fakultas Hukum, Universitas Muslim Indonesia

Penyusunan Panduan Penulisan Skripsi ini merupakan bagian dari ikhtiar dari berbagai pihak dalam meningkatkan standar kualitas komunikasi ilmiah. Komunikasi ilmiah berkualitas salah satunya ditentukan oleh kegiatan penelitian sehingga dapat menyejajarkan kualitas lulusan Fakultas Hukum UMI dengan Perguruan Tinggi lainnya. Panduan Penulisan skripsi ini dibuat dalam rangka memberikan tuntunan kepada mahasiswa Fakultas Hukum UMI dan bagi dosen dalam memberikan pembimbingan, agar tercipta keseragaman dalam produser penelitian, bentuk, teknis, dan membimbing mahasiswa kepada pola pikir yang runtut dan sistematis dalam penyelesaian studi di Fakultas Hukum UMI. Terbitnya Panduan Penulisan Skripsi ini diharapkan dapat mempermudah mahasiswa memahami prosedur administratif dan aspek teknis dalam penulisan skripsi.

Dengan Hasil Proposal Diterima tanpa perbaikan Diterima dengan perbaikan Proposal tambahan tanpa seminar Proposal ulang dan seminar ulang Demikian berita acara ini dibuat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

PANDUAN PENULISAN TUGAS AKHIR SKRIPSI UNTUK BIDANG KESEHATAN DAN KEDOKTERAN

Penulisan tugas akhir atau skripsi menjadi salah satu syarat kelulusan di jenjang perguruan tinggi. Hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Oleh karena itu, mahasiswa S-l wajib memiliki keterampilan umum, di antaranya mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir. Buku Panduan Penulisan Tugas Akhir Skripsi untuk Bidang Kesehatan dan Kedokteran ini bertujuan untuk memudahkan dalam menyusun dan menulis suatu karya tulis ilmiah berupa naskah skripsi yang sesuai dengan aturan baku penulisan ilmiah. Dengan buku ini, mahasiswa diharapkan mampu berpikir logis, kritis dalam merumuskan masalah dan mencari solusi pemecahan masalah melalui penguasaan metode penelitian untuk menghasilkan karya tulis ilmiah/skripsi dengan baik dan benar.

... konsep dan hipotesis; d. penguasaan materi; e. desain penelitian; f. uraian hasil dan analisis statistik yang relevan; dan g. pembahasan dan kesimpulan. Contoh Berita Acara Presentasi Sidang BERITA ACARA PRESENTASI SIDANG TUGAS.

PEDOMAN PENYUSUNAN PENULISAN PROPOSAL PENELITIAN DAN SKRIPSI

Pedoman Penyusunan Penulisan Proposal Penelitian Dan Skripsi ini merupakan acuan bagi para dosen pembimbing dan mahasiswa yang menyusun skripsi pada Program Studi Manajemen Institut Teknologi dan Bisnis Lembah Dempo. Beberapa hal yang disesuaikan dengan perkembangan teknologi masa kini telah ditambahkan dalam buku pedoman ini, yang bertujuan untuk memberikan arahan yang lebih spesifik dalam menyusun proposal penelitian maupun naskah skripsi. Buku ini masih jauh dari sempurna sesuai dengan pepatah tiada gading yang tak retak. Oleh karena itu, segala komentar, kritik maupun tanggapan atas buku pedoman penulisan skripsi ini akan diterima dengan terbuka. Semoga buku pedoman ini bermanfaat bagi pembaca.

LAMPIRAN 20 : CONTOH BERITA ACARA UJIAN SKRIPSI INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS LEMBAH DEMPO Jl. Kol M. Nuh No. 98 Air Laga Pagar Alam Sumatera Selatan Telp. (0730) 624445 Fax (0730) 623259 Ponsel 08117104411 Laman www.lembahdempo.ac.id ...

METODE PENELITIAN KUALITATIF Lengkap dengan Rencana Pembelajaran Semester dan Contoh Pedoman Penulisan Skripsi Kualitatif

Dengan menyebut Nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang, segala puji bagi Allah SWT Tuhan pecipta alam semesta beserta mahkluk ciptaan-Nya, shalawat serta Salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW. Yang telah membawa selutuh umat Islam dari zaman yang penuh kesesatan menuju zaman yang penuh rahmat dengan tersebarnya agama Islam di muka bumi ini. Penyusunan Buku Metode Penelitian Kualitatif Lengkap dengan Rencana Pembelajaran Semester dan Contoh Pedoman Penulisan Skripsi Kualitatif adalah salah satu bentuk komitmen penulis dalam memberikan referensi serta dukungan kepada para dosen pengampu dan juga mahasiswa yang sedang menempuh mata kuliah metode penelitian kualitatif. Dengan harapan buku ini bisa memberikan petunjuk, wawasan dan memberikan ilmu seputar tentang Metode Penelitian Kualitatif dengan didasari mengharap ridho dari Allah SWT maka tersusunlah buku ini. Saya berharap agar Buku Metode Penelitian Kualitatif Lengkap dengan Rencana Pembelajaran Semester dan Contoh Pedoman Penulisan Skripsi Kualitatif ini bisa memberikan manfaaat bagi para dosen pengampu dan juga mahasiswa pada khususnya. Aamiin ya robbal’alamin..

Penyusunan Buku Metode Penelitian Kualitatif Lengkap dengan Rencana Pembelajaran Semester dan Contoh Pedoman Penulisan Skripsi Kualitatif adalah salah satu bentuk komitmen penulis dalam memberikan referensi serta dukungan kepada para dosen ...

Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Tugas Akhir, Skripsi, Dan Tesis

Penulisan karya ilmiah merupakan salah satu tugas akhir yang harus diselesaikan oleh mahasiswa Program Diploma Tiga (D3), Program Strata Satu (S1), dan Program Strata Dua (S2). Untuk menciptakan quality assurance terhadap karya ilmiah tersebut, buku ini memberikan gambaran mengenai penyusun naskah karya ilmiah sebagai pedoman dalam menyelesaikan (Tugas Akhir, Skripsi, dan Tesis) yang dapat dijadikan pedoman oleh mahasiswa ataupun dosen pembimbing Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (Tugas Akhir, Skripsi, dan Tesis) ini menjelaskan tentang hal-hal yang berhubungan dengan tata cara penulisan karya ilmiah baik berupa tugas akhir, skripsi ataupun tesis. Di dalam Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (Tugas Akhir, Skripsi, dan Tesis) Mahasiswa ini, juga terdapat perihal berkenaan dengan jumlah pembimbing, jumlah penguji, serta persyaratan dan mekanisme proses pembimbingan. Diharapkan dengan adanya Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (Tugas Akhir, Skripsi, dan Tesis) ini akan memberikan dampak terhadap peningkatan mutu karya ilmiah baik yang ditulis oleh mahasiswa Diploma Tiga (D3), mahasiswa Strata Satu (S1) ataupun mahasiswa Strata Dua (S2) Semoga Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (Tugas Akhir, Skripsi, dan Tesis) Mahasiswa Program Diploma Tiga (D3) mahasiswa Strata Satu (S1) ataupun mahasiswa Strata Dua (S2) dapat berguna bagi mahasiswa ataupun dosen pembimbin. Akhirnya kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan masukan untuk penyempurnaan Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (Tugas Akhir dan Skripsi) Mahasiswa ini.

Untuk menciptakan quality assurance terhadap karya ilmiah tersebut, buku ini memberikan gambaran mengenai penyusun naskah karya ilmiah sebagai pedoman dalam menyelesaikan (Tugas Akhir, Skripsi, dan Tesis) yang dapat dijadikan pedoman oleh ...

Pedoman Penulisan Skripsi dan Karya Ilmiah

Judul : Pedoman Penulisan Skripsi dan Karya Ilmiah Penulis : Dr. H. Ahmad, M.Ag., Dr. Rasto, M.Pd. Mohammad Akmal Haris, M.Pd. Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 135 Halaman ISBN : 978-623-62333-3-7 SINOPSIS Karya ilmiah termasuk di dalamnya skripsi berbeda dengan tulisan lepas biasa. Di dalam penulisan skripsi dan karya ilmiah terdapat kaidah-kaidah yang berlaku, yang mana kaidah-kaidah tersebut dapat dijadikan sebagai pedoman dalam penulisan skripsi dan karya ilmiah yang baik dan benar. Melalui karya ilmiah, mahasiswa dapat mengungkapkan pikirannya secara sistematis sesuai dengan kaidah-kaidah keilmuan. Dengan mengacu pada hasil kajian pustaka yang bersumber baik dari publikasi ilmiah dalam bentuk jurnal, artikel, buku teks, makalah, prosiding, atau juga publikasi internet lainnya, mahasiswa melakukan pengamatan lapangan, melakukan penelitian historis atau kajian kepustakaan. Buku pedoman ini dibuat dalam rangka meramu kaidah-kaidah yang berlaku tersebut agar terjadi penyelarasan dalam penulisan skripsi dan karya ilmiah di lingkungan STIT Al-Amin Indramayu, sehingga mudah dipahami oleh mahasiswa dan dosen dengan sifat yang seragam.

Judul : Pedoman Penulisan Skripsi dan Karya Ilmiah Penulis : Dr. H. Ahmad, M.Ag., Dr. Rasto, M.Pd. Mohammad Akmal Haris, M.Pd. Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 135 Halaman ISBN : 978-623-62333-3-7 SINOPSIS Karya ilmiah termasuk di dalamnya ...

MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI MELALUI KONTEKSTUAK KOMPONEN PEMODELAN METOD

Keterampilan menulis merupakan keterampilan yang sangat penting dalam kehidupan, tidak hanya penting dalam kehidupan pendidikan, tetapi juga sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Keterampilan menulis itu sangat penting karena merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dimiliki oleh siswa. Dengan menulis siswa dapat mengungkapkan atau mengekspresikan gagasan atau pendapat, pemikiran, dan perasaan yang dimiliki. Selain itu, dapat mengembangkan daya pikir dan kreativitas siswa dalam menulis. Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa yang dipergunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung. Bahwa menulis adalah suatu kegiatan yang aktif dan produktif serta memerlukan cara berpikir yang teratur yang diungkapkan dalam bahasa tulis. Keterampilan seseorang untuk mengungkapkan ide, pikiran, gagasan, pengetahuan, ilmu, dan pengalaman sebagai suatu keterampilan yang produktif. Menulis dipengaruhi oleh keterampilan produktif lainnya, seperti aspek berbicara maupun keterampilan reseptif yaitu aspek membaca dan menyimak serta pemahaman kosa kata, diksi, keefektifan kalimat, penggunaan ejaan dan tanda baca. Pemahaman berbagai jenis karangan serat pemahaman berbagai jenis paragraf dan pengembangannya.

Keterampilan menulis merupakan keterampilan yang sangat penting dalam kehidupan, tidak hanya penting dalam kehidupan pendidikan, tetapi juga sangat penting dalam kehidupan masyarakat.