Sebanyak 186 item atau buku ditemukan

embelajaran Seni Musik dan Tari Anak Berkebutuhan Khusus

Pendidikan musik akan sangat efektif jika diajarkan pada anak-anak usia dini. d. Musik seharusnya menjadi inti suatu kurikulum sekolah formal. e. Anak berkembang secara utuh, yakni berkembang secara fisik, emosional, ...

Pembelajaran Seni Rupa Di SD

Secara singkat kreativitas diartikan sebagai kemampuan menampilkan ide-ide baru. Kreasi atau ciptaan merupakan simbol ide. Membiasakan anak berkreasi berarti membiasakan anak memecahkan masalah dengan cara yang bersifat baru, yang diharapkan kebaruannya itu membawa keceriaan dalam hidup karena kebaruan tersebut mengandung hal-hal yang positif. Pembelajaran Seni Rupa Di SD ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Penerapan 3 (Tiga) Model Pembelajaran Tematik Seni Rupa di Kelas B1 TK Kusuma Negara, Kabupaten Jembrana. ... Strategi Pembelajaran Seni Lukis Anak Usia Dini di Sanggar Pratista Yogyakarta. Jurnal Seni dan Pendidikan Seni “IMAJI” VOL.7.

Tradisi sebagai tumpuan kreativitas seni

On dance for children in Indonesia.

Seni yang bermuatan nilai sosial , keindahan , dan pendidikan . Melihat kenyataan ini sangat diperlukan untuk melakukan penelitian serta membuat komposisi tari yang sesuai dengan perkembangan jiwa anak . Anak - anak usia dini masih ...

PENGANTAR SENI DRAMA DI SD

Pelajaran Seni Drama- Tari di Sekolah Dasar sudah saatnya keluar dari paradigma lama, yakni hanya sebagai mata pelajaran kelas ke dua. Pelajaran ini seringkali identik dengan kegiatan ekstra kurikuler, sehingga tak jarang posisinya tersingkir dari lima pelajaran utama di SD. Posisinya yang tidak seksi menurut banyak kalangan ini menyebabkan pengelolahan sistem pembelajaran untuk pelajaran ini sekedarnya saja. Betapa mudahnya mengajarkan pelajaran ini di SD jika guru hanya menyuruh setiap anak menari atau bermain drama lalu memberikan penilaian satu persatu di setiap akhir semester.

Hal ini penting karena pengalaman anak pada usia dini merupakan landasan dasar bagi kehidupan di masa datang. Oleh karena itu pengalaman kreatif bagi anak meski menjadi bagian utama dalam pendidikan. Pada kurikulum 1994 SD, ...

Gelaran Almanak Seni Rupa Jogja 1999-2009

Gelaran Almanak Senirupa Jogja 1999-2009 ini bukan sekadar ”Almanak”, melainkan ”Almanak +” lantaran menggabungkan banyak sekali model: Ensiklopedia, Kamus, Kronik, Who’s Who, Katalog, mau­pun Yellow Pages (Nama | Alamat). Ini adalah semacam ”buku pintar” seni rupa yang bisa dipegang oleh seluruh komponen yang berkepentingan dengan dunia seni rupa, terutama di Yogyakarta selama sepuluh tahun terakhir. Sebuah kota yang secara statistik, memiliki puluhan ribu seniman dengan aktivitas seni yang kaya. Karena itu kota ini kerap disebut sebagai produsen seni yang paling fantastik di Asia atau ”Makkah”nya seni rupa Asia. Buku ini diikat oleh empat kategori besar: nama (seniman), peristiwa (kronik), ruang (tempat/kawasan), dan komunitas (organisasi). Dari keempat ikatan itu lalu diturunkan menjadi tema-tema spesifik yang dirujuk dari perkembangan-perkembangan termu­takhir dunia seni rupa selama sepuluh tahun sebagaimana yang terpetakan dalam daftar isi buku ini.

Perupa H. Hardjiman tutup usia pada 10 llustrator pencipta tokoh komik Godam sekaligus November 2005 di usia 51 tahun ... Soegijo dan telah mencipta lebih 200 tari dalam bentuk tunggal meninggal dunia dini hari pada 4 Oktober 2006.

SINERGI SAINS, TEKNOLOGI DAN SENI

DALAM PROSES BERKARYA KREATIF DI DUNIA TEKNOLOGI INFORMASI

Manusia dengan segala potensi yang disebutkan Roger Wolcott Sperry, ternyata dikendalikan oleh dua kuadran/belahan otaknya. Potensi itu, jika disederhanakan, terdiri dari dua kategori utama yaitu rasional dan kreatif. Dari potensi rasional dan kreatif tersebut, manusia—dengan segala daya, cipta, kreasi dan karsanya menciptakan dimensi sains, seni dan teknologi. Fungsi sains di sini mengoordinasikan semua pengalaman manusia dan menempatkannya ke dalam suatu sistem yang logis, sedangkan fungsi seni sebagai pemberi persepsi mengenai suatu keberaturan dalam hidup dengan menempatkan suatu keberaturan padanya. Tujuan sains dan teknologi adalah untuk memudahkan manusia dalam menjalani kehidupannya. Sedangkan seni memberi sentuhan estetik sebagai hasil budaya yang jujur, indah, beradab dari manusia sehingga "memanusiakan" manusia. Buku ini banyak mengungkap potensi berkarya manusia dengan menyinergikan potensi rasio-kreatif dalam wujud sains-teknologi-seni. Diungkap bagaimana tokoh pelopor sinergitas ini membuka mata dunia atas kekuatan sinergi sains-teknologi-sains, hingga implementasinya dalam proses berkarya kreatif di dunia Teknologi Informasi.

Fase usia 0-6 hingga 8 tahun ini kemudian disebut sebagai fase golden age[12]. Pendiri Intrinsic Institute, Dr. Brian Davidson, adalah salah satu orang yang menaruh perhatian pada pengembangan bakat sejak dini. Sebagai seorang guru ...

Pentas seni ritus Bali

Development of Balinese performing arts in Indonesia.

Begitu pula lomba - lomba tari kreasi atau tari lepas , ikut mengaktualisasikan eksistensi tarian itu di tengah masyarakat dan menginternalisasikan nilai - nilai estetika bagi peserta lomba yang terdiri dari generasi usia dini .

Antologi seni 2003

panorama dan isu dominan seni Indonesia, 1960-2003 : seni musik, seni rupa, seni tari, seni teater, seni prosa, seni lucu, seni puisi

Modern arts and performing arts in Indonesia, 1960-2003; collection of articles.

panorama dan isu dominan seni Indonesia, 1960-2003 : seni musik, seni rupa, seni tari, seni teater, seni prosa, seni lucu, ... enteng bicara soal seks yang dia lakukan sejak masih usia sangat dini , sembilan tahun , tak lagi perawan .