Sebanyak 106 item atau buku ditemukan

METODOLOGI STUDI ISLAM

Tujuan studi Islam adalah untuk memahami dan mendalami serta membahas ajaran-ajaran Islam sebagai wacana ilmiah yang dapat diterima oleh berbagai kalangan. Aspek-aspek sasaran studi Islam yaitu aspek keagamaan dan aspek keilmuwan. Dari sisi pengertian studi islam secara sederhana adalah usaha mendasar dan sistematis untuk mengetahui, memahami dan membahas secara mendalam seluk beluk yang berhubungan dengan agama Islam, baik ajaran maupun praktek pelaksanaannya secara nyata dalam kehidupan sehari-hari sepanjang sejarah.

Tujuan studi Islam adalah untuk memahami dan mendalami serta membahas ajaran-ajaran Islam sebagai wacana ilmiah yang dapat diterima oleh berbagai kalangan.

Studi Islam Kontemporer Perspektif Insider Outsider

Metodologi studi Islam tampaknya mengalami pergeseran yang cukup signifikan, khususnya pada sekitar paruh abad ke-20. Penyebabnya ialah fakta bahwa Islam dikaji oleh muslim (insider) atau nonmuslim (outsider), khususnya orientalis, yang sedikit banyak dipengaruhi secara sosiologis oleh cara pandang, dan pengalaman manusia Barat, serta secara saintifik oleh perkembangan metodologi penelitian dalam ilmu-ilmu sosial di Barat. Metodologi orientalis tersebut secara perlahan memengaruhi metodologi studi Islam. Hal ini karena timbulnya kecenderungan di kalangan cendekiawan muslim untuk belajar kepada orientalis di Barat, atau membanjirnya buku-buku orientalis sebagai alternatif bacaan cendekiawan muslim. Dalam situasi seperti ini, studi Islam dengan pendekatan tradisional sudah tercampur, bahkan tersaingi oleh pendekatan orientalis. Untuk mengatasi persoalan tersebut maka buku ini hadir. Kajian dalam buku ini mencoba melakukan “pemetaan” terhadap studi Islam yang dilakukan oleh muslim (insider) atau nonmuslim (outsider). Sehingga, pembaca dapat melihat secara jernih, atau setidaknya mampu memilah dari kajian keduanya yang kiranya paling objektif dalam pengkajian Islam. Selamat membaca!

... Islam Rahmatan lil 'Alamin, Menjawab Pertanyaan dan Kebutuhan Manusia (Jakarta: Republika, 2011), hlm. xiii. 12 Ibid., hlm. xiv. 13 Ibid., hlm. xiv. 14 Nevval Sevindi, Contemporary Islamic Conversation, hlm. 18. 18 Ibid., hlm. xv. 22 ...

Ragam Pendekatan Studi Islam

Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah dan inayah-nya kepada kita semua, sehingga tebitnya buku yang berjudul “Ragam Pendekatan Studi Islam”. Maksud penulis adalah buku ini mampu menjadi sedikit wawasan kepada kita untuk memahami aspek aspek penting dalam memahami islam dan juga memberikan dasar dan arah pijakan bagi pemahaman keislaman serta menambah wawasan bagi kita selaku umat Islam. Sebagai hamba Allah yang memiliki kelebihan dan kekurangan, penulis menyadari sepenuhnya bahwa dalam menyelesaikan penulisan buku ini bukanlah suatu pekerjaan yang mudah. Namun dengan petunjuk dan hidayah dari Allah SWT dan didorong rasa tanggung jawab serta bantuan dan bimbingan serta fasilitas yang diberikan oleh semua pihak sehingga buku ini dapat diselesaikan sebagaimana mestinya.

Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah dan inayah-nya kepada kita semua, sehingga tebitnya buku yang berjudul “Ragam Pendekatan Studi Islam”.

ILMU PENDIDIKAN ISLAM (MENGULAS PENDEKATAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM STUDI ISLAM & HAKIKAT PENDIDIKAN BAGI MANUSIA)

Kandungan buku ini mendeskripsikan tentang pendekatan pendidikan Islam dalam studi Islam dan hakikat pendidikan bagi manusia. Di dalamnya juga dimuat contoh dan berbagai analogi. Di samping itu, kajian ini juga dimaksudkan sebagai upaya membantu para akademisi khususnya para mahasiswa, dalam menelaah ilmu pendidikan Islam.

Kandungan buku ini mendeskripsikan tentang pendekatan pendidikan Islam dalam studi Islam dan hakikat pendidikan bagi manusia.

BAHASA BELANDA DALAM STUDI ISLAM

Setelah mendiskusikan berbagai isu Islam Indonesia yang mungkin kita dapat pelajari dari keberadaan orang-orang Islam yang ada di negara Belanda, kita beralih dari realita sosial kontemporer ke arsip-arsip/laporan-laporan dari pemerintah kolonial Hindia Belanda. Kaitannya dengan hal ini, ada beberapa hal penting yang seharusnya menjadi perhatian sejarawan. Yang pertama, berbicara tentang studi Islam Indonesia masa kolonial kita tidak bisa mengelak dari kebutuhan akan kemampuan Bahasa Belanda. Mengapa? Pemerintah Hindia Belanda mengarsipkan peristiwa-peristwa penting yang dilakukan oleh pribumi termasuk organisasi-organisasi ke-Islaman dalam Bahasa Belanda. Kedua, apalagi tentang politik. Topik ini bisa jadi paling hangat dibicarakan karena masanya yang tepat. Masa kolonial tidak bisa dilepaskan dari kepentingan Pemerintah Kolonial Hindia Belanda yang ingin memanfaatkan sumber daya alam Indonesia semaksimal mungkin. Terakhir, baik di UIN, IAIN, STAIN dan UGM Bahasa Belanda menjadi matakuliah yang dianggap penting untuk kepentingan studi Islam (Indonesia).

kembali mendapat pinjaman naskah dari Vulcanius. ... Dari tahun 1870 sampai 1913, tidak ada lagi orang yang memperhatikan nasib naskah ini. ... 21 Buku karya Sunan Bonang ini berisi pemurnian akidah dan model pendidikan Islam.