Sebanyak 646 item atau buku ditemukan

Manajemen Mutu Pendidikan Islam

Hingga saat ini, masyarakat dunia masih mempercayai dan menaruh harapan besar terhadap peran dan fungsi pendidikan sebagai salah satu sarana yang paling efektif dan terukur untuk merubah nasib manusia. Proses mobilitas vertikal yang dapat mengangkat derajat manusia, dan mobilitas horizontal yang memperluas jangan relasi manusia akan dapat dilakukan apabila manusia memiliki modal pendidikan. Namun seiring dengan terjadinya era globalisasi yang dipicu oleh produk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi modern, khususnya teknologi komunikasi berbasis digital, menyebabkan terjadi perubagan paradigma dalam semua aspek kehidupan. Wawasan, sikap dan keterampilan yang dimiliki manusia manusia mau tidak mau harus berbasis teknologi komunikasi digital. Dalam keadaan demikian tuntutan masyarakat terhadap mutu pendidikan mengalami peningkatan yang signifikan. Mutu pendidikan harus mampu menyiapkan sumber daya manusia yang sejalan dengan tantangan globalisasi, era 4.0, bahkan era 5.0 yang ditandai oleh perubahan yang amat cepat, luas dan terkadang sulit diprediksi. Sehubungan dengan itu, pengelolaan pendidikan saat ini tidak bisa lagi dilakukan biasa-biasa saja (as usual), melainkan harus dikelola dengan manajemen mutu yang memuaskan masyarakat pelanggan (customers satisfaction). Dalam kaitan ini, Total Quality Manajemen (Manajemen Mutu Terpadu) yang semula digunakan dalam kegiatan bisnis yang bersifat profit (laba material), terpaksa harus digunakan dalam kegiatan pendidikan; karena dengan cara itulah pendidikan juga dapat memuaskan client (pelanggan) yakni masyarakat pada umumnya. Namun demikian adanya karakter TQM yang bercorak bisnis yang bersifat profit di satu pihak, dengan karakter pendidikan yang bercorak sosial yang berbasis nilai-nilai moral, ilmu pengetahuan, kebudayaan dan peradaban di pihak lain, mengharuskan adanya proses adaptasi dan colaborasi antara TQM dan pendidikan yang antara satu dan lainnya saling menopang Buku Manajemen Mutu Pendidikan Islami yang saat ini ada di tangan para pembaca yang budiman, akan membantu Anda dalam melakukan adaptasi dan kolaborasi TQM dengan nilai-nilai ajaran Islam untuk diaplikasikan dalam kegiatan pendidikan. Buku ini menjadi amat penting dibaca dan dipraktekkan, karena terkait erat dengan upaya mengintegrasikan Islam dan ilmu pengetahuan, khususnya di bidang manajemen yang dapat membawa kemajuan umat dan masyarakat yang seimbang antara kehidupan dunia dan akhirat. “Selama Membaca, Memahami dan Mengamalkan” Buku persembahan penerbit PrenadaMedia #PrenadaMedia

Namun demikian adanya karakter TQM yang bercorak bisnis yang bersifat profit di satu pihak, dengan karakter pendidikan yang bercorak sosial yang berbasis nilai-nilai moral, ilmu pengetahuan, kebudayaan dan peradaban di pihak lain, ...

Manajemen Pendidikan Islam: Filosofi, Konsep Dasar, dan Implementasi Praktis

Buku ini berupaya untuk membuka wawasan yang mendalam dalam dunia manajemen pendidikan Islam. Dari konsep dasar hingga pengelolaan aspek keuangan, humas, serta sarana dan prasarana pendidikan, buku ini menjadi panduan komprehensif bagi para praktisi dan pemimpin lembaga pendidikan Islam. Dengan berlandaskan dasar-dasar teoritis dan konseptual, pembaca diajak memahami hakikat manajemen pendidikan Islam. Buku ini bukan hanya sekadar uraian teoritis, tetapi juga menarik pembaca melalui sejarah dan perkembangan manajemen pendidikan dalam bingkai pemikiran Islam. Sebuah penelusuran yang membuktikan bahwa manajemen pendidikan bukan hanya elemen tambahan, melainkan bagian integral dari tradisi pendidikan Islam. Buku ini ditujukan untuk para praktisi pendidikan dan pemimpin lembaga pendidikan Islam, buku ini berfungsi sebagai panduan yang praktis dan mendalam. Buku ini diharapkan bukan hanya memberikan wawasan, tetapi juga menjadi landasan kuat bagi manajemen yang efektif dan berkesinambungan dalam dunia pendidikan Islam.

Buku ini berupaya untuk membuka wawasan yang mendalam dalam dunia manajemen pendidikan Islam.

Manajemen Strategi Dan Mutu Pendidikan Islam

Mutu pendidikan di Negara berkembang masih sangat tertinggal jika dibandingkan dengan mutu pendidikan di Negara maju. Seperti yang kita ketahui, Pendidikan di Negara berkembang terkesan berantakan. Masih banyak masyarakat di Negara berkembang yang masih tidak mengerti pentingnya pendidikan, Sehingga mayoritas masyarakat di Negara berkembang kurang memperhatikan pendidikan. Padahal jika ditilik lebih jauh lagi, pendidikan merupakan salah satu indeks pembangunan dan merupakan elemen pengukur maju atau tidaknya sebuah negara. Dalam pelaksanaannya pun dapat dipastikan bahwa seluruh kebijaksanaan pendidikan di negara berkembang yang merupakan negara yang masih mencari bentuk serta pola kebijaksaannya sendiri tentunya selalu belajar terhadap negara-negara kolonial utamanya yang telah sangat maju dibandingkan negaranya sendiri. Hal ini telah menunjukan bahwa negara berkembang tidak serta merta meninggalkan begitu saja bentuk-bentuk kebijaksanaan yang dibawa oleh negara-negara kolonial, melainkan masih mungkin dipakai dan di terapkan dalam mengatur kebijakasaan pendidikan di negaranya.

Mutu pendidikan di Negara berkembang masih sangat tertinggal jika dibandingkan dengan mutu pendidikan di Negara maju.

Pendidikan Islam Multikultural

Menuju Kemerdekaan Belajar

Upaya mencegah penyebaran paham radikalisme agama, kiranya perlu mendorong transformasi pendidikan agama berbasis multikultural. Mengapa pendidikan agama?, dikarenakan masih banyak kesalahpahaman agama yang dimanfaatkan untuk memecah belah umat beragama dan warga bangsa. Di satu sisi, Pendidikan agama harus mempengaruhi perubahan sosial, sebagaimana misi Pendidikan agama yakni humanisasi, liberasi, dan transendensi. Pendidikan agama multikultural tidak cukup hanya terjadi di ruang kelas, melainkan harus menjadi gerakan reformasi. Pendidikan multikultural tidak lain merupakan pendekatan progresif untuk mentransformasi pendidikan yang secara holistic mengkritik dan merespon kebijakan dan praktek diskriminatif dalam pendidikan. Hal ini didasarkan pada cita-cita keadilan sosial, kesetaraan pendidikan, pedagogi kritis, dan dedikasi yang tinggi untuk memberikan pengalaman pendidikan di mana semua siswa mencapai potensi penuh mereka sebagai pelajar dan sebagai makhluk sosial yang sadar dan aktif, baik secara lokal, nasional, maupun global. Buku ini merupakan kebutuhan penting bagi akademisi, dosen, dan mahasiswa yang sedang mengikuti Mata Kuliah pendidikan Islam multikultural. Mata kuliah ini merupakan hasil penyempurnaan dari kurikulum PAI sebagai upaya menjawab berbagai isu radikalisme agama, intoleransi, dan terorisme yang mengancam kebhinekaan bangsa Indonesia.

Buku ini merupakan kebutuhan penting bagi akademisi, dosen, dan mahasiswa yang sedang mengikuti Mata Kuliah pendidikan Islam multikultural.