Sebanyak 2 item atau buku ditemukan

Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Sebagian besar para ahli pendidikan sepakat, bahwa metodologi pembelajaran memegang peranan yang sangat strategis dalam mendukung keberhasilan dalam mencapai tujuan pendidikan. Di kalangan para pelajar pondok pesantren (santri) misalnya terkenal ungkapan: al-thariqah ahammu min al-maaddah (metode pembelajaran adalah lebih utama dari materi). Ketersediaan sarana prasarana pendidikan dan lainnya yang serba lengkap, misalnya akan kurang ada artinya jika guru yang mengajar di dalam kelas tidak menguasai metodologi pembelajaran yang baik. Seiring dengan kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi digital, khususnya teknologi informasi (information technology), dalam berbagai bentuknya, seperti internet Facebook, Instagram, YouTube, dan lainnya menyebabkan berbagai informasi dari berbagai sumber dapat dengan mudah diakses. Demikian pula tuntutan masyarakat yang semakin ingin diperlukan secara demokratis dan semakin berkembangnya berbagai temuan para ahli dalam bidang psikologi berpengaruh besar terhadap perkembangan model pembelajaran; model pembelajaran yang semula banyak berpusat pada guru (teacher centered) misalnya kini bergeser menjadi berpusat pada peserta didik (student centered). Perkembangan hal tersebut selanjutnya berpengaruh pula pada perkembangan dalam metodologi pembelajaran. Perkembangan dalam metodologi pembelajaran tersebut menjadi sangat menarik dan perlu dikuasai oleh tenaga pendidik baik pada tataran teori maupun praktik. Namun demikian, mengingat berbagai teori metodologi pembelajaran tersebut berasal daripada ahli yang memiliki budaya dan motivasi yang berbeda-beda, maka perlu diadaptasikan lebih dahulu dengan nilai-nilai ajaran Islam yang terdapat di dalam Al-Qur’an dan Hadis sehingga menjadi lebih sesuai ketika berbagai metode pembelajaran tersebut akan diterapkan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Buku yang saat ini berada di tangan para pembaca yang budiman akan berupaya membantu Anda memahami perkembangan berbagai macam metodologi pembelajaran yang didasarkan pada nilai-nilai ajaran Islam, serta contoh penerapannya dalam pembelajaran pendidikan wgama Islam. Untuk itu penulis mengajak kepada para pendidik untuk terus mengembangkan, menguasai metodologi pembelajaran sehingga pendidikan agama Islam akan lebih menarik minat peserta didik khususnya, dan masyarakat pada umumnya. Selamat membaca, semoga membawa berkah. Buku persembahan penerbit PrenadaMedia #PrenadaMedia

Namun demikian, mengingat berbagai teori metodologi pembelajaran tersebut berasal daripada ahli yang memiliki budaya dan motivasi yang berbeda-beda, maka perlu diadaptasikan lebih dahulu dengan nilai-nilai ajaran Islam yang terdapat di ...

Manajemen Mutu Pendidikan Islam

Hingga saat ini, masyarakat dunia masih mempercayai dan menaruh harapan besar terhadap peran dan fungsi pendidikan sebagai salah satu sarana yang paling efektif dan terukur untuk merubah nasib manusia. Proses mobilitas vertikal yang dapat mengangkat derajat manusia, dan mobilitas horizontal yang memperluas jangan relasi manusia akan dapat dilakukan apabila manusia memiliki modal pendidikan. Namun seiring dengan terjadinya era globalisasi yang dipicu oleh produk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi modern, khususnya teknologi komunikasi berbasis digital, menyebabkan terjadi perubagan paradigma dalam semua aspek kehidupan. Wawasan, sikap dan keterampilan yang dimiliki manusia manusia mau tidak mau harus berbasis teknologi komunikasi digital. Dalam keadaan demikian tuntutan masyarakat terhadap mutu pendidikan mengalami peningkatan yang signifikan. Mutu pendidikan harus mampu menyiapkan sumber daya manusia yang sejalan dengan tantangan globalisasi, era 4.0, bahkan era 5.0 yang ditandai oleh perubahan yang amat cepat, luas dan terkadang sulit diprediksi. Sehubungan dengan itu, pengelolaan pendidikan saat ini tidak bisa lagi dilakukan biasa-biasa saja (as usual), melainkan harus dikelola dengan manajemen mutu yang memuaskan masyarakat pelanggan (customers satisfaction). Dalam kaitan ini, Total Quality Manajemen (Manajemen Mutu Terpadu) yang semula digunakan dalam kegiatan bisnis yang bersifat profit (laba material), terpaksa harus digunakan dalam kegiatan pendidikan; karena dengan cara itulah pendidikan juga dapat memuaskan client (pelanggan) yakni masyarakat pada umumnya. Namun demikian adanya karakter TQM yang bercorak bisnis yang bersifat profit di satu pihak, dengan karakter pendidikan yang bercorak sosial yang berbasis nilai-nilai moral, ilmu pengetahuan, kebudayaan dan peradaban di pihak lain, mengharuskan adanya proses adaptasi dan colaborasi antara TQM dan pendidikan yang antara satu dan lainnya saling menopang Buku Manajemen Mutu Pendidikan Islami yang saat ini ada di tangan para pembaca yang budiman, akan membantu Anda dalam melakukan adaptasi dan kolaborasi TQM dengan nilai-nilai ajaran Islam untuk diaplikasikan dalam kegiatan pendidikan. Buku ini menjadi amat penting dibaca dan dipraktekkan, karena terkait erat dengan upaya mengintegrasikan Islam dan ilmu pengetahuan, khususnya di bidang manajemen yang dapat membawa kemajuan umat dan masyarakat yang seimbang antara kehidupan dunia dan akhirat. “Selama Membaca, Memahami dan Mengamalkan” Buku persembahan penerbit PrenadaMedia #PrenadaMedia

Namun demikian adanya karakter TQM yang bercorak bisnis yang bersifat profit di satu pihak, dengan karakter pendidikan yang bercorak sosial yang berbasis nilai-nilai moral, ilmu pengetahuan, kebudayaan dan peradaban di pihak lain, ...