Sebanyak 10 item atau buku ditemukan

Manajemen Mutu Pendidikan Islam

Hingga saat ini, masyarakat dunia masih mempercayai dan menaruh harapan besar terhadap peran dan fungsi pendidikan sebagai salah satu sarana yang paling efektif dan terukur untuk merubah nasib manusia. Proses mobilitas vertikal yang dapat mengangkat derajat manusia, dan mobilitas horizontal yang memperluas jangan relasi manusia akan dapat dilakukan apabila manusia memiliki modal pendidikan. Namun seiring dengan terjadinya era globalisasi yang dipicu oleh produk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi modern, khususnya teknologi komunikasi berbasis digital, menyebabkan terjadi perubagan paradigma dalam semua aspek kehidupan. Wawasan, sikap dan keterampilan yang dimiliki manusia manusia mau tidak mau harus berbasis teknologi komunikasi digital. Dalam keadaan demikian tuntutan masyarakat terhadap mutu pendidikan mengalami peningkatan yang signifikan. Mutu pendidikan harus mampu menyiapkan sumber daya manusia yang sejalan dengan tantangan globalisasi, era 4.0, bahkan era 5.0 yang ditandai oleh perubahan yang amat cepat, luas dan terkadang sulit diprediksi. Sehubungan dengan itu, pengelolaan pendidikan saat ini tidak bisa lagi dilakukan biasa-biasa saja (as usual), melainkan harus dikelola dengan manajemen mutu yang memuaskan masyarakat pelanggan (customers satisfaction). Dalam kaitan ini, Total Quality Manajemen (Manajemen Mutu Terpadu) yang semula digunakan dalam kegiatan bisnis yang bersifat profit (laba material), terpaksa harus digunakan dalam kegiatan pendidikan; karena dengan cara itulah pendidikan juga dapat memuaskan client (pelanggan) yakni masyarakat pada umumnya. Namun demikian adanya karakter TQM yang bercorak bisnis yang bersifat profit di satu pihak, dengan karakter pendidikan yang bercorak sosial yang berbasis nilai-nilai moral, ilmu pengetahuan, kebudayaan dan peradaban di pihak lain, mengharuskan adanya proses adaptasi dan colaborasi antara TQM dan pendidikan yang antara satu dan lainnya saling menopang Buku Manajemen Mutu Pendidikan Islami yang saat ini ada di tangan para pembaca yang budiman, akan membantu Anda dalam melakukan adaptasi dan kolaborasi TQM dengan nilai-nilai ajaran Islam untuk diaplikasikan dalam kegiatan pendidikan. Buku ini menjadi amat penting dibaca dan dipraktekkan, karena terkait erat dengan upaya mengintegrasikan Islam dan ilmu pengetahuan, khususnya di bidang manajemen yang dapat membawa kemajuan umat dan masyarakat yang seimbang antara kehidupan dunia dan akhirat. “Selama Membaca, Memahami dan Mengamalkan” Buku persembahan penerbit PrenadaMedia #PrenadaMedia

Namun demikian adanya karakter TQM yang bercorak bisnis yang bersifat profit di satu pihak, dengan karakter pendidikan yang bercorak sosial yang berbasis nilai-nilai moral, ilmu pengetahuan, kebudayaan dan peradaban di pihak lain, ...

Sejarah Pendidikan Islam

Dalam sejarah perkembangannya, Islam terbukti telah memainkan peran penting dalam kebudayaan dan peradaban bangsa-bangsa di dunia. Khusus di bidang pendidikan dan pengajaran, tradisi dan kebudayaan Islam telah meletakkan visi dan misi, tujuan, kurikulum, kelembagaan, proses belajar mengajar, sarana dan prasarana, evaluasi, dan berbagai komponen pendidikan lainnya secara teratur dan terukur yang mentradisi. Berbagai nama kelembagaan pendidikan dan keagamaan seperti masjid, madrasah, dan majelis ilmu sudah ada sejak zaman Klasik Islam. Demikian pula dengan metode dan pendekatan belajar mengajar, seperti halaqah, munadzarah, dan mujadalah; termasuk pula istilah yang berkaitan dengan guru, seperti syekh, mursid, muallim, mudarris, dan ustadz; serta tradisi ilmiah seperti perjalanan menuntut ilmu, upaya penerjemahan, perpustakaan, menahkikkan, dan penerbitan buku merupakan warisan sejarah Islam sejak kehadiran pertamanya di Timur Tengah. Warisan sejarah Islam di bidang pendidikan ini bisa menjadi sumber inspirasi bagi perkembangan sistem pendidikan di Indonesia, baik di masa sekarang maupun masa yang akan datang. Fakta-fakta sejarah Islam tentang pendidikan tersebut pada hakikatnya merupakan hasil ijtihad para pemikir dan ulama dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Buku Sejarah Pendidikan Islam ini hadir, antara lain untuk: (1) meningkatkan dan mengembangkan khazanah studi Islam di bidang Sejarah Pendidikan Islam; (2) membantu para mahasiswa, peneliti, dan pengajar memperoleh referensi akurat untuk tugas ilmiah dan akademik; dan (3) membangkitkan kesadaran masyarakat tentang perlunya mempelajari dan memahami sejarah untuk diambil pelajaran, hikmah, dan didikan yang terkandung di dalamnya. Buku persembahan penerbit PrenadaMedia #Kencana

Buku Sejarah Pendidikan Islam ini hadir, antara lain untuk: (1) meningkatkan dan mengembangkan khazanah studi Islam di bidang Sejarah Pendidikan Islam; (2) membantu para mahasiswa, peneliti, dan pengajar memperoleh referensi akurat untuk ...

Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur'an

Buku ini merupakan kontribusi pengarang untuk menyajikan titik-titik dalam Al-Quran yang memuat konsep dan pandangan Islam tentang pendidikan. Rentang pembahasan dalam buku ini mencakup dua bagian penting: pertama, berbagai hal yang berkaitan dengan sistem pendidikan; dan yang kedua, berbagai hal yang menjadi rangka bangun sistem pendidikan itu sendiri. Untuk bagian pertama, tema inti yang diperbincangkan adalah: visi, misi, dan tujuan pendidikan Islam; manajemen pendidikan, dana, dan lingkungan yang berkaitan dengan pendidikan. Adapun untuk bagian yang kedua, tema inti yang dipaparkan secara perinci adalah dasar, guru, kurikulum, dan proses belajar mengajar. Karena itu, bagi mereka yang bergelut di dunia pendidikan Islam, buku ini penting untuk semakin memahami betapa kaya perspektif pendidikan dalam Al-Quran, sedangkan bagi mereka yang selama ini bergetut dengan konsep pendidikan umum, maka buku ini dapat menjadi gerbang untuk melihat konsep berbeda yang disajikan oleh Al-Quran—kitab suci dan rujukan utama umat Islam—tentang pendidikan. Buku persembahan penerbit prenadaMedia -PrenadaMedia-

Sifat ayat yang demikian itu diciptakan Allah karena perkembangan dalam bidang sosial, ekonomi, politik dan lain sebagainya itu yang senantiasa berkembang dari zaman ke zaman. Jika berbagai masalah tersebut terus berkembang dan tidak ...

Sejarah Pendidikan Islam

Buku ini ditulis selain bertujuan untuk mengembangkan khazanah studi Islam pada umumnya dan pendidikan Islam khususnya, juga dalam rangka memberikan kemudahan bagi para mahasiswa dalam mendapatkan bahan perkuliahan sejarah pendidikan Islam yang lebih memadai. Berkenaan dengan itu, maka kepada para guru, dosen dan mahasiswa yang membidangi Ilmu Pendidikan Islam diharapkan dapat memanfaatkan buku ini dengan baikbaiknya, dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan Islam pada khususnya, dan mutu pendidikan nasional pada umumnya. Buku persembahan penerbit Prenada Media Group.

Buku ini ditulis selain bertujuan untuk mengembangkan khazanah studi Islam pada umumnya dan pendidikan Islam khususnya, juga dalam rangka memberikan kemudahan bagi para mahasiswa dalam mendapatkan bahan perkuliahan sejarah pendidikan Islam ...

Ilmu Pendidikan Islam

Pengajaran ilmu pendidikan Islam dalam praktiknya yang berlangsung hingga kini di kalangan umat Islam belum sepenuhnya mengacu kepada ilmu pendidikan Islam yang hakiki. Kondisi ini dapat terjadi karena selain belum terumuskannya ilmu pendidikan Islam secara kukuh, juga belum tersosialisasinya secara baik dan merata dalam masyarakat. Sebagai satu kajian keilmuan, buku ini berupaya membantu para akademisi dan masyarakat yang peduli terhadap kajian pendidikan Islam. Buku persembahan penerbit prenadaMedia -PrenadaMedia-

Pengajaran ilmu pendidikan Islam dalam praktiknya yang berlangsung hingga kini di kalangan umat Islam belum sepenuhnya mengacu kepada ilmu pendidikan Islam yang hakiki.

Studi Islam Komprehensif

Buku ini menyajikan semua substansi di atas dengan kelebihan tertentu, antara lain: Pertama, menjelaskan pengertian, sumber, prinsip, visi, misi, tujuan, sasaran, karateristik, pokok dan macam studi Islam yang diajarkan di berbagai Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) yang berbasis pada ayat-ayat qauliyah (wahyu), juga menjelaskan hubungan ajaran Islam dengan berbagai disiplin ilmu modern yang berbasis pada ayat-ayat kauniyah. Kedua, lengkapinya dengan berbagai informasi yang belum dikaji secara mendalam dalam berbagai referensi studi Islam yang pernah diterbitkan. Ketiga, membantu mewujudkan pemahaman Islam yang holistis, integrated, dan komprehensif (kaffah) sejalan dengan ajaran Al-Quran dan Sunah, serta dapat membangun citra Islam sebagai agama kemanusiaan, kedamaian, dan cinta kasih. Keempat, membuka wawasan pemikiran untuk mengartikulasikan dan mengkontekstualisasikan ajaran Islam dengan berbagai masalah yang dihadapi masyarakat. Kelima, melalui pemahaman Islam yang komprehensif yang disajikan dalam buku ini pada akhirnya dapat melahirkan ulama yang intelek dan intelek yang ulama, yang berwawasan komprehensif dan holistis. -PrenadaMedia

... rahmatan lil 'alamin, yakni memberi rahmat bagi seluruh umat manusia; se- bagai al-furqan, yakni memisahkan antara ... Islamic Education: Qur'anic Outlook; Ali Khalil Abul Ainain menulis buku Falsafah al-Tarbiyah ind Al-Qur'an ...

Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia

Buku ini mencoba memotret berbagai permasalahan pendidikan Islam di Indonesia dengan melacak kronologi transformasi sistem pendidikan di Bumi Nusantara dan berbagai isu penting yang muncul, berkembang, dan masih mendapatkan perhatian serius dari pada pakar pendidikan Islam. Dengan demikian, diharapkan akan ditemukan solusi dan terobosan untuk mengatasi akar permasalahan yang selama ini masih menjadi penghambat kemajuannya sekarang dan di masa mendatang. *** Persembahan penerbit Kencana (PrenadaMedia)

Dengan merujuk kepada berbagai sumber kependidikan Islam yang otoritatif serta melalui analisis induktif, makalah ini tidak berpretensi dapat memberikan jawaban memuaskan terhadap berbagai pertanyaan tersebut, melainkan hanya memberikan ...

Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran

Buku Perspektif Islam tentong Strestel Pembelajaran ini berbicara tentang kerangka konseptual ilmiah strategi pembelajaran dan aplikasinya dalam pendidikan Islam. Pada bagian awal, dikupas paradigma baru pendidikan dan manusia sebagai makhluk belajar serta hubungan jiwa dan fitrah dengan kegiatan belajar mengajar. Selanjutnya, pokok bahasan berkisar pada berbagai aliran dalam pendidikan dan pembelajaran, konsep, teori, dan metode dalam belajar serta mengajar. Di bagian akhir, buku ini ditutup dengan paparan mengenai keberhasilan belajar mengajar, faktor yang memengaruhinya dan pandangan Islam mengenai keberhasilan belajar mengajar. --- Buku persembahan penerbit Prenadamedia Kencana

Buku Perspektif Islam tentong Strestel Pembelajaran ini berbicara tentang kerangka konseptual ilmiah strategi pembelajaran dan aplikasinya dalam pendidikan Islam.