Sebanyak 3603 item atau buku ditemukan

Metodologi Pembelajaran dan Pendidikan Agama Islam

Buku Metodologi Pembelajaran dan Pendidikan Agama Islam ini hadir untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang berbagai aspek penting dalam pengajaran dan pembelajaran agama Islam di lingkungan pendidikan. Buku ini diawali dengan pembahasan tentang konsep dasar pembelajaran, yang mencakup teori-teori dasar yang mendasari proses pengajaran dan pembelajaran agama Islam. Selanjutnya, buku ini mengulas proses pembelajaran dalam pendidikan Islam, yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam dengan metode pendidikan modern, serta bagaimana kurikulum dan silabus pendidikan agama Islam disusun untuk mencapai tujuan pendidikan yang maksimal. Pembaca juga akan diajak untuk memahami berbagai metode pembelajaran yang efektif, yang melibatkan pendekatan yang variatif untuk menarik minat siswa, seperti penggunaan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan pembelajaran berbasis masalah. Buku ini juga mengulas tentang implementasi pembelajaran agama Islam di sekolah, dengan menyoroti tantangan yang dihadapi oleh pendidik serta upaya-upaya yang perlu dilakukan untuk menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan. Dengan berbagai contoh penerapan metode yang sudah terbukti efektif, buku ini memberikan wawasan praktis yang dapat diterapkan langsung di ruang kelas. Tak hanya teori, buku ini juga menyajikan panduan praktis dalam merancang dan melaksanakan proses pembelajaran yang mengutamakan aspek pengembangan karakter, moral, dan spiritual siswa, yang sangat relevan dengan konteks pendidikan agama Islam di era modern. Dengan demikian, buku ini menjadi referensi yang sangat bermanfaat bagi para pendidik, mahasiswa, serta siapa saja yang tertarik untuk memahami dan meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam.

Buku Metodologi Pembelajaran dan Pendidikan Agama Islam ini hadir untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang berbagai aspek penting dalam pengajaran dan pembelajaran agama Islam di lingkungan pendidikan.

Buku Tafsir Pendidikan

Buku Tafsir Pendidikan adalah sebuah karya yang menawarkan pemahaman mendalam tentang ayat-ayat Al-Qur’an melalui lensa pendidikan. Buku ini bertujuan untuk menunjukkan bagaimana ajaran-ajaran Al-Qur’an dapat diaplikasikan dalam konteks pendidikan modern, sehingga menciptakan sistem pendidikan yang tidak hanya berfokus pada aspek intelektual, tetapi juga pada pembentukan karakter dan moral. Penulis mengelaborasi ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan konsep pendidikan, mulai dari metodologi Tafsir pendidikan, Nilai-Nilai pendidikan, Kisah-kisah Nabi, pendidikan keluarga, etika dalam belajar, hingga pendidikan sosial dalam al-Qur'an. Buku ini mengajak pembaca untuk menggali lebih dalam tentang prinsip-prinsip pendidikan yang diajarkan dalam Al-Qur’an dan bagaimana prinsip-prinsip tersebut dapat menjadi landasan dalam membangun generasi yang berilmu, berakhlak mulia, dan siap menghadapi tantangan masa depan. Buku persembahan penerbit PenaCendekia #PenaCendekiaPustaka

Buku Tafsir Pendidikan adalah sebuah karya yang menawarkan pemahaman mendalam tentang ayat-ayat Al-Qur’an melalui lensa pendidikan.

ESENSI PENGUKURAN DAN EVALUASI PENDIDIKAN: Teori dan Praktik

Pengukuran dan evaluasi pendidikan merupakan komponen krusial dalam proses pembelajaran yang efektif. Buku ini mengupas tuntas esensi pengukuran dan evaluasi dalam pendidikan, menggabungkan teori mendalam dengan praktik nyata yang relevan di lapangan. Dengan pendekatan yang sistematis, pembaca akan dibimbing melalui konsep dasar hingga aplikasi praktis, mencakup berbagai metode penilaian yang dapat diimplementasikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Ditulis oleh ahli di bidangnya, buku ini adalah sumber daya yang tak ternilai bagi pendidik, peneliti, dan mahasiswa yang ingin memahami dan menerapkan pengukuran serta evaluasi pendidikan secara komprehensif dan tepat. Berbeda dari buku evaluasi pendidikan lainnya, buku ini tidak hanya menyajikan teori dan konsep, tetapi juga dilengkapi dengan studi kasus nyata, panduan langkah demi langkah, dan alat evaluasi yang dapat langsung digunakan. Selain itu, buku ini juga menyoroti perkembangan terbaru dalam teknologi pendidikan dan bagaimana teknologi ini dapat digunakan untuk meningkatkan efektivitas pengukuran dan evaluasi. Dengan demikian, buku ini menawarkan pendekatan yang holistik dan praktis yang menjadikannya lebih unggul dan relevan dengan kebutuhan pendidikan modern.

... teknologi pendidikan dan bagaimana teknologi ini dapat digunakan untuk meningkatkan efektivitas pengukuran dan evaluasi . Dengan demikian , buku ini menawarkan pendekatan yang holistik dan praktis yang menjadikannya lebih unggul dan ...

Manajemen Evaluasi Pendidikan - Rajawali Pers

Manajemen pendidikan saat ini sedang mengalami perubahan paradigma (cara pandang) terhadap hakikat dan fungsi pendidikan. Paradigma baru pendidikan nasional mengacu kepada pengelolaan pendidikan oleh SDM yang profesional. Dalam rangka mengelola sistem pendidikan nasional, ada beberapa prinsip dasar untuk menuju masyarakat Indonesia baru, yaitu: (1) partisipasi masyarakat di dalam mengelola pendidikannya (community based education); (2) demokratisasi proses pendidikan; (3) sumber daya pendidikan yang profesional; dan (4) sumber daya penunjang yang memadai. Keempat faktor ini perlu dikembangkan dan dioptimalkan kemampuannya agar sistem dan manajemen pendidikan mampu memberdayakan manusia Indonesia di masa depan. Untuk melaksanakan paradigma baru dalam implementasi manajemen, maka unsur-unsur manajeman pendidikan Islam harus terakomodir dengan baik, seperti perencanaan (planning) pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengawasan (controlling), menurut Al-Qur’an. Ketercapaian dan keberhasilan program atau kegiatan yang dilakukan, tidak lepas dari evaluasi. Evaluasi merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam meningkatkan kualitas, kinerja, atau produktivitas suatu lembaga dalam melaksanakan programnya. Melalui manajemen evaluasi yang dilakukan pada Lembaga Pendidikan Islam, seperti madrasah dan pondok pesantren, akan terlihat dengan jelas dari pengelolaan Manajemen Lembaga Pendidikan Islam yang dilakukan. Sehingga amanat Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 57 ayat (1), dapat terealisasi dengan baik. Buku ini hadir sebagai bentuk upaya dan penegasan bagi pelaku, pemerhati, dan pengambil kebijakan dalam dunia pendidikan, terutama bagi kalangan mahasiswa, khususnya di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta, yakni UIN/IAIN/STAIN/IAIS/STAIS. Buku ini akan menjelaskan secara jelas dan gamblang tentang manajemen evaluasi dan bagaimana melakukan manajemen suatu program kerja, dan mengevaluasinya, sehingga tujuan dari program kerja yang disusun tercapai dengan baik.

... teknologi pendidikan termasuk di dalamnya teknologi pengukuran dan penilaian prestasi belajar siswa, dalil tersebut sudah mulai luntur. Kini banyak orang khususnya para guru atau pengajar mulai menyadari bahwa masalah pengukuran dan ...

Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Konsep, Pemilihan, Pengembangan dan Evaluasi)

Buku ‘Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Konsep, Pemilihan, Pengembangan, dan Evaluasi’ ini dirancang untuk memberikan pembelajaran yang efektif dan efisien dalam bidang Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan menggabungkan penggunaan teknologi dan metode pembelajaran yang inovatif. Buku ini terdiri dari 10 bab yang berisi pembahasan tentang konsep dasar media pembelajaran, jenis dan karakteristik media pembelajaran PAI, pemilihan media pembelajaran, pemanfaatan dan penggunaan media pembelajaran, pembuatan media pembelajaran sederhana, pengembangan media pembelajaran, pengembangan media berbasis visual, pengembangan media pembelajaran model ASSURE, sumber belajar sebagai komponen media pembelajaran, dan evaluasi media pembelajaran. Pada bagian pertama disajikan konsep dasar media pembelajaran, landasan penggunaan, ciri-ciri, fungsi, dan kegunaan media pembelajaran. Selanjutnya, pembaca akan diperkenalkan dengan jenis-jenis dan karakteristik media pembelajaran PAI serta pendekatan proses pemilihan media, faktor-faktor dalam pemilihan media, dan kriteria pemilihan media. Selain itu, buku ini juga membahas tentang pemanfaatan dan penggunaan media pembelajaran, pembuatan media pembelajaran sederhana, pengembangan media pembelajaran, pengembangan media berbasis visual, pengembangan media pembelajaran model ASSURE, dan pengembangan media pembelajaran model ADDIE, dan evaluasi media pembelajaran. Buku ini juga dilengkapi dengan panduan dan langkah-langkah dalam membuat media pembelajaran sederhana, manual media pembelajaran, serta cara membuat visual. Selain itu, para pembaca juga akan belajar tentang cara memilih sumber belajar yang tepat dan manfaat dari pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar. Buku ini cocok untuk guru-guru dan mahasiswa yang ingin mempelajari pengembangan media pembelajaran PAI untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Agama Islam. Dengan membaca buku ini, pembaca dapat memahami konsep dasar, karakteristik, pemilihan, pemanfaatan, pembuatan, pengembangan, sumber belajar, dan evaluasi media pembelajaran dalam pendidikan Agama Islam.

Buku ‘Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Konsep, Pemilihan, Pengembangan, dan Evaluasi’ ini dirancang untuk memberikan pembelajaran yang efektif dan efisien dalam bidang Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan menggabungkan ...

MANAJEMEN PENDIDIKAN

Memanajemen pendidikan bisa diartikan dengan kepemimpinan ataupun proses merancang program pendidikan. Tentu urgensinya keadaan bangsa yang saat ini masih krisis sumber daya manusia yang berkualitas. Peringkat daya saing Indonesia turun dari peringkat 37 pada 2021 ke peringkat 44 pada 2022 (Survei World Competitiveness Yearbook (WCY) 2022 yang dilakukan oleh Institut Management Development (IMD), Swiss. Realita ini berhubungan dengan kualitas sumber daya manusia yang juga secara langsung terhubung dengan kualitas pendidikan di Indonesia. Realita ini akhirnya menuntut pada suatu inovasi, kreasi serta manajemen yang harus dilakukan agar peningkatan sumber daya manusia meningkat signifikan. Buku ini, akan menuntun pembaca pada sebuah inovasi, kreasi dan manajemen yang secara signifikan mampu meningkatkan sumber daya manusia.

Memanajemen pendidikan bisa diartikan dengan kepemimpinan ataupun proses merancang program pendidikan.