Sebanyak 3513 item atau buku ditemukan

Redesain bela negara dalam sistem pendidikan nasional

perspektif manajemen strategi

Tentunya buku dengan judul Redesain Bela Negara dalam Sistem Pendidikan Nasional ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap upaya aktualisasi konsep bela negara dalam sistem pendidikan nasional.

Konsepsi Pendidikan Islam dalam Gagasan Pemikiran Ismail Raji al-Faruqi

Realisasi Islamisasi Ilmu Pengetahuan dengan Dunia Pendidikan Islam

Buku ini berisi empat bagian penting di antaranya bagian pertama tentang munculnya persepsi dikotomi, bagian kedua tentang islamisasi ilmu pengetahuan Ismail Raji Al-Faruqi, bagian ketiga tentang pemikiran Ismail Raji Al-Faruqi sebagai gambaran konsep pendidikan Islam, bagian keempat tentang realisasi islamisasi ilmu pengetahuan Ismail Raji Al-Faruqi terhadap pendidikan Islam. Ditulis dengan bahasa yang sederhana sehingga dapat dipahami oleh berbagai kalangan, mahasiswa, guru, dosen, dan kalangan umum.

Buku ini berisi empat bagian penting di antaranya bagian pertama tentang munculnya persepsi dikotomi, bagian kedua tentang islamisasi ilmu pengetahuan Ismail Raji Al-Faruqi, bagian ketiga tentang pemikiran Ismail Raji Al-Faruqi sebagai ...

Manifesto Modernisasi Pendidikan Islam

Ulasan Pemikiran Soekarno

Soekarno sebagai seorang founding father Republik Indonesia memiliki kecerdasan, bahkan karismatik dan kemampuan lisan yang seolah mampu menyihir jutaan rakyat Indonesia ketika menyampaikan orasi. Kemampuan orasinya membuat Rakyat Indonesia jatuh hati pada sosok pemuda yang lahir di Surabaya ini. Tentunya tidak mudah membuat jutaan rakyat jatuh hati terhadap sosok Soekarno jika ia sendiri tidak memiliki kecerdasan, keterampilan berorasi dan wibawa yang kuat. Ide-ide Soekarno, sejarah hidupnya sampai kehidupan pribadinya sampai saat ini masih sering diceritakan seolah-olah sosok Soekarno memancarkan aura daya tarik bagi penulis dan peneliti untuk membedah hingga menguliti latar belakang kehidupan beliau. Berbicara mengenai pendidikan Islam dapatlah dikatakan Soekarno merasa kecewa dan tidak menyetujui paham-paham Islam tradisional, taqlid, dan sikap umat Islam yang menutup pintu ijtihad. Kritik Soekarno memangkat dan terkesan transparan, sehingga tidak sedikit orang yang menuduhnya sebagai anti Islam. Namun ia tidak bergeming dalam menyampaikan berbagai kritikan terhadap paham Islam yang masih kolot. Berangkat dari situlah pendidikan Islam menjadi salah satu perhatian Soekarno, baginya pendidikan Islam merupakan arena untuk mngesah akal, mempertajam akal dan mengembangkan intelektualitas manusia. Melalui berbagai gagasan-gagasanya sebagai seorang proklamator, Soekarno banyak menyebut dan mengidentifikasi berbagai problem yang di hadapi oleh umat Islam terutama yang bersinggungan dengan persoalan kebudayaan, intelektualitas, dan berbagai fonomena politik di dunia Islam. Dengan keyakinannya yang kuat Soekarno menyatakan jika umat Islam mau maju dan melakukan pembaharuan disegala bidang, maka umat Islam bukan lagi agama yang dianut sebatas pengertian ritual, melainkan berubah menjadi kekuatan transformasi dan perubahan. Syukur Alhamdulillahi rabbil' alamin, penulis haturkan dan panjatkan ke hadirat Allah swt. Karena berkat taufiq dan hidayah-Nya serta 'inayah-Nya, akhirnya penulis dapat menyelesaikan buku ini. Shalawat serta salam senantiasa tercurahkan kepada Nabi Muhammad saw beserta sahabat-sahabatnya dan keluarganya. Buku ini terdiri lima bagian. Bagian pertama berkaitan dengan pendahuluan, metode penulisan buku, kontribusi pemikiran dan pendidikan Islam, konsep pendidikan Islam. Bagian kedua, berkaitan biografi Soekarno, karya-karyanya. Bagian ketiga, berisi tentang pemikiran Soekarno tentang Islam dan pendidikan Islam. Sedangkan bagian keempat merupakan bagian inti yang dimana penulis membahas tentang kontribusi pemikiran Soekarno terhadap pendidikan Islam sekaliguas relevansi pemikiran soekarno terhadap pendidikan Islam kontemporer di Indonesia

Soekarno sebagai seorang founding father Republik Indonesia memiliki kecerdasan, bahkan karismatik dan kemampuan lisan yang seolah mampu menyihir jutaan rakyat Indonesia ketika menyampaikan orasi.

Manajemen Pendidikan

Sistematika buku “Manajemen Pendidikan” ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 10 Bab yang dibahas secara rinci dalam pembahasan mengenai konsep dasar manajemen pendidikan, diantaranya: Esensi Pendidikan, Teori Pembelajaran, Konsep Dasar Manajemen dalam Pendidikan, Lingkup Manajemen Pendidikan, Penerapan Fungsi-Fungsi Manajemen dalam Pendidikan, Manajemen Kurikulum, Manajemen Kelas Unggulan, Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler, Manajemen Perpustakaan, Keluarga dalam Mengimplementasikan Manajemen Pendidikan.

Buku ini terdiri atas 10 Bab yang dibahas secara rinci dalam pembahasan mengenai konsep dasar manajemen pendidikan, diantaranya: Esensi Pendidikan, Teori Pembelajaran, Konsep Dasar Manajemen dalam Pendidikan, Lingkup Manajemen Pendidikan, ...

Usaha Pemberian Layanan yang Optimal Guru BK pada Masa Pandemi Covid-19 (Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)

Antologi Esai ini disusun oleh mahasiswa praktikan berdasarkan hasil kegiatan PLP I atas bimbingan dosen pembimbing lapangan. Kegiatan PLP I ini dirancang dalam dua capaian, yaitu (1) membangun Jati diri pendidik dengan mengenal kultur sekolah, struktur organisasi sekolah dan tata kelola sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, dan kegiatan-kegiatan di sekolah. (2) Membangun jati diri pendidik dengan mengetahui praktik proses pembelajaran dan karakteristik siswa. Berdasarkan kegiatan tersebutlah mahasiswa praktikan menyusun esai sebagai respon dan kemampuan memberikan pendapat terhadap dunia pendidikan. Antologi ini diharapkan dapat menjadi motivasi mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi diri dalam berlatih melatih menulis karya tulis ilmiah sebagai calon seorang pendidik.

Dalam mata pelajaran bahasa Indonesia, ekstrakulikuler yang mendukung adalah jurnalistik dan debat bahasa Indonesia, ini merupakan bekal jika nantinya siswa mengikuti lomba debat dan jurnalistik dalam perkuliahan, sehingga siswa merasa ...

M A N A J E M E N KEPERAWATAN BAGI PENDIDIKAN VOKASI

Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan berkat dan karuniaNya sehingga buku ajar Manajemen Keperawatan ini dapat terselesaikan dengan baik. Buku ini merupakan pedoman bagi mahasiswa pendidikan vokasi atau DIII Keperawatan dalam menempuh mata kuliah Manajemen Keperawatan. Buku ini disusun berdasarkan capaian pembelajaran mata kuliah Manajemen Keperawatan dalam kurikulum tahun 2014 yang telah di Up-Date dan diterapkan mulai tahun ajaran 2019/2020. Buku ini tersusun dari 7 Bab yang membahas tentang manajemen keperawatan, konsep model keperawatan profesional, konsep supervisi, timbang terima dan pendelegasian, konsep manajemen konflik, konsep kolaborasi dan negosiasi dan konsep penjaminan mutu. Penulis mengucapkan terima kasih kepada writingclass institute yang telah memfasilitasi penulis mengikuti pelatihan dan juga kepada ibu Uswatun Khasanah, M.Pd.I atas materi pelatihan penyusunan buku yang sangat bermanfaat membantu penulis dalam menyelesaikan buku ini. Terima kasih juga kepada rekan-rekan dosen Program Studi DIII Keperawatan yang terus memberikan motivasi kepada penulis

Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan berkat dan karuniaNya sehingga buku ajar Manajemen Keperawatan ini dapat terselesaikan dengan baik.

Sejarah pendidikan daerah Bali

Mengusahakan kerukunan di antara putri - putri Bali dengan memberi dasar
peradaban Bali ( menjunjung tinggi ... Made Cauri.18 Beberapa umat Islam yang
berdiam di Bali juga mendirikan perguruan , yaitu perserikatan Muhammadiyah .