Adapun tujuan dari penulisan buku ini adalah untuk menganalisis (1) validitas perangkat pembelajaran dalam pengembangan pendekatan matematika realistik dengan menggunakan konteks budaya suku Batak Toba dan (2) efektivitas pembelajaran pendekatan matematika realistik dengan menggunakan konteks budaya suku Batak Toba yang dikembangkan. Buku ini diharapkan akan memberikan alternatif solusi kepada praktisi pendidikan dalam mengembangkan pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013. Dengan demikian, kurikulum 2013 beserta perangkatnya tidak lagi menjadi beban bagi guru dan siswa untuk dilaksanakan dalam pembelajaran. Selain itu, perangkat pembelajaran yang dikembangkan diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi ide bagi guru untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang mirip sehingga pembelajaran di kelas lebih bervariasi.
Adapun tujuan dari penulisan buku ini adalah untuk menganalisis (1) validitas perangkat pembelajaran dalam pengembangan pendekatan matematika realistik dengan menggunakan konteks budaya suku Batak Toba dan (2) efektivitas pembelajaran ...
Buku ini dapat memberikan gambaran secara umum bagaimana membelajarkan materi muatan matematika di sekolah dasar dengan menerapkan berbagai model pembelajaran. Setelah membaca ini, mahasiswa diharapkan memiliki pemahaman terkait: 1) konsep pembelajaran matematika di SD, 2) Aplikasi Pembelajaran Matematika Berbasis Snowball Throwing (ST), 3) Aplikasi Pembelajaran Matematika Berbasis Jigsaw, 4) Aplikasi Pembelajaran Matematika Berbasis Inside Outside Circle (IOC), 5) Aplikasi Pembelajaran Matematika Berbasis Numbered Head Together (NHT), 6) Aplikasi Pembelajaran Matematika Berbasis Two Stay Two Stray (TSTS), dan 7) Aplikasi Pembelajaran Matematika Berbasis Think Pair Share (TPS).
Buku ini dapat memberikan gambaran secara umum bagaimana membelajarkan materi muatan matematika di sekolah dasar dengan menerapkan berbagai model pembelajaran.
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang memberikan limpahan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan buku “Pembelajaran Matematika Berbasis TIK" ini. Buku ini disusun sebagai upaya mencari solusi dari berbagai masalah yang muncul dalam kegiatan pembelajaran di kelas, sehingga akan tercipta kegiatan pembelajaran di kelas yang lebih menarik dan mememudahkan peserta didik dalam memahami konsep matematika sehingga tercapai tujuan pembelajaran. Buku ini membahas tentang penggunaan aplikasi powerpoint dan geogebra dan memanfaatkanya dalam pembelajaran matematika. Dalam penyusunan buku ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu selayaknya penulis sampaikan ucapan terima kasih dengan tulus dan sedalamdalamnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam penulisan buku ini. Penulis menyadari, bahwa buku ini masih banyak kekurangan dan jauh dari sempurna, oleh karena itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang memberikan limpahan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan buku “Pembelajaran Matematika Berbasis TIK" ini.
Buku ini diharapkan dapat memberikan wacana, informasi, dan referensi tentang bagaimana penerapan model Situation-Based Learning (SBL) pada matapelajaran matematika dan sains secara integratif di SD bagi mahasiswa, calon guru, maupun guru. Buku ini juga dilengkapi dengan contoh perangkat pembelajaran: RPP, bahan ajar berbasis SBL (LKS), serta lembar observasi kegiatan pembelajaran SBL bagi siswa dan guru.
Buku ini diharapkan dapat memberikan wacana, informasi, dan referensi tentang bagaimana penerapan model Situation-Based Learning (SBL) pada matapelajaran matematika dan sains secara integratif di SD bagi mahasiswa, calon guru, maupun guru.
Sebuah buku yang berisi panduan bagi calon guru untuk mempelajari rpp hingga uji analisis butir seperti validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran secara manual menggunakan microsoft excel
Sebuah buku yang berisi panduan bagi calon guru untuk mempelajari rpp hingga uji analisis butir seperti validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran secara manual menggunakan microsoft excel
Perubahan paradigma yang terjadi di Negara Indonesia, membuat kita mengerti bahwa perlunya penilaian pembelajaran di abad 21 ini. Penilaian dalam pandangan kurikulum dianggap memiliki fungsi yang sangat penting. Banyak sekali literatur penilaian yang dikatakan sebagai dasar bagi pengembangan pembelajaran. Salah satu sumber penilaian yang digunakan guru adalah tugas. Namun tetap dengan skema pembelajaran daring. Penilaian pembelajaran matematika memerlukan beragam teknik. Model-model penilaian pada kelas online akan anda temukan di dalam buku ini. Model Penilaian Kelas Online Pada Pembelajaran Matematika ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.
Model-model penilaian pada kelas online akan anda temukan di dalam buku ini. Model Penilaian Kelas Online Pada Pembelajaran Matematika ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.
Tari Selendang berasal dari kata “selendang “ yang konon katanya dalam bahasa Pemalang identik dengan kata “ Lendang “ yaitu ... Unsur-unsur gerak tarinya diambil dari ragam gerak Yogyakarta, Surakarta, Banyumas, dan Sunda, karena dulu ...