Sebanyak 120 item atau buku ditemukan

Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi

Selama ini penelitian kualitatif cenderung di-stereotype-kan sebagai penelitian yang mudah, suka-suka peneliti, tidak rasional, penelitian yang mengada-ada, atau bahkan ada yang menganggap tidak ilmiah. Padahal penelitian kualitatif adalah penelitian yang ilmiah dan tidak diragukan kredibilitasnya. Buku ini mencoba memberikan penjelasan ilmiah tentang kualitas berbagai ragam penelitian kualitatif. Mulai dari metode studi kasus, grounded theory, etnografi, fenomenologi, participatory action research (PAR), hingga penelitian kritis. Di samping itu, buku ini juga memberikan penjelasan tentang metode kualitatif diawali dengan menjelaskan tentang cara berpikir penelitian kualitatif secara mendasar yaitu dimulai dengan memahami paradigma berpikir penelitian kualitatif. Setelah itu pembaca diajak untuk memahami secara lebih mendalam tentang apa itu metode penelitian kualitatif dan berbagai langkah yang harus dilakukan dalam melakukan penelitian kualitatif. Pada bagian akhir diberikan penjelasan tentang etika penelitian dan beberapa contoh-contoh proposal penelitian dalam bidang komunikasi. Semoga buku ini bisa menjadi buku pegangan bagi pengajar metodologi penelitian kualitatif di bidang komunikasi dan mahasiswa Ilmu Komunikasi yang sedang mempelajari mata kuliah Metode Penelitian Kualitatif; serta menjadi referensi bagi mahasiswa yang ingin menyusun penelitian komunikasi dengan metode kualitatif, terutama bagi mahasiswa yang sedang melakukan skripsi maupun tesis.

Selama ini penelitian kualitatif cenderung di-stereotype-kan sebagai penelitian yang mudah, suka-suka peneliti, tidak rasional, penelitian yang mengada-ada, atau bahkan ada yang menganggap tidak ilmiah.

Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif

Teori, Penerapan, dan Riset Nyata

Buku ini dirancang untuk memenuhi materi mata kuliah metodologi penelitian kuantitatif dan kualitatif. Buku ini memaparkan materi tentang bab-bab yang sangat dibutuhkan untuk penelitian. Selain itu, buku ini juga disusun secara lengkap dan praktis, sehingga diharapkan dapat menjadi tuntunan bagi mahasiswa maupun peneliti kuantitatif dan kualitatif yang menghendaki adanya panduan penelitian yang praktis, lengkap, dan mudah dipahami. Dalam buku ini ada 11 bab sebagai berikut: 1. Penelitian dan Ilmu Pengetahuan; 2. Penelitian Kuantitatif; 3. Judul serta Pendahuluan Penelitian Kuantitatif; 4. Tinjauan Pustaka, Penelitian Terdahulu, Kerangka Pemikiran, Pengembangan Hipotesis Penelitian Kuantitiaif; 5. Jenis Penelitian Kuantitatif; 6. Variabel, Definisi Operasional, Populasi, dan Sampel Penelitian Kuantitatif; 7. Jenis, Teknik Pengumpulan Data, Teknik Analisis Data, dan Susunan Proposal Penelitian Kuantitatif; 8. Penelitian Kualitatif; 9. Judul serta Pendahuluan Penelitian Kualitatif; 10. Tinjauan Pustaka, Uji Keabsahan, Susunan Proposal Penelitian Kualitatif; 11. Contoh Penelitian (Kuantitatif).

Buku ini dirancang untuk memenuhi materi mata kuliah metodologi penelitian kuantitatif dan kualitatif.

Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan

Mc . Milan dan Scumacher (2001) penelitian dibedakan atas dua pendekatan yaitu pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Dalam penelitian kuantitatif dibedakan antara metode eksperimental dan non eksperimental. Dalam penelitian kualitatif dibedakan antara interaktif dan non interaktif. Dalam melaksanakan kegiatan ilmiah secara baik diperlukan sarana berpikir ilmiah yang memungkinkan seorang ilmuwan melakukan penelaahan ilmiah secara teratur dan cermat. Sarana berpikir ilmiah pada dasarnya merupakan alat yang bantu dalam melaksanakan kegiatan ilmiah.

Mc . Milan dan Scumacher (2001) penelitian dibedakan atas dua pendekatan yaitu pendekatan kuantitatif dan kualitatif.

Metode Penelitian Pendidikan

Buku ini berisi materi perkualiahan Metode Penelitian Pendidikan di mana pada setiap bab selalu diisi dengan pembahasan materi untuk mengantarkan dan mengarahkan pikiran para pembaca guna memahami konsep yang akan dibahas, diikuti dengan penanaman konsep yang telah dibahas. Pada bagian belakang juga tersedia glosarium yang berguna untuk membantu pencarian konsep dan definisi-definisi penting dalam memahami isi buku ini. Dengan demikian, setiap mengakhiri pembahasan pada masing-masing, para pembaca diharapkan telah memperoleh pengetahuan yang benar, lengkap dan mantap serta mempunyai keterampilan untuk memecahkan persoalan yang dihadapi. Buku yang terdiri dari 10 bab ini membahas mengenai: konsep dan jenis- jenis penelitian, ruang lingkup penelitian pendidikan, teori dan variabel penelitian, merumuskan masalah penelitian, pengumpulan data penelitian, skala pengukuran, populasi dan teknik sampling, validitas instrumen tes hasil belajar, reliabilitas instrumen tes hasil belajar, dan analisis data dan pengujian hipotesis. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Buku ini berisi materi perkualiahan Metode Penelitian Pendidikan di mana pada setiap bab selalu diisi dengan pembahasan materi untuk mengantarkan dan mengarahkan pikiran para pembaca guna memahami konsep yang akan dibahas, diikuti dengan ...

Metode Penelitian Sosial Ekonomi Pertanian

Dilengkapi Pengenalan Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi Kuantitatif-Kualitatif

Dinamika problematik petani gurem dan tunakisma yang semakin tersudut di margin terendah surplus ekonomi pertanian atau rumitnya formulasi kebijakan ketahanan pangan tentu membutuhkan solusi permasalahan strategis yang berbeda. Trending issues seperti liberalisasi perdagangan produk pertanian, global climate change, dan isu degradasi sumber daya alam dan lingkungan juga menjadi permasalahan prioritas beberapa dasawarsa ke depan. Dibutuhkan penguasaan pengetahuan dan metode riset yang mumpuni agar alumni Fakultas Pertanian dan profesional agribisnis mampu memberikan kontribusi optimal.

Dinamika problematik petani gurem dan tunakisma yang semakin tersudut di margin terendah surplus ekonomi pertanian atau rumitnya formulasi kebijakan ketahanan pangan tentu membutuhkan solusi permasalahan strategis yang berbeda.

Metode Penelitian Kuantitatif

Penelitian menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sebelum melakukan hal ini seseorang membutuhkan pengetahuan yang memadai dan metode yang benar agar bisa melaksanakan penelitian dan mendapatkan hasil yang bisa dipertanggungjawabkan secara objektif. Dalam kaitan dengan itu seo rang peneliti perlu melengkapi diri dengan kedua hal tersebut. Buku ini sesungguhnya dirancang untuk itu. Penulisan buku ini dilatarbelakangi oleh kepedulian penulis terhadap mahasiswa yang sering mengalami kesulitan dalam melakukan penelitian saat menyusun skripsi atau tesis di akhir masa studinya. Kesulitan itu justru muncul karena kurangnya pengetahuan tentang metode penelitian itu sendiri. Buku ini berisikan pengetahuan tentang bagaimana serta langkah langkah apa yang diperlukan dalam melakukan penelitian kuantitatif sekaligus mendasarkan diri dari pengalaman sang penulis yang bertahuntahun mengampu Matakuliah Metodologi Penelitian di Program Strata Dua (S2) Magister Ilmu Administrasi Universitas Krisnadwipayana, Jatiwaringin, Jakarta serta pengalaman mengajar di Fakultas Ilmu Adminis trasi Bisnis dan Komunikasi (FIABIKOM) di Unika Atma Jaya Jakarta. Bahasa yang disajikan penulis dalam mengurai topik-topik di setiap bab sangat sederhana sehingga pembaca dengan mudah menangkap isinya. Sesuai dengan tujuan penyusunannya, kehadiran buku ini sangat membantu bagi mahasiswa dalam menyelesaikan studinya. Tentu tidak hanya bagi mahasiswa, tetapi bagi siapa saja yang terjun dan berminat dalam penelitian, termasuk dosen yang mengajar metode penelitian, kehadiran buku ini bisa menambah wawasan.

Penelitian menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

METODE PENELITIAN SOSIAL

Konsep-konsep Kunci (Sampel halaman)

Buku ini menjelaskan lebih dari 250 konsep dalam metode penelitian sosial, termasuk di dalamnya adalah konsep-konsep dalam statistik. Selain dijelaskan secara definitif, setiap konsep dalam buku ini juga diuraikan secara lebih mendalam dengan menjelaskan berbagai isu atau permasalahan utama dalam praktik penelitian berkaitan dengan konsep yang dijelaskan. Di setiap akhir uraian, dijelaskan beberapa konsep yang berhubungan dengan konsep yang dibahas. -------- Untuk mempelajari konsep-konsep dalam metode penelitian sosial, mahasiswa perlu melihat konteks yang berada di sekitarnya serta menghubungkan dengan konsep-konsep tersebut. Karena itu, posisi buku karya Martono ini menjadi sangat penting. Buku ini tidak hanya menyajikan setiap konsep yang terisolasi, namun buku ini juga menyoroti hubungan antaride. Strategi ini membuat mahasiswa lebih mudah mempelajari ide-ide, dan menunjukkan kepada mereka mengapa mereka harus kembali ke konsep tertentu selama beberapa kali jika mereka ingin mempelajarinya secara mendalam. William L. Neuman Profesor Sosiologi University of Wisconsin – Whitewater

A Abstrak (Abstract) Academia.edu Aksiologi (Axiology) Alpha Cronbach Analisis
(Analysis): Univariat, Bivariat, Multivariat Analisis Data (Data Analysis) Analisis
Data Kualitatif (Qualitative Data Analysis) Analisis Data Kuantitatif (Quantitative ...