Sebanyak 2 item atau buku ditemukan

Kajian Ekonomi Politik Media: Komodifikasi Pekerja dan Fetisisme Komoditas dalam Industri Media

Tidak banyak buku yang membahas tentang ekonomi politik media di Indonesia. Padahal banyak Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta yang menjadikannya sebagai mata kuliah yang diajarkan di kelas. Akibatnya mahasiswa sangat tergantung pada bacaan-bacaan asing dan mempelajari kasus-kasus yang terjadi di luar negeri yang kadang kala berbeda dengan yang terjadi di sekitar kita. Buku ini hadir untuk menjawab kelangkaan sumber bacaan terkait kajian ekonomi politik media di Indonesia dengan menghadirkan pandangan beberapa tokoh-tokoh dalam kajian ekonomi politik media dan menyajikan kasus-kasus yang relevan di Indonesia. Fokus utama dalam buku ini adalah mengungkap praktik eksploitasi dan komodifikasi yang terjadi dalam industri televisi Indonesia. Bagaimana kapitalisme menanamkan credo-credo dalam diri pekerja sehingga eksploitasi dan komodifikasi tersebut tersamar dan tidak dirasakan sebagai beban. Selain menjelaskan tentang cara berfikir Marxis dalam melihat struktur masyarakat kapitalis dan dua perspektif besar dalam kajian ekonomi politik media (Golding-Murdock dan Vincent Mosco), penulis juga menampilkan persoalan ekonomi politik media di Indonesia terutama terkait dengan praktik komodifikasi pekerja yang marak terjadi di industri televisi tanah air. Pada bagian akhir, penulis mengaitkannya dengan gejala globalisasi yang menciptakan homogenisasi wacana tentang bekerja di industri televisi. Melalui buku ini pembaca (baik dosen maupun mahasiswa ilmu komunikasi) semakin ter cerdaskan dan memperoleh pemahaman yang lebih komprehensif tentang persoalan-persoalan komunikasi, khususnya tentang media masa. Setidaknya, kehadiran buku ini bisa memberikan cara pandang baru tentang dunia komunikasi. Buku ini bisa menjadi referensi mengajar beberapa dosen dan sarana belajar bagi mahasiswa yang ingin mempelajari seluk beluk media.

Tidak banyak buku yang membahas tentang ekonomi politik media di Indonesia.

Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi

Selama ini penelitian kualitatif cenderung di-stereotype-kan sebagai penelitian yang mudah, suka-suka peneliti, tidak rasional, penelitian yang mengada-ada, atau bahkan ada yang menganggap tidak ilmiah. Padahal penelitian kualitatif adalah penelitian yang ilmiah dan tidak diragukan kredibilitasnya. Buku ini mencoba memberikan penjelasan ilmiah tentang kualitas berbagai ragam penelitian kualitatif. Mulai dari metode studi kasus, grounded theory, etnografi, fenomenologi, participatory action research (PAR), hingga penelitian kritis. Di samping itu, buku ini juga memberikan penjelasan tentang metode kualitatif diawali dengan menjelaskan tentang cara berpikir penelitian kualitatif secara mendasar yaitu dimulai dengan memahami paradigma berpikir penelitian kualitatif. Setelah itu pembaca diajak untuk memahami secara lebih mendalam tentang apa itu metode penelitian kualitatif dan berbagai langkah yang harus dilakukan dalam melakukan penelitian kualitatif. Pada bagian akhir diberikan penjelasan tentang etika penelitian dan beberapa contoh-contoh proposal penelitian dalam bidang komunikasi. Semoga buku ini bisa menjadi buku pegangan bagi pengajar metodologi penelitian kualitatif di bidang komunikasi dan mahasiswa Ilmu Komunikasi yang sedang mempelajari mata kuliah Metode Penelitian Kualitatif; serta menjadi referensi bagi mahasiswa yang ingin menyusun penelitian komunikasi dengan metode kualitatif, terutama bagi mahasiswa yang sedang melakukan skripsi maupun tesis.

Selama ini penelitian kualitatif cenderung di-stereotype-kan sebagai penelitian yang mudah, suka-suka peneliti, tidak rasional, penelitian yang mengada-ada, atau bahkan ada yang menganggap tidak ilmiah.