Sebanyak 68 item atau buku ditemukan

METODE PEMBELAJARAN ABAD 21

Panduan Penerapan Bagi Guru SMP/MTs

Buku ini berisikan panduan praktis penerapan dari beberapa metode dalam pendekatan saintifik. Dilengkapi juga dengan simulasi penerapan metode pembelajaran tersebut untuk setiap rumpun mata pelajaran yang ada di MTs atau SMP. Sehingga dapat langsung dipraktekkan oleh para guru dikelas mereka masing-masing.

literasi bagi para peserta didik; 5) perencanaan tindak lanjut, penguatan dan remedial dari sebuah pelaksanaan pembelajaran; 6) integrasi antara kompetensi dasar, materi pembelajaran, indicator, serta sumber belajar dalam kegiatan ...

Riset aksi sebagai metode pembelajaran Masyarakat

Pelaksanaan operasional ketiga langkah ini adalah : ( i ) pendiskusian perlunya
menyusun rencana kerja , hingga sanpai pada kesepakatan bersama bahwa
rencana kerja itu perlu disusun ; ( ii ) pelaksanaan penyusunan rencana kerja ...

METODE-METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK ANAK USIA DINI MENURUT Q.S. LUKMAN 12-19

Buku ini ditulis bersama Bapak Nur Hamzah dosen IAIN Pontianak, yang terinspirasi dari kisah perjalanan hidup Lukmanul Hakim, seorang manusia biasa yang dimuliakan oleh Allah S.W.T., bahkan diabadikan namanya menjadi salah satu surat dalam al-Qur`an, karena keberhasilannya mendidik anak-anaknya menjadi generasi unggul dan shaleh. Pesan-pesan Lukmanul Hakim kepada anaknya, sebagaimana tertulis dalam Q.S. Lukman (31):12-19, berdasarkan kajian dan pemahaman saya, Konsep pendidikan Islam berdasarkan Q.S. Lukman (31):12-19, adalah sebagai berikut : (1) Mengenalkan pengetahuan tentang sang pencipta; (2) Mengenalkan pengetahuan tentang diri dan asal usul manusia; (3) Mengajarkan ilmu pengetahuan sebagai landasan argumentasi dalam menjalani kehidupan; (4) Mengenalkan dan mengajarkan kepada anak pengetahuan tentang hukum sebab akibat (hukum kausalitas); (5) Melatih dan membiasakan sholat; (6) Melatih dan membiasakan beramar maruf nahi munkar; (7) Melatih dan membiasakan anak untuk bersabar; (8) Melatih dan membiasakan anak untuk memiliki kepedulian kepada sesama; (9) Melatih dan membiasakan anak untuk tidak memiliki sifat sombong dan angkuh; (10) Melatih dan membiasakan anak untuk hidup bersahaja; (11) Melatih dan membiasakan anak untuk memiliki sopan santun. Dari sebelas konsep pendidikan tersebut di atas, kalau kita kaji dan fahami, maka kita akan menemukan banyak sekali nilai dan norma sebagai dasar pijakan pendidikan karakter bagi seorang manusia, sejalan dengan misi diutusnya Nabi Muhammad s.a.w., sebagai Rasul Allah yang bertugas untuk menyempurnakan akhlak manusia. Ketika pemerintah Indonesia sedang mendorong pendidikan karakter bagi generasi bangsa ini, maka nilai-nilai karakter tersebut tidak dapat digali hanya dari pendekatan sosial, tetapi harus berbagai pendekatan termasuk pendekatan agama. Ucapan terima kasih kepada Kemeristek Dikti yang telah mensupport dan membiayai penelitian tentang judul ini, sehingga selain luaran wajib berupa prosiding juga dapat membuat luaran tambahan dalam bentuk buku, seluruh civitas akademika Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya dan IAIN Pontianak, yang telah men-support tersusunnya buku ini, kepada seluruh dosen, guru, aktivis dan pejuang pendidikan, dan seluruh orangtua yang tulus mencintai dan menyayangi anaknya, terkhusus kepada kedua orangtuaku, adik-adikku, istri tercinta dan anak-anakku sebagai sumber inspirasi, Kafka Sylvia Azzurra, Kayla Sakina Agafiya, dan si bungsu Kalea Shazia Amanina. Semoga buku ini dapat bermanfaat dan memberikan kebaikan bagi masyarakat, dan dapat menjadi inspirasi dalam mendidik anak-anak untuk menjadi anak-anak yang unggul, cerdas tetapi tetap memiliki nilai moral agama yang baik dan berkarakter.

Perumpaman bagi orang yang membaca al-Qur`an sebagaimana sabdanya : Orang mukmin yang selalu membaca al Quran seperti buah utrujjah, bau dan rasanya enak. Orang mukmin yang tidak membaca al Quran seperti buah kurma, tak berbau tapi ...

Belajar dan Pembelajaran Dilengkapi dengan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran dan Metode Pembelajaran

Buku yang berjudul Belajar dan Pembelajaran ini memuat teori belajar dan pembelajaran, model-model pembelajaran, strategi pembelajaran, pendekatan pembelajaran, dan metode pembelajaran, tidak hanya itu buku ini juga dibuat sebagai salah satu referensi untuk membantu pendidik/guru, mahasiswa pada program keguruan baik swasta maupun negeri. Isi buku ini ditulis dengan cara mengumpulkan materi dari berbagai sumber yang berhubungan dengan belajar dan pembelajaran. Buku ini juga disusun sebagai bentuk dari apa yang telah penulis peroleh selama penulis belajar di Program Pascasarjana Magister Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Sriwijaya Palembang. Mata Kuliah “Teori Belajar dan Pembelajaran” yang diasuh oleh Prof. Waspodo, M. Ed, PhD., Dr. Yosep Barus, M. A., dan Dr. Eddy Harapan, M. Pd., pada tahun 2011/2012 dengan tugas yang diberikan begitu berharga sehingga berdasarkan pengalaman tersebut banyak diperoleh pengetahuan-pengetahuan baru yang mampu memberikan kontribusi dalam kegiatan pembelajaran. Tidak hanya itu, buku ini ditulis sebagai bentuk apresiasi terhadap tugas-tugas perkuliahan yang harus dilestarikan sehingga tidak dilupakan begitu saja.

Dapat menjelaskan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Teknik Pembelajaran, dan Mengenal Entry Behavior Anak. 3. Dapat membedakan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, ...

Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa

Buku Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa ini ditujukan kepada para guru, kepala sekolah, pengawas dan pengelola pendidikan lainnya untuk melaksanakan aktivitas pembelajaran di sekolah sebagaimana tuntutan Kurikulum 2013. Buku tersebut dapat dijadikan sebagai pendukung praktik pembelajaran dan dikembangkan sesuai dengan kemampuan, kebutuhan dan potensi yang ada. Dalam kegiatan pembelajaran, seoran pendidik dapat memainkan berbagai peran pengelola pembelajaran sebagai demonstrator, pengelola kelas, mediator dan fasilitator/mentor dan sebagai evaluator. Sebagai tenaga profesional, seorang pendidik dituntut mampu mengelola kelas yaitu menciptakan dan mempertahankan kondisi belajar yang optimal bagi tercapainya tujuan pengajaran.

pendekatan, strategi, metode, taktik dan sebagai, tetapi yang perlu diingat bahwa semua model pengelolaan pembelajaran bertujuan sama yaitu menjadikan proses pembelajaran berjalan secara efektif dan memdorong terjadinya proses belajar.

Imla Metode pembelajaran bahasa Arab

Buku yang berada di tangan para pembaca ini adalah buku tentang imla. Imla merupakan salah satu cabang ilmu bahasa Arab: bahasa al-Quran. Imla menjadi bagian terpenting dari bahasa Arab yang menyempurnakan fungsi dasarnya. Sebagai cabang dari bahasa Arab, imla memiliki tugas memberi pemahaman dan pengertian yang mendalam terkait bahasa Arab dengan cara mempelajari tata cara dan kaidah penulisan.

Buku yang berada di tangan para pembaca ini adalah buku tentang imla.

Bimbingan teknis metode pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti berbasis Islam rahmatan lil 'alamin

modul bimbingan teknis ini merupakan pengayaan bimbingan teknis implementasi kurikulum 2013 bagi guru pendidikan agama Islam dan budi pekerti

Guidelines for Islamic education study and teaching for teachers in Indonesia.

Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Konteks Kurikulum 2013

Dalam dunia akademik kita bergelut dengan istilah strategi, model, pendekatan, metode dan teknik pembelajaran. Namun dikarenakan kurang akrab dengan istilah-istilah tersebut, sering sekali kemudian kita terjebak dengan pengucapan yang keliru. Mengabaikan kebakuan istilah-istilah tersebut mengakibatkan kerancuan atau gagal paham sehingga jangan heran kemudian muncul lulusan perguruan tinggi ketika ditanya perbedaan dari beberapa istilah di atas akan menjawab sekenanya saja. Sebagai contoh cooperative learning. Tidak jarang ada yang menduga cooperative learning adalah strategi pembelajaran, padahal cooperative learning adalah model dan atau pendekatan dalam sebuah pembelajaran. Contoh lain, inkuiri. Sebagian kita juga menyangka inkuiri adalah model pembelajaran, padahal lebih tepatnya inkuiri itu disebut metode pembelajaran. Pada kesempatan yang lain pula ada seorang guru menyampaikan atau menuliskan dalam silabus pembelajaran beberapa metode pembelajaran akan tetapi yang ia tulis bukan metode melainkan teknik pembelajaran. Adapun teknik pembelajaran yang sering diduga sebagai metode seperti Teknik Penugasan, Teknik Diskusi, Teknik Tanya Jawab, Teknik Ceramah dan lain sebagainya. Dalam buku Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam ini, penulis tidak akan meluas kan pembahasan sampai kepada strategi, pendekatan, dan teknik pembelajaran. Untuk edisi lengkap akan penulis sampaikan pada buku terbitan selanjutnya. Oleh karena itu, sesuai dengan judul buku ini Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, maka pembaca akan disuguhi penjelasan secara gamblang tentang model dan metode pembelajaran sebab dua istilah ini seringkali dipertukarkan. Dan pembaca akan mendapati bagaimana aplikasi dari metode pembelajaran tersebut yang tentunya telah penulis sesuaikan dengan konteks Kurikulum 2013.

Proses pembelajaran perlu direncanakan, dilaksanakan, dinilai, dan diawasi. Pelaksanaan pembelajaran merupakan implementasi dari RPP. Pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup.”.

Metode Pembelajaran Sains untuk Pendidikan Anak Usia Dini

Buku ini menjelaskan tentang metodologi pembelajaran sains untuk jenjang PAUD. Metode pembelajaran juga dapat diterapkan pada jenjang pendidikan dasar atau sekolah dasar.

Membentuk dan Meningkatkan Disiplin Anak Usia Dini. Jogyakarta: Diva Press. Nugraha, A. 2008. Pengembangan Pembelajaran Sains, Bandung: ... Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Raja Grasindo. Samatowa, U. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah ...