Sebanyak 5 item atau buku ditemukan

Pembelajaran Berorientasi AKM

Asesmen Kompetensi Minimum

Buku ini ditujukan bagi mahasiswa program kependidikan, guru, serta pemangku kepentingan (stakeholder) dalam bidang pendidikan yang ingin mempelajari tentang pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Asesmen Kompetensi Minimum merupakan salah satu komponen Asesmen Nasional yang dicanangkan sebagai pengganti Ujian Nasional (UN). Pembelajaran untuk meningkatkan AKM harus sejalan dengan pembejaran untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills). Buku diorganisasikan dalam 9 bab yang mencakup: Bab 1 Pendahuluan Bab 2 Karakteristik Soal Asesmen Kompetensi Minimum Bab 3 Karakteristik Pembelajaran Berorientasi AKM Bab 4 Meningkatkan Literasi Membaca Bab 5 Meningkatkan Literasi Numerasi Bab 6 Mengembangkan Kreativitas Bab 7 Berpikir Kritis dan Membuat Keputusan Bab 8 Pembelajaran Berbasis Inkuiri Bab 9 Survei Karakter dan Lingkungan Belajar

Buku diorganisasikan dalam 9 bab yang mencakup: Bab 1 Pendahuluan Bab 2 Karakteristik Soal Asesmen Kompetensi Minimum Bab 3 Karakteristik Pembelajaran Berorientasi AKM Bab 4 Meningkatkan Literasi Membaca Bab 5 Meningkatkan Literasi Numerasi ...

Pendidikan Karakter

Mengembangkan Karakter Anak yang Islami

Anak merupakan anugerah dan amanah yang diberikan Allah kepada orang tua. Anak juga merupakan cikal bakal penerus kemajuan suatu bangsa dan agama. Untuk itu, penting bagi orang tua dan guru dalam memberikan pendidikan karakter bagi anak agar menjadi pribadi yang tangguh, memiliki akhlak mulia, dan cerdas dalam menyikapi perubahan zaman. Buku ini membahas tentang strategi dan cara mendidik anak untuk dapat memiliki karakter dan akhlak mulia. Atribut pengembangan karakter dikaji berdasarkan ayat-ayat Alquran dan sunah Rasulullah yang dijadikan sebagai dasar dalam membahas pendidikan karakter di dalam keluarga dan di sekolah. Analisis ayat Alquran yang menceritakan tentang strategi pendidikan berdasarkan kisah Luqman dalam mendidik anak juga dibahas dalam buku ini. Pengembangan karakter anak berdasarkan Alquran dan sunah Rasulullah ternyata sesuai dengan konsep psikologi modern yang dapat diterapkan oleh orang tua dan pendidik dalam upaya membentuk karakter anak. Tahapan rinci dalam mendidik anak untuk setiap tingkat usia juga disajikan secara lengkap. Buku ini dapat menjadi referensi yang tepat bagi orang tua, guru, dan masyarakat pada umumnya dalam mendidik dan membentuk karakter anak berdasarkan keteladanan dan pembiasaan bagi anak sejak usia dini sesuai dengan Alquran dan sunah Rasulullah.

Untuk itu, penting bagi orang tua dan guru dalam memberikan pendidikan karakter bagi anak agar menjadi pribadi yang tangguh, memiliki akhlak mulia, dan cerdas dalam menyikapi perubahan zaman.

Alquran dan Sains

Isi buku mencakup tentang penciptaan alam semesta, bintang di ruang angkasa, laut dan atmosfer bumi, penciptaan makhluk hidup, keteraturan alam semesta, Ilmu dan teknologi modern, penyakit dan penyebabnya, ilmu kesehatan, dan peristiwa kiamat dalam pandangan sains. Membaca buku ini akan membuka wawasan bahwa Alquran mendahului sains dalam menjelaskan berbagai fenomena yang terjadi di alam semesta. Beberapa ayat mungkin sulit dipahami saat Alquran diturunkan, namun dapat mudah dipahami ketika ilmu pengetahuan sudah sangat berkembang. Bahkan Alquran mengandung ayat-ayat yang dapat dikaji untuk dapat mengembangkan ilmu dan teknologi pada masa depan. Pengkajian ayat-ayat Alquran secara saksama akan memberikan pemahaman lebih luas tentang alam semesta dan keteraturannya dalam upaya mendekatkan diri kepada Allah. Buku ini ditujukan bagi siswa, mahasiswa, dan guru sebagai kajian untuk mempelajari sains dan keterkaitannya dengan ayat-ayat Alquran. Buku ini dapat dijadikan sebagai buku referensi dalam mata kuliah Alquran dan Sains di beberapa Universitas Islam, maupun bagi masyarakat umum yang ingin mendalami keterkaitan antara Alquran dan Sains.

Buku ini dapat dijadikan sebagai buku referensi dalam mata kuliah Alquran dan Sains di beberapa Universitas Islam, maupun bagi masyarakat umum yang ingin mendalami keterkaitan antara Alquran dan Sains.

Kiat Menulis Karya Ilmiah Berkualitas

Buku ini ditujukan bagi dosen, guru, mahasiswa, dan siswa yang berminat menghasilkan karya tulis ilmiah berupa artikel hasil penelitian, makalah, buku teks, buku ajar, modul, dan best practices. Isi buku mencakup tentang Jenis dan Struktur Karya Ilmiah, Strategi dan Aturan Menulis, Menulis Laporan Penelitian, Menulis Artikel Ilmiah, Menulis Buku dan Modul, Menulis Best Practices, Tinjauan Ilmiah, dan Karya Inovatif Guru. Buku ini akan sangat membantu mahasiswa dalam menulis skripsi atau tesis, mulai dari menulis proposal sampai laporan penelitian. Beberapa strategi dan kiat dipaparkan secara sederhana agar mudah dipahami dan diikuti. Penulis juga memberikan beberapa contoh tulisan dan memaparkan kesalahan yang umum dibuat dalam sebuah karya tulis. Di akhir tiap bab diberikan program latihan menulis yang dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan menulis bagi pemula. Membaca buku ini akan membuka wawasan dan memperdalam pengetahuan teknis tentang penulisan karya ilmiah. Beberapa contoh karya ilmiah yang diberikan pada bagian lampiran dapat menjadi bahan pelajaran bagi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah untuk membuat karya pengembangan profesi yang berkualitas

Buku ini ditujukan bagi dosen, guru, mahasiswa, dan siswa yang berminat menghasilkan karya tulis ilmiah berupa artikel hasil penelitian, makalah, buku teks, buku ajar, modul, dan best practices.

Metode Pembelajaran Sains untuk Pendidikan Anak Usia Dini

Buku ini menjelaskan tentang metodologi pembelajaran sains untuk jenjang PAUD. Metode pembelajaran juga dapat diterapkan pada jenjang pendidikan dasar atau sekolah dasar.

Membentuk dan Meningkatkan Disiplin Anak Usia Dini. Jogyakarta: Diva Press. Nugraha, A. 2008. Pengembangan Pembelajaran Sains, Bandung: ... Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Raja Grasindo. Samatowa, U. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah ...