Sebanyak 2135 item atau buku ditemukan

Manajemen Risiko Bank Syariah

Pengelolaan keuangan/penyaluran dana yang baik akan menentukan jalannya suatu perbankan tersebut. Pada buku ajar ini akan dibahas secara teoritis dan lengkap bagaimana dalam pengelolaan risiko dari segala aktifitas perbankan, dengan tujuan untuk meminimalisir risiko yang terjadi baik dalam melakukan pembiayaan atau aktifitas lainnya. Seperti proses identifikasi risiko, keputusan dalam memberikan pembiayaan, target pembiayaan, Jenis-Jenis Risiko Pada Perbankan Syariah, Proses manajemen risiko. Risiko Operasional, risiko pembiayaan Bank, Risiko Pasar dan bentuknya, Risiko Strategis Bank Syariah, risiko Reputasi, Manajemen aset liabilitas dan likuiditas.

Risiko Operasional, risiko pembiayaan Bank, Risiko Pasar dan bentuknya, Risiko Strategis Bank Syariah, risiko Reputasi, Manajemen aset liabilitas dan likuiditas.

Pengantar Sistem Pengendalian Manajemen Teori dan Aplikasi

Pasar yang kompetitif dan persaingan global yang tinggi telah mengharuskan berbagai perusahaan memiliki Sistem Pengendalian Manajemen (SPM) yang mampu menjamin terciptanya efisiensi, efektivitas, pencapaian target, sustainable profit, dan reputasi yang selalu berada dalam ekspektasi para stakeholders. Untuk mewujudkan ini pengetahuan akan ilmu SPM menjadi penting dan tidak bisa ditawar-tawar lagi. Dalam buku ini para pembaca diajarkan bagaimana memahami, memetakan, dan menemukan titik persoalan dari SPM secara komprehensif dan detil, serta akhirnya mampu memberikan solusi yang bersifat konstruktif dan aplikatif yang disesuaikan dengan kasus-kasus di lapangan. Bahwa apa yang penulis paparkan dalam buku ini telah diuji coba selama mengajar baik di tingkat strata satu dan pascasarjana, termasuk memasukkan beberapa bahan dari hasil diskusi, pelatihan, dan pengalaman penulis sebagai praktisi bisnis. Penulisan buku ini dilakukan dengan menempatkan bahasa-bahasa yang bisa dimengerti oleh berbagai kalangan, yaitu baik akademisi, birokrat, politisi, dan praktisi bisnis. Adapun topik yang dibahas dalam buku ini adalah: Konsep sistem pengendalian manajemen, Perencanaan strategi, Perencanaan dan pengendalian sumber daya manusia, Penyusunan dan pegendalian anggaran, Pengendalian risiko pasar, Pengendalian dan pelaksanaan produksi, Perencanaan dan pengendalian manajemen, Segmentasi dan analisis pengendalian pasar, Pengendalian manajemen metode balanced scorecard, Pengendalian manajemen metode swot, Sistem pengendalian manajemen pendekatan return investment, Sistem pengendalian manajemen pendekatan analisis. Judul : Pengantar Sistem Pengendalian Manajemen Teori dan Aplikasi Pengranag : Irham Fahmi Halaman : 302 Penerbit : RajaGrafindo Persada Tanggal Terbit : 6 Okt 2022 Isbn : 9786233725408 Bahasa : Indonesia

Pengantar Sistem Pengendalian Manajemen Teori Dan Aplikasi Bahwa apa yang penulis paparkan dalam buku ini telah diuji coba selama mengajar baik di tingkat strata satu dan pascasarjana, temasuk memasukkan beberapa bahan dari hasil diskusi, ...

Manajemen

Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan Edisi 4

Manajemen adalah seni dan ilmu (teori). Manajemen bukah hanya diteorikan melainkan dipraktikkan dan dirisetkan. Teori tanpa praktik bagaikan pohon tidak berbuah. Sebaliknya, praktik tanpa teori bagaikan orang buta tersesat di tengah hutan yang gelap gulita. Teori tanpa dirisetkan menyebatkan teori tidak berkembang bahkan tidak ada teori baru. Sebaliknya, riset tanpa teori bagaikan hipotesis dan atau pertanyaan riset yang turun dari langit. Praktik tanpa dirisetkan menyebabkan barang/jasa tanpa inovasi dan kreasi. Sebaliknya, riset tanpa dipraktikan hanyalah untuk manfaat teoretis. Jadi, teori, praktik, dan riset merupakan suatu sistem. Buku ini layak dibaca oleh akademisi, praktisi, dan masyarakat luas yang masih bingung membedakan antara manajemen dengan administrasi, manajemen dengan kepemimpinan, serta leader, manager dengan administrator, dan denisi manajemen pendidikan. Di samping itu, buku ini penting bagi akademisi, praktisi, dan masyarakat luas yang ingin meningkatkan mutu dirinya, keluarganya, organisasinya, serta masyarakat. Mutu tersebut antara lain; pengoordinasian, motivasi, kepemimpinan, kekuasaan, pengambilan keputusan, penyelesaian masalah, komunikasi, koordinasi negosiasi, konflik, keterampilan, kepercayaan, kinerja, kepuasaan kerja, pengendalian (pemantauan, penilaian, dan pelaporan), dan teknik-teknik meningkatkan mutu.

Manajemen adalah seni dan ilmu (teori). Manajemen bukah hanya diteorikan melainkan dipraktikkan dan dirisetkan. Teori tanpa praktik bagaikan pohon tidak berbuah.

Sistem Manajemen Komunikasi: Teori, Model, dan Aplikasi Edisi Revisi

Buku yang disusun oleh Dewi K. Soedarsono dan Ludwig Suparmo ini mengupas tentang sistem manajemen komunikasi, baik secara teori, model dan aplikasi. Pada edisi revisi ini, pembahasannya disesuaikan dengan perkembangan teknologi dan ilmu komunikasi sehingga isinya relevan dengan masa kini. Sinopsis Buku Sistem manajemen kerja yang efektif, yang mampu menciptakan iklim kerja yang menyenangkan, akan membuahkan perilaku anggota organisasi/perusahaan yang kondusif dan sesuai dengan misi organisasi/perusahaan. Untuk mengerahkan terciptanya mekanisme kerja yang efektif, perlu dibentuk suatu sistem manajemen yang strategis, yang dapat menggiatkan setiap unsur dalam organisasi/perusahaan tersebut. salah satu cara yang dapat dilakukan ialah dengan manajemen komunikasi. Pendekatan manajemen komunikasi dalam mengelola organisasi/perusahaan kini semakin banyak dilakukan karena telah memberikan efek yang positif bagi anggota organisasi/perusahaan. Strategi komunikasi yang dirancang dengan baik, tidak hanya memudahkan penyampaian informasi dalam suatu organisasi/perusahaan, tetapi juga berdampak pada kegiatan pembentukan opini publik. Buku Sistem manajemen komunikasi: Teori, Model, dan Aplikasi memberikan wacana baru dalam menjawab kebutuhan masyarakat mengenai sistem pengelolaan perusahaan melalui pendekatan manajemen komunikasi. Pada edisi revisi ini, isinya disesuaikan dengan perkembangan teknologi dan ilmu komunikasi, terutama dalam bidang media, termasuk media digital. Disertakan pula aplikasi sistem manajemen komunikasi dalam pengelolaan organisasi/perusahaan dan beberapa contoh implementasinya yang berkaitan dengan brand marketing untuk meningkatkan citra perusahaan. Detail Jumlah Halaman : 140.0 Penerbit : Simbiosa Rekatama Media Tanggal Terbit : 12 Jul 2020 Berat : 0.26 kg ISBN : 9786027973916 Lebar : 17.5 cm Bahasa : Indonesia Panjang : 25.0cm

Buku yang disusun oleh Dewi K. Soedarsono dan Ludwig Suparmo ini mengupas tentang sistem manajemen komunikasi, baik secara teori, model dan aplikasi.

Manajemen Pendidikan Islam: Filosofi, Konsep Dasar, dan Implementasi Praktis

Buku ini berupaya untuk membuka wawasan yang mendalam dalam dunia manajemen pendidikan Islam. Dari konsep dasar hingga pengelolaan aspek keuangan, humas, serta sarana dan prasarana pendidikan, buku ini menjadi panduan komprehensif bagi para praktisi dan pemimpin lembaga pendidikan Islam. Dengan berlandaskan dasar-dasar teoritis dan konseptual, pembaca diajak memahami hakikat manajemen pendidikan Islam. Buku ini bukan hanya sekadar uraian teoritis, tetapi juga menarik pembaca melalui sejarah dan perkembangan manajemen pendidikan dalam bingkai pemikiran Islam. Sebuah penelusuran yang membuktikan bahwa manajemen pendidikan bukan hanya elemen tambahan, melainkan bagian integral dari tradisi pendidikan Islam. Buku ini ditujukan untuk para praktisi pendidikan dan pemimpin lembaga pendidikan Islam, buku ini berfungsi sebagai panduan yang praktis dan mendalam. Buku ini diharapkan bukan hanya memberikan wawasan, tetapi juga menjadi landasan kuat bagi manajemen yang efektif dan berkesinambungan dalam dunia pendidikan Islam.

Buku ini berupaya untuk membuka wawasan yang mendalam dalam dunia manajemen pendidikan Islam.

‘7 Poe Atikan Istimewa’: Membangun Karakter Unggul Melalui Model Manajemen Mutu Pendidikan

Melalui pendekatan manajemen mutu, penulis menguraikan langkah-langkah praktis dalam merancang, mengimplementasikan, dan mengawasi program 7 Poe Atikan. Dalam buku ini, pembaca akan diajak untuk memahami pentingnya melibatkan semua stakeholder, termasuk guru, siswa, orang tua, dan masyarakat sekitar, dalam proses pembentukan karakter siswa. Penulis juga menyoroti pentingnya penggunaan data dan penilaian dalam memantau perkembangan karakter siswa. Dalam buku ini, pembaca akan diberikan panduan tentang bagaimana melakukan evaluasi dan tindakan perbaikan yang berkelanjutan untuk memastikan program 7 Poe Atikan memberikan dampak yang positif dalam membentuk karakter siswa. Buku "7 POE ATIKAN ISTIMEWA: Membangun Karakter Unggul melalui Model Manajemen Mutu Pendidikan" menjadi sumber bacaan yang relevan bagi para pendidik, pengambil kebijakan, dan orang tua yang berkeinginan untuk meningkatkan kualitas pendidikan karakter siswa. Dengan pendekatan manajemen mutu, implementasi pendidikan karakter dapat lebih terarah, efisien, dan berdampak positif bagi masa depan generasi muda yang tangguh, kreatif, dan berintegritas tinggi.

Melalui pendekatan manajemen mutu, penulis menguraikan langkah-langkah praktis dalam merancang, mengimplementasikan, dan mengawasi program 7 Poe Atikan.

Manajemen Strategi Dan Mutu Pendidikan Islam

Mutu pendidikan di Negara berkembang masih sangat tertinggal jika dibandingkan dengan mutu pendidikan di Negara maju. Seperti yang kita ketahui, Pendidikan di Negara berkembang terkesan berantakan. Masih banyak masyarakat di Negara berkembang yang masih tidak mengerti pentingnya pendidikan, Sehingga mayoritas masyarakat di Negara berkembang kurang memperhatikan pendidikan. Padahal jika ditilik lebih jauh lagi, pendidikan merupakan salah satu indeks pembangunan dan merupakan elemen pengukur maju atau tidaknya sebuah negara. Dalam pelaksanaannya pun dapat dipastikan bahwa seluruh kebijaksanaan pendidikan di negara berkembang yang merupakan negara yang masih mencari bentuk serta pola kebijaksaannya sendiri tentunya selalu belajar terhadap negara-negara kolonial utamanya yang telah sangat maju dibandingkan negaranya sendiri. Hal ini telah menunjukan bahwa negara berkembang tidak serta merta meninggalkan begitu saja bentuk-bentuk kebijaksanaan yang dibawa oleh negara-negara kolonial, melainkan masih mungkin dipakai dan di terapkan dalam mengatur kebijakasaan pendidikan di negaranya.

Mutu pendidikan di Negara berkembang masih sangat tertinggal jika dibandingkan dengan mutu pendidikan di Negara maju.

Manajemen Mutu Terpadu Dalam Pendidikan

Buku “Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan” diulas melalui enam bagian utama. Pertama, membahas tentang konsep manajemen mutu dan manajemen pendidikan. Kedua, tentang teorisasi mutu madrasah/sekolah dan mutu lembaga pendidikan. Ketiga, analisis tentang kualitas internal dan eksternal pendidikan. Keempat, pembahasan tentang analisis SWOT. Kelima, analisis tentang lingkungan internal, berupa visi, mis, dan sasaran pendidikan. Keenam, analisis tentang kualitas pendidikan dalam fakta dan persepsi.

Buku “Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan” diulas melalui enam bagian utama.

Manajemen Mutu Pendidikan

Teori Dan Kebijakan

Manajemen Mutu Pendidikan disusun berdasarkan tiga paradigma: teori mutu pendidikan, aspek mutu pendidikan, dan lembaga mutu pendidikan. Pertama, disajikan 16 teori manajemen mutu. Teori mutu disajikan secara singkat sehingga untuk memahaminya secara utuh dan mendalam memerlukan kajian lebih lanjut dan mandiri. Kedua, disajikan kebijakan-kebijakan mutu di Indonesia yang dibungkus dalam dua bab, yaitu aspek-aspek mutu dan lembaga mutu pendidikan. Aspek mutu misalnya guru, siswa, biaya, sekolah, kurikulum, dan kampus, sedangkan lembaga mutu pendidikan seperti: Lembaga Penjamin Mutu Internal, Kurikulum dan Asesmen Nasional (BSKAN), Badan Akreditasi Nasional (BAN). Teori dan kebijakan mutu pada dasarnya saling melengkapi yang memiliki tujuan sama: meningkatkan mutu sekolah atau kampus. Efektivitas pelaksanaannya membutuhkan komitmen bersama di bawah kendali kepala sekolah atau rektor. Untuk menghasilkan lulusan lembaga pendidikan yang kompeten diperlukan input dan proses pendidikan yang bermutu. Buku ini merupakan buku ajar untuk matakuliah Manajemen Mutu Pendidikan, yakni salah satu mata kuliah wajib di program studi Manajemen Pendidikan atau Administrasi Pendidikan, baik S-1, S-2, maupun S-3. Di dalamnya memuat pengetahuan, konsep, teori, kebijakan, praktik, dan strategi peningkatan mutu pendidikan, baik di tingkat dasar, menengah, hingga perguruan tinggi, yang memungkinkan mahasiswa menjadi praktisi, analis, atau konsultan yang mampu mengembangkan sekolah/madrasah dan kampus. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup #PrenadaMedia

Manajemen Mutu Pendidikan disusun berdasarkan tiga paradigma: teori mutu pendidikan, aspek mutu pendidikan, dan lembaga mutu pendidikan.

Manajemen Mutu Sekolah

Buku "Manajemen Mutu Sekolah" adalah sumber wawasan mendalam tentang konsep manajemen mutu dalam konteks pendidikan dan menguraikan prinsip-prinsip serta praktik terbaik yang dapat diterapkan di sekolah-sekolah untuk mencapai tingkat keunggulan. Dalam buku ini, pembaca akan dibimbing untuk memahami berbagai aspek manajemen mutu, mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan dan pengawasan. Penulis membahas bagaimana mengidentifikasi dan mengukur indikator mutu pendidikan, serta cara menerapkan strategi yang efektif untuk memastikan pencapaian tujuan mutu tersebut. Salah satu poin kunci dalam buku ini adalah betapa pentingnya peran kepemimpinan sekolah dalam membentuk budaya mutu yang kuat. Buku "Manajemen Mutu Sekolah" juga membahas pentingnya peningkatan berkelanjutan dan evaluasi berkala untuk memastikan bahwa sekolah terus berkembang dalam mencapai standar mutu yang ditetapkan. Ini tidak hanya relevan untuk pendidikan formal, tetapi juga untuk pendidikan non-formal, pelatihan, dan pengembangan berkelanjutan.

Buku "Manajemen Mutu Sekolah" adalah sumber wawasan mendalam tentang konsep manajemen mutu dalam konteks pendidikan dan menguraikan prinsip-prinsip serta praktik terbaik yang dapat diterapkan di sekolah-sekolah untuk mencapai tingkat ...