Sebanyak 797 item atau buku ditemukan

Pembinaan Dan Penilaian Kesesuaian Modul Pembelajaran Kendiri Alat Muzik Yangqin Untuk Pendidikan Muzik Tingkatan Empat, Kurikulum Bersepadu Sekolah Menengah Malaysia

The study was conducted to develop and evaluate the applicable of self-learning module on the techniques of playing Yangqin as a music subject for form four sylabbus. Model Teras-Cabang Shaharom (1994) instructional design model was applied to develop this module. This study gained the data through structured interview techniques, documents and questionnairs. The finding indicated the basic skills of playing Yangqin including posture, techniques of playing the Yangqin, holding technique of the bamboo beater and exercising other fundamental techniques.

The study was conducted to develop and evaluate the applicable of self-learning module on the techniques of playing Yangqin as a music subject for form four sylabbus.

Pengembangan Kurikulum Sejarah Kebudayaan Islam dengan Pendekatan Total History: Urgensi, Relevansi, dan Aktualisasi

Di antara problem kurikulum Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) adalah belum optimalnya pendekatan ilmu sejarah dalam pengembangan materinya. Problem ini menjadi alasan mengapa cita rasa kurikulum SKI terkesan menjadi sebagai sebuah cerita (story) dari pada sejarah (history). Ilmu sejarah adalah kajian akademis yang bertujuan merangkai puzzle peristiwa-peristiwa masa lampau menjadi sebuah bangunan pengetahuan yang utuh. Rangkaian puzzle tersebut meliputi perjalanan umat manusia mulai dari pemikiran, agama, sistem ekonomi, sosial-politik, sampai dengan kebudayaan. Buku ini merupakan ikhtiar akademis untuk menjawab problem tersebut. Buku ini bukan hanya menjelaskan teori dan konsep tentang pendekatan total history dalam kurikulum SKI, namun juga menerapkan teori tersebut dengan menata ulang “batu bata sejarah Islam” menjadi sebuah bangunan materi yang disusun dari berbagai sudut pandang. Kajian di dalam buku ini sangat penting, terutama bagi mahasiswa, guru SKI, dosen, dan praktisi pendidikan.

Di antara problem kurikulum Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) adalah belum optimalnya pendekatan ilmu sejarah dalam pengembangan materinya.

MENGEMBANGKAN BUKU TEKS PELAJARAN MEMBACA BERBASIS PENDEKATAN PROSES UNTUK SD

Kurikulum 2013 yang berlaku saat ini menggunakan pembelajaran tematik-integratif. Hal yang membedakan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum 2006 adalah adanya buku guru dan buku siswa. Pentingnya buku guru dan buku siswa dalam pembelajaran tidak diimbangi dengan kualitas materi, misalnya pada materi pembelajaran Bahasa Indonesia pada keterampilan membaca. Materi membaca yang ada pada buku siswa masih kurang dan belum menerapkan pendekatan proses pada kompetensi membaca, khususnya untuk pembelajaran kelas tinggi. Hal ini dikuatkan dari hasil wawancara terhadap beberapa guru kelas IV SD Negeri di UPTD Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga. Wawancara tersebut mengidentifikasi adanya kebutuhan guru terhadap buku teks pelajaran membaca berbasis pendekatan proses yang dapat digunakan guru dalam kegiatan pembelajaran membaca. Buku ini akan menjabarkan bagaimana cara mengembangkan buku teks pelajaran membaca berbasis pendekatan proses pada Tema 9 Makananku Sehat dan Bergizi di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri UPTD Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga. Buku teks pelajaran tersebut digunakan sebagai pelengkap buku guru dan buku siswa untuk memperkaya materi kurikulum 2013.

Kurikulum 2013 yang berlaku saat ini menggunakan pembelajaran tematik-integratif.

Belajar Kosakata Tematik Bahasa Korea

Buku ini berisi materi belajar kosakata tematik mulai dari mengenal warna, nama hewan, nama buah dan sayuran, peralatan rumah tangga dll

Buku ini berisi materi belajar kosakata tematik mulai dari mengenal warna, nama hewan, nama buah dan sayuran, peralatan rumah tangga dll

Kosakata Tematik Bahasa Korea Tingkat Dasar

Buku ini merupakan salah satu langkah awal bagi pembelajar bahasa Korea tingkat dasar yang ingin menguasai kosakata bahasa Korea dengan baik dan cepat. Kosakata dalam buku ini disusun secara tematik dan disertai dengan terjemahan yang sesuai atau mendekati bahasa Indonesia. Semoga buku ini bermanfaat bagi pembelajar bahasa Korea.

Buku ini merupakan salah satu langkah awal bagi pembelajar bahasa Korea tingkat dasar yang ingin menguasai kosakata bahasa Korea dengan baik dan cepat.

Belajar Kosakata Tematik Bahasa Mandarin

Buku ini berisi materi belajar kosakata tematik yang dilengkapi dengan gambar-gambar yang berwarna agar menjadi lebih menarik untuk dipelajari

Buku ini berisi materi belajar kosakata tematik yang dilengkapi dengan gambar-gambar yang berwarna agar menjadi lebih menarik untuk dipelajari

Kosakata Tematik Bahasa Turki Tingkat Dasar

Buku ini merupakan salah satu langkah awal bagi pembelajar bahasa Turki tingkat dasar yang ingin menguasai kosakata bahasa Turki dengan baik dan cepat. Kosakata dalam buku ini disusun secara tematik dan disertai dengan terjemahan yang sesuai atau mendekati bahasa Indonesia. Semoga buku ini bermanfaat bagi pembelajar bahasa Turki.

Buku ini merupakan salah satu langkah awal bagi pembelajar bahasa Turki tingkat dasar yang ingin menguasai kosakata bahasa Turki dengan baik dan cepat.

Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis

Perguruan tinggi perlu melakukan inovasi untuk mencapai kualitas pendidikan yang baik; dan salah satunya inovasi penelitian yang dilakukan oleh para dosen/staf pengajar. Tugas utama perguruan tinggi atau lembaga pendidikan tinggi (universitas/akademi/ sekolah tinggi) yakni pendidikan pengajaran, penelitian (riset ilmiah), dan pengabdian kepada masyarakat. Atas dasar inilah, buku ini dipersembahkan sebagai salah satu rujukan utama bagi para dosen/pengajar dan mahasiswa untuk bagaimana mengkonstruksi ilmu pengetahuan secara benar. Buku persembahan Prenada Media Group.

Perguruan tinggi perlu melakukan inovasi untuk mencapai kualitas pendidikan yang baik; dan salah satunya inovasi penelitian yang dilakukan oleh para dosen/staf pengajar.

Belajar dan Pembelajaran Dilengkapi dengan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran dan Metode Pembelajaran

Buku yang berjudul Belajar dan Pembelajaran ini memuat teori belajar dan pembelajaran, model-model pembelajaran, strategi pembelajaran, pendekatan pembelajaran, dan metode pembelajaran, tidak hanya itu buku ini juga dibuat sebagai salah satu referensi untuk membantu pendidik/guru, mahasiswa pada program keguruan baik swasta maupun negeri. Isi buku ini ditulis dengan cara mengumpulkan materi dari berbagai sumber yang berhubungan dengan belajar dan pembelajaran. Buku ini juga disusun sebagai bentuk dari apa yang telah penulis peroleh selama penulis belajar di Program Pascasarjana Magister Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Sriwijaya Palembang. Mata Kuliah “Teori Belajar dan Pembelajaran” yang diasuh oleh Prof. Waspodo, M. Ed, PhD., Dr. Yosep Barus, M. A., dan Dr. Eddy Harapan, M. Pd., pada tahun 2011/2012 dengan tugas yang diberikan begitu berharga sehingga berdasarkan pengalaman tersebut banyak diperoleh pengetahuan-pengetahuan baru yang mampu memberikan kontribusi dalam kegiatan pembelajaran. Tidak hanya itu, buku ini ditulis sebagai bentuk apresiasi terhadap tugas-tugas perkuliahan yang harus dilestarikan sehingga tidak dilupakan begitu saja.

Dapat menjelaskan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Teknik Pembelajaran, dan Mengenal Entry Behavior Anak. 3. Dapat membedakan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, ...